BEBAN PEDAGANG LEMARI DAN MEJA KELILING 3

Kawan, bisakah menjawab pertanyaan yang satu ini? Berapa banyak beban pedagang lemari dan meja keliling seperti dalam foto di atas?

20 kilogram? 50? 70?

Entah. Sulit menduga berapa kilogram beban yang dipikulnya.

Dugaan saya tentang beban di bahunya pasti sangat berat. Bagaimana tidak? Karena tentunya ia sedang memikirkan

  • bagaimana membuat dagangannya terjual
  • berapa uang yang dia bisa bawa ke rumah
  • persaingan dengan lemari-lemari modern bermerk yang terus menggerus pasar pembeli dagangannya
  • dimana harus menginap karena bagaimanapun dia tidak bisa bolak balik ke rumah layaknya pekerja kantoran karena akan menghabiskan ongkos
  • kemana lagi harus berusaha menjual dagangannya
  • berapa jauh jarak yang harus ditempuhnya untuk mendapatkan pembeli

Yah, pastinya masih banyak lagi “beban” yang dipikirkannya.

Pedagang lemari dan meja keliling seperti ini sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu di Bogor. Biasanya barang-barang tersebut merupakan hasil buatan sendiri atau mengambil dari pengrajin kayu yang cukup banyak ada di kota hujan.

Mereka akan berkeliling dari satu perumahan ke perumahan lainnya untuk mendapatkan pembeli. Biasanya yang menjadi target pemasarannya adalah masyarakat menengah ke bahwa yang tidak terlalu peduli dengan kualitas barang dan lebih mementingkan pada harga.

Jenis barang yang dibawanya bisa beragam, mulai dari lemari kecil, meja belajar, terkadang kursi yang terbuat dari bahan kayu lapis atau tripleks. Oleh karena itulah, berat barang dagangannya masih bisa ditanggung oleh bahu mereka.

Jumlahnya semakin menyusut. Sebuah hal yang wajar karena masyarakat Bogor yang semakin modern mulai beralih kepada produk bermerk yang dijual di toko, seperti merk Olympic yang juga pabriknya ada di Kedung Halang Bogor. Produk bermerk dianggap lebih berkualitas dan tidak murahan. Inilah yang mengikis pasar yang dulu menjadi sasaran para pedagang lemari dan meja keliling seperti ini.

Saya tidak tahu berapa total, dalam ukuran kilogram, berat meja dan lemari kecil yang dipikulnya. Tetapi, saya tahu pasti bahwa berjalan dengan memikul beban seperti itu jelas sangat melelahkan. Saya yang hanya membawa kamera Canon 700D saja harus keringatan dan beristirahat berulangkali saat menyusuri jalan-jalan di kawasan Sempur Kaler ini.

Tidak terbayangkan jika harus membawa beban seperti itu.

2 COMMENTS

  1. T: Berapa Banyak Beban Pedagang Lemari dan Meja Keliling ini?
    J: Tidak tahu berapa banyak, yang jelas berat

    • Ya pasti la yauw…

LEAVE A REPLY