Jalan Pandu Raya - Jalan Achmad Adnawijaya
Jalan Pandu Raya a.k.a. Jalan Achmad Adnawijaya

Dimana Jalan Achmad Adnawijaya? Yah, itu sebuah kueri di layar kontrol Google Analytics Lovely Bogor beberapa hari yang lalu. Hal yang menandakan seseorang sedang mencari informasi berkaitan dengan jalan ini.

Entah siapa yang mencari, tetapi berarti ada orang yang membutuhkan hal tersebut. Sayangnya, sudah cukup lama, saya tidak lagi menulis mengenai deskripsi jalan-jalan di Bogor, perhatian agak teralihkan pada beberapa topik lain.

Padahal, saya sendiri cukup sadar bahwa meskipun sudah ada Google Maps, tetap saja sebuah artikel berisi deskripsi apa, dimana, dan siapa itu akan bisa membantu.

Mohon maaf untuk itu.

Jalan Achmad Adnawijaya = Jalan Pandu Raya

Jalan Pandu Raya

Yak. Itu informasi pertama. Kalau Anda menanyakan nama Jalan Achmad Adnawijaya mungkin masih cukup banyak warga Bogor sendiri yang masih asing. Kalau itu terjadi tanyakan nama sebelum itu, yaitu Jalan Pandu Raya.

Jalan ini memang sebelumnya bernama Jalan Pandu Raya. Sebelum menjadi jalan umum dan jalan ini merupakan bagian dari Perumahan Indraprasta.

Semua nama di kawasan ini sebelumnya diambil dari nama-nama tokoh pewayangan, Pandawa. Contohnya Perum Indraprasta sendiri namanya diambil dari tempat tinggal Pandawa dan keluarga sedang nama Pandu merujuk pada ayahanda dari ke lima tokoh Pandawa.

Nama itu kemudian diganti, seperti juga banyak nama jalan di Kota Bogor, dengan nama para tokoh yang berkaitan dengan Kota Hujan ini.

Jadi, kalau bertanya cara menuju ke jalan Achmad Adnawijaya ini dan mendapat respon gelengan kepala tanda tidak tahu, cobalah memakai nama lamanya. Mudah-mudahan ada yang akan bisa memberi petunjuk.

Jalan Alternatif Menuju Utara Dan Selatan Kota Bogor

Jalan Pandu Raya - Jalan Achmad Adnawijaya

Jalan Achmad Adnawijaya memang bisa menjadi sebuah alternatif bagi Anda yang sedang mencoba mengarah ke Utara atau Selatan Kota Bogor. Terutama, dengan perubahan arus lalu lintas di seputar Kebun Raya Bogor memang membuat perjalanan terasa lebih panjang.

Arah jalan ini memang membentang dari Utara ke Selatan. Posisinya memang sejajar dengan salah satu jalan utama di Bogor, yaitu Jalan Pajajaran. Oleh karena itu, bagi mereka yang sudah mengenal karakter lalu lintas di Jalan Pajajaran sering memanfaatkan Jalan Pandu Raya ini untuk menghindari kemacetan yang sering terjadi di jalan utamanya.

Ujung jalan ini di Utara bermula dari perempatan Warung Jambu )Pertemuan Jalan Ahmad Yani, Pajajaran, dan KS Tubun). Ujung Selatannya berakhir setelah melintasi (fly over) Jalan Tol Jagorawi di Baranangsiang. Oleh karena itu bagi mereka yang hendak mengarah ke Warung Jambu dari arah Tajur/Baranangsiang, jalan ini bisa sangat membantu menghindari kemacetan dan mempercepat waktu perjalanan. Arus lalu lintasnya jauh lebih sedikit dibandingkan Jalan Pajajaran.

Pusat Bisnis Dan Kuliner Dalam Waktu Dekat

Jalan Pandu Raya - Jalan Achmad Adnawijaya
Ujung Jalan Achmad Adnawijaya Di Warung Jambu

Belum. Memang belum seramai beberapa jalan utama lainnya dimana kegiatan bisnis dan kuliner sudah seperti menguasai hampir setiap meternya. Hanya, melihat pesatnya perkembangan bangunan bisnis berupa ruko, pertokoan dan hotel, sebentar lagi Jalan Achmad Adnawijaya akan segera menjadi salah satu area yang akan disibukkan dengan kegiatan bisnis dan kuliner.

Pada saat ini pun sudah cukup banyak pertokoan dengan fokus terbanyak pada kuliner bermunculan. Begitu juga beberapa penginapan dan hotel sudah ada di sekitar area ini.

Salah satunya adalah Kafe Opatan yang sudah ditulis dalam tulisan sebelumnya. (Silakan lihat : Kedai Kopi Opatan – Ngopi Yuk!).

Kegiatan bisnis dan kuliner ini terutama paling banyak ditemukan di ujung sebelah Utara hingga ke tengah. Bagian Selatan sedikit lebih sepi walau juga denyut perekonomian tetap terasa.

Apa Yang Bisa Ditemukan Di Jalan Achmad Adnawijaya?

Banyak. Sudah cukup banyak kalau yang ditanyakan adalah tempat wisata kuliner. Sulit sekali membuat daftarnya karena memang sudah sulit menghitungnya.

Bisa disebutkan Kedai Kopi Opatan, Sate Tegal Laka-Laka, Resto & Cafe Terrace, Es Krim Batok Basian dan lain sebagainya.

Juga terdapat Hotel Wins bagi yang ingin menginap di Bogor, yaitu Hotel Wins ata Pandu Futsal bagi yang ingin berolahraga.

Area di sepanjang Jalan Achmad Adnawijaya semakin hari semakin ramai untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong di malam hari.

Tahun ini, ciri khas jalan ini ditambah dengan keberadaan satu landmark Kota Bogor. Bentuknya berupa taman, yaitu TAMAN CORAT CORET yang berada tepat di pertigaan dengan Jalan Achmad Sobana alias Jalan Bangbarung, sebuah area kuliner lainnya. Silakan simak Taman Corat Coret – Mencari Corat Coret.

Jalan Achmad Adnawijaya

Cara Menuju Jalan Achmad Adnawijaya

Bagi Anda yang hendak menghindari kemacetan Jalan Pajajaran, bisa mencoba jalan ini.

Dari Arah Tol Lingkar Luar Bogor/Kedung Halang/Cibinong

Kalau menggunakan tol Jagorawi, keluarlah di pintu to Sentul Selatan/Belanova. Arahkan kendaraan Anda untuk memasuki jalan tol Lingkar Luar Bogor dan keluar di ramp Kedung Halang.

Berbeloklah ke kiri dan tetaplah ambil lajur kiri. Sesampainya di perempatan Warung Jambu, perempatan pertama, berbeloklah ke kiri. Anda sudah memasuki Jalan Achmad Adnawijaya a.k.a Jalan pandur Raya.

Begitu pun kalau dari arah Cibinong, lurus saja hingga menemukan perempatan Warung Jambu.

Kalau dari arah Parung, pergunakan Jalan Soleh Iskandar hingga melalui underpass Kebon Pedes. Di perempatan lampu merah, berbeloklah ke kanan untuk menuju perempatan Warung Jambu lalu belok ke kiri.

Dari arah Baranangsiang

Setelah Anda membayar tol, jangan ambil jalur lurus menuju Baranangsiang. Perhatikan ada tanda arah menuju Tanah Baru, pergunakan jalur ini. Berbeloklah ke kiri.

Di pertigaan pertama, berbeloklah ke kiri. Nah setelah itu akan ada pertigaan lagi. Lurus ke arah Bogor Lake Side/Dana Bogor Raya dan ke kanan (agak menanjak) akan mengarah ke Jalan Pandu Raya. Pada pertigaan setelah tanjakan berbeloklah ke kiri, itu sudah masuk ke Jalan Pandu Raya.

Dengan Angkot

Hanya ada satu rute angkot yang melewati jalan ini, yaitu angkot no 23 Merah dari arah Warung Jambu. Jadi pergunakan angkot yang menuju ke Warung Jambu terlebih dahulu, seperti 07 merah atau 08 biru.

Nah, dari ujung Utaranya pergunakan angkot 23 Merah untuk memasuki Jalan Achmad Adnawijaya.

——

Kira-kira begitulah deskripsi dan sedikit informasi mengenai Jalan Achmad Adnawijaya. Semoga bisa membantu.

LEAVE A REPLY