Cara menuju ke hotel salak the heritage
Penampakan Hotel Salak dari muka

Kali ini Lovely Bogor akan menjelaskan mengenai cara menuju ke Hotel Salak the Heritage. Penjelasan akan disertai dengan penjelasan beberapa rute yang bisa ditempuh untuk mencapainya.

Hotel ini selain sebuah hotel berbintang empat juga merupakan salah satu cagar budaya Bogor. Sejarahnya cukup panjang mengingat keberadaannya sudah ada sejak tahun 1856. Untuk jelasnya bisa lihat sejarahnya di website ini.

Tempat ini juga secara rutin mengadakan ajang sebuah acara bernama Bonenkai Festival setiap awal tahun

Alamat Hotel Salak the Heritage adalah

Jalan Ir. H. Juanda no 08 Bogor

Jawa Barat 16121

No Telpon 0251-8373111

Penjelasan mengenai cara menuju ke Hotel Salak the Heritage akan dibagi menjadi dua berdasarkan kendaraan yang dipakai.

 

Cara menuju ke hotel Salak the Heritage dengan kendaraan pribadi

 

Ada tiga pintu masuk Bogor utama yang biasa dilalui para pengguna kendaraan pribadi yaitu :

dari arah tol Jagorawi

Sekeluar anda dari tol Jagorawi di depan terminal Baranangsiang, ambil ke arah kanan. Nama jalan ini adalah jalan Pajajaran.

Lurus dan ikuti saja jalan ini sampai anda melewati Tugu Kujang, Kampus IPB, dan akhirnya bertemu percabangan di depan Internusa atau pintu Kebun Raya.

Arah lurus akan membawa anda ke Warung Jambu dan kiri ke jalan Jalak Harupat.

Ambil arah kiri. Anda akan melewati Sempur sampai ke ujungnya di depan Gerbang Istana Bogor.

Sesampainya disini, arah yang harus anda ambil adalah ke kiri. Ini-lah jalan Juanda dimana Hotel Salak the Heritage berada

Kurang lebih 300-400 meter dari situ anda akan melihat Hotel Salak berada di sebelah kanan anda.

(Update : Sehubungan dengan akan diujicobakannya Sistem Satu Arah Seputar Kebun Raya Bogor tanggal 1-4 April 2016, maka rute akan mengalami perubahan.

Dari arah tol Jagorawi, untuk menuju ke Hotel Salak The Heritage, maka sekeluar dari Jalan tol berbeloklah ke kanan. Di depan Tugu Kujang berbeloklah ke kiri untuk memasuki jalan Otto Iskandardinata. Lurus hingga menemukan Pintu masuk Kebun Raya Bogor. Jangan berbelok karena akan memasuki Jalan Suryakencana.

Lurus hingga menemukan Mall BTM (Bogor Trade Mall), lalu berbeloklah ke kanan untuk memasuki Jalan Juanda. Arah yang harus ditempuh adalah tetap lurus ke Utara hingga Anda menemukan petigaan Lampur Merah. Hotel Salak the Heritage ada setelah Balaikota Bogor tidak jauh dari pertigan)

dari arah Lingkar Luar Bogor atau Cibinong

Anda harus keluar di ramp Kedung Halang. Bebreloklah ke arah kiri menuju ke Warung Jambu.

Di perempatan Warung Jambu, berbelok ke kanan. Anda akan memasuki jalan Ahmad Yani.

Lurus terus hingga anda memasuki Jalan Sudirman dan sampai ke ujungnya. Anda akan menemui pertigaan bercabang dua. Yang ke kiri akan membawa anda ke jalan Jalak Harupat dan ke kanan jalan Juanda.

Tentu anda sudah tahu mana yang harus dipilih. Ya, betul ke kanan. dan Hotel Salak akan berada di sebelah kanan anda.

(Update : Selama Uji Coba Sistem Satu Arah, maka di depan Istana Bogor, kendaraan harus berbelok ke kiri. Jadi Anda harus memutari Kebun Raya Bogor terlebih dahulu untuk bisa menuju ke Hotel Salak The Heritage.

Bisa juga Anda berbelok ke Jalan Pengadilan / depan Regina Pacis dan masuk melalui Jalan Gedung Sawah/sebelah SDN Pengadilan. Bila melalui jalan ini, Anda akan tiba disisi Utara Hotel Salak The Heritage tanpa harus memutari Kebun Raya Bogor)

dari arah Parung/Salabenda

Di persimpangan Salabenda, arahkan kendaraan anda untuk memasuki jalan Soleh Iskandar.

Sesampainya di Underpass, anda ambil jalur kiri agar tidak melewati underpass. Ikuti jalur ini sampai anda menemukan jalan Kebon Pedes.

Di ujung jalan Kebon Pedes anda akan melewati pintu perlintasan Kereta. Belok ke kiri anda akan masuk ke jalan Dadali.

Jalur yang anda harus ikuti sama dengan jalur angkot no 16 Merah atau 07 Biru dengan berbelok ke jalan Heulang. Jalan ini akan membawa anda ke jalan Ahmad Yani.

Selebihnya sama dengan bila anda masuk melalui Lingkar Luar Bogor (dijelaskan terdahulu)

 ——-

cara menuju ke hotel salak the heritage bogor
Hotel Salak sudah mendapatkan bangunan tambahan di bagian belakang

 

Cara menuju ke Hotel Salak the Heritage dengan kendaraan umum

 

dari stasiun Bogor

Setibanya anda di stasiun Bogor, di pintu keluar anda harus mengarah ke arah jalan Kapten Muslihat di sebelah kiri.

Berjalanlah sedikit ke halte terdekat dan jangan naik di sembarang tempat agar tidak mengganggu lalu lintas.

Nah, naiklah angkot no 03 Merah dengan trayek jurusan Terminal Baranangsiang. Angkot ini akan keluar dari sisi hotel Salak.

(Update : Dengan Sistem Satu Arah Seputar Kebun Raya Bogor, tidak ada perubahan terhadap rute. Jenis angkot yang bisa dipergunakan untuk menuju Hotel Salak The Heritage bertambah dengan angkot no 02 Merah)

dari terminal Baranangsiang

Di belakang terminal akan banyak angkot mangkal. Pilih angkot no 03 Merah dan 13 Merah.

Kedua angkot ini akan melalui jalan Juanda tepat di seberang Hotel Salak.

(Update : Dengan uji coba Sistem Satu Arah Seputar Kebun Raya Bogor, tidak ada angkot yang langsung bisa mencapai Hotel Salak The Heritage dari Terminal Baranangsiang.

Anda bisa pergunakan angkot 03 atau 13 Merah dan turun di depan Stasiun Bogor. Pergunakan jembatan penyeberangan orang untuk menuju ke depan stasiun dan kemudian pergunakan angkot 03 dan 02 Merah untuk menuju Hotel Salak The Heritage.)

dari arah Cibinong/Citeureup

Pergunakan angkot no 08 Biru jangan yang 32 Biru. Angkot 08 Biru akan melewati jalan Sudirman sebelum berbelok ke jalan Sawojajar.

Anda bisa berhenti di Air Mancur atau Bogor Permai.

Lanjutkan dengan angkot no 07 Merah yang akan melewati bagian depan Hotel Salak

(Update : dengan Sistem Satu Arah Seputar Kebun Raya Bogor, maka angkot 07 Merah tidak lagi melewati Hotel Salak The Heritage. Anda bisa berhenti di pertigaan depan Istana Bogor atau Regina Pacis dan kemudian lanjutkan dengan berjalan kaki saja. Hanya sekitar 100-150 meter saja dari pertigaan itu)

dari arah Salabenda/Parung

dari Parung , anda bisa pergunakan angkot no 06 Biru sampai ke Terminal Merdeka. Lanjutkan dengan angkot 03 Merah yang akan melewati bagian samping hotel Salak

dari Salabenda, pergunakan angkot no 16 Merah dan berhenti di Air Mancur atau depan Bogor Permai. Lanjutkan dengan angkot 07 Merah yang akan melewati bagian depan Hotel Salak

(Update : dengan Sistem Satu Arah Seputar Kebun Raya Bogor, 07 Merah tidak melewati Hotel Salak The Heritage. Untuk cara menuju ke Hotel Salak, setelah mempergunakan angkot no 07 Merah, berhentilah di Pertigaan Istana Bogor dan lanjutkan dengan berjalan kaki. Hanya 100-150 meter saja)

——-

Demikianlah penjelasan cara menuju ke Hotel Salak the Heritage dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Semoga membantu!

8 COMMENTS

  1. Kalau mau ke hotel salak dari bandara soeta gmn pak anton?

    • Silakan lihat di komentar sbeelumnya yah.. maaf telat menjawab

  2. hotel salak itu hotel cagar budaya biasa? apa hotel wisata yang ada kayak museum atau peninggalan sejarahnya mas.. jadi penasaran klo ke bogor

    • Mas Rudi, cagar budaya biasa. Bukan sebuah hotel wisata yang ada museumnya. Bangunan hotel Salak itulah peninggalan sejarahnya.
      Bisa lihat di tulisan terpisah tentang sejarah Hotel Salaknya mas Rudi.

      Maen mas ke Bogor, nanti saya tunjukkan banyak lagi.

  3. Saya juga bellom tau nih hotel, insya allah kalo ada milik mampir dah, btw kalo dari arah cirebon bisa kaga ka?

    • Bisa kang Andi. Turun aja di Gambir terus naik ojek ke arah Gondangdia. Naik commuter Line ke Bogor turun di stasiun terakhir. Dari situ tinggal naik angkot no 07 dah sampai di depan Hotel Salak

  4. Indri Lidiawati

    belum tahu nih saya hotel salak the heritage , insyaAllah ntar aja kalau main ke bogor lagi saya mau kesana sekalian mampir ke rumahnya mas Anton hehe 😀 keep sharing 🙂

    • Hi Mba…. ditunggu di Bogor ya.. sama sama mbak

LEAVE A REPLY