situ tonjongsitu tonjong Bogor
Situ Tonjong –  Menjelajahi Bogor di pagi hari ternyata sering memperlihatkan betapa indahnya kota ini. Tidak di kota tidak di kabupaten, rupanya masih ada tempat tersembunyi yang menyimpan keindahan dan ketenangan.

Hari Sabtu yang lalu, daerah yang dipilih menjadi area penjelajahan adalah Desa Tonjong , Tajurhalang di Kabupaten Bogor. Beberapa lokasi yang menjadi sasaran adalah Vihara 8 Posat dengan Patung Budha Tidur Raksasa dan Situ Tonjong.

Situ Tonjong atau dana Tonjong bukanlah sebuah danau besar. Situ ini hanyalah sebuah reservoir air sama dengan banyak situ-situ lain di Bogor. Fungsinya lebih banyak sebagai tempat menyimpan sementara aliran air agar tidak langsung membanjiri kota selanjutnya, Jakarta.

Ternyata meskipun hanya merupakan sebuah danau penyimpan air, tempat ini sebenarnya pantas untuk dijadikan salah satu tujuan wisata. Pemandangannya meskipun bukan pemandangan sejuta dollar tetaplah menyejukkan mata yang memandang.

Airnya cukup jernih dan kebiruan dan tidak coklat kotor seperti banyak situ lainnya. Riak-riak air mengalir kecil dan tidak deras. Rimbunnya pepohonan bambu di sekitar danau membuat teduh sebagian besar sisi danau. Terlihat di beberapa bagian danau usaha perikanan kecil-kecilan yang sepertinya dilakukan masyarakt sekitar.

Kalau saja saya penggemar mancing, mungkin tempat ini akan menjadi langganan. Tidak dilarang untuk memancing di danau. Sebuah papan peringatan hanya mengingatkan agar penangkapan ikan tidak dilakukan dengan cara memakai racun atau bom ikan. Memancing tidak tercantum di dalamnya. Sayang sekali mancing tidak masuk dalam daftar hobby saya.

 

situ tonjong

Meskipun demikian, hobby jugalah yang membawa ke tempat ini. Berbekal kamera Fuji Finepic HS35EXR, saya mencoba untuk mendapatkan satu dua obyek. Hasilnya ? Bisa dilihat di awal tulisan ini. Sebuah perahu sedang mengapung di pinggir Situ Tonjong.

Cukup enak dilihat kan ?

Sayangnya foto itu juga yang menimbulkan sebuah kekhawatiran tersendiri mengenai nasih Situ Tonjong di masa yang akan datang. Terlihat di kejauhan, disisi lain situ Tonjong, sebuah perumahan baru mulai berdiri. Sekelompok atap rumah menyembul dari sisi danau tersebut.

Mungkin hanya tinggal tunggu waktu saja puluhan yang lain akan segera menyusul. Situ Tonjong terletak tidak terlalu jauh dari perbatasan dengan Kota Bogor, sebuah kawasan yang sedang menjadi incaran baru setelah lahan kota Bogor semakin mahal. Bisa diprediksi dalam beberapa tahun di masa yang akan datang, berbagai bangunan dan kompleks perumahan baru akan segera berdiri di kawasan ini.

Situ Tonjong jelas memberikan nilai tambah lebih dengan ketenangan dan pemandangan danau kecil ini. Hal yang akan memberikan nilai tambah bagi perumahan yang berdiri di dekatnya. Jadi prediksinya akan terasa tidak menyenangkan dari sudut kelestarian alam dan nasib situ ini. Kemungkinan besar semua sisi ini akan segera dipenuhi oleh berbagai bangunan.

Khawatir, ya tetapi juga ada sebuah kesadaran bahwa hal tersebut memang tidak terelakkan. Yang bisa dilakukan hanyalah menikmati situ Tonjong dalam kondisi seperti sekarang sesering mungkin. Sebelum semuanya berubah.

 

situ tonjong Bogor

2 COMMENTS

  1. Mantap nih setunya buat memancing ikan.

    • memang… banyak yang mancing di situ kok

LEAVE A REPLY