Sulit sekali. Memang benar-benar sangat sulit untuk mendapatkan foto pohon tertua di Kebun Raya Bogor. Lensa yang tersedia tidak cukup lebar untuk bisa merekam sosoknya yang memiliki tinggi kurang lebih 25 meter. Hanya sebagian pohon tersebut yang muat dalam bingkai foto.

Tahukah pohon apa yang dimaksud di atas?

Jangan heran kalau Anda tidak tahu dan tidak pernah menyadari bahwa ada sebuah pohon yang berusia hampir sama dengan usia Kebun Raya Bogor yang hampir 200 tahun (di tahun 2017) ini. Bahkan, banyak warga Bogor yang tidak tahu dimana lokasinya.

Ini dia fotonya.

pohon tertua di kebun raya bogor - pohon leciSekarang tahu kan mengapa sulit untuk merekam sosoknya dalam sebuah foto.

Pohon tertua di Kebun Raya Bogor ini adalah Litci Chinensis Sonn, nama latinnya. Dalam bahasa sehari-hari namanya adalah Pohon Leci atau Lici yang buahnya digemari banyak orang karena manis dan berdaging empuk.

Asalnya bisa dilihat dari namanya, Chinensis, yang menunjukkan bahwa pohon tertua di KRB ini berasal dari negara tersebut.

Pohon ini ditanam 6 tahun setelah Land Platentuin diresmikan di tahun 1817 oleh Baron Van Der Capellen, Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada saat itu.

pohon leci tertua di kebun raya bogor - pohon lici tertua di KRB

Jika yang berusia ratusan tahun adalah pohon non buah-buahan seperti beringin, maka tidak mengherankan usianya bisa sepanjang itu. Sebuah pohon beringin di kawasan Empang Bogor diduga berusia lebih dari 300 tahun.

Tetapi, pohon Leci tertua ini adalah pohon buah-buahan dan usianya menjelang 2 abad. Sebuah hal yang agak tidak umum.

Pohon tertua ini diduga memiliki tinggi sekitar 25 meter dengan diameter sekitar 1 setengah meter. Posturnya menjulang tinggi.

Ingin melihat secara langsung pohon tertua di Kebun Raya Bogor ini? Mudah. Lokasinya sebenarnya tidak jauh dan mudah ditemukan.

Dari Pintu I, Gerbang Utama, berjalanlah lurus ke arah Danau Gunting dimana ada Pigura Raksasa yang sering dipergunakan untuk berfoto.

Ambil jalan setapak yang di sebelah kanan dan susuri saja. Tidak jauh dari situ, sekitar 20-25 meter, tetap di sisi Danau Gunting, Anda akan menemukan petunjuk berwarna hijau seperti foto di atas.

Itulah pohon leci, si pohon tertua di Kebun Raya Bogor.

Selamat mencari.

2 COMMENTS

  1. Saya sempat tdk percaya akan usianya…pak…tp setelah ada gambar ke2….mmm saya jadi yakin.knp tdk dari jauh ambil fhotonya pak..agar muat semua…

    • Tetap tidak cukup.. itu sudah dari jauh. Kalau terlalu jauh malah jadi kecil dan tidak bisa menampilkan sosok sebenarnya yang tinggi

LEAVE A REPLY