Mau Belajar Bahasa Sunda ? Lihat Akun Instagram Pemkot Bogor Saja!

Belajar bahasa sunda via akun instagram Pemkot Bogor juga bisa A

Salah satu kekhawatiran yang ada dari para pemerhati sosial budaya dan kemasyarakatan di Kota Hujan, adalah semakin rendahnya penggunaan bahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, salah satu kebanggaan masyarakat Bogor adalah kota ini pernah menjadi pusat dari sebuah kerajaan Sunda besar di masa lalu dan berintikan pada budaya Sunda dimana salah satu ciri khasnya adalah bahasa Sunda itu sendiri.

Sepertinya, selain karena semakin pluralnya masyarakat, minat belajar bahasa Sunda sendiri menurun di kalangan generasi muda. Mungkin, pola pengajaran bahasa yang satu ini cenderung monoton dan kurang menarik minat.

Baca : Bahasa Sunda – Tersingkir di Negerinya sendiri!

Rupanya situasi seperti ini juga mendapat perhatian dari Pemda Kota Bogor. Tentunya, sebagai pemangku wewenang di Kota Bogor, mereka tidak mau kota ini semakin tercerabut dari akarnya dan kehilangan jati diri yang merupakan kebanggaan masyarakatnya.

Namun, rupanya mereka pun mafhum bahwa pola pengajaran yang sama, sekedar teori dan dengan pola lama tidak akan memberikan hasil. Jadi, mereka mencoba metode baru dengan memanfaatkan sesuatu yang tidak terpisahkan lagi dari kehidupan di masa sekarang, media sosial atau sosmed atau medsos.

Medsos yang dipergunakannya kali ini adalah Instagram.

Secara berkala admin, orang di belakang layar akun @pemkotbogor ini mengeluarkan posting yang mengajarkan berbagai jenis kosa kata bahasa Sunda beserta penjelasannya. Tentunya, tidak dilakukan dalam bahasa yang membosankan, tetapi dengan gaya kekinian.

Coba saja lihat beberapa posting yang mengajarkan bahasa Sunda di akun tersebut.

Sebuah terobosan yang patut diapresiasi. Tidak membosankan, tidak monoton, dan sesuai dengan gaya anak masa kini, mereka yang diharapkan menjadi generasi yang akan meneruskan tradisi berbahasa Sunda.

Tentu saja, untuk bisa 100% menguasai bahasa tersebut tidak bisa hanya mendapatkan pengetahuan hanya dari apa yang diajarkan akun Instagram ini. Namun, tidak bisa dipungkiri, posting-posting seperti ini merupakan langkah awal yang bisa mendorong ketertarikan generasi muda di Kota Bogor untuk belajar bahasa Sunda.

Sebuah pemikiran dan langkah yang bagus dari Pemkot Bogor. Semoga saja, langkah tersebut diikuti berbagai kebijakan dan tindakan lain agar masyarakat Bogor, terutama generasi mudahnya mau belajar bahasa Sunda dan kemudian bangga menggunakannya.

Iya nggak?

Website | + posts

Hanya seorang warga Bogor yang berniat berbagi tentang kotanya. Meski sudah banyak berubah dan banyak orang mengatakan sudah tidak indah lagi, bagi saya, Bogor tetap saja Lovely , Indah.

Mari Berbagi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.