Cibinong City Mall - Pusat Perbelanjaan Terbesar di Bogor 07

Klaim dan berita sih memang mengatakan begitu, bahwa Cibinong City Mall adalah pusat perbelanjaan terbesar di Bogor. Bogor dalam hal ini termasuk wilayah Kota dan Kabupaten.

Mungkin benar, tetapi saya tidak bisa mengkonfirmasi. Masalahnya, saya bukan pejabat berwenang untuk menerbitkan IMB (Izin mendirikan Bangunan) jadi tidak punya data yang sahih. Adapun data yang bisa dipakai berdasar dari berita saja, yang entah apa mereka sudah membuktikan sendiri bahwa pusat perbelanjaan yang berada dekat dengan Pusat Pemerintahan Kabupaten Bogor ini.

Lagipula, selama ini memang belum pernah mengukur luas mall dan pusat perbelanjaan di Bogor satu persatu. Kaki saya keburu pegal dan betisnya terasa keras diajak berkeliling satu lantai saja oleh istri.

Jadi benar tidaknya terbesar, ya percaya saja saya mah. Katanya dibangun di atas lahan 22 hektar, percaya. Katanya luas bangunan secara kesleuruhan 90,000 meter persegi, ya percaya juga. Katanya luas lantai yang disewakan 50 ribu meter persegi, ya kenapa harus nggak percaya.

Cibinong city mall pusat perbelanjaan golongan menengah ke atas

Yang terpenting bagi saya, warga Bogor (dalam artian luas), ada satu lagi tambahan pusat perbelanjaan baru, bersama dengan berbagai plus dan minus yang dibawanya.

Bagaimanapun kehadiran CCM sudah menggerakkan perekonomian di Bogor lebih cepat lagi. Kesejahteraan warganya juga bisa terus meningkat.

Secara pribadi, sebagai warga Kota Bogor yang sudah lumayan capek menghadapi kemacetan, kehadirannya bisa mengalihkan perhatian warga Bogor yang tinggal di Kabupaten dari 13 mall yang ada di Kota Bogor. Mereka yang tinggal di wilayah Cibinong, Citeureup dan sekitarnya tidak perlu lagi harus datang ke kota dan hal ini berarti mengurangi arus lalu lintas yang masuk. Jadi Bogor tidak “terlalu macet” (walau ternyata tetap saja macet).

Minusnya, kalau istri mengajak kesana, berarti kaki harus siap pegal-pegal karena jaraknya yang lumayan dari Kota Bogor, sekitar 20-30 kilometer.

Cibinong City Mall - Pusat Perbelanjaan Terbesar di Bogor 04

Apa istimewanya Cibinong City Mall sebagai Pusat Perbelanjaan Terbesar di Bogor?

Itu masalahnya. Saya bukan penggemar belanja dan mall sebenarnya bukan tempat favorit untuk saya datangi. Jadi, yang bisa dikatakan hanya “Ya Mall Yang Besar”.

Isinya tidak banyak berbeda dengan mall-mall lain yang sudah saya kunjungi di Bogor. Penuh dengan toko. Penataannya pun ya tidak berbeda jauh, bahkan kalau boleh dibilang, mall ini mirip sekali dengan Botani Square yang ada di Kota Hujan.

Mungkin karena kedua mall itu menyasar kalangan “Menengah – Atas” di Bogor maka terasa sekali kesamaannya. Apalagi kebanyakan tenant disini pun adalah store yang memiliki nama dalam kancah bisnis retail di Indonesia.

Jenis kuliner yang mempunyai outlet disini pun kebanyakan menyajikan makanan asing yang merupakan sajian kebanyakan masyarakat perkotaan modern. Jangan berharap ada makanan tradisional disini, kecuali makanan tradisional ala Jepang, Korea, Cina, dan Barat.

Keberadaan bioskop XXI menambah lagi kemiripan CCM dengan mall yang ada di sebelah Kampus IPB Baranangsiang itu.

Cibinong City Mall - Mall dekat pusat pemerintahan kabupaten Bogor

Yang membuatnya agak berbeda adalah keberadaan parkir khusus moge (motor gede) dan supercar. Di Botani tidak terang-terangan ada yang ini (entah di masa yang akan datang)

Bangunannya juga tidak berbentuk hanya kubus dan kotak, tetapi agak berlekuk-lekuk dan menonjol karena ada teras yang seperti menggantung pada bangunan.

Itu saja.

elanjaan Terbesar di Bogor 04

Yah itulah. Mall ya mall. Dimana saja tidak berbeda jauh isinya. Yang berbeda paling suasananya karena akan tergantung pada masyarakat yang berkunjung kesana.

Buat yang mau kesana untuk mencari sesuatu, bisa coba lihat dulu daftar tenant yang ada di Cibinong City Mall via website resminya di sini. Direktori tenant yang disediakan sangat membantu untuk membuat rute jalan karena bisa menghemat waktu dan juga mencegah kaki terlalu pegal.

(Kecuali Anda penggemar belanja dan senang menjelajah, website ini sangat berguna. Setidaknya untuk menemukan tempat nongkrong selama istri berkelana di dalam CCM)

Cibinong City Mall - Pusat Perbelanjaan Terbesar di Bogor 06

Bagaimana cara menuju Cibinong City Mall?

Nah ini tergantung. Lovely Bogor hanya bisa menyediakan beberapa rute dari Kota Bogor saja.

a) Dari stasiun Bogor

Pergunakan angkot manapun yang menuju Jalan Sudirman dan turun di dekat Taman Air Mancur. Lanjut naik angkot no 17 Merah jurusan Salabenda, turun di Jalan Soleh Iskandar. Lalu, menyeberang jalan dan naik angkot 32 Biru. (Catatan : konfirmasikan dahulu ke supir angkot karena rutenya terkadang tidak melalui depan CCM)

(Update)

Bisa juga saat turun di Air Mancur dilanjut dengan angkot 08 Biru ke arah Citeurep. (Terima kasih pengingatnya mas Arie)

b) Dari Terminal Baranangsiang

Pergunakan saja Mini Arta (bus 3/4) yang mengarah ke Depok dan pasti akan lewat di depan CCM

c) Dari Stasiun Cilebut

Naik angkot no 07 Biru dan turun di Jalan Soleh Iskandar (sebelum putaran), lalu naik angkot 32 Biru (Catatan : Cek dengan supirnya apakah mau melewati CCM).

 

7 COMMENTS

  1. Sama2 kang.. happy traveling 🙂

  2. Kang, kalo dari stasiun Bogor mah, tinggal jalan dikit ke pasar Anyar, terus naik angkot 08 Citeureup-Psr.Anyar.
    Apalagi kalo dari jln.Sudirman atau Air Mancur, langsung naik angkot 08 aja.

    • Hahahaha.. iyah.. cuma kan saya berpikir untuk mereka yang belum pernah ke Bogor. Mereka pasti biasanya nggak mau repot jalan kaki. Makanya saya beri yang agak mudah.

      Kalau memang sudah ngerti soal Pasar Anyar, bisa juga dengan cara itu

      • Hehe.. untuk orang Bogor mah cara gitu malah ribet…
        Eh, tapi itu angkot 32 biru yg jurusan apa ya?
        Seingat saya angkot 32 biru nggak lewat CCM?
        Setahu saya kalo yg 32 biru lewat Karadenan terus lewat McDonald Sukahati. Maaf kalo saya salah ingat.

        • Ya emang..kebanyakan pengunjung Lovely Bogor kebanyakan bukan orang Bogor Kang.

          Saya masih naik angkot 32 biru kemaren kang.. dan lewat CCM. cuma memang ada yang lewat rute lain.Jadi emang ada dua rute.
          Kalau saya mah sebagai orang Bogor pake motor kang..wakakakaka

          • Ooh… berarti si angkot 32 yang kang Anton naikin tidak sesuai rutenya itu.
            “Improvisasi” ala supir angkot… hahaha
            Tapi angkot 32 yang lewat CCM seperti itu jarang lho.
            Mungkin karena lagi weekend, pak supir angkotnya ngerubah jalur sesukanya.

          • Jarang tidaknya saya nggak jelas karena kenyataannya waktu ke CCM juga tetap ada angkot 32 yang melintas. Mungkin juga karena kenyataannya memang begitu dan yang ditulis karena pengalaman sendiri.

            Untuk mas Arie : terima kasih pengingatnya soal angkot 08 Biru dari Air Mancur dan juga rute angkot 32 yang tidka selalu melewati CCM. Tulisan sudah diupdate dan disesuaikan

LEAVE A REPLY