Curug Ngumpet 2 - Curug Kondang Bogor
Curug Ngumpet 2 – Curug Kondang

Curug Ngumpet 2 atau dikenal juga dengan Curug Kondang merupakan salah satu obyek wisata lainnya yang ada di Obyek Wisata Gunung Salak Endah, Kabupaten Bogor.

Lokasinya hanya berjarak kurang lebih 2 kilometer saja dari lokasi wisata Curug Cigamea.

Arah yang harus dituju untuk mencapai lokasi air terjun ini, kalau kata warga sana bilang, satu tanjakan lagi. Kalau dijelaskan, kita harus menuju lebih ke atas lagi dari curug sebelumnya.

Curug Ngumpet Berukuran Kecil

Curug Ngumpet 2 - Curug Kondang Bogor
Curug Ngumpet 2 – Curug Kondang

Dibandingkan dengan saudaranya sesama curug alias air terjun, ukuran si Kondang ini jauh lebih mini. Bila si kembar sexy Cigamea memiliki ketinggian kurang lebih 45-50 Meter, maka curug yang satu ini hanya setinggi kurang lebih 15-20 meter saja.

Di bawah curahan airnya terdapat sebuah kolam kecil yang kemudian mengalir ke luar kawasan.

Meskipun kecil, tetapi pemandangan di sekitarnya tidak kalah indah dan mengasyikkan. Justru bagi penggemar kesunyian, tempat ini dirasakan lebih cocok karena pengunjung biasanya lebih memilih ke Curug Cigamea atau Curug Seribu.

Curug Ngumpet 2 - Curug Kondang Bogor
Saung di Curug Ngumpet 2

Apalagi menghadap ke arah Curug ngumpet terdapat sebuah saung beratap yang akan memberikan kita tempat untuk beristirahat sambil menatap air yang turun dari atas.

Pemandangannya sendiri cukup indah dengan aliran air di bebatuan dan juga hijau yang menyejukkan mata dari kerimbunan pohon di sekitar.

Curug Ngumpet 2- Curug Kondang
Pemandangan di Jalan Menuju Curug Ngumpet

Untuk mencapai lokasi Curug Ngumpet pun jauh lebih mudah. Dari akses jalan atau pelataran parkir, hanya butuh waktu kurang dari 10 menit menyusuri jalan setapak. Jalannya lebih rata sehingga tidak membuat ngos-ngosan.

Sepanjang perjalanan pun Anda akan disuguhi sebuah pemandangan alam yang tidak kalah bagus dibanding tempat yang lain.

Perhatikan saja beberapa foto yang terdapat di artikel ini. Bahkan sebenarnya, saya masih menyimpan beberapa yang lain yang belum bisa dimasukkan ke dalam artikel ini.

Curug Ngumpet 2 - Curug Kondang Bogor

Kalau Anda beruntung, juga akan ada pemandangan tambahan berupa Bunga terompet yang sedang mekar. Pemandangan hijaunya akan juga terhiasi oleh warna lain, putih dan oranye.

Curug Ngumpet 2 - Curug Kondang Bogor

Harga tarif masuk ke lokasi hanya sebesar Rp. 7500 saja termasuk biaya parkir. Di depan pintu lokasi juga terdapat tempat parkir lain yang dikelola warga dan tarifnya tidak mahal. Bahkan yang mengelola tidak mematok tarif.

Curug Ngumpet - Curug Kondang Bogor
Gerbang ke Lokasi Curug Ngumpet

 

Kalau Anda hendak menuju ke Curug Ngumpet dan butuh panduan arah, silakan lihat di Curug Cigamea – Si Sexy Desa Gunung Sari.

Arah yang harus ditempuh sama dengan cara yang sama pula. Bedanya, tambahkan saja “satu tanjakan” alias 2 kilometer ke arah atas.

Tidak mengecewakan.

8 COMMENTS

  1. Curug kondang ini bisa dipake berenang ga pak?

    • Ga bisa dik… tapi bisa dipake main air saja… Kalau tidak salah pernah jatuh korban disana jadi bermain air pun harus hati-hati

  2. pak apa jalan akses menuju curug nya rusak parah ? Trims

    • Tidak ada… jalan sampai ke tempat parkiran curug bagus dan bisa dilewati mobil.

      Hanya dari parkiran ke curug harus jalan kaki

  3. Akses ke curug ngumpet / kondang bisa dilalui bus 31 set gak,….

    • Bisa tapi aulit krn jalannya kecil dan pas curug ngumpet ada tikungan patah dengan jalan kecil.

      Juga tidak ada parkiran bis disana.

      • Pak, bs lewat naik livina? Trims

        • Bisa .. nanti parkir di pinggir jalan. Ada tukang parkirnya

          Cuma untuk ke curugnya harus jalan kaki dikit

LEAVE A REPLY