Ada yang bercerita bahwa Terowongan Jembatan Sempur ini dibangun tidak lama setelah Kebun Raya Bogor lahir dan “katanya” dulu merupakan bagian dari Kebun Botani itu. Ada juga yang berkisah kalau tentara Jepang lah yang membangunnya.

Entah yang mana yang benar karena, yah begitulah Indonesia, tidak ada literatur sahih yang bisa mendukung teori. Semua cerita biasanya bermula dari “katanya”.

Tetapi, tidak apalah. Yang penting Terowongan Sempur, atau Terowongan Jembatan Sempur ini sekarang menjadi cantik dan bisa dinikmati. Jembatan ini sudah diperbaiki sehingga terlihat bersih dan juga terang diberikan penerangan.

Selain cantik tentunya terowongan ini bisa membantu meningkatkan keselamatan pejalan kaki. mereka yang berasal dari arah Lapangan Sempur bisa menyeberang menuju trotoar di seputar Kebun Raya tanpa harus melalui Jalan Jalak Harupat yang ramai lalu lalang kendaraan. Begitu juga sebaliknya.

Juga, bagi penggemar selfie atau fotografi, terowongan ini bisa menjadi lokasi yang bagus sekali (kalau tidak banyak yang lalu lalang). Apalagi untuk foto yang bertema misteri (asal memotretnya di waktu malam).

Silakan yang mau mencoba. Pergilah ke sudut Lapangan Sempur di sebelah Barat yang dekat dengan Sungai Ciliwung. Di Taman Kaulinan akan terlihat lorong atau terowongan ini.

2 COMMENTS

  1. berarti terowongannya hanya sepanjang seperti jembatan penyeberangan ya pak?

    tapi tergolong unik juga, karena terlihat lebih rapi, berada di bawah, tidak seperti jembatan penyeberangan pada umumnya

    • Iyah.. memang cuma pendek melintasi jalan Jalak Harupat saja.. Pendek, tapi cantik

LEAVE A REPLY