Warga Ubah Lahan Pinggir Kali Tak Terawat Jadi Taman Cantik

Warga Ubah Lahan Kosong Pinggir Kali Jadi Taman Cantik A

Lahan pinggir kali sering menghadirkan masalah bagi warga di sebuah pemukiman. Ketidakjelasan berada di pundak siapa tanggung jawab untuk mengurus sering berujung pada tidak terawatnya lahan tersebut.

Alhasil, lahan kosong seperti itu kerap dipenuhi ilalang tinggi dan menjadikan lingkungan sekitar terlihat kumuh dan tidak enak dipandang mata.

Begitu pula yang dirasakan oleh warga di Cluster Taman Bunga, Perumahan Bukit Cimanggu City, Tanah Sareal, Kota Bogor.

Lahan di sepanjang bantaran kali yang membelah perumahan tersebut sudah tidak jelas siapa yang harus merawatnya. Sudah bertahun-tahun tidak ada upaya atau perawatan rutin dilakukan, baik oleh pengembang atau pihak manapun yang seharusnya bertanggungjawab.

Dampaknya, lahan kosong di sepanjang kali tersebut sangat tidak terawat dan dipenuhi ilalang dan tanaman liar lainnya. Berbagai ornamen penghias jalan pun menjadi kusam karena sama sekali tidak pernah dirawat.

Pemandangan yang tentu saja membuat gerah dan sepet mata, terutama mereka yang rumahnya menghadap langsung sungai kecil tersebut. Tidak pernah menyenangkan melihat hamparan rumput tinggi dan tanaman liar setiap harinya.

Sampai akhirnya, warga memutuskan untuk melakukan tindakan sendiri untuk memperbaiki lingkungan dimana mereka tinggal.

Diprakarsai oleh Bapak Ade Irawan sebagai Ketua dan Bapak Dedy Suryadana sebagai Sekretaris RT 008 RW 09 sejak 2 bulan terakhir melakukan usaha perbaikan secara bertahap.

Berbekal dana swadaya yang berasal dari sumbangan dana, tenaga, dan pikiran dari warga yang rumahnya berhadapan dengan lahan tersebut, lahan kosong tak terawat di pinggir kali tersebut disulap menjadi deretan taman cantik.

Berbagai perbaikan dilakukan mulai dari memperbaiki batas lahan, memasang paving block, hingga memajang tanaman hias berbagai jenis dalam pot atau ditanam langsung.

Tidak lupa disertakan beberapa bangku taman yang dipersiapkan bagi warga yang ingin menikmati suasana relaks sambil bercengkerama.

Beberapa hasil pembenahan lahan pinggir kali tersebut bisa dilihat di bawah ini.

Pembenahan terhadap lahan tak terawat ini berlangsung secara bertahap dan akan terus dilanjutkan sampai semua lahan yang ada berubah menjadi taman.

Program ini merupakan bagian dari program perbaikan lingkungan yang memang dicanangkan oleh pengurus RT 008 dalam masa jabatan yang diembannya.

Dengan program ini , pengurus dan warga berkomitmen untuk terus berusaha meningkatkan kualitas dari berbagai sarana dan prasarana yang ada di lingkungan Cluster Taman Bunga, Bukit Cimanggu City. Tujuan akhirnya adalah menghadirkan kenyamanan bagi warga yang tinggal di klaster tersebut.

Beberapa perbaikan lain yang sedang dalam proses pengerjaan termasuk juga perbaikan taman dalam klaster atau penyediaan sarana olahraga.

Catatan :

Tim Lovely Bogor, sebagai warga yang tinggal di Cluster Taman Bunga, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh warga yang telah berkontribusi, baik dana, tenaga, waktu, dan pikiran untuk memastikan program ini terlaksana.

Terima kasih spesial untuk Pak Wasino yang sudah mengirimkan beberapa foto untuk melengkapi tulisan ini dan Bu Dewa yang telah mengawasi pengerjaan pembenahan tanpa kenal waktu.

Mari Berbagi

2 thoughts on “Warga Ubah Lahan Pinggir Kali Tak Terawat Jadi Taman Cantik”

Comments are closed.