Rute Commuter Line
Rute Commuter Line Jabodetabek

Setiap hari kurang lebih hingga saat ini kurang lebih 700 ribu orang mempergunakan transportasi umum bernama Commuter Line. Semakin hari semakin banyak orang memadati stasiun di berbagai rute Commuter Line.

Apalagi warga Bogor yang sudah sejak dahulu menggantungkan transportasi-nya pada si ular besi ini. Bukan hanya karyawan atau pegawai yang bekerja di Jakarta tetapi kalangan yang dulunya enggan mulai beralih ke transportasi massal ini.

Mereka dari kalangan inilah yang karena jarang mempergunakan sarana ini sering bertanya-tanya. Bagaimana cara naik commuter line ? Berapa tarifnya ? Harus naik dimana dan turun dimana?

Untuk itulah beberapa tulisan tentang commuter line dibuat. Jika sebelumnya sudah dijelaskan cara naik Commuter Line, kali ini Lovely Bogor akan coba menjelaskan tentang rute Commuter Line Jabodetabek.

Penjelasan singkat akan ada disetiap rute sedangkan untuk tarif Commuter Line sudah ada di tulisan sebelumnya. Anda tinggal mengklik kalimat dalam paragraf ini yang berwarna biru.

 

Rute Commuter Line Jabodetabek

 

Perhatikan gambar disamping kanan tulisan.

Rute Commuter Line resminya disebut sebagai Loop Line. Ada 6 rute yang masing-masing loop atau rute dipanggil dengan nama warna, seperti

  • Blue Line (Rute/Jalur Biru)
  • Red Line (Rute/Jalur Merah)
  • Yellow Line (Rute/Jalur Kuning)
  • Green Line (Rute/Jalur Hijau)
  • Brown Line (Rute/Jalur Coklat)
  • Purple Line (Rute/Jalur Ungu)
Rute Commuter Line
Commuter Line Jabodetabek

Masing-masing rute Commuter Line menempuh rute yang berbeda. Commuter Line atau acapkali disebut sebagai CL dalam bahasa orang kereta hanya bersinggungan di stasiun-stasiun tertentu.

Di stasiun-stasiun inilah biasanya penumpang harus berganti CL dari rute yang lain. Sebagai contoh, bila anda mau ke Bogor dari arah Bekasi, anda harus satu kali ganti CL. Masalahnya tidak ada rute Commuter Line langsung dari Bekasi ke Bogor.

Jadi sebelum anda membeli tiket, anda sebaiknya melihat rute Commuter Line yang biasanya dipampang di papan pengumuman. Biasanya ada di dekat loket atau di dinding sebelah loket.

Pastikan anda tahu harus berganti kereta dimana. Lovely Bogor akan menulis tentang bagaimana menuju satu atau tempat lainnya di tulisan terpisah.

 

Rute Blue Line (Jalur Biru)

Rute Blue Line akan memiliki ujung di stasiun Bekasi dan Jakarta Kota. Stasiun-stasiun yang dilaluinya adalah (dari arah Bekasi)

BEKASI – KRANJI – CAKUNG -KLENDER BARU – BUARAN – KLENDER – CIPINANG – JATINEGARA – MANGGARAI – CIKINI – GONDANGDIA – GAMBIR – JUANDA – SAWAH BESAR – MANGGA BESAR – JAYAKARTA – JAKARTA KOTA.

PERHATIAN : CIPINANG DAN GAMBIR DIBERI WARNA MERAH. Commuter Line tidak berhenti di kedua stasiun ini. CL hanya akan melewati.

Rute Red Line (Jalur Merah)

Red Line jalurnya seperti garis lurus. Jalur ini menghubungkan antara Stasiun Bogor dengan Jakarta Kota.

Stasiun-stasiun yang dilewatinya adalah

BOGOR – CILEBUT – BOJONG GEDE – CITAYAM – DEPOK – DEPOK BARU – PONDOK CINA – UNIVERSITAS INDONESIA – UNIVERSITAS PANCASILA – LENTENG AGUNG – TANJUNG BARAT – PASAR MINGGU – PASAR MINGGU BARU – DUREN KALIBATA – CAWANG – TEBET – MANGGARAI – CIKINI – GONDANGDIA – GAMBIR – JUANDA – SAWAH BESAR – MANGGA BESAR – JAYAKARTA – JAKARTA KOTA

 Catatan : di rute Commuter Line ini, kereta TIDAK BERHENTI di stasiun Gambir.

 

Rute Yellow Line ( Jalur Kuning)

 

Stasiun awalnya adalah Bogor dan terakhir Jatinegara. Hanya saja ada juga KRL Jalur Kuning yang diberangkatkan dari Depok dan Nambo (Cibinong)

Stasiun-stasiun yang dilewatinya adalah

BOGOR – CILEBUT – BOJONG GEDE – CITAYAM – DEPOK – DEPOK BARU – PONDOK CINA – UNIVERSITAS INDONESIA – UNIVERSITAS PANCASILA – LENTENG AGUNG – TANJUNG BARAT – PASAR MINGGU – PASAR MINGGU BARU – DUREN KALIBATA – CAWANG – TEBET – MANGGARAI – MAMPANG – SUDIRMAN/DUKUH ATAS – KARET – TANAH ABANG – DURI – ANGKE – KAMPUNG BANDAN – RAJAWALI – KEMAYORAN – PASAR SENEN – GANG SENTIONG – KRAMAT – PONDOK JATI – JATINEGARA

Menuju stasiun Bogor dari Kebun Raya
Stasiun Bogor

PERHATIKAN :

– CL di jalur ini tidak berhenti di ANGKE dan MAMPANG (tanda merah)

– PASAR SENEN diberi warna hijau menyala karena kereta TIDAK BERHENTI di stasiun ini ketika berangkat dari stasiun BOGOR. Hanya ketika rute kembali dari JATINEGARA , kereta akan berhenti di stasiun tersebut

 

Rute Green Line (Jalur Hijau)

 

Rute Commuter Line ini berangkat dari Maja dan berakhir di Tanah Abang. Ada juga CL dari jalur ini yang diberangkatkan dari Serpong dan Parung Panjang pada jam-jam tertentu.

Untuk waktu keberangkatan yang mana yang diberangkatkan dari kedua stasiun tersebut bisa lihat di Jadwal Commuter Line .

Stasiun-stasiun yang dilewati jalur Hijau adalah sebagai berikut

MAJA – CIKAYA – TIGARAKSA – TENJO – DARU – CILEJIT – PARUNG PANJANG – CICAYUR – CISAUK – SERPONG – RAWA BUNTU – SUDIMARA – JURANG MANGU – PONDOK RANJI – KEBAYORAN – PALMERAH – TANAH ABANG

 

Rute Brown Line (Jalur Coklat)

 

Stasiun-stasiun yang dilewati rute Commuter Line jalur Coklat dari arah Tangerang adalah sebagai berikut :

TANGERANG – TANAH TINGGI – BATU CEPER – PORIS – KALI DERES – RAWA BUAYA – BOJONG INDAH – TAMAN KOTA – PESING – GROGOL – DURI

 

Rute Purple Line ( Jalur Ungu)

 

Ini adalah rute terpendek dari semua jalur yang ada. Jalur ini menghubungkan Tanjung Priok dan Jakarta Kota.

Stasiun-stasiun yang dilewatinya

TANJUNG PRIOK – ANCOL – KAMPUNG BANDANG – JAKARTA KOTA

Meskipun demikian ada pecahan jalur yang berbeda yaitu

TANJUNG PRIOK – ANCOL – RAJAWALI

 

 STASIUN TRANSIT

 

Rute Commuter Line
Stasiun Cilebut

Selain stasiun-stasiun dimana CL tidak berhenti, ada beberapa stasiun yang harus anda perhatikan.

Stasiun-stasiun ini adalah stasiun transit yaitu stasiun dimana ada dua rute Commuter Line yang bersinggungan. Disinilah tempat dimana anda harus berganti kereta atau rute (bila diperlukan)

Stasiun-stasiun tersebut adalah

  • JATINEGARA
  • RAJAWALI
  • KAMPUNG BANDAN
  • JAKARTA KOTA
  • DURI
  • TANAH ABANG
  • MANGGARAI
  • CITAYAM

——–

Demikianlah penjelasan mengenai rute Commuter Line yang ada.

Bila anda ingin bertanya sesuatu, bisa memanfaatkan kolom komentar atau kontak web ini. Sebisa mungkin kami akan coba berikan jawabannya.

Semoga membantu .

588 COMMENTS

  1. Selamat sore Pak, maaf saya mau nanya
    klo saya mau ke daerah deket terminal citeureup naiknya dari stasiun mana dan nanti saya bisa turun di stasiun mana? Terimakasih

    • Saya tidak hapal banget sih terminal citeureup itu sebelah mana. Yang saya tahu kalau naik CL, yang ke arah sana yang paling dekat adalah Stasiun Cibinong atau Nambo.

      Tapi saya tidak tahu setelah itu harus naik apa ke arah terminal Citeureup.

    • Pak saya mau bertanya jika saya dari stasiun bogor mau ke bsd serpong bagaimana ya? maaf saya belum pernah naik kereta kalo ke serpong. Mohon fast respon ya pak, terima kasih.

      • Maaf Isti tidak bisa fast response karena ngeblog itu masih sekedar hbi saja. Jadi tidak setiap hari saya bisa melototin blog dan menjawab komentar. Jadi, saya tidak bisa fast response karena masih banyak hal yang harus diurus

        Dari Stasiun Bogor ke Serpong.

        1. Naik kereta ke arah Jatinegara, turun di Stasiun Tanah Abang
        2. Lalu lanjut naik CL yang ke arah Parung Panjang/Serpong. Turun di stasiun Serpong.

        Thanks

  2. Hallo pak..saya dari sukabumi mau k bogor tepatnya bojong gede kalo dri statsiun paladang naik CL kah?? Atau gmn? Soalnya baru mau coba..terimakasih

  3. Halo. Kalo dari Surabaya mau ke Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD), turun stasiun mana ya di Jakarta yg terdekat dengan ICE BSD? trus dari stasiun tersebut kalo mau ke ICE nya rute terdekatnya bagaimana ya?

    • Kalau naik kereta, dari Surabaya turun di Gambir…

      Nah dari situ naik CL yang ke arah Bogor, terus turun di Manggarai. Dari Manggarai, naik yang ke arah Tanah Abang, dan dari Tanah Abang naik yang ke arah serpong kalau mau ke BSD.

      Tapi kalau mau lebing singkat dari Gambir naik bajaj ke stasiun Tanah Abang dan dari Tanah Abang naik CL ke Serpong.

      Maaf saya tidak tahu ICE itu di sebelah mana, jadi tidak bisa kasih gambaran lebih lanjut dari StasiuN Serpong

  4. Selamat pagi pak , saya dari surabaya ingin menuju Univ pertahanan,Sentul,Bogor. setelah saya lihat di map ternyata stasiun cilebut yang paling dekat dengan univ pertahanan. kira2 stasiun apa di jakarta yang jurusannya langsung ke Stasiun Cilebud ya pak? dan bagaimana rutenya?.terimakasih pak.

    • Sentul jauh dari Cilebut. Kalau dari Surabaya brenti di Senen lebih baik naik APTB -BUS yg ke arah Sentul saja. Jangan naik krt krn tidak ada stasiun krt yg dekat Sentul. Rutenya panjang

      Kalau naik APTB bisa berhenti di BELANOVA dan lalu naik taxi saja

  5. […] Untuk lebih lengkapnya lihat Rute Commuter Line / KRL Jabodetabek […]

    • Nggak ada. stasiun lemah abang juga tidak ada commuter line yang mengarah kesana.. jadi coba naik yang ke arah cikarang.

      Dari Depok turun di Manggarai dan kemudian menunggu yang ke arah Cikarang

  6. met pagi pak…
    saya mau nanya kalo mau ke stasiun tigaraksa dari bandung turun dimana trs naik KRL apa ya ???
    mohon penecerahannya pak ..hehehe
    mksih …

    • Lha.. dari Bandungnya naik apa dan turun dimana.. Kalau naik kereta turunnya di Gambir kan.. langsung naik Bajaj aja ke Stasiun Tanah Abang, soalnya kalau naik CL agak lama.. harus naik yang ke Bogor, terus turun di Manggarai turun di Tanah Abang.

      Dari situ kalau tidak salah naik kereta ke arah Rangkas Bitung. Setahu saya belum ada CL yang ke Tigaraksa.. cek saja di stasiun Tanah Abang

    • Izin bantu menjawab yaa pak. Kalau dr bandung, pertama-tama naik Bus tujuan bogor, terus lanjut CL tujuan jatinegara/angke turun di st.tanah abang setelah itu naik CL lagi tujuan Maja/Rangkas Bitung turun di St.Tigaraksa.

  7. pagi Pak Anton, saya wibisono, mau bertanya jika saya dari Stasiun Bekasi mau ke stasiun cibinong bagaimana rutenya ya pak? lalu biasanya apakah kondisi penumpangnya padat atau tidak? terimakasih sebelumnya

    • Rutenya naik ke stasiun kota turun di Manggarai.. dari situ tunggu CL yang ke arah Nambo.

      Soal padat tidak, biasanya tergantung pada jam keberangkatannya bertrpatan dengan masuk atau pulang kerja tidak.

  8. Pagi Pak Anton, salam kenal hendry dr bad serpong, sy kebetulan ada keperluan ke alamat : Rumah Duka Sentra medika Jl.Mayor Oking Cibinong. Dekat pintu tol cibinong/citereup. , mohon arahannya Pak, jika naik commuter dr rawabuntu turun dimana ya Pak, yg dekat dengan lokasi tersebut ? Terus naik apa lagi ya Pak terusannya? Terima kasih sebelumnya atas bantuannya Pak, salam.

    • Rawa Buntu.. Turun di Tanah Abang lalu tunggu CL yang ke arah Nambo. Turun di Stasiun Cibinong. Hanya jadwalnya sangat sedikit. Jadi cek langsung jadwalnya ke website PT KCJ

      Maaf saya tidak hapal rute ke Sentra Medika. Jadi tidak bisa bantu banyak selain rute CL saja

  9. Selamat sore pak
    Saya hari Sabtu sore ada rencana mau ke Bogor, tepatnya daerah pasir Muncang .
    Transportasi yang paling cepat dan mudah pakai Cl apa APTB ya pak,
    Berapa lama waktunya dan bagaimana rutenya ?
    Terima kasih

    • Sore..

      Kalau bisa pake APTB yang ke arah Ciawi lebih baik. Dari situ baru naik angkot ke Pasir Muncang di wilayah Caringin. Kalau pake CL malah kejauhan. Lokasi pasir muncang ada di jalan ke arah Sukabumi

    • Naik ke arah Tanah Abang.. turun di Tanah Abang, lanjut dengan CL yang ke arah Jatinegara turun di Kampung Bandan lalu lanjut dengan CL ke priuk

  10. Permisi mau tanya..
    1. Kalo dari parung pnjang ke tmii naik krl stasiun terdekat apa ya?
    2. Dari parung panjang ke bekasi juga gimana ya.. apa ada yg langsung tanpa transit?

    Masih bingung..
    Makasih..

    • Tidak ada yang langsung ke Bekasi atau TMII

      1. Ke TMII – turun cawang dan naik bis ke arah TMII
      2. Ke Bekasi – Turun di Tanah Abang, naik CL yang ke arah bogor, turun di Manggarai, lanjut naik yang ke arah Bekasi
      atau turun Tanah Abang, naik CL ke arah Jatinegara dan turun disana, baru lanjut ke Bekasi

  11. Selamat sore pak.. saya mau nanya kalo dari pasar senen ke bogor tiketnya beli manual (tiket kertas) atau pakai emoney ya (kartu) ?
    Terima kasih

    • Za… Commuter Line sudah tidak pakai tiket kertas lagi, semuanya sudah berbentuk kartu elektronik.

      Kalau ada emoney, pakai saja. Hanya jangan lupa diaktifkan dulu. Caranya mudah, cari alat pengecek saldo dan aktifkan emoneynya disana. Setelah itu tinggal langsung pakai kok.

      Bisa juga beli di loket atau di automatic ticket vending machine.. yang mana saja dapat tiketnya berupa kartu

  12. Selamat pagi pak Anton, saya mau menuju stasiun Bogor, dari stasiun pasar Senen, sy masih bingung untuk KRL nya, apa ada rute yg langsung ke stasiun Bogor dari stasiun pasar Senen? Terima kasih pak sebelum nya, mohon petunjuknya.

    • Pagi.. Kalau bingung pegangan sama tiang terdekat yah… hahahaha maaf bercanda

      Kalau dari stasiun Pasar Senen bisa langsung ke Bogor. Dari situ tunggu saja CL yang dari arah Jatinegara (pasti lewat senen) dan langsung menuju Bogor. Tidak perlu transit. Cukup duduk manis.

      Jangan lupa beli Tiketnya yah

    • Saya nggak tahu stasiun terdekat dari Pamulang itu yang mana.. Kebayoran, Jurangmangu, Serpong.. silakan pilih saja.

      Dari sana naik CL ke arah Tanah Abang dan dari Tanah Abang tunggu CL yang ke arah Bogor (dari arah Jatonegara/Senen)

  13. Siang pa… Saya kan mau ke Cilegon dari KRL Cikarang berapa kali naik kereta dan harus transit di stasiun apa ya?

    • Saya tidak tahu kalau kereta ke arah Cilegon. Yang saya tahu keretanya berangkat dari stasiun Tanah Abang. Jadi kalau naik KRL Cikarang turun di stasiun Manggarai dan kemudian lanjut dengan yang ke arah Jatinegara turun di Tanah Abang.

      Baru lanjut dengan kereta ke Cilegon

    • Bisa pakai yang rute ke Serpong mas..transit di Manggarai terus naik yang ke tanah abang.. darisana baru naik yang ke serpong.. Lalu lanjut naik kendaraan umum.

  14. Malam Pak..mau tanya, saya mau ke TMII dari Bogor naik CL. kira-kira transit yg paling dekat dan gak ribet di stasiun mana, ya? trims

    • Waduhh.. Gini naik Commuter Line dari Senen yang jurusan Cibinong-Nambo. Masalahnya, CL jurusan kesana tidak banyak dan jadwalnya tertentu saja. Jadi harus mau menunggu sampai ada kereta ke Nambo.

      Pilihan kedua, naik CL dari Senen yang ke arah Bogor. Lalu dari situ naik angkot ke arah Cibinong, cuma rutenya juga ruwet.

      Pilihan ketiga, naik CL ke arah Bogor dan turun di stasiun Bogor. Kemudian naik angkot no 12 atau 07 merah, turun di Jalan Sudirman. Lalu lanjutkan dengan naik angkot no 08 Biru yang ke arah Citeureup turun di Cibinong.

      Tidak ada yang mudah kelihatannya rutenya kalau pakai CL

    • Waduh….. Kalau dari Sunter, coba naik dari Stasiun Kemayoran kemudian turun di Tanah Abang dan lanjut dengn kereta ke Sudimara

  15. Selamat siang pak, saya mau tanya saya kan mau ke bogor dari stasiun klender jatinegara kaum,nah saya haru naik kereta jurusan apa dan di mana saja transit nya ya pak?
    #mohon di jawab

  16. Assalamu’alaikum pak Anton, sy mhn bantuannya sedikit.
    kalau dari Cilebut ingin ke Jl. Kalimanggis Cibubur, sarana transportasi apa & rute mana yg lebih efektif serta efisien pak?
    Bisakah tolong dijelaskan rutenya pak, karena dalam waktu dekat sy akan ke sana.
    Terima kasih, wassalamu’alaikum…

    • Hadeuh.. saya tidak tahu Kalimanggis di sebelah mana.. Cuma memang kalau ke Cibubur repot kalau mau naik CL.

      Kalau mau naik CL ke Cawang dan kemudian naik APTB jurusan Cileungsi atau angkot no K56 ke Cibubur.

  17. Pak anton.. Saya mw tanya.. Klo naik dr stasiun ui depok ke stasiun rajawali apakah transit? Apa langsung k rajawali?? Tolong info nya pak..

    • Dari Bekasi, naik CL yang ke arah Kota, turun di Manggarai (jangan naik yang ke arah Kota yah).

      Dari situ naik CL yang mengarah ke Nambo, turun di stasiun Cibinong.

      Perhatikan jadwal kereta ke Nambo yang hanya ada sedikit, jadi sesuaikan jadwal keberangkatan dari Bekasi

  18. Permisi pak saya mau tanya saya kan mau ke bogor daerah parakan raya .. Sebaiknya saya naek kreta dr malang ke pasar senin trs lanjut comutter line itu yg jalur kunging ya pak klo mau turun stasiun cilebut

    • Sendi..

      Betul sekali 100 untuk Anda. Dari Senen langsung naik kereta yang mengarah ke Bogor. Cilebut itu satu stasiun sebelum Stasiun Bogor.. hehehe saya juga turun di situ setiap hari

    • Jakartanya di sebelah mana? Kebanyakan jalur ke Jakarta tidak perlu transit tetapi ada juga yang harus transit.

      Saya tidak bisa kasih saran kalau tidak tahu Abdul di Jakarta mana dan stasiun terdekatnya yang mana..

      Coba pergi ke Manggarai, langsung ke Bogor. Dari Gondangdia juga bisa dan nggak perlu transit..

  19. Aslkm, pak maaf mo tanya klo dari senen mo ke bandara lebih hemat naik apa ya pak apakakah bisa menggunakan commuter line ke arah gambir baru naik damri?

    • Pakai Krl hanya bisa sampai ke Gondangdia dan Juanda. Jadi dari stasiun Gondangdia, kalau mau hemat jalan kaki ke Gambir dan baru disana naik damri. Cuma rutenya panjang dan berbelit.

      Saran saya sih pakai bajaj saja ke Gambir daripada pakai CL. Senen gambir tidak jauh dan ongkos bajaj atau go jek tidak mahal dan bisa hemat waktu daripada naik CL.. ribeut. Ogkos jatuhnya bisa sama saja

  20. Pagi pak mau nanya saya rencana mau berangkat dr stasiun cibinong turun di stasiun senen transit di stasiun apa ya pak?

    • Naik cl ke arah jatinegara. turun di stasiun gang sentiong (stasiun setelah senen) lalu tunggu krt dari jatinegara, naik dan kemudian turun di senen

    • Ice BSD saya tidak tahu lokasinya dimana.

      Tapi kalau dari Cakung mau ke serpong, harus transit dua kali.

      1 Naik Cl ke arah Kota, turun di Jatinegara
      2. Lanjut dengan naik CL turun ke arah Bogor dan turun di Tanah Abang
      3. Lanjut dengan CL ke arah Serpong

    • Tidak ada yang langsug Dimas..

      Naik Cl dari Bekasi turun di Manggarai dan kemudian naik Cl yg ke arah Jatinegara turun di stasiun Sudirman. Dari situ naik busway ke blok M

  21. Siang pak. Saya dari bogor klau mau ke St Sudimara itu kita beli Ticket nya langsung ke St trsebut? Jadi kita tinggal transit saja?
    Terimakasih

    • Naik CL yang ke arah Jatinegara turun di stasiun Duri, lalu naik yang ke arah Tangerang

      Saat beli tiket, beli langsung yang ke arah Tangerang jadi, tidak perlu keluar di stasiun transit dan cukup berganti kereta saja

    • Bagaimana kalau kumpulin uangnya dulu. Kerja dan dapat gaji kemudian kumpulkan dulu, jadi pasti akan punya uang.

      Kalau mau berusaha tentu ada jalan kan.

    • Waduh bu.. Saya ga tau rute sampe ke Garut. Kalau saya tahu saya kasih info, cuma kayaknya nggak bisa bantu kalu soal yang itu.

      Commuter Line tidak sampai ke Garut soalnya

    • Naik CL yang ke arah Jatinegara lalu turun di stasiun duri. Dari Duri naik CL yang ke arah tangerang dan turun di Kalideres

  22. Pak mau tanya,kalau mau ke stasiun senen jalurnya bagaimana ya?saya dari stasiun nambo.
    Atau alternatifny lbih efisien mana dari nambo atau dari citayam?
    Terimakasih sebelumnya pak.

    • Kalau dari Nambo, naik saja yang jurusan Jatinegara.

      Lalu turun satu stasiun setelah Senen karena CL kalau dari arah Bogor tidak berhenti di Senen. Lalu tunggu kereta balik dari Jatinegara dan turun di Senen (Kereta dari Jatinegara berhenti di senen)

  23. Dari Kebayoran turun di Tanah Abang. Dari Tanah Abang naik yang ke arah Manggarai dan turun disana. Lalu lanjut dengan CL ke Bekasi turun di Klender Baru.

    Saat beli tiket, langsung saja sebut Klender Baru, jadi tidak perlu keluar di stasiun transit.

  24. Selamat siang pak, sya mau bertanya kalo dari Stasiun bogor ke stasiun poris bagaimana ya pak? saya belum pernah sebelumnya soalnya. terimakasih pak

    • Kalau dari stasiun Bogor, naik yang ke arah Jatinegara lalu turun di stasiun Bukit Duri.

      Dari situ lanjutkan dengan CL yang ke arah Tangerang – Poris

      Beli tiketnya langsung saja sebut Poris jadi tidak perlu beli lagi di stasiun Transit

    • Cibubur nggak ada Commuter Line Firda.. Jadi dari Rawa bUntu silakan naik yang ke arah Tanah Abang. Lalu naik yang ke arah Cawang.. berhenti disana lalu lanjut dengan bus ke Cibubur

  25. Maaf mau tanya saya dari tanggerang mau ke ciracas mau nark commuter line harus naek darimana terus turun di stasiun mana ya yang lebih gampang thanks

    • Waduh… Ciaracas ya… Kalu saya sih, saya berhenti di Cawang saja.. Ciracas agak ke dalam, jadi mau lewat manapun tetap harus naik angkutan lagi

    • Lebih baik naik angkutan lain mas jangan Commuter Line. lebih hemat waktu karena kalau dari Senen ke stasiun Jakarta Kota harus transit di Kampung Bandan dan menunggu CL ke Jakarta Kota.

      Mikrolet lebih cepat rasana

  26. pagi pak,

    mau tanya dong kalo dari stasiun bogor menuju ke cipanas puncak, alternative kendaraan yang bisa saya ambil apa ya?
    dengan asusmsi sy sampai di stasiun bogor pukul 8 malam.

    • Dari stasiun Bogor naik angkot no 03 Merah yang ke Baranangsiang.

      Turun di depan botani Square. Disana biasanya mangkal angkutan berbentuk L-300. Ambil jurusan Cianjur dan nanti bisa turun di Cipanas atau Puncak

  27. Dari serpong ke bogor harus muter dulu ke jakarta,apakah ada rencana pt kai atau kcj buat jalur kereta langsung dari bogor ke serpong ,?

  28. Pak, khn saya dr Surabaya dan naik kereta turun di stasiun gambir jam 05.00.Itu klo mau ke stasiun bogor harus naik CL nya di stasiun mana ya? Dan ada nya dr mulai jam brpa keberangkatan CL nya
    terima kasih sblm nya

    • Kalau dari Stasiun Gambir tidak ada Commuter LIne.. jadi harus pergi ke stasiun Juanda atau stasiun Gondangdia (satu stasiun setelah dan sebelum gambir). Bisa pakai ojeg atau bajaj.

      Dari situ bisa langsung naik CL yang ke stasiun Bogor.

      Sudah ada sejak jam 6 mas kalau dri arah Kota

    • Dari Tigaraksa naik CL ke Tanah Abang.. dri Tanah Abang lanjut dengan CL ke Bogor (arahnya dari arah Jatonegara atau Duri)

      Itu saja

  29. Selamat sore Pak Anton, mau tanya, 1. Kalo stasiun CL (menuju Bogor) yang terdekat dari daerah Kelapa Gading dimana ya? 2. Berapa lamakah estimasi waktu perjalanan dari stasiun tersebut menuju stasiun Bogor? 3. Berapa jam sekalikah kereta diberangkatkan?

    Maaf kalo pertanyaannya kebanyakan ya Pak, makasih banyak sebelumnya 🙂

  30. Yth Bapak Anton.
    Dua buah kereta yaitu kereta A menuju stasiun jatinegara dan kereta B menuju stasiun bogor berangkat pada jam yang sama, yaitu jam 7.45 pagi. Kereta A bergerak dengan kecepatan 75 m/s, sementara kereta B bergerak dengan kecepatan 50 m/s. Jarak kedua stasiun berkisar 50 km. Pada pukul berapakah kereta tersebut berpapasan?

    • Tergantung… Kalau Commuter Line akan tergantung apakah jalur menuju Manggarai sebagai titik singgungnya mengalami antrian atau tidak. Masalah utama Commuter Line Jabodetabek ada di stasiun Manggarai dan Gambir.

      Jadi akan sulit menentukan kapan berpapasan. Bisa berpapasan, bisa juga tidak. Soalnya kadang telatnya bisa 15 sampai 30 menit.

      Lagi pula, kereta menuju Bogor ada dari jurusan Jatinegara dan stasiun Kota. 😀

  31. Sore Pak Anton. Mau tanya, 1. Lokasi stasiun CL (menuju bogor) yang paling dekat dari area Kelapa Gading Jakarta Utara dimana ya? 2. Berapa lamakah estimasi waktu dari stasiun tersebut hingga sampai di Bogor? 3. Setiap berapa jam sekalikah kereta diberangkatkan?

    Makasih banyak sebelumnya.

  32. saya tingal di citra indah Jongol kerja di daerah mangga besar masuk jam 8 pagi … mau tanya kalo dari stasiun nambo ke stasiun mangga besar saya harus berangkat jam berapa dan rute nya bagai mana ….
    mohon bantuan nya

    Thanks

    terimakasih

    • Hari coba ke stasiun Cibinong dan naik CL jurusan Nambo. Turun di Manggarai atau Citayam. Lalu lanjut dengan Cl ke Kota.

      Soal jadwal silakan cek langsung di web KAI

    • Kalau dari Bandung mau ke Bogor, kalu boleh saran mending naik bis saja. Bisa langsung ke pusat kota Bogor. Kalau naik krt rutenya jadi panjang dan waktunya juga lebih lama.

      Kalau naik krt harus naik yang ke Jakarta dulu, berhentinya di stasiun Gambir. Sayangnya KRL atau Commuter Line tidak berhenti di stasiun Gambir.

      Jadi dari stasiun Gambir harus naik bajaj ke stasiun Gondangdia. Baru dari stasiun itu naik Commuter Line ke stasiun Bogor.

      Lebih panjang waktunya dan ongkos jadi lebih mahal. Biasanya saya kalau ke Bandung langsung naik bis saja. Bis jurusan Bogor Bandung banyak dan ada setiap jam. Lebih irit waktu dan biaya

    • Waduh.. Daru itu kan daerah tangerang ya.. terus cicirug di sukabumi. Nggak begitu hapal, tetapi Lina kayaknya harus ke stasiun Tangerang saja.

      1)Dari situ naik Commuter Line yang ke arah Bukit duri
      2) dari duri naik CL yang ke arah Bogor
      3) Nah dari Bogor, harus naik Kereta Pangrango yang ke arah Sukabumi dan akan melewati stasiun Cicurug

      Masalahnya KA Pangrango biasanya ramai, apalagi pas liburan. Jadi harus dipesan sebelum keberangkatan

  33. Selamat pagi pak
    Saya mau tanya jalur krl dr jkt pusat ke bogor itu mana sja dan dr stasiun awal serta akhir namanya stasiun apa ya?
    Lalu utk cara pembayarannya bagaimana ya?
    Makasih

  34. Sore pak, pak kalau dari Tangerang ke sukabumi rute nya gimana? beli tiketnya harus pesen dari jauh hari apa bisa langsung,mohon penjelasannya,terima Kasih

    • Waduh rumit.

      1. Kereta ke Sukabumi terpisah dari Stasiun Bogor. Naiknya dari Stasiun Paledang. LOkasinya 50 meter dari stasiun Bogor.
      2. Biasanya agak ramai kalau ke Sukabumi jadi harus pesan jauh-jauh hari.

      Kalau dari Tangerang ke Sukabumi mau naik kereta

      1. Pakai CL sampai stasiun Duri
      2. Dari stasiun Duri, naik CL yang ke arah Bogor (datang dari arah Jatinegara)
      3. Turun di stasiun Bogor, berjalan kaki ke Stasiun Paledang (lihat link yang sudah diberi di atas)
      4. Dari Paledang, naik KA Pangrango (pastikan tiket sudah dipesan sebelumnya)

      Kalau tidak bisa,

      a) dari stasiun Bogor naik angkot no 03 merah ke Terminal Baranangsiang
      b) di depan Botani Square turun dan kemudian naik angkutan L-300 yang ke arah sukabumi.

  35. Comment:
    pak kalau dari Tangerang ke sukabumi rute nya gimana? beli tiketnya harus pesen dari jauh hari apa bisa langsung,mohon penjelasannya,terima Kasih

    • Waduh rumit.

      1. Kereta ke Sukabumi terpisah dari Stasiun Bogor. Naiknya dari Stasiun Paledang. LOkasinya 50 meter dari stasiun Bogor.
      2. Biasanya agak ramai kalau ke Sukabumi jadi harus pesan jauh-jauh hari.

      Kalau dari Tangerang ke Sukabumi mau naik kereta

      1. Pakai CL sampai stasiun Duri
      2. Dari stasiun Duri, naik CL yang ke arah Bogor (datang dari arah Jatinegara)
      3. Turun di stasiun Bogor, berjalan kaki ke Stasiun Paledang (lihat link yang sudah diberi di atas)
      4. Dari Paledang, naik KA Pangrango (pastikan tiket sudah dipesan sebelumnya)

      Kalau tidak bisa,

      a) dari stasiun Bogor naik angkot no 03 merah ke Terminal Baranangsiang
      b) di depan Botani Square turun dan kemudian naik angkutan L-300 yang ke arah sukabumi.

    • Transit di Stasiun Tanah Abang Erna.. dari Rawa Buntu naik CL yang ke Tanah Abang. Lalu dari Tanah Abang tunggu CL yang ke arah Bogor dari arah Jatinegara

      Beli tiket langsung saja sebutkan Bogor sebagai stasiun akhir jadi tidak perlu keluar di Stasiun tanahAbang

    • Naik Cl ke arah Jatinegara dan berhenti di satu stasiun setelah Pasar Senen karena CL dari Bogor tidak berhenti di Senen.

      Lalu tunggu CL balik dari arah Jatinegara dan turun di Senen (CL dari Jatonegara berhenti di Senen)

  36. Malem pak,, klo saya dari bogor menuju stasiun duri naik apa harus transit atau tidak ya?? Saya bingung krn saya jarang naik krl.. Mohon penjelasannya!! Terima kasih pak

    • Naik Cl yang ke arah Nambo dari Sudirman. Turun di stasiun Cibinong lalu lanjut dengan angkot kesana.

      Perhatikan jadwal krt Nambo hanya ada beberapa setiap harinya .. tidak banyak, jadi harus disesuaikan jadwalnya

    • Naik Cl yang ke arah Jatinegara dari stasiun Cibinong atau yg terdekat dengan Citeureup, turun di Manggarai dan lanjut denga Cl yang ke arah Jakarta Kota.

      Dari stasiun kota baru ke kota tua

    • Dari mana Nurul?

      Yang pasti kalau ke stasiun Poris harus transit di Stasiun Duri. Jadi Nurul harus cari CL yang mengarah ke Stasiun Duri dulu dan turun disana. Baru lanjut dengan CL yang ke arah Tangerang

    • Maaf.. saya tidak hapal jalan ke Cinere.. Kalau wilayah Bogor saya bisa bantu tetapi kalau wilayah Jakarta, saya tidak begitu paham

  37. pak kalo mau ke stadion pakansari lebih dekat dari st.tj barat atau st. ui depok ya? terus rutenya bagaimana dan biayanya berapa? trimakasih pak

    • Lebih deket dari stasiun Cibinong…:D

      Tapi kalu soal deket, lebih deket dari depok yah..

      Ongkosnya tidak tahu Dik.. saya tidak pernah kesana pakai angkot soalnya

    • Ada tapi tidak bisa langsung harus transit.

      Naik CL dari Grogol sampai Stasiun Duri. Lalu naik CL yang dari arah Bogor menuju Jatinegara.

      Waktu beli tiket, langsung sebut Jatinegara supaya tidak perlu keluar stasiun Duri

    • Lebih baik pakai angkutan bis saja Kang kalau dari Jatinegara. Lebih mudah.

      Kalau pakai KRL malah lebih ruwet karena Cibubur belum ada jalur Kereta dan harus berhenti di Depok atau Cawang. Mending langsung saja naik Taxi atau bus dari Jatinegara ke arah Cibubur.

  38. Selamat siang pak, saya mw nanya, kebetulan saya mw ke jkrta turun di st. Pasar Senen dan mau ke St. Bojong gede pke KRL, itu hanya sekali naik KRL atau harus transit dan ganti KRL ya pak? Mohon penjelasannya. Terimakasih

    • Tri..

      Cukup sekali naik saja dari Senen. Tidak perlu transit.

      Naik CL yang langsung ke arah Bogor . Cl akan datang dari arah Jatinegara ke Bogor

    • Naik CL yang ke arah Jatinegara lalu turun di stasiun Tanah Abang.

      Lalu dari Tanah Abang naik CL yang ke arah Sudimara dan berhenti di stasiun Serpong. Lalu lanjutkan dengan angkutan umum lain

  39. selamat malam pak anton, saya mau tanya, ini saya kebetulan dari surabaya mau ke daerah graha hj. siti hindun daerah ciawi ada acara disana soalnya, itu apakah lebih dekat dari gambir ke bogor, atau dari stasiun bandung ke bogor? dan kalau di bogor saya apakah turun di stasiun bogornya langsung? soalnya saya belum pernah naik CL sebelumnya pak, mohon infonya pak terima kasih..

    • PAgi Ridho..

      Saya nggak tahu graha Hj Siti Hindu. Tapi kalau Ciawi sih tahu.

      Jelas lebih dekat dari Gambir lah daripada dari Bandung. Jadi kalau memang dari Surabaya dan berhenti di Gambir, ikut saa langkah-langkah ini. Cuma agak panjang yah, tidak bisa sekali jalan.

      1. Dari Gambir naik bajaj ke stasiun Gondangdia, dari situ naik CL yang langsung ke arah Bogor
      2. Di Stasiun Bogor, naik saja angkot no 03 merah ke arah terminal Baranangsiang

      Selanjutnya bisa pilih

      3. Naik angkutan L-300 yang banyak nngkrong di depan Botani Square, jurusan ke Sukabumi karena kalau melihat peta, lokasi graha ada di Ciawi arah Sukabumi

      atau

      4. Naik Taxi ke arah Ciawi

    • Saya nggak bisa kasih rute lengkap .. tapi saya hanya bisa kasih petunjuk kalau dari Tangerang ke stasiun Cibinong sebagai berikut

      Dari Tangerang naik CL ke Stasiun Duri. Lalu tunggu CL dari Jatinegara yang menuju Nambo dan turun di Stasiun Cibinong. Dari situ harus naik angkot ke stasiun Pakansari.

      Hanya perhatikan bahwa jadwal CL ke Nambo tidak banyak, jadi sesuaikan keberangkatan dengan CL Nambo

  40. Pagi Pak Anton,bener” need help nih. Saya dari Jogja mau ke Pelabuhan Ratu. Krn sy baca dari atas tidak ada CL yang berhenti di Gambir, sy harus berhenti dimana sebaiknya? Trs apakah sy berhenti di stasiun Bogor? Sy pengennya naik kereta terus, ga pake bus. Mabokan soalnya sy..hihi. klo naik kereta Pangrango yg harus pesan sebelumnya, pesan online bisakah? Makasih banget pak infonya.

    • Fie….

      Dari Gambir naik bajaj saja ke stasiun Gondangdia. Dari sana naik Cl ke Bogor. Dari stasiun Bogor naik angkot ke Terminal Baranangsiang no 03 merah.

      Nah baru dari terminal itu naik bus ke Pelabuhan Ratu.

      Kalau ke Pelabuhan Ratu sayangnya tidak ada kereta, jadi mau tidak mai Fie harus naik bis. Naik kereta Pangrango ke Sukabumi juga sama saja dan tetap harus dilanjut dengan bis kalau ke pelabuhan ratu.

    • Dari Stasiun Poris nai CL ke stasiun Duri. Dari Duri Naik CL yang ke arah Depok/Bogor, turun di Manggarai.
      Lalu Lanjut dengan CL ke Stasiun Kota

  41. Ass. Pak, kalo misalkan saya dari st. Citayam ke st. Gondangdia. Tiket ga saya tukar. Nah pas pulang mau ke st. Citayam lagi apa saya harus beli tiket lg?

    • Bisa beli tiket langsung PP saja jadi tidak perlu bolak balil beli tiket. Sebutkan di loket kalau mau beli tilet Pp

      kalau beli tiket sekali jalan, kartu tidak perlu lgs dikembalikan. Isi ulang lagi pas mau pulang

  42. Pagi pak anton, kalau saya mau ke perumahan bukit indah di daerah serua ciputat dari tanjung barat gimana ya?
    mohon infonya
    terima kasih

    • Dari Kota tidak ada CL yang langsung ke Cibinong. Harus transit dulu.

      Kalau dari kota naik saja dan turun ke Citayam. Lalu tunggu CL yang ke stasiun Nambo dan turun di sta Cibinong

    • Naik CL yang ke arah Jatinegara turun di Tanah Abang. Lalu lanjutkan dengan CL yang ke arah Sudimara/Serpon.

      Waktu beli tiket, sebut saja stasiun Serpong, jadi tidak perlu keluar stasiun Tanah Abang dan tinggal menunggu kereta

  43. klo mau ke tmii ,berangkat dari stasiun serpong ,, rute cl nya gimana? mau langsung ke stasiun psr minggu transitnya dimana2? mohon penjelasannya

    Tks

    • Transit di Tanah Abang. Lalu tunggu CL menuju Bogor. Turun di Cawang kemudian naik bis ke TMII.

      Kalau mau ke pasar minggu transitnya sama saja di Tanah Abang dan naik Cl ke arah Bogor. Turun di Pasar Minggu

      Tetapi kalau mau dari TMII ke Pasar Minggu, balik ke Cawang dan kemudian naik CL ke arah Bogor turun di Pasar mInggu

      • Rute tercepat, nail dari Jatinegara turun di stasiun Bogor.

        Jalan Paledang letaknya di seberang stasiun Bogor, jadi begitu turun kereta, keluar dari Stasiun dan menyeberang lewat Jembatan Penyeberangan Orang langsung ke Jalan Paledang.

        Kalau lokasi yang dituju berada di tengah Jalan Paledang bisa pakai becak yang biasa mangkal di ujung jalan Paledang

  44. Kalo mau naik krl tujuannya ke pondok ranji jika jam 10 malam baru sampai di jatinegara/ pasar Senen, apakah masih bisa krl nya dan ada nya sampai jam brp rutenya juga bagaimana?

    • Silakan lihat di bagian jadwal CL mas.

      Dari Jatinegara atau Senen naik CL yang ke Bogor. Turun di Tanah Abang.

      Dari situ naik CL ke Pondok Ranji, keberangkatan terakhir pukul 23.14

    • Dari Bekasi… turun di Jatinegara. lalu dari Jatinegara, nai CL yang ke arah Bogor dan turun di Stasiun Duri. Dari Duri baru ke arah Poris/Tangerang (dua kali transit)

  45. Selamat sore pak saya mau nanya kalo dari stasiun poris mau ke cibinong naik krl rute apa dan transit dimannh saja pa? Terima kasih

  46. Saya mau tanya nih kalo dari kalideres mau ke std pakansari enaknya naek yang jurusan apa ya pak,terus kasih brp kali transit trmksh…

    • Kalideres.. transit di duri lalu lanjut dengan Cl yang ke arah Nambo, turun di stasiun Cibinong.

      Cek dulu jam keberangkatan karena jadwalnya tidak banyak

  47. Kalo naik dari stasiun cibinong .tujuan bekasi naik berapa kali . Dan transit stasiun mana . Dan untuk tarif nya berapa ya .trima kasih

    • Naik dua kali saja.

      Dari Cibinong naik CL dan turun di Manggarai, setelah itu lanjut dengan CL yang ke Bekasi.

      Bisa cek langsung di loket tetapi kira-kira 11-13 ribu setelah kenaikan 1 Oktober kemarin

  48. Pagi pak saya mau tanya kan saya kan naik CL dari stasiun bekasi mau kebandung turun di stasiun hall bandung itu dari bekasi naik CL apa aja biar lanngsung sampai atau transit dulu nanti beli tiket lg baru kebandung pak??itu nanti kalau transit dari stasiun mana dan naik CL apa lg pak??terima kasih

    • Anggra

      Mau naik keretanya dari Stasiun Bekasi atau Gambir atau Jatinegara? Maaf kurang bisa menangkap maksudnya.

      Kalau naik dari stasiun Bekasi langsung ke Bandung, tidak perlu naik CL. Langsung saja pesan tiket kereta ke Bandung. Kalau mau naik dari Jatinegara, dair Bekasi naik CL ke Jatinegara, tidak perlu transit. Kalau mau naik dari stasiun Gambir, naik CL dari Bekasi tujuan ke stasiun kota, turun di Gondangdia atau Juanda lalu naik ojeg atau bajaj ke stasiun Gambir (CL tidak berhenti di Gambir).

      Tergantung Anggra mau naik dari stasiun mana.

  49. Pagi pak.Anton… mohon dibantu.. klo dari daerah gadog ciawi…mau naik krl dari stasiun bogor ke gambir rutenya gimana pak? Kebetulan saya dapat tiket KA berangkat dari gambir jam 9pagi. Jam berapa krl paling pagi dari bogor biar ga telat ke gambir. Haturnuhun.

    • Tidak ada CL yang berhenti di Gambir Nike. Jadi harus berhenti satu stasiun sebelum Gambir, yaitu Gondangdia, atau sesudahnya, Juanda.

      Dari situ naik ojeg atau bajaj ke Gambir.

      Naik CLnya yang arah ke Jakarta Kota, jangan yang ke Jatinegara. Yang ke Jakarta Kota akan lewat Gondangdia dan Juanda.

      Paling pagi CL sudah ada dari jam 4.25. Jadi kalau berangkat naik yang jam 6 saja sudah cukup. Kira-kira sampai Gondangdia jam 8-an paling lambat

  50. Selamat siang pak anton…
    Sy mau bertanya untuk naik CL dr bekasi ke stasiun gambir
    Apakah CL akan berhenti di stasiun gambir? Rencana saya akan ke solo menggunakan kreta eksekutif. Trima kasih

    • Tidak.. Tidak ada CL yang berhenti di stasiun Gambir. Jadi turunnya di Gondangdia atau Juanda. Lalu naik bajaj atau ojeg ke Gambir.. bisa juga jalan.

  51. Misi pak kalo dari stasiun bekasi ke stasiun citayam kira² saya haru naik kereta berapa kali dan turunnya dimana saja ya pak… Dan sebaliknya gimana ya pak ? Sekian dan terimakasih

    • Dua kali. Sekali ke Manggarai atau Jatinegara. Kemudian lanjut dengan CL ke arah Bogor di salah satu stasiun térsebut.

      Saat beli tiket langsung sebut saja ke Citayam, jadi tidak perlu keluar saat di Manggarai atau Jatinegara

  52. Selamat sore Pak..saya mau tanya, saya naik kereta api tiket jatibarang indramayu – stasiun jatinegara tujuan ke bogor, commuter line itu apa langsung stasiun bogor. ? saya mau ke kampus IPB jalan Darmaga soalnya saya belum pernah naik commuter line atau ada stasiun bogor yg cuman 1 kali naik angkot langsung ke kampus IPB, terima kasih

  53. pak saya mau tanya klo dari cibinong ke pamulang tangerang selatan naik kereta yg jalur apa naik dan turun di stasiun mana pak, biaya dan jam berapa ya pak ada keratanya?

    • Dari Cibinong naik yang ke arah Jatinegara turun di Tanah Abang lalu lanjut yang ke arah sudimara.

      Kalau biaya sekitar 7000-an sekali jadwal.. bisa cek langsung di loket

      Bisa lihat di jadwal commuter line yang ada di web ini mbak.. bisa dicari.. atau bisa lihat di web KCJ. Saya tidak hapal jadwal kereta

  54. Pa maaf kalo dari stasiun pasr anyar tangerang mau ke ponpes darulQur’an mulia bogor trun d stasiun mana dan selanjutny bagaimana? Terimakasih Pa

    • Maaf saya tidak tahu pesantrennya di sebelah mana. Cuma sebaiknya turun di stasiun Bogor saja karena tepat di pusat kota Bogor

  55. Salam kenal pak, saya mau tanya perkiraan waktu yang dibutuhkan dari stasiun depok baru ke stasiun tangerang berapa lama ya pak? Thx sebelumnya

    • Salam juga Hafizh

      Kira-kira 1 jam 30 menit hingga 2 jam. Karena harus transit di Stasiun Duri, maka tergantung waktu tunggu kereta sambungan ke Tangerang.
      Kalau dari Depok ke Stasiun Duri sekitar 1 jam saja

    • Sekitar 1 setengah jam.

      Harus transit karena dari arah Bogor tidak berhenti di Senen. Jadi harus turun satu stasiun sesudah senen, lalu tunggu kereta balik dari Jatinegara ke Bogor. Baru berhenti di Senen

    • Turun di stasiun duri. Lalu tunggu CL ke arah jatinegara. Berhenti satu stasiun setelah pasar senen karena CL dari Bogor tidak berhenti di Senen.

      Lalu tunggu Cl dari jatinegara ke arah Bogor. Berhenti di senen karena Cl jatinegara memang berhenti di senen

      • Pak…saya mau tanya klo naik comuter line dari hotel icon bogor ke jurang mangu naiknya dari mana….trus transitnya dimana aja…terima kasih aebelumnya

        • Bogor Icon yang di Bukit Cimanggu City, Jalan Baru? Wah dehet rumah saya dong.

          Kalau dari situ naik ojeg saja ke Stasiun Cilebut. Ongkosnya 15 ribuan kira-kira. Naik yang ke arah Jatinegara turun di Tanah Abang. Lalu lanjut yang ke arah Jurangmangu/Serpong.

  56. Pak, Kalau dari palmerah ke bogor dan sebaliknya naik apa ya dan jam berapa ? Kalau naik CL apa ada yang langsung ? Dan kalau naik APTB harus nunggu di mana ya ? Thanks ya

    • Naik CL saja… dari Palmerah naik ke stasiun Tanah Abang (hanya 1 stasiun). Lalu disana ganti kereta dengan yang dari arah Jatinegara menuju Bogor. Kembali ke palmerah sama dengan transit di Tanah Abang

      Itu saja. CL banyak ada setiap 30 menit.

  57. Pak mau nanya nihh, kalo dari stasiun tigaraksa mau ke stadion pakansari bogor. Nahh, apakah ada stasiun terdekat di stadion pakansari bogor?
    Jika ada, saya harus turun di stasiun apa?
    Mohon di jawab yaa pak, terima kasih

  58. Om, ini sy msh baru satu kali naik krl commuterline. Kmrn sy brngkt sm teman naik krl dr stasiun Cikini ke stasiun Depok.
    Kalau sy mau balik lagi, dr Depok ke stasiun Cikini gmn yah? Apa setiap jam ada kereta yg Berangkat dr stasiun Depok ke stasiun Cikini? Kartu yg kmrn msh ada sy simpan cara menggunakannya lg krt itu gmn ya?

    • Dari Depok ke Cikini.. naik CL yang ke arah Jakarta Kota. Pasti lewat Cikini.

      Ada setiap jam bahkan setiap 1/2 jam ada yang ke Jakarta Kota.

      Kartu yang kemaren disimpan, isi ulang lagi sesuai dengan tarif yang keCikini sekitar 4000-5000 kayaknya.. sebutkan saja di loket jurusan Cikini nanti saldonya ditambah sesuai ongkos.

  59. Pak saya saya mau tanya, ini kan saya dari pekalongan jawa tengah mau ke bogor, kan saya naik kereta api dari pekalongan ke stasiun pasar senin, nanti naik commuter line itu jurusannya apa ? apa langsung stasiun bogor. ? atau ada stasiun lagi di bogor? terus kalau mau pulang dari bogor itu kan katanya cmuter line tidak berhenti di pasar senin na itu bagaimana ? sedangkan saya pulang dari bogor ambilnya ke pasar senin. apaah kalau dari bogor ke stasiun jati negara terus bisa langsung ke stasiun pekalongan ? minta infonya pak saya baru pertama kali soalnya. 085600413084

    • Kalau turun di Pasar Senen, bisa langsung naik Commuter Line ke Bogor. CL akan berangkat dari arah Jatinegara langsung menuju Bogor.

      Tergantung lokasi di Bogornya, ada tiga stasiun, Stasiun Bojong Gede, Stasiun Cilebut, dan Stasiun Bogor. Kalau mau ke tengah kota Bogor, berhenti di Stasiun Bogor.

      Kalau puloangnya, berhenti saja di satus stasiun setelah Pasar Senen. lalu tunggu kereta balik dari arah Jatinegara untuk menuju Pasar Senen. CL dari arah Jatinegara berhenti di stasiun senen

  60. Assalamualaikum pak.. Saya dyah mau tanya
    Kalau dari pasar senin naik cl arah ke stasiun tiga raksa atau tenjo bagaimana ? Terimakasih sblmnya..

    • Dari Senen naik CL ke Bogor turun di Tanah Abang.

      Lalu tinggal lanjut dengan CL ke arah sts tiga raksa (Parung Panjang)

  61. selamat malam pak
    saya mau tanya. saya mau ke stasiun juanda dari tanah abang. kira kira berapa jam sampai juanda dan harus pindah kreta gak?

    • Lebih baik naik bajaj saja mas. Lebih cepat.

      Kalau mau naik CL, dari tanah abang ke manggarai dulu. Dr situ baru naik ke Juanda.

      Waktu tempuh sebentar tp waktu tunggunya bisa lama. Tergantung krtnya. Lebih singkat naik bajaj atau ojek saja, hemat waktu

  62. Punten kang Anton..mau tanya kalo mau ke stasiun senen dari stasiun bojong gede turun dimana aja yah kang…hatur nuhun…

    • Naik CL ke arah Jatinegara.. turun di satu stasiun sesudah senen. Kalau dari arah Bogor Cl ga brenti di senen.

      Nah setelah itu tunggu Cl dari arah Jatinegara ke Bogor naik itu dan turun di senen. CL dari arah Jatinegara ke Bogor berhenti di senen

  63. Malam Pak Anton, Salam kenal saya Rio
    Mohon tanya pak, kalau dari Jakarta ke Bogor
    lebih cepat lewat St Jatinegara atau Jkt Kota pun sebaliknya dari Bogor
    mohon masing masing Stasiun awal (Jatinegara dan Jkt Kota) ke Bogor estimasi waktu tempuhnya berapa jam?
    Terimakasih Pak

    • Salam kenal juga

      Lebih cepat dari Jakarta Kota karena tidak harus berputar dulu mengelilingi Jakarta Utara.

      Estimasi dari Jakarta Kota, karena sekarang sering terlambat sekitar 2 jam. Kalau dari Jatinegara lebih dari itu.

      Sebenarnya tergantung tujuannya kemana. Hanya jalur ke Jatinegara harus lewat Tanah Abang dan lain sebagainya, jadi lebih jauh.
      Begitu juga sebaliknya dari Bogor.

  64. Pak kalau saya mau ke stasiun tanahabang dari stasiun bekasi gimana pak? Kira2 brp lm perjalanannya? Dan apakah beli tiketnya hrs dua kali? Trm ksh

    • Kalu dari Bekasi transit di Manggarai. Dari Manggarai ganti kereta ke tanah abang.

      Kira2 45 menit.

      Beli karcis langsung saja dari bekasi ke tanah abang, jadi tidak perlu keluar stasiun dan tinggal ganti kerrta saja

  65. Dear Pak Anton
    Salam kenal saya Deniw mau tanya saya dari surabaya turun di stasiun gambir…mau ke stasiun nambo…adakah CL dari gambir ke stasiun nambo..
    Terima kasih atas jawaban dari bapak
    Semoga bapak senatiasa di beri kesehatan oleh Allah SWT
    Regards
    DENIW

    • Salam kenaal Deni..

      Tidak adq CL yang berhenti di GAMBIR.

      Jadi Dewi harus naik dari Stasiun Lain. Ada beberapa cara

      1. Naik Cl Di stasiun Gondangdia atau Juanda (satu stasiu sesudah atau sebelum Gambir). Bisa kesana pakai Bajaj. Naik Cl jurusan mana saja.

      Turun di Manggarai. Lalu lanjut dengan CL ke Nambo

      2. Naik bajaj ke Tanah Abang. Baru dari stasiun Tanah Abang tunggu CL ke Nambo

  66. Malam Pa…mau nanya. Saya mau k pasar senen dari bogor bagaimana cara yg gampang dan cepat. Dan jadwalnya jam berapa dari bogor. Nyampai k senen jam berapa?…

    • Naik CL ke arah Jatinegara turun di stasiun setelah Pasar Senen karena CL dari arah Bogor tidak berhenti di Senen.

      Lalu tunggu CL dari arah Jatinegara yang menuju Bogor, turun di Senen. CL dari Jatinegara berhenti di senen. itu yang paling mudah.

      Silakan cari di website ini tentang jadwal CL ke Jatinegara karena banyak sekali mulai pukul 05 pagi hingga malam. Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu. Lihat di menu informasi.

      Perjalanan makan waktu kurang lebih 2 jam

  67. pak saya dr pasar senen mau ke serpong transit ke tanah abang. waktu ditanah abang bgmn caranya tau kereta transit ke serpong yg mana?

    salam,

    • Akan ada pengumuman untuk setiap keberangkatan CL. Juga akan terpampang rute KRL CL di loket

      Silakan perhatikan pengumuman untuk tahi CL yg ke arah serpong ada di jalur mana. Bisa tanya ke petugas

  68. Malem pak saya dri jogjaa trun di pasar senen trus saja mau melanjutkan ke depok itu harus transit dhulu atau bisa langsung yaa pak? Terimakasih

    • Tidak. Langsung saja naik CL yang ke arah Bogo/Depok. Hanya satu kali saja.

      Hanya pastikan beli akrcisnya dulu yah

    • Tidak bisa langsung.

      Naik CL yang ke arah Jatinegara dari depok. tidak perlu transit.

      Berhenti di satu stasiun sesudah Senen karena CL dair arah Depok/Bogor tidak berhenti di Senen. Lalu tunggu keretabalik dari Jatonegara ke arah Bogor yang akan berhenti di stasiun senen.

  69. Pak saya mau tanya kalau dari st.cibinong k kebayoran baru rutenya bagaimana pa? Harus transit dimana pa?
    Lalu cl yg pertama di cibinong jam berapa ?

    • Naik CL yang ke Jatinegara turun di tanah abang. Lalu naik yang ke stasiun kebayoran dari situ.

      Di loket langsung pesannya ke kebayoran saja jadi tidak perlu keluar stasiun waktu transit

  70. pagi pak…
    saya ingin ke st serpong. sedngkn rmh daerah bekasi.
    ini pngalaman prtama saya.
    1. jika naik dri cakung atau bekasi rutenya gmn yaa pak?
    2. jadwal kebrngkatan paling pagi jam brpa?
    3. klo hrus trnsit kmn? n biaya karcis brpa?
    trmksh

    • 1. Bekasi saja.. turun di Manggarai. Lalu lanjut dengan CL ke arah Jatinegara turun di stasiun tanah abang. Lalu lanjut dgn CL ke Serpong.

      2. Silakan lihat jadwal keberangkatan CL
      3. lihat di no 1. Bisa langsung cek di loket tetapi tarif paling mahal RP. 11.000 (uang jaminan 10 ribu dan bisa diminta balik)

    • Transit di Manggarai. Dari Tanah Abang naik CL ke arah Bogor / Depok/Cibinong turun di Manggarai, lalu lanjut ke kota

  71. Salam kenal pak Anton..
    Saya mau ke Cilegon dari St. Bojong gede.. Keberangkatan alternatif saya bogor – duri trus Duri – St tanggerang sisanya menggunakan kendaraan Bis tanggerang – cilegon
    Nah yg jd pertanyaan saya..
    1. Jam brp jadwal bogor – duri pertama ?
    2. Pembelian tiket THB bojong gede – st tanggerang bisakan pak ? Tanpa beli lagi di st duri.

  72. Pak saya mau bertanya kalo dari stasiun jatinegara mau ke stasiun bekasi itu apakah bisa? Dan lamanya berapa menit? Saya naik CL kesana jam 8 malam apakah akan desak2an pak?

    • Kalu dari Jatinegara ke Bekasi, paling lama 20 menit. Kalau naik jam 8 malam rasanya tidak akan penuh dan desak-desakan.

  73. Selamat malam,
    Pak mau tanya naik CL kalau dr stasiun rawa buaya menuju sawangan turun di stasiun apa ya??
    Terima kasih.

    • Sawangan tidak ada stasiun Kereta.. Jadi ada beberapa cara seperti turun di Parung Panjang atau Depok atau Citayam. Yang manapun harus dilanjutkan dengan kendaraan lain menuju ke arah sawangan.

      • slmt mlm pak,mau tanya pak,saya mau ke stasiun tanah tinggi,dari jatinegara yg langsung ada gk pak,dn yg brngkat pagi kira2 jm brpa pak,mohon pengarahan y pak.

        • Stasiun Tanah Tinggi ke arah Tangerang. Tidak bisa langsung dari Jatinegara.

          Dari Jatinegara naik CL yang ke arah Bogor berhenti di stasiun Duri. Dari Duri baru naik CL yang ke Tanah Tinggi

  74. Pa.. Kl mau bli tiket cl ke parung panjang bs langsung bli tiket di stasiun tempat kita naik, Apa di transit tanah abang bli lagi tiket nya yg ke parung panjang..trimz

    • Langsung saja. Sebut dtujuan Anda di stasiun keberangkatan. Jadi tidak perlu membeli tiket lagi di stasiun transit

  75. Pa sy mau tnya.. Kl dr stasiun klender baru mau ke parung panjang. Transit nya di mn?? Trus beli tiket nya bs langsung bli jurusan parung panjang atau smp di transit bli lagi untk ke parung pajang?? Jadwal kretanya jam brp dr ke parung panjang??

    • Nia

      Kalau dari stasiun Klender, pakai CL ke Manggarai. Lalu dari Manggarai naik CL ke arah Jatinegara. Turun di Stasiun Tanah Abang. Nah dari Tanah Abang naik ke arah Parung Panjang

      Jadwal KA nya cukup banyak, susah untuk disebutkan disini. Bisa lihat di web PT KCJ.. ketik saja Jadwal Commuter Line di Mbah Google

    • Dari Stasiun Kranji naik CL ke stasiun Manggarai. Nah dari sana tunggu CL yang menuju ke arah Stasiun Cibinong. Hanya jamnya terbatas. Sekitar pukul 8-10-14.

      Jadi sesuaikan dengan waktu tiba di stasiun Manggarai agar tidak terlewat jadwal ke Cibinong

  76. Permisi pak, mau tanya kalo dari stasiun pondok cina depok mau ke stasiun tangerang rutenya bagaimana y? Terima kasih

  77. Selamat siang pak anton. Pak kalau CL ke arah bogor bisa naik di jatinegara? Terus rutenya lebih jauh jatinegara-bogor atau pasar senen-bogor pak? Terimakasih

    • Ke Bogor bisa langsung naik dari Jatinegara. Bisa juga naik dari Stasiun Senen.

      Kalau soal jarak, terpisah 4 stasiun saja. Jadi tidak banyak berbeda. Kereta yang dipakai sama saja karena kalau naik dari Pasar Senen, keretanya akan berangkat dari Jatinegara juga. Lebih baik dari Jatinegara, siapa tahu bisa duduk

  78. Pak Anton , mau tanya kalau dari stasiun Bogor mau ke stasiun Cakung , transit di manggarai ya ? Kemudian beli tiket nya di stasiun bogor langsung bilang cakung atau di manggarai harus keluar stasiun dulu ?
    Terima kasih sebelumnya pak

    • Betul sekali kalau ke Cakung dari Bogor harus transit di Manggarai.

      Langsung saja bilang ke petugas loket, “Stasiun Cakung”. Jadi tidak perlu keluar di stasiun Manggarai dan tinggal menunggu kereta sambungannya. Tidak perlu keluar stasiun kalau sudah memesan tiket untuk ke Cakung

  79. Siang Pak anton, saya mau tanya soal beli tiket KRL, kalo rute saya kebetulan sangat gampang karna rute RED LINE tinggal lurus aja 😀

    Ada beberapa pertanyaan :
    1. Apakah tiket harus dibeli di hari H atau bisa sebelumnya?
    2. Apakah KRL jalur RED line selalu ada? berapa lama sekali keberangkatannya?
    3. Cara beli tiket KRL melalui vending machine step by step nya donk kalo ada 🙂 maklum ini akan jadi pengalaman pertama saya naik Kereta

    thanks
    salam

    • Mau ke Bogor yah..:D

      1. Bisa sebelumnya kok… Kalau THB (tiket harian berjaminan) patokannya kedaluwarsa setelah 7 hari. Jadi bisa dibeli sehari sebelumnya atau bahkan 5-6 hari sebelumnya . Tapi untuk apa bolak-balik, mending beli di hari H saja.

      2. Hampir 24 jam. Kereta pertama berangkat dari Bogor jam 4.25 yang paling malam sekitar 23.30 dari stasiun Kota. Di jam sibuk seperti jam 6-7 pagi hari, rata-rata 15-20 menit sekali. Di jam santai sekitar 30 menit sekali.

      3. Hahahaha… sebenarnya gampang. Pertama perhatikan layar dan sentuh stasiun tujuan. Akan keluar tarif yang harus dibayar. Letakkan uang (kertas lebih aman) di tempat yang diberi tanda. Setelah uang ditelan mesin akan keluar Tiketnya dan juga uang kembaliannya. Semudah itu saja kok. Ada petunjuk dimana harus meletakkan uang dan mengambil tiket. Tidak beda dengan ATM. Jangan khawatir.

      Kalau mau lebih gampang, ke loket saja sebutkan tujuannya dan bayar.. beres..hahahaha

      selamat ber CL ria..

  80. siang pak..saya dri semarang naik kereta turun di pasar senin..tujuan saya ingin ke balai yasa manggarai,kira-kira dari pasar senen oper kemana kalo naik CL biar saya setidaknya bisa hampir dekat dengan balai yasa manggrai.oper opsi yg paling gampang aja pak..

    • Gampang mas… silakan naik CL dari Jatinegara ke arah Bogor (berhenti di Pasar Senen). Turun di stasiun Manggarai. Deket sekali dengan balai yasa-nya

  81. Malam pak, mau nanya kalau dari stasiun bogor mau ke pantai anyer, paling enak lewat mana ya ? Nanti nya saya sambung pakai bus atau taksi juga gpp.

    Thx

    • Pantai Anyer di Serang..jauh sekali kalau dari Bogor. Tidak bisa pakai Taxi dari Stasiun CL di Jakarta.

      Lebih baik pakai bis.

      Mungkin Ancol yah..itu bisa pakai CL ke stasiun Kota. Lalu naik yg jurusan ke stasiun Ancol. Baru sambung dgn taxi.

      Bisa juga langsung dari stasiun kota naik taxi lebih cepat

  82. siang pak anton, saya mau tanya kalo mau naik krl dr ps senen k bogor itu paling pagi dan paling malam jam berapa pak? kemudian dr bogor k pasar senen lagi gimana rutenya pak? kemudian ada jam berapa saja? makasih hehe 🙂

    • waduh.. ga hapal saya yang paling pagi atau malam. Yang saya tahu sekitar jam 5 pagi sudah ada dari Jatinegara. Paling malam dari Bogor sekitar jam 8. Jadi silakan cek langsung di web PT KAI.. ada kok.

      Kalau dari bogor, CL tidak berhenti di senen. Harus berhenti di satu stasiun setelah senen, lalu balik lagi dengan CL dari arah Jatinegara ke senen. Rutenya sama saja.

      Bisa cek sendiri jadwalnya ya teh..

  83. Selamat malam pak,
    Saya mau nanya kalo mau ke daerah Jalan Tubagus Angke (Kantor Palyja UPP Barat) dari Bogor naik kereta gmn ya rute KRL dan Buswaynya? Terima kasih.

    • Terus terang saya tidak tahu dimana Jalan Tubagus Angke mas Ucok. Saya tinggal di Bogor. Kalau mas bisa tahu stasiun terdekatnya, saya bisa bantu

      Hanya Commuter Line tidak berhenti di Stasiun Angke. Jadi mungkin lebih baik turun di stasiun kota saja.

  84. Assallamuallaikum pak anton . .
    Sya mw tnya pak . .klo naik KRL dri stasiun lenteng agung k.arah stasiun pasar senen bisa apa tidak ??? Trus jam terakhir keretany dri Lenteng agung jm brp ya pak ??? Terimakasih

    • Kalu dari lenteng ke senen bisa. Cuma cl dari lenteng tidak berhenti di senen. Jadi kalau mau turun satu stasiun sesudah senen, lalu tunggu krt dr arah jatinegara dan kembali ke arah bogor. Lalu turun di senen

  85. Comment: pak, kalau dari stasiun bekasi ke stasiun juanda rutenya yang mana y. ada transitnya apa tidak? paling awal jam berapa kira2 pak. maaf banyak nanya, soalnya belum pernah naik komuter pak. hehe

    • Kalau dari Bekasi ke Stasiun Juanda tidak perlu transit. Cukup sekali naik CL dari Bekasi jurusan ke stasiun kota.

  86. Assalamualaikum,pak saya mau nanya kalau dari stasiun tigaraksa mau ke kebun raya bogor naik kereta api turun di stasiun mana terus naik angkot mana,,soalnya saya belum pernah naik kereta api,,mohon jawabannya terima kasih,,

  87. pak , kalo dari stadion pakansari bogor mau pulang ke tangerang jam 12 malam, sebaiknya naik angkutan apa ya ? soalnya pertandingan nya (PS TNI – Persipura ) selesai jam setengah 12. mohon bantuannya/ terimakasih.

    • Nah itu sebuah masalah. Commuter Line sudah tidak ada jam segitu.

      Begitu juga angkutan lains seperti bus Pusaka dan lainnya.

      Lebih baik kalau memang akan pulang jam segitu, bawa kendaran sendiri

      • Maaf pak saya mau tanya dari st Bekasi menuju st Bogor kalau untuk rute saya sudah tau cuman bagaimana cara pemesanan tiketnya apakah saya langsung memesan tiket dari st Bekasi – st Bogor atau st Bekasi – st Jatinegara baru saya membeli yang ke arah bogor? Terimakasih

        • Langsung saja bilang Stasiun Bogor. Tidak perlu dua kali.

          Jadi tinggal transit dan tunggu kereta sambungan saja. Bisa juga di Manggarai Transitnya ya kalau dari Bekasi ke Bogor

  88. pagi pak …..
    saya kan mau mudik ke sukabumi ….. dari semarang turun ke pasar senen yang saya mau tanyain

    1. dari pasar senen ke bogor kl naik krl ada transitnya gak pak ?
    2. kalo dari st, senen pagi nyampe bogor kira kira jam berapa ya pak?

    mohon petunjuknya

    terima kasih

    • Pak Agus

      Kalu dari Senen langsung saja naik CL yang ke arah Bogor (dari Jatinegara) tidak perlu transit.

      Kira-kira kalau lancar makan waktu 2 jam-an untuk sampai stasiun Bogor.

      Kalu ke sukabumi naik apa? naik kereta atau naik angkutan lain

    • Malam Adhey

      Dari Tanah tinggi naik ke Stasiun Duri. Lalu lanjut dengan yg jurusan ke Bogor turun di Manggarai. Dari manggarai lanjut dgn yg ke Bekasi.

      Bisa juga dari duri, naik yg ke Jatinegara. Dari jatinegara naik ke bekasi

  89. Pa saya mau nanya?…saya dari mangga 2 mau ke bogor cara nya gimana ,,,,pa harus ke stasiun kota dulu atau stasiun kp.bandan .trimaksih

    • Jangan ke stasiun Kampung Bandan. Bisa langsung dari Stasiun Kota saja Kang Asep, atau stasiun Jayakarta.

      Dari situ tinggal naik yang ke arah Bogor Ga perlu transit

  90. Pak Anton, kalau dari pasar senin mau ke Bogor naik CL apa ? Apa setiap jam ada cl dan bagaimana nanti pulangnya dari Bogor ke pasar Senen ? Tks kepanjen malang

    • Naik Cl yg lgs ke bogor dari arah jatinegara, tidak perlu transit. Langsung ke bogor.

      Nah kalu dari bogor CL tidak berhenti di senen. Jadi hrs turun satu stasiun sebelum atau sesudah senen

  91. Selamat sore pak anton, saya mau nanya kalo dari stasiun kranji ke tanah abang naik CL apa n ada.a jam berapa pak.. mohon infonya

    • Malam om Aji…

      Kranji ke Tanah Abang mah banyak om. Sejak pagi hingga malam hari. Silakan lihat di bagian jadwal karena ini rute yang sangat ramai.

      Kalau dari Kranji,
      1)naik yang ke arah stasiun Kota turun di Manggarai. Lalu naik CL arah jatinegara turun di Tanah Abang.

      2)Bisa juga turun di Jatinegara, lalu naik CL yang ke arah Bogor, turun di Tanah Abang.

    • Naik CL dari Bogor arah Jatinegara turun di Tanah Abang. Lanjut dengan CL ke arah serpong turun di Pondok Ranji

  92. Salam pak anton sy lukman saya mau tanya lo dari stsiun bogor ke senen muterbaliknya bisa di sentiong pak apa harus di jatinegara langsung nunggu keretanya yng balik ke bogor

  93. Pak anton, sampai skrg commuter yg dr jatinegara ke bogor msh berhenti di sta senen kAn? Sy mau ke stasiun senen dr depok. Rutenya bgm ya pak? Terima kasih.

    • Masih… tidak usah pake rute, yang dari Jatinegara ke arah Bogor akan lewat depok. Tidakusah transit yah… 😀

  94. Sore pak anton saya mau tanya, kalo dari roxy jakarta pusat ke bogor naik CL gimana ya pak? Terimakasih

    • Jakarta Pusat nya sebelah mana. Bisa naik dari Manggarai atau Dukuh Atas/Sudirman pakai CL yang ke arah Jatinegara. Turun di stasiun duri lalu lanjut dgn CL ke arah serpong. Hanya satu stasiun dari duri ke stasiun Grogol

  95. Dear Pak Anton,
    Perkenalkan saya Rini, saya tinggal di Bali
    Saya dan anak2 berencana ke sukabumi ikut camping rumakita, perjalanan dari bandara kw Cisaaat sudah diatur oleh rental car, akan tetapi pulangnya kami menggunakan kereta dan menginap semalam di cibubur, saya yang ingin bertanya:
    1. Kereta dari Sukabumi ke Bogor, jadwalnya harganya dan ada kelas dan nomer kursinya?
    2. Kereta CL daroi Bogor harus pakai jalur mana dan turun dimana yang terdekat, kalau tujuan akhir saya dicibubur, tepatnya dijatirangga. Mohon informasinya, terimakasih

    • Rini,

      Selamat siang..

      1. Jadwalnya jam 5 pagi, jam 10.40, jam 16.20
      2. Harga kelas ekonomi Rp. 20.000 dan eksekutif 60.000 (akhir pekan) 50.000 hari biasa

      Masalahnya pemesanan KA Pangrango itu harus dilakukan paling lambat 2 minggu sebelumnya. Bahkan tidak jarang satu bulan sebelumnya karena peminatnya banyak sekali. Jadi tergantung kapan berangkatnya sebaiknya tiket sudah dipesan sejak sekarang.

      3. Dari Cibubur tidak ada jalur kereta jadi harus mencari stasiun di wilayah lain. Teman saya di Cibubur kalau naik kereta bisa naik dari stasiun Depok. Tetapi bisa juga naik dari Stasiun Cawang. Kalau mengambil stasiun yang dari arah bekasi akan memakan waktu.

      Bisa juga dari Cibubur ke UKI dulu, lalu lanjut dengan bus APTB yang ke Bubulak Bogor.

      Memang agak repot kalau dari arah Cibubur naik CL karena tidak ada stasiun CL disana

  96. Pagi pak. Saya mau tanya kalo naik CL ke cibinong dari stasiun pondok ranji gimana ya pak? Saya harus transit dimana? Terimakasih

    • Dari Ranji naik CL ke Tanah Abang. Dari Tanah Abang bisa tunggu CL yang ke arah Nambo adanya sekitar pukul 7-8 kemudian 14-15. Turun di stasiun Cibinong

  97. sore pak saya mau minta bantuan bwat naik CL dri bekasi ke UIN tangerang. kalo mesti transit brapa kali??dan dimana aja transitnya pak??
    mohon bantuannya pak, terimakasih^^

    • Kalu dari bekasi, turun di manggarai. Lalu lanjutkan dengan CL ke arah jatinegara turun di stasiun duri. Baru lanjutkan dengan cl ke tangerang. Dua kali transit

  98. pak, kalau mau naik CL
    dari Jakarta ke Bogor
    naik dari stasiun mana ya, turun di stasiun mana
    jadwal nya pagi jam berapa
    Terima kasih

    • Nah, pertanyaan sulit. Stasiun di Jakarta banyak sekali ada Stasiun Jakarta Kota, Mangga Besar, Swah Besar, Jatinegara, Tanah Abang dan banyak lainnya. Silakan baca tulisannya itu ada nama-nama stasiun yang bisa dipakai untuk naik Commuter Line.

      Stasiun Bogor adalah stasiun pemberhentian terakhir kalau menuju ke Kota Bogor. Selain itu masih ada Stasiun Cilebut, Bojong Gede dan juga Citayam. Tergantung tujuan. Kalau mau ke Kebun Raya harus turun di stasiun Bogor

  99. pak kalau saya dari jatinegara mau ke jakartabaru pakai commuter apa yaa, itu waktunya ada pukul berapa saja ? terimakasih

    • Nana.. saya ga tau jakarta baru dimana?

      Bisa jelaskan alamat lengkap. Kalau Pasar Baru saya tahu tinggal naik CL yang ke Jakarta Kota turun di stasiun Juanda. Tapi kalau Jakarta Baru saya tidak pernah dengar namanya selain itu adalah slogan ahok.org

        • Jatinegara ke Karawang tidak bisa pakai CL/KRL. Jalur CL atau KRL hanya sampai ke Bekasi saja. Bisa menggunakan bis ke Karawang

  100. selamat sore , mau tanya pak
    kalau mau ke jakarta baru dari jatinegara pakai komuter jenis apa ya dan bisa kode apa aja

    • Jakarta Baru? Waduh.. bingung saya dimana itu. Kalau Pasar Baru tahu.

      Kalau ke Pasar Baru dari Jatinegara, naik saja yang ke arah Stasiun Kota (dari arah Bekasi menuju stasiun Jakarta Kota). Lalu turun di Juanda. Selanjutnya lanjutkan dengan berjalan kaki saja ke Pasar Baru.

      Kalau Jakarta Baru di wilayah mana ya mbak.. maklum saya orang Bogor

    • Nambo itu jalur kuning, tetapi khusus. Tidak banyak jadwal ke Nambo.

      Kalau mau ke Nambo dari Jakarta berarti memakai CL yang datang dari arah Jatinegara/Tanah Abang

  101. Comment:pak kalo saya dari stasiun sudimara mau ke stasiun kalideres, apa harus 2 x transit? untuk menunggu kereta yg kita tuju stasiunnya apa ada tandanya dmn hrus mnunggu, maaf saya takut salah msuk kereta, dan salah tujuan, trimakasih pak

    • Kalau dari stasiun Sudimara memang harus dua kali transit.

      1. Transit pertama di stasiun Tanah Abang. Tika harus menunggu CL yang ke arah Jatinegara. Hanya satu stasiun saja dan turun di stasiun Duri.
      2. Di stasiun Duri, lanjut dengan CL ke arah Tangerang.

      Ada. Di setiap stasiun akan ada petunjuk arah di setiap peron. Jangan khawatir. Selain itu juga akan selalu ada pengumuman lewat pengeras suara. Jadi jangan sampai lewatkan petunjuknya.

      Mudah-mudahan tidak akan terlewat atau salah naik kereta kalau diperhatikan dengan baik

  102. Selamat Sore Pak,

    Pak, saya dan beberapa orang teman akan ke Bogor naik CL. Berangkat ada yang dari : kota, duri, Juanda, bekasi dan Serpong.

    Kita rencana nya tiba di Bogor sekitar pukul 9.00.

    Kita sedang merencanakan untuk kumpul di Manggarai, setelah itu baru bareng naik kereta ke Bogor.

    Mohon petunjuknya pak. Bagaimana baiknya .

    Terima kasih,

    • Wahhh… Mau jalan-jalan ke Bogor yah. Selamat bersenang-senang.

      Rencananya sudah bagus pak. Manggarai memang titik kumpul dari segala arah. Jadi bisa lanjutkan saja.

      Hanya kalau saya sih, akan lebih pilih kumpul di Bogor saja dibandingkan di Manggarai. Soalnya yang dari Kota/Juanda sebenarnya bisa langsung ke Bogor dan tidak perlu turun dulu di Manggarai. Tapi karena ini buat senang-senang dan memang lebih enjoy berangkat bareng, lanjutkan saja rencana ini.

      CL dari Manggarai ke Bogor banyak jadi tidak akan ada masalah.

      Pak Wiwi mau berwisata ke mana ke Bogor. Kalau memang sudah lama tidak ke Kebun raya, mungkin ada bagusnya jalan-jalan sejenak kesana. Ke Museum Zoologi (di dalam Kebun Raya), kemudian ke Museum Etnobotani yang ada di dekat pintu 2 Kebun Raya (Kantor Pos). Terus kulineran di Taman kencana atau Jalan Suryakencana.

      Kalau saran saya, jangan pergi ke Curug atau Puncak karena lalu lintas Bogor akan sangat macet selama libur panjang. Jadi lebih baik yang dekat dengan Stasiun Bogor saja.

      Have fun ya pak.. salam buat rekan-rekan

    • Dari Tanjung Priok naik CL yang ke Stasiun Kota. Dari situ naik CL yang ke Bogor atau Bekasi. Karena CL tidak berhenti di Gambir, maka Anda harus turun di Juanda (satu stasiun sebelum Gambir) atau di Gondangdia (satu stasiun setelah Gambir)

      Dari Juanda atau Gondagdia bisa naik ojeg atau jalan kaki ke Gambir

  103. Malam pak kalau dr tangerang mau ke pamulang bagaimana caranya
    Jalan srikandi no1 perumahan villa pamulang

    • Malam juga Mimi…

      Kalau dari Tangerang mau ke Pamulang, sebenarnya tidak terlalu jauh hanya agak ribet kalau memakai CL. Masalahnya harus transit dua kali dan waktu tunggunya lama.

      1. Dari Tangerang berhenti di Stasiun Duri. Lalu dari stasiun Duri naik CL ke arah Bogor dan berhenti di StasiuN tanah Abang (hanya 1 stasiun saja)
      2. Dari Stasiun Tanah Abang naik CL ke arah Serpong/Maja. Bisa berhenti di Sudimara . Lalu dilanjutkan dengan angkutan umum ke arah Pamulang.

      Sayangnya kebetulan saya tidak begitu hapal dengan angkutan di wilayah Serpong atau Sudimara karena saya tinggal di Bogor. Hanya kalau dilanjutkan dengan kendaraan dari stasiun Sudimara akan butuh sekitar 30 menit dengan angkutan umum/angkot

    • Kalau dari Nambo ke Tebet tidak usah ganti kereta atau transit. Jalur CL Nambo – Jatinegara akan melewati Tebet.Paling pagi 5.19 kemudian 8.52.

        • Siang. Baru online saya.

          Dari Jatinegara naik CL yang ke arah Bogor. Turun di Stasiun Tanah Abang dan lanjut dengan yang ke Parung Panjang

  104. Pak kalo dari bojong gede ke batu ceper apakah baik satu kali apa translit ? Dan kalo transit , transit nya di di stasiun apa ?

    • Dari Bojong Gede naik saja CL yang ke arah Jatinegara turun di Stasiun Duri. Lalu lanjutkan dengan CL yang ke arah Tangerang.

      Cukup satu kali transit saja

  105. Salam Pak.
    Maaf mau tanya, saya kan dari bogor, dan ingin turun di Gambir, tapi sesuai dengan petunjuk yg bapak berikan, sepertinya tidak bisa saya turun di Gambir, apa ada alternatif atau solusi terbaik pak untuk bisa sampai ke Gambir?
    Terima kasih.

    • Betul CL tida berhenti di Gambir. Jadi turun di Gondangdia atau stasiun Juanda. Saran saya sih Gondangdia saja (satu stasiun sebelum Gambir kalau dari arah Bogor)

      Sebenernya tinggal jalan kaki saja dari sana sekitar 400-500 M saja (Bisa cari tulisan cara ke Gambir di web ini juga kok saya sudah menuliskan petunjuknya). Bisa juga naik bajaj atau ojeg, cuma biasanya mereka minta mahal sekitar 15000-20000 kalau ke Gambir.

  106. Siang pak, kalo dari kota tua ke cibubur naik dan turunyya di stasiun mana ya pak? Maklum pak anak baru di jakarta, terimakasih pak

    • Sayangnya tidak ada stasiun yang dekat banget dengan cibubur. Ada beberapa opsitapi tetap harus disambung angkutan lain.

      Bisa dari stasiun kota ke Cawang.. lalu lanjut dengan bis ke Cibubur. Bisa turun di Nambo, Citeureup lallu juga sambung dengan angkot dari sana. Posisinya agak jauh dari jalur Commuter Line.

      Lebih mudah pakai Transjakarta di sambung dengan APTB. Daristasiun Kota, pakai yang jurusan ke Blok M. Turund i sekitar Halte Senayan setelah Semanggi lalu pergunakan APTB Jurusan Cileungsi yang akan lewat Cibubur

    • Berhenti di stasiun bukit duri lanjut dengan cl ke jatinegara. Sayangnya cl itu tidak berhenti di senen jadi lanjutkan sampai satu stasiun sesudah senen. Bisa turun dan,keluar stasiun lalu lanjut dengan kendaraan umum lain tuk ke senen atau tunggu cl dari jatinegara ke arah bogor yg akan berhenti di senen

  107. pak mohon infonya, kalau mau ke daerah sawangan depok naik CL itu lebih baik berhenti di stasiun depok atau depok baru? kemudian untuk CL nya dari pasar senen atau dari jatinegara?

    • Turun Depok Baru bisa… Naik CL dari Senen atau Jatinegara sama saja satu arah. Ambil yang arah ke Bogor. Lalu turun di Depok Baru.

  108. Selamat Pagi…

    Pak, saya mau tanya,,
    Kalau dari Stasiun Bogor menuju Tanah Abang apakah bs?
    ▪kalau bs, saya turun dimana? Dan ganti keretanya dmna?

    #terimakasih atas jawabannya.

    • Bisa Dewyy… Naik saja CL yang menuju ke Jatinegara lalu turun di stasiun Tanah Abang… itu saja.. cukup sekali naik

  109. Comment:permisi sblumnya pak..saya mau nanya.. klo dari stasiun depok ke poris translt brpa kali..?? dan jga sbaliknya..trima ksih..

    • Dari Depok ke Poris cukup transit satu kali. Stasiun Bukit Duri adalah tempat transitnya.

      Kalau dari Depok, naik CL yang menuju Jatinegara turun di Bukit Duri dan lanjut dengan CL ke Tangerang. Begitu juga sebaliknya, turun di Stasiun Duri dan lanjtu dengan CL ke Bogor atau Depok

  110. Malam pa .saya dr cileungsi kalo mau ke tigaraksa dari nambo itu berapa lama ya pa trus transit dimna dan harus berapa kali saya beli tiketnya
    Mohon bantuannya pa terina kasih..

    • Naik CL yang ke Jatinegara turun di Tanah Abang. Lalu lanjut dengan CL yang menuju ke Sudimara dan Tigaraksa.

      Maaf terlambat menjawab karena harus beberes rumah dulu dan nganter komandan rumah dulu 😀

  111. Slamatpagi pak anton.. saya dari stasiun nambo ingin ke stasiun pondok jati saya lewat rute mana ya?? Makasih sebelum nya…

    • Kalau dari Nambo naik saja Commuter Line yang langsung menuju Jatinegara. Pondok Jati adanya sebelum stasiun Jatinegara. Jadi tidak perlu transit.

  112. pak mohon bantuannya, saya dari stasiun tangerang pingin ke menteng, setelah sampai di Duri, bagaimana jalan selanjutnya? mohonn bantuannya pakk

    • Menteng itu dekat dengan stasiun Cikini dan Gondangdia. Jadi dri Duri kalau mau naik CL harus naik ke arah Bogor turun di Manggarai. Lalu lanjutkan dengan CL yang ke arah Jakarta turun di Cikini atau Gondangdia.

      Kalau mau cepat bisa naik Ojeg dri Duri ke Menteng. Kalau nunggu CL berarti lumayan lama waktunya krn harus ganti dua kali

  113. Selamat pagi pak Anton..Saya dari Depok Baru mau ke Stasiun Bekasi. Mohon dibantu informasi untuk rute yg dilewati. Apakah harus transit/ berapa kali transit? atau ada yg langsung dari St.Depok Baru – St. Bekasi?
    Terimakasih.

    • Pagi Ayu…

      Tidak ada CL yang langsung ke Bekasi dari Depok Baru harus transit. Pilihannya

      1. Dari Depok Baru Naik yang ke Kota atau Jatinegara, lalu turun di Manggarai. Lalu lanjutkan dengan CL yang kearah Bekasi (jurusan Kota Bekasi)
      2. Naik CL ke Jatinegara. Turun di Jatinegara dan lanjutkan dengan CL ke Bekasi.

      Transitnya cukup sekali baik di Manggarai atau di Jatinegara. Saya sarankan sih pakai yang transit di Manggari karena lebih menghemat waktu karena kalau menuju Jatinegara dulu ahrus ikut mengeliligi banyak stasiun.

  114. pak, saya tujuan nya kan mau ke ancol ya, saya dari stasiun bojong gede, nanti saya kan harus transit di jakarta kota, setelah itu saya harus bagaimana ya?

    • Iya.. sesampainya di Jakarta Kota, lanjutkan dengan Commuter Line yang menuju ke Tanjung Priok. Nanti CL ini akan melewati stasiun Ancol

      Cukup beli tiket dari Bojong Gede langsung ke Ancol saja, jadi tidak perlu keluar masuk stasiun. Cukup berpindah jalur saja.

  115. Pak..kalau dari stasiun Tigaraksa/daru mau ke stasiun Gondangdia gmna caranya pak,turun dimana.translit kereta apa dan dmna ? Trus saya harus naik apa ke PPM manajemen. Dan waktunya butuh berapa lama.. Saya dari Lampung .saya tunggu jawabannya ya pak.soalnya mau naik itu esok

    • Kalau dari stasiun Tigaraksa ke Gondangdia. Kalu ga salah sudah ada Commuter Line ya .. langsung naik Commuter Line saja turun di Tanah Abang.

      Nah sebenarnya dari situ bisa langsung saja naik bajaj atau ojeg ke PPM di sekitar Tugu Tani. Kira-kira 20 menit an kalau jalan ga terlalu macet.

      Kalau naik Commuter Line lagi agak ruwet, soalnya harus naik yang ke arah Bogor turun di Manggarai, terus lanjut naik Commuter Line lagi ke arah kota baru turun di Gondangdia. Dari Gondagdia harus naik ojeg atawa Bajaj.

      Jadi sama saja, mending dari stasiun Tanah Abang naik bajaj atau ojeg alngsung biar lebih cepat. Atau Taksi… daripada harus nyambung2 naik Commuter Line

    • Kalau dari Bekasi ke senen.. Naik CL Bekasi ke Kota, turun di Jatinegara. Lalu lanjutkan dengan CL yang menuju Bogor turun di Senen.

      Kurang hapal tetapi setahu saya Jam 8 malam masih ada dari Bekasi

    • Dari Bekasi naik CL yg ke Kota. Turun Di Jatinegara, lalu lanjut dengan CL yang ke arah Bogor. Turun di Pasar Senen.

      Seberapa malam bu… bisa lihat di jadwal kereta, tetapi setahu saya jam 7-8 an terakhir dari bekasi. Bisa cek ulang di stasiun juga

    • Kalau dari Senen ke Sudimara, naik CL yang ke Bogor. Turun di Tanah Abang. Lalu lanjutkan dengan CL yang ke arah Sudimara.

  116. Malem pa anton, aku baru pertama kali naik CL, kalo dari bogor CL keberangkatan pertama ke stasiun jatinegara jam brpa ya?
    Terus kan aku mau k pasar senen, kalo aku turun di st.gang sentiong trus naik lagi ke arah pasar senen busa ga? Trs apa isi lagi sldo tiket ya pa?

    • Seingat saya jam 5.30 sudah ada keberangkatan ke Jatinegara.

      Bisa naik lagi dari Gang Sentiong ke Senen. Tiket tidak perlu isi saldo lagi. Cukup membeli dengant tujuan Gang Sentiong saja. Selama turun tidak melebihi stasiun itu. Nah yang saya kurang tahu adalah apakah kalau dari Bogor petugas akan memberi tiket ke Pasar Senen atau tidak karena jadwal dari Bogor sudah menjelaskan tidak berhenti di Senen.

      Hanya silakan dicoba saja.

    • Dari Kebayoran tidak ada yang berhneti di Stasiun Senen. harus berhenti satu stasiun sebelum atau sesudah Pasar senen. Kecuali mau sedikit repot.

      1. Turun di Tanah Abang, lalu lanjut dengan CL dari Bogor ke Jatinegara. CL dari Bogor ke Jatinegara tidak berhenti di Stasiun Senen. Jadi berhenti satu stasiun sesudah atau sebelum

      2. Berhenti di Tanah Abang. Naik CL ke Manggarai (yang ke arah Bogor). Turun di Manggarai. Naik CL yang ke Bekasi berhenti di Jatinegara. Baru lalu lanjut dengan CL dari arah Bekasi ke Bogor. Lalu berhenti di Senen.

      CL dari Bogor ke Jatinegara tidak berhenti di Senen tetapi kalau dari Jatinegara ke Bogor, berhenti di Senen. Jadi agak ribet kalau mau ke Senen.

    • Naik dari stasiun tangerang. Turun di stasiun duri. Bisa langsung pakai CL ke Jatinegara. Turun di Jatinegara lalu naik CL ke Bekasi.
      Bisa juga naik CL yang ke arah Bogor turun di Manggarai lalu tunggu CL yang ke Bekasi.

      Harus dua kali transit

  117. Selamat malam pak ,mau nanya kalo misalnya kita dari gang sentiong mau ke bojong indah ,harus transit berapa kali ? Dan transit dimna ? Terima kasih

    • Gang Sentiong ke Bojong Indah (Bojong Gede Bogor yah?).. Kalau itu tidak perlu transit. CL dari arah Jatinegara akan lngsung menuju Bogor dan pasti melewati stasiun Bojong Gede. Stasiun Bojong Gede itu 2 stasiun terakhir sebelum Bogor (setelah Citayam)

  118. Comment:selamat siang pak?
    saya mau tanya. kalo dari stasiun tangerang ke taman bunga bogor naik rute yg mana yah?

    • Kalau ga salah Taman Bunga Bogor di daerah Cipanas yah (ke arah Puncak).

      Naik CL Tangerang turun di Stasiun Duri. Naik CL yang ke arah Bogor, turun di Bogor. Lanjut dengan angkot no 03 Merah brenti di Baranangsiang.

      Lalu lanjut naik L300 yang ke arah Cianjur/ Kira-kira gitu

    • Kebayoran.. berarti berhenti di Tanah Abang. Lalu lanjut dengan CL ke arah Bogor. Berhenti di Manggarai atau Citayam.. lalu tunggu CL yang ke Nambo.

      Sayangnya jadwal ke Nambo tidka banyak jadi sesuaikan jadwal keberangkatan supaya tidak terlalu lama nunggu

  119. Pak slmat sore … sy mau nany kl dr stasiun tangerang ke stasiun pondok ranji brp kali transit ya… ?? Mksih..

    • Agak repot ya.. sebenanrya tidak jauh tetapi harus transit dua kali.

      1. Dari tangerang berhenti di stasiun duri.
      2. Lanjutkan dengan CL menuju Bogor , cukup satu stasiun turun di stasiun Tanah Abang
      3. Dari Tanah Abang naik CL yang ke arah Maja.

      Pondok Ranji itu stasiun ke tiga dari Tanah Abang.

  120. Selamat Siang… Kalau berdasarkan petunjuk bapak kalau saya dari stasiun Juanda/ManggaBesar menuju Bogor maka saya tidak usah transfer, bener ya pak?

    Lalu yang saya mau tanyakan lagi kalo saya arah balik dari Bogor ke stasiun Juanda/ManggaBesar, paling malam jam brapa ya pak?

    Thx

    • BEtul. Kalau dari Juanda/Mangga Besar ke Bogor tidak perlu transit. Langsung ke Bogor saja.

      Kalau menurut Jadwal PT KCJ, keberangkatan terakhir di 23.08 no KA 1271

    • Kalu ke Ciputat, bisa naik CL yang ke Jatinegara turun di Tanah Abang lalu dilanjut yang ke Sudimara. Turun di Sudimara lalu bisa naik angkutan ke arah Ciputat

      • Assalamu’alaikum wr.wb
        Pak kalau saya dari stasiun gambir mau kestasiun depok atau bogor saya hrs naik cl yang mana……?
        Mohon informasinya pak krn saya br sekali ke jkt naik transportasi umum.terimakasih

        • Dari gambir tidak ada CL yang berhenti. Rini harus pergi ke stasiun Juanda atau Gondangdia dulu (atau naik bajaj/ojeg). Kedua stasiun itu satu stasiun sebelum dan sesudah Gambir. Dari situ baru naik CL yang ke arah Bogor. Stasiun Depok ada dua, Depok Baru dan Depok.

  121. Pak Anton yang baik,
    Rumah saya di Bogor dan baru pindah kerja ke Tangerang. Mohon infonya pak, dari St. Bogor ke St. Tangerang harus naik commuter jurusan apa dan transit dimana ? Terima kasih sebelumnya.

    • Dik Ari yang baik juga….

      Dari Stasiun Bogor naik CL yang ke arah Jatinegara, turun di Stasiun Bukit Duri. Lalu Lanjutkan dengan CL ke Tangerang.

      Ada opsi lainnya juga, naik bis Pusaka/Perdana Jaya dari jalan Soleh Iskandar cuma lama karena tukang ngetem. Saya dulu juga pernah kerja di Tangerang.

  122. selamat tengah malam pa:) kalau CL dari jakarta kota – bogor jadwal berangkatnya jam berapa aja dan kalau dari st. angke bisa tida pa?
    terima kasih

    • Kalau dari Jakarta Kota, silakan cari jadwal keberangkatannya di web ini juga. Ada banyak sekali. Cari di menu Informasi. Ada kok sudah disediakan jadwal keberangkatannya.

      Dari Angke tidak bisa. CL tidak berhenti di Angke

    • Kalau dari Cakung, bisa naik CL yang ke arah Manggarai. Lalu dari Manggarai bisa naik CL yang ke arah Nambo.

      Bisa juga naik ke arah Jatinegara, lalu lanjut dengan CL yang ke arah Nambo.

      Silakan cek dulu jam keberangkatan CL yang ke arah Nambo karena jadwalnya tidak begitu banyak

    • Bukan Depok Pasar Baru, tetapi Depok Baru. Dari Tangerang turun di Bukit Duri. Lalu lanjutkan dengan CL yang ke arah Bogor turun di Depok Baru.

      Untuk sebaliknya, naik CL dari Depok Baru jurusan Jatinegara. Turun di Bukit Duri lalu lanjutkan dengan CL ke Tangerang

  123. Selamat pagi Pak..Saya mau tanya utk CL tujuan Bogor-Ancol,apakah bisa langsung atau harus transit?Apabila transit,dimanakah saya harus transit?dan haruskah saya membeli tiket baru apabila transit?Dan untuk penumpang satu keluarga Suami Istri beserta Anak2,apakah dipisah digerbong yg berbeda?Dan pertanyaan terakhir,bagaimana keamanan diCL?Terima kasih sebelumnya..

    • Pagi Helmi…Kalau ke Ancol dari Bogor harus transit di Jakarta Kota atau Kampung Bandan.

      Tiket cukup sekali beli di stasiun keberangkatan. Sebutkan saja tujuan akhir di loket keberangkatan.

      Kalau di kereta umum tidak perlu berpisah. Semuanya bisa di gerbong yg sama. Hanya kalau sang ibu mau duduk di gerbong khusus wanita, pak helmi tidak boleh ikut.

      Keamanannya baik2 pak. Di setiap rangkaian biasanya ada petugas keamanan dalam begitu jg di setiap stasiun.

      Oya harap cari juga jadwal keberangkatan CL ke Ancol krn jadwalnya tidak banyak. Sayangnya saya belum sempat menulisnya.

      Selamat berjalan jalan

    • Kalau dari Senen ke Bogor, langsung saja naik yang ke arah Bogor. Cukup sekali naik langsung ke Bogor.

      Hanya kalau dari Bogor ke Senen, harus turun di Kemayoran atau Gang Sentiong krn CL tidak berhenti di Senen. Lanjut dengan angkutan lain seperti mikrolet

    • Tidak ada. Dari Manggarai harus naik yang ke Bekasi, turun di Jatinegara, baru setelah itu naik yang ke arah Bogor.

      Kalau dari Jatinegara ke arah Bogor, baru CL berhenti di Senen.

      Hanya waktu tunggunya akan lama. Kalau Hikmah, mau mungkin ini bisa dipakai tetapi agak repot dan cukup lama karena kalau dari Depok berarti harus ganti CL 2 kali dan untuk setiap CL berarti harus menunggu.

  124. Malam pak saya mau tanya
    saya mau plg kampung halaman kalo dari depok ke pasar senen ada ga yah dan naik krl yg jurisan apa .
    mohon bantuan pak terimakasih ….

    • Hikmah,

      Kalau mau turun di stasiun Senen, tidak ada CL yang berhenti di Senen dari Depok. Jadi harus turun satu stasiun sebelum atau sesudah pasar Senen. Lalu lanjutkan dengan angkutan lain ke Senen.

      Jadi, naik saja CL yang jurusan Jatinegara, lalu turun di stasiun Kemayoran atau Gang Sentiong.

      Selamat pulang kampung dan hati2 di jalan

    • Pagi Lio…

      Maaf baru bisa jawab sekarang.

      Dari Tanah Abang, ada dua cara
      1. Naik CL dari Bogor ke arah Jatinegara, turun di stasiun itu. Lalu lanjut dgn CL ke Bekasi
      2. Naik CL dari Jatinegara ke arah Bogor, turun di Manggarai. Lalu lanjut dengan CL ke Bekasi.

      Kalau saya, akan pilih yang no 1

    • Tidak bisa…. naik CL nya satu stasiun sebelum atau sesudah senen. CL dari Bogor tidak melewati Senen. Jadi, naik dari satu stasiun sebelum atau sesudah senen, sampai ke Jatinegara. Lalu sambung ke Bekasi

    • Siang Siti,

      Kalau mau ke Pamulang naik KRL berarti harus naik CL yang ke arah Jatinegara. Turun di Stasiun Tanah Abang (transit), lalu lanjut yang ke arah Serpong. Turun di Stasiun Sudimara.

  125. Comment:maaf pak, numpang tanya pak anton, kalo mau ke cileungsi, bogor, enaknya turun dimana?? saya naik dari stasiun tanjung barat, terima kasih.

    • Tidak perlu minta maaf. Tidak bikin salah kok minta maaf. Hahahaha

      Kalau ke Cileungsi, seperti lebih baik memakai jalur yang ke Nambo. Dari Tanjung Barat, perhatikan saja kereta tujuan Nambo dan kemudian bisa turun di Cibinong untuk kemudian lanjut dengan angkutan lain ke Cileungsi.

      Hanya sebenarnya juga tergantung Cileungsi sebelah mana. Kalau Cileungsinya dekat dengan Cibubur atau Bekasi/Narogong, bisa juga pergunakan jalur yang ke arah Bekasi. Asumsi saya, Cileungsinya yang dekat dengan Citeureup/Cibinong, jadi saya sarankan pakai jalur Nambo.

      • Maaf pak. Saya mau tanya. Kalau mau ke daerah taman wiladatika cibubur dari pasar senen naik krl itu bisa gak ya? Kalau bisa naik krl dari pasar senen trus stasiun pemberhentiannya dimana?
        Mohon responnya pak. Saya orang baru mau naik krl😊

        • Tidak ada jalur CL yang ke arah Cibubur. Cukup juga jaraknya dari pemberhentian CL. Kalau memang ada bus yang bisa dari Senen ke Cibubur lebih baik pakai itu saja karena tidak perlu repot.

          Kalau mau tetap naik CL, naik ke arah Cawang saja dan kemudian sambung dengan bus ke Cibubur

  126. Hallo pak anton saya besok minggu dari semarang ke gambir naik anggrek malam sampai gambir jam 5 pagi mau langsung ke bogor naik apa ya pak yang paling cepat ? terimakasih

        • Kalau dari Tangerang mau ke Bekasi, harus transit dua kali. Pertama berhenti di Bukit Duri, baru dilanjutkan dengan CL ke Jatinegara atau Manggarai, dari Jatinegara atau Manggarai baru disambung dengan CL ke Bekasi.

          • Menurut Pak Anton lebih efektif transit di Jatinegara atau Manggarai jika dari Bukit Duri mau ke Bekasi ?

          • BangJak..

            Sama saja sebenarnya. Cuma kalau dari duri ke Manggarai lebih dekat daripada harus ke Jatinegara. Waktu tempuhnya jadi lebih jauh kalau lewat Jatinegara. Toh Keretanya sama saja dari Manggarai juga

    • Kalu dari Cibinong/Nambo, naik kereta yang jurusan Jatinegara.

      1) turun di Citayam lalu tunggu CL yang ke Stasiun Kota
      2) turun di Manggarai lalu tunggu CL yang ke stasiun kota

      Yang manapun sama tetap harus transit di Citayam atau Manggarai tidak bisa langsung

  127. Info yang sangat bagus, Pak.
    Permisi, saya mau tanya, kalau mau ke Balekota Mall Tangerang naik KRL dari stasiun Pondok Ranji, alurnya bagaimana ya? Dan kemudian arus sebaliknya, terimakasih Pak.

    • Dev..

      Saya tidak tahu Balaikota Tangerang dimana. Hanya kalau mau ke stasiun Tangerang dari Pondok Ranji agak ruwet

      1. Dari Pondok Ranji naik CL ke Bukit Duri
      2. sambung dengan CL arah Bogor ke Jatinegara, turun di Tanah Abang
      3. Lanjut dengan CL ke Tangerang

      Sebaliknya
      1) naik CL dari Tangerang turun di Bukit Duri
      2) dari Duri naik CL ke Bogor turun di Tanah Abang (satu stasiun saja)
      3) dari Tanah Abang naik yang ke Pondok Ranji

  128. Selamat Pagi Menjelang Siang Pak.
    Saya mau tanya , pertama kalinya saya akan melakukan perjalanan dari bekasi ke bogor . Sementara CL bekasi bogor tidak bisa langsung . Lalu cara nya bagaimana ya pak ? . Dan satu lagi pak , stasiun paledang itu sebelah mana nya stasiun bogor ? . Krna setelah dari bogor saya akan lanjut ke sukabumi . Mohon info pak . Terimakasih

    • Siang Herla,

      Sebenarnya sudah ada satu tulisan tentang bagaimana cara menuju Bogor dari Bekasi. Bisa Herla cari di tag Commuter Line.

      Hanya untuk singkatnya,

      1. Pergunakan CL dari Bekasi yang menuju ke Jakarta Kota
      2. Opsi pertama, turun di Jatinegara, lalu naik CL yang menuju ke Bogor. Berhenti di Stasiun Bogor langsung
      3. Opsi kedua, turun di Manggarai, lalu bisa memilih menggunakan CL yang dari Tanah Abang ke Bogor atau yang dari arah Kota ke Bogor. Yang manapun sama. Turun di Stasiun Bogor.
      4. Stasiun paledang, jaraknya tidak jauh dari stasiun Bogor. Saya juga sudah menulis dan menjelaskn cara untuk menuju kesana di blog ini. Karena agak panjang, bisa cari saja tulisannya disini, liat di menu INFORMASI ada sub menu transportasi dan disana bisa cari berbagai transportasi yang ada di Bogor, termasuk stasiun Paledang.

      atau bisa klik link ini http://lovelybogor.com/stasiun-bogor-paledang-pintu-menuju-sukabumi-dan-cianjur/

    • Ann..

      Kalau ke (stasiun) Ancol bisa pilih salah satu dari dua rute ini

      1) dari Bogor langsung ke Jakarta Kota. Lalu dari sana naik CL yang ke Ancol, setahu saya jalur ke Ancol sudah beroperasi.
      2) Dari Bogor naik yang ke Jatinegara, turun di Kampung Bandan lalu sambung dengan CL yang ke Ancol.

      Kelemahannya, karena saya belum tahu tentang jadwal CL dari dan ke Ancol, saya tidak bisa memberi keterangan lebih lanjut selain rute di atas.

      Kalau mau aman, bisa turun di Jakarta Kota atau Kampung Bandan lalu memakai transportasi lain menuju ke Ancol.

      Mudah-mudahan membantu

    • Kalau dari Stasiun Rajawali, cukup naik satu kali saja. Tidak perlu transit.

      Naik dari stasiun Rajawali yang jurusan Bogor dan turun di Stasiun Depok. Jangan lupa yah, Depok ada dua, yaitu Depok Baru dan Depok. Kalau dari arah Rajawali, Depok Baru sebelum Depok.

      • Pak kalo mau ke stasiun rajawali dari bogor transit lagi gak apa langsung aja ?
        Tarif nya berapa ya kalo dari bogor sampai stasiun rajawali sekarang

        • Shendy,

          Kalau dari Bogor naik saja yang ke arah Jatinegara. Tidak perlu transit lagi.

          Tarifnya, waduh tidak hapal. Tetapi kira-kira 9000-an saja

          • selamat pagi pak, mau nanya kalo dari st bogor ke tanjung priok turun dmna yah? atau harus transit dmna? mohon infonya pak, makasih

          • Ada dua rute dari Bogor

            1. Turun di stasiun Jakarta Kota, lalu naik ke Tanjung Priok
            2. Naik CL jurusan Jatinegara turun di sts Kampung Bandan, lalu tunggu CL yang ke Priok

    • Kalau tidak salah ada kereta Rangkas Jaya dari Tanah Abang. Jadi bisa naik CL dari Bogor menuju Jatinegara, turun di Tanah Abang. Dari sana lanjutkan dengan KA Ke rangkas bitung.

    • Kalau dari Jatinegara ke Pondok Ranji, naik CL yang ke Bogor lalu turun di Tanah Abang, lalu lanjutkan yang naik CL yang ke Maja. Pondok Ranji adalah stasiun ke 3 (Tanah Abang tidak dihitung)

        • Waduh mas.. kebetulan saya orang Bogor. Sama sekali tidak hapal rute angkutan umum di Cikande atau Tangerang. Kalau rute angkot Bogor, saya tahu. Maaf belum bisa membantu mas.

  129. Selamat malam pak
    Kalo dari stasiun kemayoran mau ke stasiun pasar senen lebih baik dan cepatnya naik kendaraan apa ya pak?
    Terima kasih

    • Malam Laras..

      Kalau dari Kemayoran ke Stasiun Senen, sepertinya lebih baik naik mikrolet atau bajaj saja. Stasiun Kemayoran hanya satu stasiun dari Pasar Senen. Sayangnya kalau dari arah Bogor/Kemayoran, CL tidak berhenti di Stasiun Senen, jadi malah ruwet kalau harus pake CL.

    • Poris ke Jakarta Kota harus transit dua kali. Tidak ada yang bisa langsung

      1. Turun di Bukit Duri. Lanjutkan dengan CL ke arah Bogor, turun di Manggarai. Lalu lanjutkan dengan CL ke jakarta Kota
      2. Turun Bukit Duri. Naik CL ke arah Jatinegara, turun di Kampung Bandan dan lanjutkan dengan CL ke arah Jakarta Kota.

      Saya sarankan pakai yang no 1 karena CL dari Manggarai ke Jakarta Kota lebih banyak dibandingkan dengan CL dari Kampung Bandan ke Jakarta Kota

    • Salmi.. cukup sekali.. DAri Bogor semua CL akan lewat Pasar Minggu. Jadi pakai yang di jalur mana saja juga sama.

      Tinggal lihat jadwal kebereangkatan saja

    • Malam juga Subhan

      Naik CL dari stasiun kebayoran saja. Kalau dari Stasiun Kebayoran CL akan berhenti di Tanah Abang. Nah turun di stasiun ini lalu tunggu CL yang dari arah Jatinegara menuju Bogor. Langsung saja naik CL yang ini. Stasiun akhirnya pasti Bogor.

  130. malam pak. saya dari cilegon Banten kalo mau ke monas, kereta apa saja yang saya naiki, dan berhenti di stasiun mana…?
    terimakasih sebelumnya

    • Mas Galih, bisa pergunakan Banten Express dari Merak/Cilegon dan turun di Bukit Duri. Dari Bukit Duri bisa naik bajaj ke Monas, soalnya kalau harus naik CL, rutenya jadi berbelit dan harus berganti kereta beberapa kali

      Kalau mau pake CL dari Bukit Duri, naik yang jurusan Bogor turun di Manggarai , lalu lanjut dengan CL ke Kota turun di Gondangdia.. lalu naik bajaj ke Monas

  131. Selamat pagi pak
    Kalo saya dari Bekasi ke Pasar Senen bisa tidak naik KRL ?
    Soalnya mau ke Semarang, naik kereta dari Pasar Senen
    Mohon penjelasan rute nya pak
    Trims

    • Pagi juga Pak..

      Bisa Pak Bagus. Kalau dari Bekasi turun di Jatinegara. Lanjutkan dari stasiun Jatinegara dgn CL yang ke arah Bogor. Kalau dri Jatinegara CL berhenti di Pasar Senen.

  132. Slmt malam pak… Saya mau tanya kalau dari bogor ke rawa buaya harus transit ya? Boleh minta tolong gak pak dijelas’n secara rinci rute nya hrs ttnsit dmn naik CL wrn apa? Soalny belum pernah ke stasiun rawa buaya terima kasih pak.

    • Pagi Ita, maaf baru buka website pagi ini.

      Iya, kalau dari Bogor ke Rawa Buaya harus transit di Bukit Duri. Dari situ naik CL yang ke tagerang. Rawa Buaya stasiun yang ke 5 dihitung dari Bukit Duri

  133. Pak, maaf kalau dari pasar senen ke Pamulang, Tangerang selatan naik CL darimana?
    Lalu dari Pamulang, Tangerang Selatan ke Kebun Raya Bogor dan sebaliknya bagaimana pak?

    • Pamulang ya… Hemm biar namanya Tangerang, kalau tidak salah stasiun terdekat Sudimara.

      Kalau patokannya sudimara, berarti dari Senen, naik CL yang ke arah Bogor. Berhenti di Tanah Abang. Dari situ bisa langsung menuju ke Sudimara.

      Kalau Dari pamulang ke Kebun Raya Bogor, bisa naik CL ke Tanah Abang, dari situ naik CL yang ke arah Bogor. Nah kalu dari Stasiun Bogor, silakan cari di bagian informasi tentang cara menuju ke Kebun Raya baik berjalan kaki atau naik angkot. Sudah ada penjelasannya

    • Malam Metta

      Kalau dari Gambir tidak ada Commuter Line yang lewat Gambir. Jadi pilihannya bisa sebagai berikut

      1. Dari Gambir Naik Bajaj atau Kendaraan Lain ke stasiun Bukit Duri. Dari sana langsung naik Commuter Line ke Tangerang
      2. Naik Bajaj atau Ojeg ke stasiun Gondangdia atau Juanda (stasiun sesudah dan sebelum Gambir). Naik CL ke arah Manggarai. Dari Manggarai Naik CL yang ke arah Jatinegara turun di Stasiun Bukit Duri, Baru kemudian naik yang ke Tangerang.

      Kalau melihat ruwetnya dan lama waktu tunggunya, saya sarankan yang no 1 saja karena hanya dua kali naik. Kalau yang no 2 agal repot dan biayanya bisa lebih besar.

    • Sore Niken..

      Kalau dari Kebayoran, transit di Tanah Abang. Lalu lanjutkan dengan CL yang menuju Nambo.

      Bisa juga pakai CL yang ke Bogor turun di Citayam lalu menunggu CL yang ke Nambo.. tapi sebenarnya sama saja dengan langsung naik yang ke Nambo.

    • Gita..

      Naik dari stasiun Nambo. Tujuan CL ini ke arah Jatinegara. Lalu turun di stasiun Bukit Duri. Nah, dari sini naik CL ke tangerang. Poris adalah stasiun ke tujuh dari rute CL ke tangerang.

  134. Mlm pak,, mau nanya, sy bsok pagi mau ke stsiun jatinegara,,sy dri stsiun tanggerang,, transit nya di stsiun mna ya pak?? Trima kasih,

    • Pagi Nur..

      Kalu dari arah Kota tidak ada CL yang berhenti di Stasiun Pasar Senen. CL akan lewat langsung. Kalau dari arah Jatinegara baru CL berhenti di Senen. Kalau dari Kota harus berhenti satu stasiun sebelum atau setelah Senen dan dilanjutkan naik kendaraan lain.

      Kalau boleh saran, lebih baik langsung pakai angkutan umum saja karena jarak senen dan kota sebenarnya tidak seberapa jauh. Kalau pakai CL malah lebih repot.

  135. pa nanya donk, saya baru tinggal dijkarta sndrian jadi saya ga paham kalo mau naek CL, boleh minta tolong jelasin ga gimana kalo saya mau naek commuter dari pasar minggu ke juanda, takutnya ada transit yang saya ga tau malah nyasar jauh, terimakasih sebelumnya 🙂

    • Aulia,

      Kalau untuk cara naik commuter line bisa lihat di tulisan Naik Commuter Line – Penjelasan Cara

      Kalau dari Pasar Minggu, cukup naik satu kali untuk ke Juanda. Tidak ada transit. Hanya, pastikan Aulia naik Commuter Line yang menuju ke Stasiun Jakarta Kota (Kota). Jangan naik yang jurusan Jatinegara. Kalau naik yang Jatinegara harus transit di Manggarai. Kalau naik yang ke Stasiun Kota, Aulia hanya perlu turun di stasiun Juanda saja.

      Untuk pulangnya juga sama. Cukup naik dari Juanda yang ke arah Bogor. Turun di Pasar Minggu. Itu saja

      Mudah-mudahan membantu

  136. mohon maaf saya mau tanya saya ingin ke
    stasiun senen berangkat
    dati stasiun Tangerang, kan Transit di stasiun Duri.
    setelah di
    stasiun duri saya naik kereta arah mana lagi ya,
    kan dari kereta dari
    Duri tdk berhenti di st Senen?

    • Maaf, saya baru buka web pagi ini.

      Kalau dari Duri, naik CL yang ke arah Jatinegara. Sayangnya CL ini tidak berhenti di Senen, jadi harus turun satu stasiun sebelum atau sesudah senen. Bisa lihat di rutenya stasiun mana yang dimaksud.

      Mau tidak mau karena memang CL dari arah Bogor tidak berhenti di Senen. Oya pertanyaan yang lain saya delete yah karena isinya sama

    • Mbak Soraya, Kalau dri Tangerang Naik CL dan turun di Bukit Duri.

      Lalu tunggu CL yang menuju ke Bogor dari arah Jatinegara. Naik CL yang ini. CL yang menuju ke Bogor akan melewati Stasiun Pasar Minggu.

  137. Pak mau tanya saya tinggal di daerah karawaci Tangerang klo mau ke Bogor di stasiun terakhir naik kereta terdekat dmn? Dan sebaliknya arah pulang dr Bogor ke Tangerang gmn?

    • Kalau dari Karawaci, rasanya yang paling dekat adalah stasiun Tangerang.

      Dari situ, pergunakan CL / KRL menuju Bukit Duri (Duri). Lalu tinggal menunggu CL/KRL dari arah Jatinegara menuju BOgor.

      Kalau arah pulang, sama saja rute yang dipakai Pergunakan CL/KRL yang menuju ke Jatinegara (Jangan yang ke Kota) dan berhenti di Bukit Duri. Lanjutkan dengan CL yang menuju ke Stasiun Tangerang.

      Mudah-mudahan bisa membantu

    • Kalau dari Pondok Ranji, Naik CL yang ke Tanah Abang. Dari Tanah Abang tunggu CL yang ke arah Bogor.

      Turun bisa di Cawang dan lanjutkan dengan kendaraan umum lainnya seperti taksi atau ojeg.

  138. Comment:siang pak,,,saya seorang pemula untuk naik kereta,,kalo saya mau ketanah abang dari stasiun citayem pakai jalur kuning atau yg mana,,lalu bagaimana dengan kembalinya apa sama

    • Siang juga Mbak. Betul memang jalur kuning.

      Tapi kalau sudah di stasiun, yang penting perhatikan saja pengumuman dari announcer. Biasanya setiap kereta akan masuk ke stasiun, announcer akan memberitahukan jurusan mana yang akan tiba.

      Nah, yang harus Mbak pakai yang tujuan ke Tanah Abang Jatinegara alias si jalur kuning. Kembalinya ke Citayam, cukup tunggu CL jurusan Bogor di Tanah Abang. Langsung akan lewat Citayam. Sama sama jalur kuning

      Selamat naik kereta Mbak.

  139. Comment: siang pak,,saya belum pernah naik kereta,,kalo saya mau ketanah abang dari stasiun citayam itu pakai jalur kuning yaa,,lalu apakah pulangnya pun sama pak, terima kasih

    • Bisa naik Kereta Banten Express Mbak tujuan ke Merak.

      Naiknya dari Angke/TanahAbang..

      Bisa naik Kalimaya Express dari Tanahabang atau Banten Express dari Angke

    • Pagi Ria, Maaf baru buka warungnya.

      Iya kalu dari Gang Sentiong tidak perlu transit di Kampung Bandan. CL ke Bogor akan lewat juga di Stasiun Karet.

    • Taman Bunga NUsantara (TBN) bukan di Bogor Mbak Ambar. Setahu saya TBN itu di Cianjur, ke arah PUncak.

      Kalau naik kereta agak jauh. Dari Tangerang turun di Bukit Duri. Lalu lanjut dengan kereta jurusan Bogor dari arah Jatinegara. Turun di Stasiun Bogor.

      Lanutkan dengan angkot no 03 Merah, ada di depan pintu keluar stasiun. Berhenti di Terminal Baranang siang. Nah di depan terminal Baranangsiang biasanya ada L300 jurusan ke Cianjur lewat Puncak. Bilang saja ke supirnya Taman Bunga Nusantara.

      Bisa juga pakai Bis Pusaka/Perdana Jaya dari Tangerang langsung ke Terminal Baranangsiang. Dari situ ambil L300 ke Cianjur. Cuma bus Pusaka suka ngetem lama.

      Mudah-mudahan bisa membantu

  140. Comment:mlm pak.. saya ria. saya mw k jalan hartono raya d tangerang. saya tinggal d bekasi. bpk bs jelaskan k saya utk rute2 nya saya. agar saya tdk salah naik rute dri stasiun bekasi. mksh sblum nya

    • Selamat malam Ria. Saya kurang tahu tentang Jalan Hartono Raya di Tangerang. Jadi saya patokannya hanya Stasiun Tangerang saja ya.

      Begini kalau dari Stasiun Bekasi. Silakan naik Commuter Line (CL) jurusan stasiun Jakarta Kota. Hanya berhentilah di stasiun Manggarai.

      Dari stasiun Manggarai naiklah CL yang menuju ke Jatinegara. Turun di stasiun Bukit Duri, kalau dihitung dari Manggarai, Bukit Duri itu berjarak 5 stasiun dari Manggarai.

      Nah dari Bukit Duri, barulah naik CL yang menuju ke Tangerang.

      Berarti Ria harus berganti CL sebanyak dua kali di Manggarai dan di Bukit Duri.

      Semoga bisa membantu

    • Dik, kalau mau ke Ancol, ada dua satu Stasiun Jakarta Kota dan Kampung Bandan.

      Kalau dari Tangerang, bisa berhenti di Duri kemudian memakai yang tujuan Jatinegara. Dari Kampung Bandan, naik mikrolet atau kendaraan lain.

      Bisa juga ke stasiun jakarta Kota, turun di Duri, lalu naik yang ke Bogor turun di Manggarai. Dari Manggarai naik yang ke Jakarta Kota.

      Yang pertama terlihat lebih sederhana, tetapi perhatikan jadwalnya lebih sedikit dibandingkan dnegan yang ke kota. Yang ke Kota lebih rumit tetapi jadwal lebih banyak.

      Silakan pilih saja

    • Mbak/Mas. Memang tidak bisa langsung kalau dari stasiun Gambir. Mas/Mbak harus pergi ke stasiun Gondangdia atau Juanda.
      Dari Gambir bisa naik bajaj ke stasiun Gondangdia saja Mba/Mas. Tarifnya sekitar 15.000.

      Nah dari sana tinggal naik Commuter Line/KRL yang jurusan Bogor.

      Silakan lihat tulisan lain tentang cara menuju gambir dari Bogor. Disitu ada penjelasan lebih lengkap. Silakan pakai fasilitas search di web ini untuk mencari tulisannya. Tapi patokannya seperti yang sudah dijelaskan di atas mas/mbak.

    • Cideng yah. Pilihannya banyak. Bisa turun di Gondangdia atau Juanda dilanjutkan dengan Bajaj atau ojek. Juanda lebih dekat daripada Gondangdia.

      Bisa juga di Tanah Abang.

      Yang manapun sama saja, karena harus tetap nyambung dengan ojeg atau bajaj.

    • Kalau dari tanung barat
      1. transit di Manggarai kemudian tunggu CL di jalaur 3 ke arah bekasi
      2. Kalau CL yang dipakai yg tujuan Jatinegara, bisa transit di Jatinegara setelah itu tunggu yang ke arah bekasi. Hanya biasanya lebih lama, Lebih baik transit di Manggarai.

    • Kalau naik KRL/Commuter Line.. Tidak ada yang berhenti di Gambir. CL memang sudah tidak lagi berhenti di stasiun gambir sejak beberepa tahun yang lalu. Jadi kalau mau ke Gambir dari Bogor pilih yang jurusan Jakarta Kota.

      Turun di stasiun Gondangdia (stasiun sebelum Gambir) atau Juanda (sesudah stasiun Gambir). Dari Gondangdia bisa naik pjeg kalau barang bawaan keci;. Kalau besar lebih baik memakai bajaj. Kalau tidak terlalu berat bawaannya bisa berjalan kaki sekitar 500 meter saja ke arah utara.

    • Kalau dari senin ke Bogor bisa langsung karena CL dari Jatinegara ke Bogor berhenti di senen. Hanya kalau sebaliknya dari Bogor ke Senen, penumpang harus turun satu stasiun sebelum Senen. CL tidak berhenti di Senen kalau dari Bogor.

      THanks

  141. pak klo dri tangerang mw ke pasar senen kan transit di duri dulu, trs dri duri itu kita naik krl jatinegara lgsg bisa? sama klo krl jatinegara itu ad di line no.brp di stasiun transit duri itu skrg?

    • Kalau dari Duri, KRL Jatinegara tidak berhenti di Senen. CL akan melewati Pasar Senen tanpa berhenti. Jadi Fitri harus berhenti satu stasiun sebelum atau sesudah Senen. Mungkin kalau mau ke Senen dari Duri harus ke Manggarai, kemudian menyambung ke Jatinegara. Lalu sambung ke CL tujuan Bogor. Hanya sangat tidak praktis.

      Lebih baik kalau berhenti satu stasiun sebelum atau sesudah karena jaraknya tidak begitu jauh

    • Kalau dari stasiun Tangerang, naik CL yang menuju ke Bukit Duri. Dari sana tunggu kereta CL yang menuju Bogor (dari arah Jatinegara). Keretanya akan langsung ke Stasiun Bogor. Stasiun Bogor perhentian terakhir.

      Setelah itu bisa lihat di web ini tentang cara menuju kebun raya berjalan kaki atau naik angkot. Silakan pergunakan fasilitas search (tanda kaca pembesar)

      • pak, kalau dari senen ke tebet rute CL bagaimana ya? jadwal berangkat paling pagi jam berapa ya, karena saya datang ke senen jam 4 pagi.

        • Dewi..

          ke arah Tebet, pakai saja CL yang menuju ke Bogor. CL dari Jatinegara arah Bogor akan berhenti di Stasiun Senen. Jadwal terpagi kalau tidak salah dari arah Jatinegara yang lewat senen 05.22

          • P Anton kalau dari stasiun Gambir ke Bogor naik CL line apa yang enak ? Tks . Prasetyo malang

          • Dari Gambir ga bisa naik CL mas. CL tidak berhenti di Gambir. Mas harus naik CL-nya di Stasiun Juanda atau Godangdia (satu stasiun sbeelum dan sesudah gambir). Pakai Ojek atau bajaj untuk ke stasiun itu.

            Lalu tinggal pakai CL yang ke Bogor

          • Kalau naik langsung yang jurusan Cibinong tidak perlu transit.

            Hanya kalau pakai yang jurusan Bogor, harus transit di Citayam menunggu yang CL ke Cibinong.

          • Siang pak. Saya mau tanya. Rencananya saya akan berangkat dari stasiun Yogyakarta ke Stasiun Pasar senen. Kalau saya ingin melanjutkan ke stasiun bogor, berarti di stasiun pasar senen saya tinggal menggunakan CL Jatinegara-bogor, benar begitu pak?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.