Jalan Pemuda Bogor
Kawasan Air Mancur mengarah ke jalan Pemuda

Jalan Pemuda merupakan jalan yang terletak di antara jalan Sudirman dan jalan Dadali. Panjangnya kurang lebih 1 kilometer. Berpangkal di taman Air Mancur dan berakhir di pertigaan dekat pintu perlintasan kereta Kebon Pedes. Di ujungnya terdapat sebuah tugu Kujang mini.

Jalan ini merupakan jalan satu arah dan untuk melintasinya dari ujung ke ujung, maka harus dimulai dari titik awal. Meskipun demikian jalan Pemuda bisa diakses melalui jalan Ahmad Yani yang berada sejajar. Terdapat 3 jalan yang merupakan jalan penghubung kedua jalan ini, yaitu jalan Kesehatan, Merak dan Julang.

 

Apa yang terdapat di jalan Pemuda ?

 

1) Pohon kenari

 

Ya, memang di sebagian jalan ini, terutama di pangkalnya masih terlihat sisa-sisa kerindangan Bogor di masa lampau. Deretan pohon kenari d kedua sisinya masih cukup banyak.

Hanya setelah melewati “pejagalan” alias pasar hewan situasinya agak gersang karena jejeran pepohonan digantikan oleh bangunan rumah, kantor dan toko

Jalan Pemuda Bogor
Jalan Pemuda depan pabrik ban Good Year

2) Rumah Pemotongan Hewan pertama di Indonesia

 

Di dekat “pejagalan” terdapat sebuah cagar budaya berupa Rumah Pemotongan Hewan Pertama di Indonesia (Indonesia dan bukan hanya Bogor lho). Lokasinya berada di sisi sebelah kiri jalan Pemuda.

Sayangnya, rencananya RPH yang didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda ini akan segera digantikan oleh sebuah gedung kesenian.

 

3) Kompleks Gelanggang Olahraga Pajajaran

 

Sekitar dua ratus meter dari pangkal jalan Pemuda, di sebelah kanannya terdapat sebuah kompleks Pemuda dan Olahraga Bogor. Di dalamnya terdapat stadion kebanggaan warga Bogor yaitu GOR Pajajaran. Stadion ini menjadi markas klub sepakbola Bogor Raya FC.

Selain stadion Pajajaran, di dalam kompleks yang cukup luas ini terdapat satu lapangan lain yang terletak lebih dekat ke jalan Ahmad Yani. Lapangan ini sering dipergunakan oleh banyak sekolah sebagai lahan untuk siswa mereka melakukan kegiatan olahraga, seperti sepakbola, softball dan lainnya.

Juga terletak dalam kompleks ini, kolam renang umum tertua di Bogor, yaitu Mila Kencana.

Selain sarana berolahraga didalam kompleks ini terdapat pula berbagai macam pusat kegiatan kepemudaan , gedung pertemuan dan Perpustakaan Daerah Kotamadya Bogor

Jalan Pemuda Bogor
Kompleks GOR Pajajaran Bogor di jalan Pemuda

4) Beberapa tempat lain yang terdapat di jalan Pemuda adalah

 

  • Beberapa tempat kuliner seperti Bebek dan Ayam Goren Pak Ndut dan rumah makan Cucurak
  • SMP Negeri 12 Bogor yang dekat di ujung jalan

——–

Nah pasti anda akan bertanya mengapa judulnya ada tambahan “Gujir si raja ban”. Memang sengaja saya tempatkan pada bagian akhir.

Apa memang ada raja ban disana? Ada ! Memang ada satu bagian di jalan ini yang bisa dikatakan sebagai “raja ban”. Namanya ya si Gujir itu.

Anda boleh berkata bahwa tidak ada produsen ban dengan nama itu di Indonesia tetapi kalau anda pergi naik angkot 07 Merah, atau 07 dan 08 Biru, maka anda akan diantarkan ke tempat tersebut.

Angkot anda akan berhenti persis di depan kompleks GOR Pajajaran.

Memang disitu letaknya si raja ban. Hanya kalau anda mencoba mencari kata “Gujir” disana, anda tidak akan menemukannya. Yang akan anda temukan adalah sebuah pabrik dengan nama “GOOD YEAR”.

Betulkan bahwa ada raja ban disana?

Jalan Pemuda Bogor
Jalan Pemuda Bogor mengarah ke jalan Dadali

Memang begitulah warga Bogor menyebut pabrik ban PT Good Year Indonesia Tbkyang berdiri di atas lahan kurang lebih 17-18 hektar ini di sisi kiri jalan Pemuda. Mungkin karena dulu lebih gampang menyebut Gujir dibandingkan Good Year (baca Gud Yir) maka pabrik ini lebih terkenal dengan namanya ini. Bahkan sampai sekarang.

Pabrik ini merupakan pabrik ban pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1935. Pabrik ini merupakan anak cabang dari Good Year Tire and Rubber yang berkantor pusat di Amerika Serikat.

Saat ini pabrik tersebut mempekerjakan sekitar 900-1000 pekerja dan mengekspor ban produknya ke berbagai negara. Produknya juga dijual di dalam negeri Indonesia sudah sejak lama. Berbagai merek mobil seperti Toyota, Nissan, Suzuki, Volskwagen memakai produk ban dari pabrik ini.

Jadi tidak salah kan kalau judul artikel ini menempatkan Gujir si Raja Ban sebagai unsur tambahan utama karena memang begitu adanya. Pabrik ini memang merupakan ikon dari jalan Pemuda.

———–

Cara menuju jalan Pemuda

– dengan angkutan umum/angkot

Anda bisa naik angkot no 07 dan 16 Merah, 07 dan 08 biru dari Air Mancur. Kesemua angkot ini akan melalui jalan Pemuda dari ujung ke ujung. Hanya ingat bahwa kalau terlihat tugu kujang mini berarti anda sudah di ujung jalan

– dengan kendaraan pribadi

Anda bisa mengakses jalan dari arah jalan Ahmad Yani melalui

– jalan Kesehatan atau kompleks GOR Pajajaran – anda akan keluar tepat di depan si Gujir

– jalan Julang – anda akan keluar tepat di “pejagalan”

– jalan Merak – anda akan keluar tepat di ujung jalan

– dengan angkot dari jalan Ahmad Yani : rute sama dengan kalau memakai kendaraan pribadi, hanya anda harus berjalan kaki. Tidak terlalu jauh sekitar 300 meter saja.

LEAVE A REPLY