Stasiun Bogor Paledang

Stasiun Bogor Paledang namanya, tetapi kerap disingkat dengan Stasiun Paledang saja. Namanya sama dengan lokasi dimana perhentian kereta ini berada, yaitu Kelurahan Paledang.

Stasiun kecil atau kadang disebut dengan halte ini diresmikan pada 9 November 2013 oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara saat itu, yaitu Dahlan Iskan.

Bagi Anda yang hendak travelling ke Sukabumi atau Cianjur menggunakan jasa sang kuda besi, maka stasiun ini menjadi penting. Sejak dioperasikannya kembali kereta jurusan Bogor-Sukabumi dan sebaliknya, kereta tidak lagi berangkat atau berhenti dari Stasiun Bogor.

Meningkatnya frekuensi Commuter Line, membuat seluruh jalur di stasiun yang dibangun tahun 1881 tersebut menjadi penuh. Tidak ada lagi sisa yang bisa dipergunakan.

Stasiun Bogor Paledang Melayani KA Pangrango/Siliwangi

Stasiun Paleang Bogor

Peresmian Stasiun Paledang bersamaan dengan dibukanya kembali layanan kereta pada jalur Bogor-Sukabumi. Bahkan, jalur tersebut diperpanjang ke Cianjur.

Pada hari yang sama, layanan pertama Kereta Pangrango/Siliwangi beroperasi.

Mengapa namanya seperti ada dua, Pangrango dan Siliwangi? Apakah memang ada dua jenis kereta?

Sebenarnya tidak. Jalur kereta yang melalui Halte Bogor Paledang ini hanya satu buah. Bahkan untuk memutar lokomotif diesel penarik KA Pangrango sendiri harus dilakukan di Stasiun Bogor karena Stasiun Bogor Paledang tidak memiliki pemutar loko.

Penggunaan nama berbeda itu sendiri, yang merupakan keunikan jalur ini, untuk membedakan kedatangan dan keberangkatan dari stasiun kecil tersebut.

  • Kalau berangkat dari stasiun Paledang menuju Sukabumi/Cianjur, maka namanya KA Pangrango
  • Kalau berangkat dari stasiun Cianjur/Sukabumi, maka namanya KA Siliwangi

Kedua jenis KA tersebut menggunakan jalur dan rangkaian yang sama.

Mulai tanggal 1 Januari 2016 ini, KA Pangrango/Siliwangi tidak lagi mengadakan kelas eksekutif dan kesemuanya menjadi kelas ekonomi.

Stasiun Bogor Paledang

Stasiun Paledang Bogor

Stasiun ini sendiri tidak besar. Oleh karena itu kerap disebut sebagai halte. Mirip dengan beberapa stasiun atau halte perhentian di jalur Commuter Line.

Di dalamnya terdapat sebuah loket dengan ruang tunggu. Untuk gate masuk, tidak ada fasilitas tap in atau tap out. Pengecekan dilakukan secara manual.

Meskipun demikian, terlihat bahwa stasiun Bogor Paledang ini cukup modern. Terdapat sebuah komputer untuk dimanfaatkan penumpang untuk melihat informasi.

Halte ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemesanan tiket kereta, baik yang menuju Sukabumi/Cianjur atau di luar jalur tersebut.

Cara Menuju Stasiun Bogor Paledang

Stasiun Bogor Paledang

Sebenarnya sangat mudah karena jarak Stasiun Bogor Paledang hanya sekitar 200 Meter saja. Hanya, karena lokasinya sedikit tersembunyi, maka kadang membingungkan pengguna. Tempatnya berada di belakang beberapa bangunan pertokoan dan pusat perbelanjaan dan tidak bisa dilihat dari Jalan Kapten Muslihat.

Sebagai panduan untuk pergi ke Stasiun Paledang, perhatikan yang di bawah ini.

Dari Stasiun Bogor/Terminal Baranangsiang atau arah lainnya, pergunakan Taman Topi sebagai patokan. Untuk lebih jelasnya silakan lihat cara menuju Taman Topi pada tulisan Taman Topi – Si Plaza Kapten Muslihat.

Di depan Taman Topi ada deretan pertokoan seperti Matahari dan Taman Topi Square.

Nah, jalan menuju Stasiun Bogor Paledang berada di antara Taman Topi Square dan Kantor PLN. Jalannya kecil dan berada di sebelah rel kereta. Ikuti saja jalan ini dan Anda akan mencapai stasiun tersebut.

Stasiun Bogor Paledang
Jalan Menuju Stasiun Paledang

Kalau Anda mempergunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan jalan di sebelah Matahari Dept Store (jalan kecil di sebelah Mapolwil Bogor dan Matahari). Selepas parkiran matahari, berbeloklah ke kanan dan di seberang rel kereta berbeloklah ke kiri.

Bisa juga melalui Jalan Paledang yang akan berhubungan, tetapi sebelum rel kereta berbeloklah ke kanan.

Saya sarankan jangan pergunakan mobil karena jalan masuk ke arah stasiun sempit dan hanya bisa dilalui satu mobil. Begitu pula lahan parkirnya yang kecil. Lebih baik pergunakan angkutan umum atau parkir lah kendaraan Anda di tempat lain.

Mudah-mudahan informasi ini bisa berguna bagi Anda yang ingin berwisata ke Sukabumi/Cianjur menggunakan KA Pangrango (bukan Siliwangi yah).

16 COMMENTS

  1. Ka , maaf itu yang Paledang – Sukabumi itu rutenya tetep Lewat Stasiun Cianjur kan ya ?
    kalo Misalkan mau ke Cianjur , dari Stasiun Sukabumi enggak usah ganti Kereta kan .

    soalnya saya Psan Online cuman ada Bogor – Sukabumi

    • Ya tidak Dede…

      Rute jalur ini adalah Bogor – Sukabumi – Cianjur dan bukan Bogor – Cianjur – Sukabumi.

      Jadi, kalau di online menyebutkan Bogor – Sukabumi, berarti memang hanya sampai di stasiun Sukabumi saja dan tidak melewati Cianjur

  2. Klo mau ke stasiun Cianjur harus beli tiket di stasiun kah ? .. saya cek di websitenya gk ada rute yg dari Bogor ke Cianjur..

    • Coba pesan via telpon mbak.. kalau saya cek di web PT KAI jurusan Bogor – Sukabumi – Cianjur ada.

      Tapi untuk pastikan cek di 121 atai 021-121

  3. Saya mau nanya.. Q mau kesukabumi trs reservasi tiket melalui aplikasi tiket.com dan tiket KAI dri stasiun paledang ke tujuan sukabumi kuk ga ada kereta ya.. Krna bgitu saya klik klr tulisan jadwal/rute kereta tidak trsedia.. Mohon penjelasannya agar saya bisa lbran kesukabumi..terima kasih

    • Saya tidak tahu soal aplikasi tiket.com tetapi saya coba lewat browser disini dan semuanya normal. Masalahnya kalau melihat data KURSI PENUH.. jadi sudah tidak ada tempat kosong lagi dari tanggal 30-31 desember.

      Biasanya memang musim liburan pemesanan sering sampai 2 minggu sebelum keberangkatan.

      Kalau ragu silakan cek ke reservasi KAI di 121 atau 021-121

  4. kalau beli tiket kereta ke sukabumi pada hari keberangkatan apakah bisa?

    terima kasih

    • Bisa saja.. tetapi kebagian atau tidak lain hal. Kereta tujuan sukabumi selalu laris dan jarang bisa mendapatkannya kalau beli di hari keberangkatan. Kebanyakan sudah pesan tiketnya jauh hari karena sulit kebagian tiket kalau pesan di hari keberangkatan

  5. Kak , klo cm mau sampe stasiun cicurug ap sama harganya dg sampe stasiun Sukabumi??? Klo jalan jalan kaki menuju lokasi bs kak?? Ap bs tanpa harus booking dulu??? Maksudnya dadakan beli tiketnya???

    • Sama harganya.. karena ini sebenanrya kereta luar kota dan bukan Commuter Line jadi harganya fix.

      Dari stasiun Bogor memang hanya bisa jalan kaki saja. Tidak bisa naik angkot karena tidak ada angkot yang lewat stasiun Paledang.

      Teorinya bisa. Hanya karena banyak sekali peminatnya, agak sulit untuk membeli secara dadakan. Tiketnya sering sudah habis jauh-jauh hari. Jadi disarankan untuk membeli jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Kalau mau coba, bisa saja, tetapi untung-untungan kalau ada bisa berangkat, kalau tidak ya tidak jadi

  6. Apalah ada nomer telpon nya?

    • coba kontak 108 Bogor

  7. Kalau misalkan dijemput mobil nunggunya dimna kak?mobil bisa masuk tidak?

    • Mobil bisa masuk ke Stasiun Paledang. Cuma jalannya sempit dan tempat parkir kecil.

      Tetapi, bisa kok dijemput mobil. Nunggunya pas depan stasiun paledangnya.

  8. kak, nanya dong kalo statsiun paledang itu di pemesanan tiket kereta api online masuk ke statsiun Bogor ya kak?

    • Betul.. Kalau di situs reservasi KAI, Stasiun Paledang itu masuk Bogor… 😀 Namanya kan Bogor Paledang dan tidak ada alternatif pilihan lain kalau di situs itu

LEAVE A REPLY