Gelanggan Olahraga dan Remaja

 

Setiap kota di Indonesia biasanya juga memiliki sebuah kawasan dimana para remaja dan pemuda di kota tersebut dapat menyalurkan energi muda mereka dalam kegiatan positif. Begitu pula di kota Bogor.

Kota ini memiliki sebuah kompleks yang biasa menjadi pusat bagi berbagai kegiatan olahraga dan kepemudaan. Nama kompleks ini dikenal dengan Gelanggan Olahraga dan Remaja. Meskipun demikian tidak jarang warga Bogor yang cukup menyebutnya dengan GOR atau GOR Pajajaran saja.

Namanya resminya sendiri sebenarnya cukup dengan Gelanggang Olahraga dan Remaja saja. Tambahan kata Pajajaran karena salah satu bagian yang ada di dalam kompleks ini adalah sebuah stadion yang pernah menjadi kebanggaan warga Bogor, yaitu Stadion Pajajaran.

Lokasi Gelanggang Olahraga dan Remaja Kota Bogor terletak di Jalan Pemuda No 4, Tanah Sareal. Posisinya diapit oleh dua jalan yaitu Jalan Pemuda dan Jalan Ahmad Yani. Gerbang masuk utamanya terletak persis di depan Pabrik Ban Good Year Indonesia.

Pengelolaan kompleks ini berada di bawah kendali Unit Pelaksana Teknis Daerah Kota Bogor.

Sekilas sejarah Gelanggang Olahraga dan Remaja Kota Bogor

Gelanggan Olahraga dan RemajaGelanggang Olahraga dan Remaja Kota Bogor menempati sebuah area yang dulunya di dalamnya terdapat pacuan kuda tempo dulu dan juga perkebunan karet. Kompleks ini didirikan pada sekitar tahun 1972-194 di masa pemerintahan walikota Achmad Syam yang menjabat mulai tahun 1965-1979.

Kompleks ini hanya memakai sebagian kecil saja dari bekas lahan tersebut. Sebagian besar kemudian berubah menjadi perumahan mewah ala real estate.

Sementara Arena Pacuan Kuda yang dulu pernah menjadikan Bogor tersohor ke seluruh Indonesia, keberadaannya sudah dihapuskan pada tahun yang sama.

Bagian-bagian Kompleks Gelanggang Olahraga dan Remaja Kota Bogor

Kompleks ini terdiri dari beberapa bagian yang menjalankan fungsi yang berbeda. Bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut

1. Stadion Pajajaran

Stadion yang dulunya bernama Stadion Purana ini merupakan sebuah stadion sepakbola. Pada masa kejayaannya pernah dipergunakan oleh beberapa klub sepakbola anggota Galatama (sebelum berganti menjadi Liga Super Indonesia) seperti Yanita Utama. Klub ini pernah menjadi juara Galatama 2 kali pada masanya.

2. Kolam Renang Mila Kancana

Menempati area yang dulunya merupakan rumah milik Soleh Iskandar, Mila Kancana adalah sebuah kolam renang umum. Masyarakat Bogor sebelum berdirinya banyak water park menjadikan kolam renang ini sebagai arena rekreasi keluarga.

Gelanggang Olahraga dan Remaja
Panggung Terbuka

3.  Gedung Pemuda

Gedung Pemuda adalah bagian kompleks Gelanggang Olahraga dan Remaja kota Bogor yang dikhususkan untuk berbagai kegiatan kepemudaan dan remaja. Di bagian ini, berbagai aktifitas seperti kesenian, latihan bela diri untuk remaja dilakukan.

Di salah satu bagiannya terdapat Perpustakaan Daerah Kota Bogor.

4. Lapangan Sepakbola

Di bagian belakang kompleks yang berhimpitan dengan Jalan Ahmad Yani, terdapat sebuah lapangan sepakbola terbuka yang bisa dpergunakan untuk umum. Juga terdapa lapangan basket yang dipisahkan dalam sebuah bangunan terbuka berteralis.

Sampai beberapa tahun yang lalu, masih terdapat sebuah lapangan softball. Hanya saja, arena ini sudah tidak lagi terlihat.

5. Gedung Pertemuan

Di sebelah dan berhubungan dengan kolam renang Mila Kencana terdapat sebuah gedung pertemuan. Gedung ini sering dipergunakan untuk acara perkawinan maupun seminar.

Gelanggan Olahraga dan Remaja
Lapangan Tenis

6. Lapangan Tenis

Sebuah lapangan tenis sederhana terletak di sebelah gedung pertemuan.

7. Panggung Terbuka

Sebuah panggung terbuka terdapat di halaman parkir Stadion Pajajaran. Arena ini sering dipergunakan sebagai tempat konser musik remaja.

———

Kompleks Gelanggang Olahraga dan Remaja kota Bogor ini sering dipergunakan sebagai tempat para penggemar jogging untuk melakukan latihan. Bahkan tidak jarang kegiatan tersebut dilakukan di dalam stadion Pajajaran yang jarang sekali dipergunakan.

Tempatnya cukup nyaman dan karena memang dikhususkan untuk kegiatan olahraga, maka suasananya memang mendukung. Meskipun demikian, ada kalanya tempat ini akan terasa penuh, yaitu ketika ada pagelaran konser musik di panggung terbuka.

LEAVE A REPLY