Pejagalan Bogor
Bangunan Rumah Potong Hewan Pertama di Bogor

Setiap kota di Indonesia, sepertinya mempunyai sebuah daerah dengan nama Pejagalan. Biasanya di daerah tersebut selalu ada sesuatu yang merupakan ciri daerah pejagalan, yaitu Rumah Potong Hewan atau Rumah Pemotongan Hewan (RPH), dimana ternak disembelih.

Begitu pula di kota Bogor. Ada sebuah daerah dengan nama Pejagalan. Letaknya berada di Jalan Pemuda. Tepatnya berada di sebelah pabrok ban Good Year Indonesia. Posisinya berada tidak jauh dari rel kereta Jakarta Bogor yang melintas di kawasan Pondok Rumput dan Kebon Pedes.

Kalau Anda sedang berkendara di jalan ini, kemungkinan besar, tempat ini akan terlewat dari pandangan mata. Di sekitar area tersebut yang terlihat adalah berbagai toko dan warung saja. Padahal di daerah Pejagalan tersebut terdapat sebuah bangunan yang konon merupakan Rumah Potong Hewan Pertama yang ada di Indonesia (bukan hanya Bogor).

Pejagalan atau Rumah Potong Hewan Pertama di Bogor

PejagalanPejagalan Pertama di Bogor dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Tahun pastinya, tidak tersedia data pendukung sehingga untuk kebenaran klaim sebagai Rumah Potong Hewan Pertama di Indonesia akan perlu diteliti lebih lanjut.

Hanya berdasarkan foto-foto dari masa lalu Bogor, keberadaan Pasar hewan di daerah ini sudah ada di tahun 1906. Sementara keberadaan Pasar Hewan merupakan ciri berikut dari sebuah kawasan Pejagalan dimana hewan ternak diperjualbelikan dan kemudian di sembelih di Rumah Potong terdekat.

Sebagai perbandingngan, Rumah Potong Hewan Pertama di Solo dibangun pada tahun 1902, jadi bisa diasumsikan Pejagalan di Bogor sudah ada sebelum tahun tersebut.

Disinilah hewan-hewan ternak di Bogor saat itu disembelih dan kemudian dagingnya diedarkan ke berbagai pasar di kota ini. Bahkan pada masa tersebut, Jalan Pemuda, nama alamat tempat itu sekarang, dulunya bernama Jalan Pejagalan.

Pejagalan BogorPada lokasi Pejagalan Pertama di Bogor ini sebenarnya terdapat beberapa bangunan dengan fungsi tersendiri. Ada yang merupakan rumah dimana ternak dipotong, ada rumah khusus dimana kotoran hewan yang disembelih ditampung, dan ada juga bangunan kandang dimana sapi akan disimpan menunggu disembelih.

Disisi kanan lokasi terletak pasar hewannya dimana ternak transaksi jual beli sapi dan ternak lainnya dilakukan. Hingga saat ini, Pasar Ternak di kawasan Pejagalan Bogor masih tetap berjalan sebagaimana seabad lalu. Puluhan hewan ternak masih dikandangkan di lokasi yang sama.

Jadi yang mana bangunan Pejagalan Pertama di Bogor ?

Anda pasti melihatnya ketika melintasi Jalan Pemuda. Hanya saja, besar kemungkinan Anda tidak akan menyadarinya.

Pejagalan

Pejagalan Bogor
Ruang Kandang Pejagalan

Kondisinya saat ini tidak terlihat seperti sebuah Rumah Potong Hewan karena memang sudah tidak berfungsi. Apalagi saat ini lokasi tersebut dipergunakan sebagai tempat menyimpan peralatan berat milik Dinas Pekerjaan Umum Kota Bogor. Sudah pasti yang terlihat hanyalah berbagai kendaraan berwarna kuning terparkir saja.

Hanya, kalau Anda jeli, maka akan terlihat berbagai bangunan bercorak Indies khas bangunan di masa lalu. Bagian bawahnya akan berwarna hitam putih. Foto-foto di dalam tulisan ini menunjukkan berbagai bangunan dari Pejagalan pertama di Bogor tersebut.

Kondisinya saat ini memang memprihatinkan karena bak hidup segan mati tak hendak. Kondisinya sama sekali tidak terawat dan banyak bagian bangunan yang sebenanrya bersejarah ini sudah rusak disana sini. Bahkan sebagian dipergunakan sebagai tempat menyimpan motor.

——–

Sayang sekali, padahal bangunan ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Bogor. Bila menilik usianya pantas dimasukkan dalam daftar Cagar Budaya kota ini. Umur kompleks Pejagalan Pertama di Bogor ini bahkan sudah lebih dari 2 kali lipat persyaratan untuk menjadi sebuah cagar budaya, yaitu 50 tahun.

PejagalanPadahal, bila perawatan lokasi ini dioptimalkan, bukan tidak mungkin bisa menarik kunjungan wisatawan. Apalagi kalau menurut informasi, peralatan yang dipergunakan dahulu masih tersimpan di bangunan yang dulu berfungsi sebagai rumah potongnya.

Pada tahun 2014 yang lalu, beberapa media mengabarkan bahwa Pejagalan atau Rumah Potong Hewan Pertama ini akan dijadikan semacam museum kesenian. Museum ini akan menyimpan berbagai kekayaan kesenian di Bogor. Wacananya, berbagai sisa peninggalan tempat ini sebagai sebuah pejagalan di masa lalu juga akan ikut dilestarikan.

Hingga tulisan ini dibuat, Juli 2015, tidak terlihat adanya realisasi dari wacana tersebut.

Mudah-mudahan bisa terealisasi sesegera mungkin sebelum tulang belulang dari pejagalan , yang pertama ada di Indonesia ini menghilang ditelan zaman.

LEAVE A REPLY