Lapangan Sempur
Lapangan Sempur Kota Bogor

Lapangan Sempur – Di tengah makin sempitnya lahan akibat berbagai pembangunan di kota Bogor, masih ada beberapa ruang terbuka hijau tersisa. Salah satu diantaranya adalah Lapangan Sempur.

Lapangan ini terletak di Kecamatan Bogor Tengah. Posisinya bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor disisi Utara dan dibatasi oleh sungai Ciliwung di sebelah Baratnya.

Letaknya sangat mudah dijangkau dari berbagai arah. Diapit oleh Jalan Salak dan Jalan Jalak Harupat, yang merupakan akses menuju Terminal Baranangsiang, membuatnya mudah diakses dari berbagai arah. Selain itu beberapa jembatan penyeberangan di atas sungai Ciliwung membuat lapangan ini juga bisa diakses dari jalan Sudirman dengan berjalan kaki.

Sejarah Lapangan Sempur

Lapangan Sempur
Sarana Olahraga Lapangan Sempur

Lapangan ini memang sejak awalnya direncanakan sebagai sebuah ruang terbuka. Konsepnya dibuat bersamaan oleh Ir Thomas Karsten dengan pengembangan Taman Kencana.

Kedua tempat ini dahulunya merupakan sebuah wilayah yang dikenal sebagai Kedoeng Halang. Proses pelaksanaan pengerjaan keduanya diselesaikan di tahun 1927-1930.

Dalam konsepnya Karsten mempersiapkan sebuah lapangan bagi warga di kawasan Sempur dan Taman Kencana untuk berolahraga. Tujuannya agak berbeda dengan keberadaan Taman Kencana yang untuk bersantai  Apalagi kebanyakan warga di sekitar lapangan Sempur kala itu adalah prajurit Belanda berpangkat rendah yang harus menjaga kondisi fisik mereka.

Fungsi yang masih tetap sama hingga saat ini. Bedanya pemakai lapangan ini sekarang lebih luas, yaitu warga Bogor.

Lapangan Sempur sekarang

Lapangan Sempur
Taman di Lapangan Sempur

Ukuran lapangan Sempur kurang lebih sama dengan lapangan sepakbola tanpa gawang di kedua sisinya. Track untuk jogging melingkari lapangan. Tidak heran akan sering ditemukan warga Bogor sedang berlari kecil mengelilinginya setiap hari.

Pengembangan lapangan ini dilakukan beberapa waktu lalu.

Di pojok dekat jalan Salak, sekarang terdapat sebuah taman kecil untuk beristirahat warga yang berolahraga. Dissi lainnya dekat Sunga Ciliwung terdapat ruang untuk kegiatan olahraga lainnya.

Tersedia sebuah fasilitas untuk berlatih panjat tebing di bagian ini.

Seluruh fasilitas dibuat untuk memenuhi kebutuhan warga Bogor untuk berolahraga. Hingga tidak heran banyak sekolah menggunakan tempat ini setiap harinya.

Lapangan ini juga berfungsi sebagai tempat pelaksanaan acara yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Acara rutin tahunan adalah upacara HUT Kemerdekaan RI yang selalu dilaksanakan disini.

Car Free Day

Lapangan Sempur
Pemuda berlatih skateboard di lapangan Sempur

Setiap hari Minggu, Lapangan Sempur adalah pusat berkumpulnya warga Bogor. Akses dari dan menuju Jalan Jalak Harupat dan Jalan Salak ditutup mulai pukul 06.00 hingga 09.00

Hal itu terkait pelaksanaan Car Free Day Bogor. Tujuannya untuk memberi ruang kepada warga Bogor dari mana pun untuk menikmati udara segar dan mencari keringat/berolahraga.

Sayangnya, tujuan mulia tersebut tidak tercapai dengan baik. Berbagai pelanggaran dan ketidak disiplinan terlihat selama acara. Pedagang kaki lima pun memenuhi hampir setiap sisi lapanga. Akhirnya Lapangan Sempur bak sebuah pasar justru pada saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor tersebut.

——–

Sangat menyenangkan melihat tempat ini masih berfungsi dengan baik sebagaimana fungsi awalnya. Dalam kondisi kota Bogor yang terasa makin sesak Lapangan Sempur menjadi semakin bermakna kehadirannya.

(Update : Lapangan Sempur sudah mengalami revitalisasi atau renovasi selama 6 bulan dan baru dibuka kembali awal 2017. Untuk melihat seperti apa wajahnya di tahun 2017, silakan lihat Wajah Baru Lapangan Sempur . Selain itu lapangan ini sudah tidak lagi dijadikan arena Car Free Day)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY