Kedai Kopi Opatan
Suasana Kedai Kopi Opatan

Kedai Kopi Opatan. Finding Real Coffee Taste.

Upps. Temukan cita rasa kopi sejati? Sulit untuk membayangkan sebuah warung atau kedai kopi di pinggir jalan bisa menawarkan cita rasa kopi yang sebenarnya. Image warung kopi tidak bisa dilepaskan dari kopi sachetan dalam berbagai merek.

Tentu saja bagi para penikmat kopi, secangkir kopi seduhan dari produk pabrikan tidak akan pernah masuk dalam kategori “cita rasa kopi”.

Kesan tersebut sulit dilepaskan dari yang namanya warung atau kedai kopi.

Tapi. Tunggu dulu!

Jangan lupakan bahwa Kota Bogor adalah kota kuliner. Kreasi dunia perkulineran di kota ini tidak pernah berhenti. Tidak pernah terjadi bentuk sebuah usaha kuliner di kota ini membatasi kreatifitas. Tempat yang sederhana tidak berarti hanya bisa memberikan yang “biasa”.

Kedai Kopi Opatan adalah salah satu contohnya. Meskipun berada di lokasi yang belum sepenuhnya menjadi sebuah pusat tujuan wisata kuliner di Bogor seperti di Jalan Bangbarung, tempat ini memang menawarkan apa yang disebutkan dalam slogannya.

Baca juga : Jalan Ahmad Sobana – Kuliner, Beauty, dan Fashion

Kedai Kopi kecil yang baru lahir ini tidak ditujukan bagi Anda yang ingin menikmati kopi sachetan bermerek A*C atau T*r*b*k*.

Kedai Kopi Opatan
Meja Penyajian Kedai Kopi Opatan

Kedai sederhana ini dibangun berdasarkan pada idealisme para pendirinya yang ingin memperkenalkan cita rasa kopi asli Indonesia. Tentu saja dalam bentuk seutuhnya dan bukan dalam bentuk olahan pabrik. Tidak akan ditemukan kopi dalam kemasan di warung kopi ini.

Kopi yang disajikan di Kedai Kopi Opatan adalah murni dari biji kopi.

Biji kopi yang dipilih pun semua berasal dari jenis yang ditanam di Indonesia terutama dari jenis kopi Arabika. Sesuatu yang membuatnya berbeda terutama karena Indonesia merupakan negara penghasil kopi jenis Robusta.

Nama-nama seperti kopi Mandailing, Aceh Gayo, Toraja Gasing dan juga Sunda Arumanis menghiasi daftar menu yang terpajang di dinding kedai.

Tentu saja terdapat juga beberapa nama minuman berdasar kopi lain sama seperti yang ditawarkan Starbuck, seperti Espresso, Capuccino, Latte dan lain sebagainya. Anda bisa melihat daftar menunya di account Kedai Kopi Opatan di facebook.

Pengunjung dapat melihat secara langsung bagaimana pesanan diproses. Sangat menarik bagaimana secangkir kecil espresso dibuat dengan peralatan yang ada.

Memang dengan suasana tetap mirip warung atau kedai kopi, penyeduhan kopi dapat dilihat secara langsung. Bahkan bila tertarik, pengunjung dapat berbincang secara langsung dan menanyakan hal-hal terkait dengan proses pembuatan.

Idealisme Kopi di Kedai Kopi Opatan

 

Idealisme dalam perkopian?

Kedai Kopi Opatan
Logo Kedai Kopi Opatan

Pernahkah kita membayangkan bahwa masyarakat Indonesia sudah sangat terbiasa menikmati kopi dalam kemasan siap seduh berharga Rp. 1.000.- hingga Rp. 2.000.- per sachet. Praktis dan murah.

Padahal bisa dikata kopi sachetan, meskipun banyak berbahan dasar kopi Indonesia, sudah bercampur dengan berbagai bahan lain. Rasanya sendiri bisa dikata tidak lagi original alias dalam kondisi asli.

Berdasarkan pemikiran seperti itulah Kedai Kopi Opatan didirikan. Keinginan agar kopi Indonesia bisa dikenal oleh masyarakat Bogor dalam bentuk asli seutuhnya, tanpa campuran bahan pengawet atau lainnya.

Memang di Kota Bogor sendiri sudah berdiri beberapa kedai kopi sejenis lainnya. Hanya kadangkala untuk menikmati cita rasa asli kopi harganya sering membuat kita harus merogoh kocek cukup dalam untuk hanya secangkir kopi.

Itulah salah satu idealisme para pendiri Kedai Kopi Opatan yang membuat harga secangkir atau segelas kopi menjadi cukup terjangkau.

Harga Kopi di Kedai Kopi Opatan

Seberapa terjangkau? Dalam bulan promosi (September 2015) secangkir kopi tubruk akan dihargai hanya Rp. 7.000.- saja. Menu lainnya dihargai sama, Rp. 15.000.- .

Tentu saja harga yang sangat terjangkau oleh semua kalangan.

Kalaupun harga kemudian harus disesuaikan setelah bulan promosi, tentulah tidak akan terlalu jauh dari nilai saat ini.

——–

Kedai Kopi OpatanKedai Kopi Opatan, bukanlah sebuah kafe yang menonjolkan pada lifestyle. Tempat ini jelas cocok bagi pecinta kopi.

Tidak terdapat suasana mewah ala kafe di kota besar. Yang membuatnya agak mirip dengan kafe adalah penataan ruangnya sendiri.

Pengunjung dapat duduk di kursi-kursi tinggi di depan meja saji. Bisa juga memilih meja-meja yang terdapat tepat di depan meja saji.

Dengan suasana yang terbuka, pengunjung dapat dengan bebas bercengkerama dan bersenda gurau sambil menanti kopi yang dipesan disajikan.

Tidak ada kemewahan. Hanya, bila Anda seorang pecinta dan penikmat kopi, tentu kemewahan bukan yang Anda cari bukan. Secangkir latte atau espresso adalah tujuan Anda.

Apalagi Kedai Kopi Opatan beroperasi hingga cukup larut malam. Bagi Anda yang memang tidak terbiasa tidur sore, tempat ini bisa menjadi sebuah pilihan menghabiskan waktu dan mencegah kantuk datang.

Jadi kalau Anda kebetulan ke Bogor dan belum mengantuk, mengapa tidak pergi ke Kedai Kopi Opatan. Paling tidak kopinya akan membuat Anda tidak mengantuk.

Alamat Kedai Kopi Opatan

Jalan Pandu Raya atau sekarang bernama Jalan Achmad Adnawijaya.

Terletak di lokasi yang sama dengan Pandu Futsal.

Kedai Kopi Opatan sudah pindah tempat walau tetap di jalan yang sama. Tempat yang baru dekat dengan Taman Corat Coret.

Bila hendak menuju ke tempat ini dari arah jalan Pajajaran /perempatan Warung Jambu berbelok ke kanan. Lurus hingga menemui pertigaan lampu merah dekat Taman Corat Coret. Berputar arah sedikit (10 meter saja dari lampu merah) dan Anda akan menemukannya.

Bila butuh panduan arah bisa hub nomor 0823-1267-7839 (Untung nRaharjo)

2 COMMENTS

    • yupe… sudah banyak yang mengakui bahwa rasanya lebih enak dan harganya lebih murah. Memang yang punya tahu banyak tentang kopi dan bukan cuma sekedar mendirikan warung kopi saja..

LEAVE A REPLY