Taman Air Mancur Bogor
Taman Air Mancur Bogor kini sudah berubah wajahnya !

Tentu anda akan terheran-heran mengapa sebuah taman saja bisa membuat girang sedemikian rupa. Hanya saja, bagi warga Bogor, Taman Air Mancur adalah salah satu ikon lain bagi kota ini. Perubahan kondisi taman ini ke arah yang lebih baik , tentu saja akan menimbulkan kegembiraan tersendiri.

Sudah lama sekali warga Bogor merasa resah melihat kondisi berbagai taman di kota hujan ini. Banyak taman-taman di Bogor yang berada dalam kondisi yang menyedihkan. Vandalisme yang merusak, kurangnya perawatan telah menyebabkan taman-taman tersebut sangat tidak nyaman dan tidak enak dipandang mata.

Oleh karena itu, pergantian wajah Taman Air Mancur seperti menghilangkan keresahan warga Bogor terhadap kota kesayangannya.

Seperti apa kondisi Taman Air Mancur sebelum renovasinya bisa dilihat pada tulisan Air Mancur Bogor yang tanpa air mancur.

Kondisi Taman Air Mancur sekarang

Taman Air Mancur BogorBerbeda ! Sangat berbeda ! Lebih cantik dan sangat enak untuk dipandang mata.

Sebuah tulisan AIR MANCUR dalam ukuran besar terpampang di tengah taman ini. Huruf-hurufnya diletakkan pada sebuah undakan yang menghadap langsung ke Jalan Sudirman Bogor. Setting-nya mirip dengan yang ada di Taman Perlintasan Bogor.

Di belakang tulisan tersebut, sebuah gardu peninggalan masa lalu (dibuat di tahun 1922) yang sebelumnya terlihat kusam, sudah kembali cerah. Bangunan tersebut terlihat lebih menarik dalam balutan cat barunya.

Berbagai sudut taman inipun terlihat mengalami perombakan besar-besaran. Tanaman hias dan rumput yang sebelumnya bak hidup segan mati tak hendak, kondisinya saat ini terlihat lebih subur dan rindang.

Taman Air MancurPelataran taman pun dibenahi sehingga terkesan luas. Jam rusak yang dulu merusak pemandangan sudah tidak ada lagi.

Yang paling menyenangkan warga Bogor pada wujud Taman Air Mancur sekarang ini adalah satu hal. Taman ini sudah memiliki lagi air mancur!

Sederhana kelihatannya, tetapi kawasan di sekitar taman ini mendapatkan namanya sekarang karena keberadaan air mancur di taman ini. Hilangnya air yang menyembur di lokasi ini seperti menghilangkan identitas kawasan ini. Kembalinya air mancur, yang meskipun berbeda bentuk dari sebelumnya, bak mengembalikan ciri khas kawasan ini.

Keberadaan Park Ranger, sang Penjaga Taman Kota Bogor menambah kegembiraan warga.  Kehadiran mereka setidaknya akan membantu menjaga keindahan taman air mancur ini dari tangan-tangan jahil.

Tidak mengherankan kalau sekarang banyak sekali pengunjung taman ini. Jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Ada yang sekedar berfoto tetapi tidak jarang ada anak-anak yang bermain air.

Semoga saja, siapapun yang datang kesini bisa menjaga keindahan, kebersihan dan kenyamanan disini.

Welcome home, Taman Air Mancur.

LEAVE A REPLY