Sentra Tanaman Hias Katulampa

Tertata rapi. Unik. Enak dilihat. Itulah kesan terhadap Sentra Tanaman Hias Katulampa di Jalan Achmad Sham Bogor.

Di sepanjang jalan yang hampir satu kilometer tersebut, di kedua sisinya berjejer kurang lebih seratus pedagang tanaman hias. Kehadiran mereka membuat jalan yang belum terlalu ramai tersebut tidak terlalu gersang. Warna hijau daun-daun tanaman dan juga warna-warni ceria berbagai bunga membuat suasana panas karena belum banyaknya pohon menjadi sedikit lebih teduh sekaligus ceria.

Sentra Tanaman Hias Katulampa

Sentra Tanaman Hias Katulampa

Pusat tanaman hias ini belum lama beroperasi di Kota Hujan. Dibandingkan dengan beberapa sentra penjualan tanaman hias, seperti di Jalan Dadali, Jalan Semeru, dan beberapa tempat lain, umurnya bisa dikata baru seumur jagung.

(Baca juga : Jalan Semeru – Sisa Kerindangan Kota Hujan)

Lokasinya berada di sepanjang kedua sisi jalan Achmad Sham. Jalan ini sendiri belum lama selesai dan dibuat untuk menghubungkan antara Jalan Achmad Adnawijaya dengan wilayah Katulampa (Sumber Karya Indah dan Bendung Katulampa).

Meskipun demikian, kalau melihat cara penataan dan lokasinya, tempat ini sangat berpeluang dan memiliki potensi untuk menjadi sebuah lokasi wisata. Betul, bukan hanya sebagai sebuah sentra tanaman hias tetapi bisa menjadi sebuah lokasi wisata khusus tanaman.

Dari segi jumlah, secara total, setelah dihitung dari ujung ke ujung ada kurang lebih seratus pedagang. Jumlah ini bisa dikata merupakan yang terbanyak ada di sebuah sentra tanaman hias di kota Hujan. Dengan jumlah yang besar ini, tentu saja variasi tanamannya akan lebih banyak dibandingkan tempat yang lain.

Selain itu, penataan yang rapi bisa terlihat disana. Tampilan unik dari saung-saung bambu dengan atap sirap membuat suasananya memang memberikan kesan tidak biasa. Sesuatu yang bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Apalagi, lokasinya berada di jalur yang merupakan sebuah wilayah yang sering didatangi para wisatawan dari luar Bogor.

Kesemuanya memungkinkan sentra tanaman hias Katulampa ini dikembangkan menjadi obyek wisata lingkungan.

Pusat Tanaman Hias Katulampa

Satu-satunya yang mungkin menjadi penghalang, dan harus secepatnya diatasi adalah tentang kurangnya promosi.

Jalan Achmad Sham adalah sebuah jalan yang baru dibangun. Jalur ini masih belum dikenal banyak orang kecuali mereka yang tinggal di sekitar Vila Duta atau Pajajaran Indah. Oleh karena itu terlihat sekali bahwa lalu lalang kendaraan belum banyak.

Hal ini berbeda dengan sentra-sentra tanaman hias lain di Kota Bogor yang berlokasi di jalan yang ramai dengan lalu lintas. Ramainya lalu lintas membuat sentra-sentra tersebut tumbuh dengan baik dan pesat.

Hal tersebut belum terlihat di Sentra Tanaman Hias Katulampa.

Suasananya masih sepi.

Hal ini harus cepat diatasi karena kehidupan para pedagang tanaman hias disini akan tergantung pada ramainya lalu lintas. Kalau sepi, akan sulit sekali mendapatkan omset yang cukup.

Untuk itulah mungkin harus digiatkan lagi promosi tentang sentra tanaman hias ini. Bukan hanya pada para pelancong tetapi juga kepada warga Bogor karena masih sangat banyak yang belum menyadari keberadaan Sentra Tanaman Hias Katulampa ini.

Padahal, bukan hanya pelancong yang butuh oleh-oleh, tetapi warga Bogor pun perlu banyak tanaman untuk menghias rumah mereka.

Sayang kalau mereka tidak diberitahu.

Pusat Tanaman Hias Katulampa

Cara Menuju ke Sentra Tanaman Hias Katulampa

Akan lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi karena masih jarang sekali angkutan umum yang melewatinya. Lagipula, Anda akan membutuhkan angkutan untuk membawa tanaman hias yang dibeli.

Dua cara menuju Sentra Tanaman Hias Katulampa

  1. Melewati Jalan Achmad Adnawijaya alias Jalan Pandu Raya. Dari perempatan Warung Jambu, berbeloklah ke kiri untuk memasuki Jalan Pandu Raya. kemudian ikuti saja jalan ini (tidak usah berbelok-belok). Maka setelah jembatan di atas Jalan Tol Jagorawi, Anda akan menemukan di kedua sisinya deretan pedagang tanaman hias. Berarti Anda sudah sampai di Sentra Tanaman Hias Katulampa
  2. Melalui Jalan Bina Marga. Sekeluar dari tol Jagorawi di Baranangsiang, kalau Anda berbelok ke kiri maka akan ada jalan kecil di sebelahnya yang juga merupakan salah satu tempat wisata kuliner. Ikuti saja hingga Anda menemukan pertigaan, dimana kalau arah lurus yang dipilih Anda akan menuju Bogor Lake Side. Ambillah arah ke kanan dan Anda sudah memasuki Jalan Achmad Sham.

Kalau menggunakan angkutan umum, pergunakan angkot no 11 Merah. Meskipun demikian pastikan bahwa sang supir mau melewati jalan ini. Kalau tidak Anda akan berjalan lumayan juga.

Sentra Tanaman Hias Katulampa

OK Kawan. Selamat berburu tanaman hias di Bogor.

LEAVE A REPLY