Museum Zoologi Bogor dalam gambar

Di tulisan terpisah akan (atau sudah) digambarkan mengenai perjalanan sebuah gedung penelitian mulai sejak awal hingga dikenal sebagai Museum Zoologi Bogor.

Kali ini, akan disajikan berbagai gambar atau foto-foto untuk menjelaskan apa-apa saja yang bisa ditemukan di museum tersebut. Banyak hal yang menarik dan buan hanya satwa awetannya saja tetapi ada 1-2 hal lain yang perlu dilihat.

Di Museum Zoologi Bogor anda akan menemukan

1. Gedung/Kantor Bulao

Di era tahun 1980-an nama gedung ini dikenal sebagai gedung atau kantor Bulao (warna bulao = biru). Mengapa dinamakan demikian ? Untungnya pengelola ternyata tidak merubah bagian yang ini sehingga mudah menjelaskannya.

Ciri khas warna tersebut tidak hilang walau pintu masuk sudah berubah dari dalam Kebun Raya Bogor.

Museum Zoologi Bogor
Warna Biru (bak Bulao) Museum Zoologi Bogor

 

2. Foto Museum Zoologi Bogor di masa lalu

Ada beberapa foto yang menggambarkan bentuk bangunan museum itu di masa lalu. Gambar yang ada disini sebenanrya adalah foto dari foto yang terpajang di dinding dekat aula masuk museum.

Museum Zoologi

 

Museum Zoologi Museum Zoologi

 

3) Manusia itu termasuk Primata

Jangan tersinggung dan juga jangan terusik. Ada bagian di museum ini yang menggambarkan manusia sebagai primata (hewan). Ingat nama museum ini adalah Museum Zoologi (tentang fauna) dan kalau ada tulang belulang manusia diperbandingkan adalah karena manusia dianggap bagian dari fauna.

Tidak perlu diperdebatkan karena memang banyak ilmuwan yang berpendapat manusia adalah bagian dari “hewan” itu sendiri. Itu telaah ilmiah dan bukan dengan maksud merendahkan (karena yang berpendapat juga adalah manusia kan)

Museum Zoologi

 

4) Tulang Paus Raksasa

Ini ciri khas Museum Zoologi Bogor. Sebuah tulang belulang Paus Biru . Ukurannya besar sehingga memakan satu ruang khusus . Tentu bukan dalam aquarium raksasa karena hanya tulang belulang yang tidak bisa berenang.

Museum Zoologi Bogor Museum Zoologi

6) Sambutan dari tulang belulang mamalia

Tergantung anda masuk dari pintu yang mana. Kalau anda masuk dari pintu utama, anda akan disambut oleh tulang paus. Hanya kebanyakan pengunjung akan masuk dari pintu terdekat yang berarti akan disambut oleh empat sekawan mamalia bertulang belakang dan berkaki empat

 

Museum Zoologi Bogor

 

5) Dan tentu saja… Berbagai satwa yang sudah diawetkan.

Koleksi ini menunjukkan keragaman dan kekayaan fauna di Indonesia. Bisa dibayangkan karena sebenarnya tidak seluruh koleksi dipajang di museum ini. Paling hanya 2000 jenis satwa awetan yang dipamerkan kepada pengunjung.

Masing-masing ruang akan memajang koleksi satwa awetan dari jenis tertentu seperti

 

Ikan dan hewan laut

 

Museum Zoologi Bogor Museum Zoologi

 

Reptil

Museum Zoologi Bogor Museum Zoologi

 

Burung

 

Museum Zoologi Bogor Museum Zoologi

 

Primata

Museum Zoologi Museum Zoologi

Dan masih banyak lagi.. terlalu banyak bahkan. Beberapa puluh foto atau gambar dari Museum Zoologi Bogor ada di hard disk kamera. Kalau semua dipasang di dalam tulisan ini, tidak akan pernah selesai.

Saya sarankan anda untuk berkunjung sendiri untuk melihat tempat ini. Tidak akan rugi kok karena masuk museum zoologi Bogor Gratis! (tetapi masuk Kebun Raya Bogor bayar Rp. 14,000.-)

Nah silakan lihat sebagian kecil lagi Museum Zoologi Bogor dalam gambar.

Museum Zoologi

 

Museum Zoologi

 

Museum Zoologi

 

Museum Zoologi Bogor

 

Museum Zoologi

 

Museum Zoologi

 

Museum Zoologi

LEAVE A REPLY