Marcopolo Water Adventure
Pemandangan di Marcopolo Water Adventure Bogor

Marcopolo Water Adventure adalah nama sebuah tempat wisata air yang populer di kota Bogor. Lokasinya berada di tengah perumahan Bukit Cimanggu City (BCC), Tanah Sareal, Bogor.

Nama yang disandangnya kental dengan unsur makna dari kata “petualangan”.

Marcopolo sudah jelas diambil dari nama seorang petualang tenar asal Venesia di abad ke-13 Masehi. Adventure sendiri berarti petualangan dalam bahasa Inggris.

Marcopolo Water Adventure
Patung Neptunus di Marcopolo

Pendirinya mungkin ingin menawarkan kepada para pengunjung , yang terutama keluarga, untuk mendapatkan kesan petualangan selama disana. Bisa juga sang pencetus ide mendasarkan konsepnya pada imajinasi anak-anak yang sering membayangkan dirinya menjadi seorang petualang.

——–

Rasanya, yang terakhir adalah yang paling pas. Di masa lalu sekitar tahun 1970-an ketika sungai-sungai di Bogor masih tidak sekotor masa kini, merasakan menjadi seorang petualang sudah biasa dilakukan anak-anak.

Marcopolo Water Adventure
Terowongan air di Marcopolo Water Adeventure

Sudah biasa bagi sekelompok anak berenang disungai, “ngalun” istilahnya dalam bahasa Sunda. Biasanya memakai ban dalam mobil, kadang juga tidak.

Sering ditambah dengan adegan-adegan bak film-film petualangan yang banyak ditayangkan televisi dimasa itu seperti meloncat dari tebing yang tinggi ke dalam sungai, bergelantungan.

Hal-hal tersebut sekarang tinggal masa lalu karena sungai-sungai di Bogor sudah tidak lagi bisa dipakai untuk bersenang-senang. Bukan hanya sangat kotor penuh sampah tetapi juga karena sudah dipenuhi rumah-rumah.

Mungkin menangkap kesempatan dalam kesempitan di masa sekaranglah beberapa tempat wisata mencoba menawarkan konsep “petualangan” di taman hiburan mereka. Bisa disebut keberadaan “the Jungle” dan “Jungleland”, dua nama lain yang juga coba memenuhi imajinasi anak-anak tentang rasanya berpetualang.

Jadi bisakah merasakan bertualang di Marcopolo Water Adventure ?

Bila dibandingkan dengan masa lalu, rasanya tetap berbeda. Menjadi si bolang (bocah petualang) di masa lalu lebih mendebarkan karena dilakukan di lingkungan tanpa pengamanan.

Marcopolo Water Adventure
Marcopolo Water Adventure

Di Marcopolo Water Adventure, keamanan adalah salah satu hal yang sangat diperhatikan. Petugas pengaman akan berlalu lalang memperhatikan keamanan pengunjung selama disana.

Meskipun demikian, anak-anak anda bisa tetap merasakan menjadi si bolang selama bermain disana. Tentu dalam lingkungan yang aman seperti kemauan anda.

Sesuai dengan namanya, tempat ini di-setting agar pengunjung bukan hanya sekedar berenang. Bentuk kolam-kolam didalamnya tidak datar.

Marcopolo Water Adventure
Marcopolo Water Adventure

Ada bagian yang berbentuk tebing dengan air terjun bagi pengunjung yang suka merasakan berdiri di bawah sebuah curug (air terjun). Tidak luput disediakan kolam berbentuk terowongan agar anak-anak bisa “bertualang” di dalam sebuah gua bawah air.

Suasana di dalam Marcopolo Water Adventure pun dipenuhi berbagai ornamen agar kesan petualangan lebih terasa.

Kehadiran seorang “Neptunus”, sang dewa laut di atas singgasananya terlihat di salah satu sudut. Sosok-sosok bala tentaranya seperti , ikan paus , penyu, kuda laut, gurita , penguin dan kodok

(Baru tahu bahwa kodok termasuk dalam pasukan tentara laut di bawah Neptunus)

Tentu saja semua sosok tersebut bukan binatang asli. Kesemua figur tersebut adalah patung yang ditambahkan agar pengunjung bisa mendapat “kesan” sedang bertualang.

Marcopolo Water Adventure
Marcopolo Water Adventure

Nuansa tersebut dikentalkan dengan tambahan berbagai permainan ala wisata air yang sedang ‘ngetren‘. Terdapat beberapa waterboom alias perosotan melingkar mengarah ke dalam kolam. Ember besar yang terus menerus menumpahkan air termasuk dalam permainan yang ada di Marcopolo Water Adventure.

Bagi anda yang senang disemprot dengan air, ada kodok, angsa, dan terumbu karang yang bisa menyemburkan air dalam jeda waktu tertentu.

——–

Berbagai bangunan yang ada dalam Marcopolo Water Adventure terlihat menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.

Mengingat tempat ini berada di dalam Country Club dari perumahan Bukit Cimanggu City, settingan bangunanpun menyesuaikan. Berada disana seperti berada dalam hacienda (rumah bergaya Spanyol/Meksiko).

Marcopolo Water Adventure
Penyembur air di Marcopolo Water Adventure

Ornamen bangunan disana masih ditambah dengan berbagai pilar dan bangunan penunjang bergaya Romawi.

Tidak lupa pepohonan dari berbagai jenis menyebar di berbagai sudut. Terlihat mulai dari pohon palem yang menjulang tinggi hingga pohon Kamboja.

Kesemuanya memang seperti ingin memberi kesan kepada pengunjung bahwa mereka bukan hanya sekedar berada di kolam renang.

Sesuatu yang sepertinya memang tercapai dengan baik.

Mahalkah untuk bisa menikmati Marcopolo Water Adventure ?

Marcopolo Water Adventure
Marcopolo Water Adventure

Mahal atau tidak kesemuanya adalah hal yang relatif. Bila anda bisa menikmati keberadaan anda disana tentu tidaklah sia-sia uang yang anda keluarkan.

Apalagi bila keluarga anda bisa tertawa riang dan bergembira selama berada disana. Hal tersebut bisa membuat anda merasa tarif berapapun terasa murah.

Besaran biaya untuk menikmati suasana Marcopolo Water Adventure adalah sebesar Rp. 45,000.- per orang di hari biasa. Pada hari libur atau akhir pekan tiket masuk menjadi Rp. 60,000.- per orang.

Angka tersebut berada pada posisi yang sama dengan the Jungle, tempat wisata air lainnya yang ada di Bogor.

Tarif tersebut belum termasuk Rp. 2,000.- tarif parkir untuk sepeda motor untuk 2 jam pertama dan Rp. 3,000.- sebagai tarif maksimum. Untuk mobil, tarif parkir adalah Rp. 3,000.-/mobil dengan maksium Rp. 5,000.-/mobil.

Angka tarif parkir ini jauh sekali dibawah tarif parkir di Curug Luhur . Tarif disana mencapai Rp. 8,000.-/sepeda motor dan Rp. 20,000.-/mobil. Padahal dari segi keamanan dan kenyamanan sangat jauh lebih baik.

Fasilitas lain yang terdapat di Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure
Live music di Marcopolo Water Adventure

Masih ada beberapa fasilitas lain yang tersedia di lokasi wisata air ini. Bisa disebut Cafetaria bagi anda yang merasa lapar setelah bermain air. Tempat ganti yang sangat bersih dan rapih.

Hanya satu fasilitas lain yang menarik. Selama berada disana , terutama hari libur atau akhir pekan anda akan juga dihibur dengan live performance atau live music .

Penampilan sekelompok pemusik dan alunan suara mereka bisa anda nikmati sambil bermain air. Berbagai jenis lagu, mulai dari yang oldies sampai yang modern akan mengiringi anda selama berekreasi di dalam kolam.

Selain itu ada satu sisi dari tempat ini yang memiliki pemandangan cukup indah. Pemandangan yang saya maksud adalah di teras yang mengarah ke sebuah danau.

Memang terdapat sebuah danau buatan yang bersebelahan dengan tempat ini. Danau ini sering dipergunakan sebagai arena berolahraga atau senam bersama atau kegiatan lain oleh para penghuni perumahan Bukit Cimanggu City.

——–

Marcopolo Water Adventure
Danau di sebelah Marcopolo Water Adventure

Fasilitas yang nyaman, keamanan yang terjamin, jenis permainan yang bermacam mungkin tidaklah bisa memberikan “debaran” ketika hendak melompat dari tebing ke air sungai yang berwarna coklat di masa lalu.

Tidak akan pernah bisa menggantikan perasaan menjadi Tarzan bergantungan di pohon sebelum melompat ke sungai.

Meskipun demikian Marcopolo Water Adventure bisa memberikan penggantinya. Pengganti dalam bentuk kegembiraan , tawa , keriangan dan keceriaan keluarga ketika bermain disana.

Bukankah itu juga tujuan akhir dari sebuah petualangan. Tentu saja dalam bentuk yang lebih modern , nyaman, bersih dan lebih aman. Hal-hal yang selalu menjadi menjadi idaman kita semua.

Cara menuju ke Marcopolo Water Adventure

Sebenarnya sudah dijelaskan pada tulisan mengenai Bukit Cimanggu City. Hanya bila anda sedang agak malas untuk membaca lebih lanjut, akan dijelaskan ulang dibawah ini.

Dari stasiun Bogor

Marcopolo Water Adventure
Marcopolo Water Adventure

Dari depan pintu keluar, naik angkot no 07 Merah dengan trayek Ciparigi atau Warung Jambu. Bisa juga memakai angkot no 12 Merah – Cimanggu. Turun di Air Mancur.

Ganti angkot disana dengan angkot no 16 Merah tujuan Salabenda melewati jalan Soleh Iskandar. Bilang kepada supirnya bahwa anda hendak ke “Bukit” (kalau anda ragu bisa menemukan perumahan Bukit Cimanggu City)

Bukit Cimanggu City akan terletak di sebelah kanan anda dan sebelum lampu merah Yasmin. Akan terlihat bangunan Apartemen Bogor Icon yang berarti anda harus berhenti. Anda harus menyeberang.

Sayangnya belum ada angkutan umum untuk menuju ke dalam perumahan. Anda harus naik ojek yang pangkalannya ada di gerbang masuk. Ongkosnya antara Rp. 6,000.- – 7,000.-/orang.

Sebutkan tujuan anda atau Marcopolo maka anda akan segera dibawa kesana

Dari Terminal Baranangsiang

Marcopolo Water AdventureMarcopolo Water AdventureAnda bisa pilih memakai Trans Pakuan atau Bus Pusaka tujuan Parung/Tangerang.

Kalau memakai Trans Pakuan anda harus berjalan lebih dahulu ke pool bis di jalan Cidangiang atau berjalan ke halte terdekat, Kalau dengan bis Pusaka anda bisa naik di dekat Jembatan Penyeberangan orang.

Tarifnya Rp. 4,000.-/orang.

Turun di halte Bukit Cimanggu City. Kemudian lanjutannya sama dengan bila anda berangkat dari stasiun Bogor yaitu naik ojek.

Dengan kendaraan pribadi

Kalau anda berangkat langsung lewat Jagorawi, anda harus masuk ke Lingkar Luar Bogor dan keluar di ramp Jalan Soleh Iskandar.

Lurus terus hingga anda melihat Bogor Icon di sebelah kanan. Oleh karena tidak ada putaran balik anda masih harus terus sejauh kurang lebih 1 kilometer. Setelah berbalik BCC akan berada di sebelah kiri anda. Patokannya setelah SPBU Pertamina.

Anda masuk ke dalam kompleks dan akan ada papan penunjuk jalan. Patokannya sebuah patung gelas besar Es Krim yang ada di perempatan di sebelah Marcopolo Water Adventure.

——-

Selamat bersenang-senang !

10 COMMENTS

  1. Comment:kalo untuk high season htm brp pak

    • Tergantung pak.

      Kalau weekend biasanya naik 20 ribu dari hari biasa dan peak season bisa 100 persen dari HTM hari biasa

  2. Kalo renang malam htm berapa?

    • Trrgantung musim libur atau tidak sih mas.. jadi harganya sering berubah.

      Kalau tidak salahs ekitar 30-40 ribuan.

    • Naik Ojeg saja.. cuma 10 menit. Kalau naik angkot, naik saja 07 turun di kebon pedes, lalu naik angkot 16 turun depan bukit cimanggu. Cuma tetap saja harus naik ojeg juga karena ke Marcopolo tidak ada angkot

  3. Fasilitas apa aja .. Cuma.kolam tenang aja ya..

LEAVE A REPLY