Pohon Ketapang Di Bukit Cimanggu City
Pohon Ketapang Si Peneduh

Anda baru pindah ke perumahan baru yang masih gersang dan panas? Carilah Pohon Ketapang! Itu saran saya.

Sudah lazim kalau pindah ke sebuah perumahan yang baru dibangun, suasananya pasti akan terasa gersang. Jarang sekali pihak pengembang sudah melengkapinya dengan tanaman peneduh. Kalaupun ada, paling hanya beberapa batang pohon yang masih anakan dan belum rimbun.

Tentunya pohon-pohon tersebut belum mampu memberikan keteduhan pada sekitarnya.

Nah, untuk itu, dan juga demi masa depan lingkungan dimana Anda tinggal, akan lebih baik segera dilakukan penanaman pohon-pohon peneduh. Tentu saja, suasana tidak akan langsung menjadi sejuk, tetapi paling tidak 2-3 tahun ke depannya, Anda akan bisa menikmatinya.

Nah, salah satu jenis tanaman yang cocok untuk tugas itu adalah si Pohon Ketapang alias Terminalia Catappa.

Pohon Ketapang Si Peneduh

Mengapa pohon ini cocok sebagai tanaman peneduh, ada beberapa hal :

1. Daunnya Rimbun

Daun Pohon Ketapang berbentuk oval seperti telur dengan panjang bisa mencapai 38 cm dan lebar 19 cm pada pohon dewasa.

Jarak antara daun yang satu dengan yang lain dalam satu ranting sangat rapat. Sulit bagi sinar matahari untuk menembus kerapatan daun-daun ini.

Daun Pohon Ketapang
Daun Pohon Ketapang

2. Tajuknya Rindang

Pohon ini memiliki cabang yang cenderung menyebar secara horisontal ke berbagai arah. Jarang ditemukan cabang yang membentuk menaik atau turun.

Tajuknya juga cenderung bertingkat-tingkat. Di atas cabang yang satu akan ada jarak sebelum cabang lain tumbuh, yang lagi-lagi mendatar.

Kalau dilihat dari jauh, penampakan Pohon Ketapang akan mirip dengan pagoda.

Dikombinasikan dengan daun yang besar dan rapat, maka area di bawah ini akan terlindung dari sinar matahari.

Seperti bisa dilihat di foto paling atas tulisan ini

3. Dapat Tumbuh Dengan Cepat

Pohon Ketapang Si Peneduh
Jejeran Pohon Ketapang

Waktu yang diperlukan pohon ini untuk tumbuh menjadi cukup rimbun sangat cepat. Dari bibit setinggi 1 meter hingga mencapai tinggi 4-5 meter, kira-kira memerlukan waktu 2-3 tahun.

Waktu ini jelas sangat cepat untuk dapat segera mengurangi panas.

4. Minim Perawatan

Tidak sulit merawatnya. Selama air hujan menyiraminya, maka tanaman ini akan tumbuh dengan subur.

Bahkan di tanah yang sebelumnya dipadatkan dengan puing-puing bangunan (sesuatu yang dilakukan para pengembang perumahan untuk memadatkan tanah), Pohon Ketapang tidak akan menolak.

Hal ini karena pohon yang sering disebut juga dengan Katapang ini merupakan tanaman tepi pantai. Si daun lebar ini dapat hidup dimana tanah hanya memiliki kandungan unsur hara yang tipis, seperti pasir pantai.

Jadi Anda tidak akan repot.

Itulah alasan mengapa pohon ini sering dipergunakan sebagai peneduh jalan.

Pohon Ketapang Si Bermanfaat

Pohon Ketapang Dewasa
PohoN ketapang Dewasa

Banyak bagian pohon ini yang bisa dimanfaatkan baik sebagai makanan ataupun untuk pengobatan dan hal lain.

a) Kulit Kayunya bisa dimanfaatkan untuk penyamakan kulit (tapi jangan coba menyamak kulit di perumahan Anda, pasti banyak yang protes)

b) Buahnya bisa menghasilkan biji yang bisa dimakan. Rasanya mirip almond. Tidak mengherankan kalau nama lain di luar negeri si Terminali Catappa ini selalu dikaitkan dengan almond, seperti Singapore Almond, Indian Almond, Tropical Almond

c) Buahnya juga mengandung Tanin yang konon dapat dipergunakan untuk mengobati radang rongga perut

d) Daunnya, penggemar ikan cupang pasti akrab dengan daun pohon ini. Daunnya yang lebar terutama yang sudah coklat dapat menurunkan pH air yang akhirnya bisa membuat sang cupang kesayangan hidup lebih sehat dan panjang umur.

e) Kayunya sendiri cukup keras dan bisa dipergunakan untuk berbagai macam hal. Sayangnya tidak terlalu awet dibandingkan seperti Meranti, sehingga jarang dipergunakan untuk konstruksi bangunan.

Selain tentunya sebagai peneduh.

Pohon Ketapang Si Menjengkelkan

Bentuk Tajuk Pohon Ketapang
Bentuk Tajuk Pohon Ketapang

Tidak ada gading yang tak retak!

Dengan berbagai manfaat yang sudah disebutkan di atas, bagi kehidupan kita dalam sebuah perumahan, Pohon ketapang bisa juga menjengkelkan.

a) Pohon ini meluruhkan daunnya paling tidak dua kali dalam setahun. Sekali daunnya luruh, bisa dibayangkan menyapu puluhan daun berukuran lebar. Sapu lidi sulit untuk menyapu tumpukan daun ketapang sekaligus.

b) Pohon Ketapang Dewasa bisa mencapai ketinggian 40 M. Kalau di dalam kawasan perumahan ketinggian maksimum tersebut jarang tercapai tetapi tetap saja tidak sulit baginya tumbuh setinggi 10-15 meter. Sesuatu yang berbahaya karena dalam perumahan biasanya ada kabel telepon atau listrik

c) Akar pohon dewasa dapat merusak. Memang ukuran akarnya pun akan menyesuaikan dengan umur. Semakin tua dan besar batang pohonnya, akarnya semakin besar pula. Konon ada yang bisa mencapai 3 meter besarnya. Akar sebesar ini akan merusak dinding terdekat atau bahkan jalan ketika mencari jalan.

Oleh karena itu harus diusahakan ketika menanam diberikan ruang yang cukup untuk pertumbuhannya.

Jangan meletakkan pohon ketapang dalam sebuah taman kecil yang dibatasi dengan tembok atau saluran air. Akarnya akan menjebol tembok tersebut dan menutupi selokan.

Selain itu, pemangkasan batang harus dilakukan secara berkala agar tidak mencapai tinggi maksimum dan mengganggu perkabelan.

——

Nah, meskipun tidak sempurna, bila Anda membutuhkan peneduh bagi lingkungan Anda, pohon yang memiliki nama berbeda-beda di Indonesia ini tetaplah cocok sebagai tanaman peneduh.

Pohon Ketapang
Pohon Ketapang

O ya nama dalam bahasa daerah di Indonesia seperti Hatapang dalam bahasa Batak, Atapang dalam bahasa Bugis dan banyak lainnya.

Di Kota Bogor dulu masih banyak bisa ditemukan Pohon Ketapang. Sayangnya sudah banyak sekali yang ditebang dan digantikan hutan beton.

Dimana kalau ingin menemukan si Katapang ini di Bogor? Silakan datang saja ke rumah saya di Bukit Cimanggu City Cluster Taman Bunga. Anda akan saya tunjukkan sekaligus beberapa biji buahnya akan saya masukkan ke tas Anda.

Dipergunakan sebagai bibit atau mau dimakan, terserah Anda.

12 COMMENTS

  1. Assalamualaikum pak, saya butuh biji ketapang sebagai bahan penelitian, saya bisa cari dimana ya pak, saya di bogor pak, mohon bantuannya

    • Wa alaikum salam..

      Kalau mau datang saja ke rumah saya dik di wilayah Bukit Cimanggu City, cuma keliatannya sedang jarang berbuah.

      Kalau di Bogor sendiri jarang yang jual khusus biji ketapang

  2. Salaaam, terimakasih infonya mas …

    Apakah Ketapang ini dg Ketapang kencana punyak sifat akar yang sama ?

    • Kemungkinan besar sama soal akar.. semua tumbuhan berkambium cenderung memiliki akar yang besar. Jadi resiko ke arah sana tetap ada

  3. Jenis ketapang sebagaimana gambar diatas yang daunnya besar disebut ketapang laut, pada saat musim panas akan mudah gugur bahkan rontok sampai habis, ini menyulitkan bagian kebersihan, tetapi daun yang luruh tersebut sangat ampuh sebagai menaikkan ph air, yang diandalkan oleh pembudidaya ikan hias sebagai stabilator ph air, jenis jenis ketapang antara lain
    1. ketapang laut gambar seperti diatas
    2. ketapang kencana, daun lebih kecil
    3. ketapang biola cantik, daun lebih hijau, lebih rimbun, dan tidak mudah rontok
    4. Kue ketapang, kuliner orang betawi
    5. Kota ketapang di kalimantan
    Tks

  4. Dulu sebelum saya tahu nama pohonnya adalah ketapang, saya nyebutnya pohon parkiran. Karena waktu saya kuliah duly selalu melewati gedung JEC di jogja, dan area parkiran mobilnya rindang ditanami pohon ini. Jadi mobil2 yg diparkir tidak kepanasan kl siang hari. Membersihkan lahan parkirannya juga lbh gampang krn daunnya besar2. Perencanaan yg cerdik.

  5. Salam pak,kalo pohon ketapang ini ada jenisnya gak ? Soalnya daun pohon ketapang yg saya punya lebih lebar.
    Kalo biji ketapang yg kya gmn sih ? Sy gk pernah liat buahnya,cuma ada bunga warna hijau klo msih muda trus kering berserabut deh,trimkasih pak

    • Ada beberapa jenis Pak Khaeril. Yang ada di dekat rumah saya itu yang biasa saja. Ada juga Ketapang Kencana.

      Bijinya, coba deh digeprek.. eh dipukul pakai kenari, nanti akan teriihat bijinya. Kayak makan kenari.

LEAVE A REPLY