Wajah Baru Lapangan SempurAkhirnya, Lapangan Sempur dibuka kembali. Tentunya dengan wajah yang baru dan lebih cantik . Setelah 7 bulan menunggu proses pengerjaannya, yang dimulai sejak bulan Juli 2016 yang lalu,sempur kini berubah wujud menjadi lebih baik dan tertata.

Menurut salah satu postingan di akun instagram Pemkot Bogor, tanggal 19 Juli 2016. konsep penataan lapangan sempur versi baru akan menyediakan plaza, perkerasan, ikonik, area piknik dan bangku. Konsep yang menyesuaikan dengan zaman dan kebutuhan masyarakat Kota Hujan ini.

O ya, plaza disini bukan berarti tempat pertokoan seperti yang biasa dibayangkan kalau mendengar kata ini, tetapi artinya sebagai alun-alun atau tempat berkumpul.

Seingat saya, sekitar tahun 2009/2010 lapangan sempur hanya seperti lapangan pada umumnya. Ditambah sepetak lapangan voli dan bangku-bangku kecil yang tak seberapa. Masih banyak pedagang kaki lima disekitar lapangan sempur. Apalagi kalo malam minggu, ramai sama anak muda yang nongkrong.

Memasuki tahun 2014 saya ingat sekali, karena ada momen upacara 17 Agustus. Para pedagang kaki lima ditertibkan, yang biasanya ramai ketika itu menjadi sepi. Sempur bukan lagi menjadi tempat favorit untuk nongkrong.

Seiring berjalannya waktu, lapangan sempur sempat direnovasi pada tahun tersebut.

Jalan setapak di lapangan sempur BogorDibangun sebuah taman kecil disebelah barat atau yg dekat sungai ciliwung lalu diberi penerangan layaknya stadion sepakbola. Dengar-dengar sih karena banyaknya anak muda yang menjadikan sempur tempat untuk berduaan bersama pacar alias mojok! Jangan ditiru ya!

Hingga pada akhirnya ditahun 2017 sempur kembali berubah wujud, menjafi lebih modern dan menarik.

Yang baru di lapangan sempur

1. Di Lapangan Sempur saat ini ada semacam tugu bertuliskan SEMPUR, yang menjadi tempat favorit untuk berfoto ria. Dibelakang tulisan SEMPUR ada bangku-bangku yg diselingi oleh taman.

Wajah Baru Lapangan Sempur
2. Yang dahulu sebagai lapangan voli, kini menjadi jalan setapak yang artistik dilengkapi dengan bangku-bangku serta ada jalan setapak untuk terapi kaki lho!

Wajah Baru Lapangan Sempur
3. Rumput lapangan sempur kini memakai rumput berstandard internasional. Udah kaya lapangan bola distadion internasional!

Wajah Baru Lapangan Sempur - Tulisan Sempur
4. Tiang bendera dilapangan sempur juga ikut diganti dengan ukuran dan design yang lebih menarik.

Tiang bendera di lapangan sempur
5. The last one, yang dahulu merupakan taman kecil sekarang sudah disulap menjadi “Taman Kaulinan. Sebuah taman yang menurut sangat menarik dan mendidik.

Kaulinan sendiri berasal dari bahasa sunda yang berarti “permainan”.Sesuai namanya, bagian Lapangan Sempur yang ini berisikan berbagai macam permainan untuk anak-anak.

Permainan disini sangat beragam, ada galasin (tahu kan permainan apa?), jaring laba2, perosotan, engkle, dan ular tangga! Selain itu ditaman ini pun dibangun saung sebagai tempat para orang tua melihat anaknya bermain.

wajah baru lapangan sempur - tempat bermain

wajah baru lapangan sempur bogor 126. Disekitaran lapangan sempur terhampar taman2 kecil dan bangku-bangku untuk sekedar beristirahat ketika olahraga atau menikmati suasana disana.

Wajah baru lapangan sempur

Dengan dibukanya kembali Lapangan Sempur, kini warga memiliki alternatif hiburan dan tempat rekreasi yang murah meriah dan menyenangkan.

Semoga, wajah baru Lapangan Sempur bisa membawa aura positif kepada warganya agar selalu menjaga lingkungan dan kotanya sendiri. Ingat, kebersihan sebagian dari iman!

(Mau lihat Lapangan Sempur sebelum direvitalisasi, silakan baca : Lapangan Sempur – Ruang Terbuka Hijau)

Catatan :

  • Galasin (Gobak Sodor – permainan tradisional ala Bogor)
  • Ulin Kadinya Yuk = Main Kesana Yuk!

7 COMMENTS

  1. Ruang publik di Bogor semakin banyak, semakin cantik dan semakin nyaman. Semoga warga Bogor bisa menjaga dan memelihara…

    • Aamiin.. muhun Kang, semoga semua bisa menjaganya

  2. Wah jadi cantik lapangan sempurnya…..jadi asyik buat keluarga yang ingin berekrasi ringan dan bisa menjadi modal menulis artikel…

    Sempur Itu Apa artinya PAk..?

    • Sempur itu ada dua versi

      1. Karena dulu disana banyak pohon Sempur
      2. Karena dulu ada istilah SanVoor, bahasa Belanda yang artinya pemandian. Memang bekas-bekas pemandian masa dulu ditemukan disana

      • ,,Kalau di tempat kami ada istilah ” Jalan Sepur ” kata aslinya saya kurang tahu sebab pakai bahasa Belanda ” dalam bahasa kami jalan sepur itu ” REL KERETA API “.

        • Sepur bahasa Jawa artinya kereta…:D

          • Mantap kang

LEAVE A REPLY