Mila Kancana

Mila Kancana namanya. Sekarang kolam renang umum ini menjadi yang tertua di Kota Bogor setelah Kolam Renang Pemandangan atau Kota Paris tutup dan tidak lagi beroperasi.

Kolam Mila Kancana belum bisa dimasukkan sebagai anggota cagar budaya Kota Bogor karena usianya masih di bawah 50 tahun. Kolam pemandian umum ini dibangun bersamaan dengan pengembangan Gelanggang Olahraga dan Remaja Kota Bogor sekitar tahun 1970-an. Lokasinya dahulu adalah sebuah rumah milik Bp. Soleh Iskandar yang namanya menjadi nama jalan protokol di Kota Hujan ini.

Jadi kalau dihitung, maka usianya “baru” berusia 45 tahun saja dan belum memenuhi syarat untuk menjadi sebuah cagar budaya.

Meskipun demikian, tetap saja Mila Kancana sudah berusia cukup panjang sebagai sebuah kolam renang umum. Teman sejawatnya Kolam Renang Pemandangan sudah almarhum dan tidak beroperasi lagi, sedangkan tempat ini masih tetap rutin menerima pengunjung yang ingin berenang atau sekedar bermain air.

Mila KancanaDengan usianya yang sudah cukup lanjut ini, tidak mengherankan bahwa penataan Kolam Renang Mila Kancana terkesan sangat sederhana dibandingkan beberapa tempat wisata air yang lain. Tidak seperti Marcopolo Water Adventure yang lebih muda, Mila Kancana tidak memiliki wahana Waterboom. Tidak juga ada wahana bermain air lainnya seperti Ember Tumpah dan lain sebagainya.

Kolam Renang ini hanya memiliki fasilitas bagi mereka yang memang berniat untuk berenang. Terdapat sebuah kolam renang sepanjang 40-50 meter sebagai kolam utama. Beberapa kolam renang kecil untuk anak-anak berada di sebelahnya dan diperlengkapi dengan seluncuran sederhana. Kedalaman di kolam renang utama berjenjang dari 1 hingga 3 meter. Sedangkan di kolam-kolam yang lebih kecil, kedalaman air dangkal karena memang dikhususkan untuk anak-anak.

Fasilitas lain yang terdapat di Mila Kancana adalah tempat penyewaan ban dan juga kantin bagi mereka yang lapar ketika sedang bermain air. Tempat menunggu dengan atap tersedia di sepanjang kolam. Selain itu bagi yang ingin belajar berenang, MIla Kancana mempunyai kursus berenang untuk umum. Tempat ini juga menjadi markas bagi penggemar scuba diving.

Tarif Mila Kancana

Mila KancanaBukan kolam renang dengan fasilitas mewah dan spektakuler. Meskipun demikian tempat ini tetap selalu ramai didatangi pengunjung. Tarifnya yang hanya sebesar Rp. 8,000.- ketika tulisan ini ditulis adalah salah satu daya tarik utamanya. Rupiah sebesar itu hanyalah 1/5 dari tarif masuk ke Marcopolo Water Adventure di hari biasa dan 1/8 dari harga di hari libur.

Jam Buka Mila Kancana

Mila Kancana buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

Walaupun buka setiap hari, pada hari tertentu setiap minggu, kolam ini tidak terbuka untuk umum. Kolam Renang Mila Kancana selain untuk pengunjung umum juga dipergunakan sebagai tempat berlatih renang anggota Polri dan TNI. Bedanya, saat mereka berlatih biasanya memakai seragam tempur lengkap dengan sepatunya. Hanya, saat dipakai berlatih oleh para serdadu, Mila Kancana akan ditutup bagi umum karena biasanya air akan menjadi kotor. Hari dimana tempat ini dikhususkan untuk anggota Polri dan TNI adalah hari Rabu.

Lain-lain

Kolam Renang MIla Kancana
Kolam Anak di Mila Kancana

Suasana Mila Kancana cukup teduh karena banyaknya pepohonan di sekitarnya. Apalagi kolam renang ini berada di sebelah Jalan Ahmad Yani yang terkenal dengan banyak pohon kenari besarnya. Dari sisi sebelah Timur kolam renang, bisa terlihat pemandangan Jalan Ahmad Yani dan beberapa kafe yang terletak di jalan tersebut.

Untuk menuju Kolam Renang MIla Kencana sama saja dengan cara menuju ke Gelanggang Olahraga dan Remaja (GOR) Kota Bogor karena lokasinya memang berada di dalam area tersebut. Kalau dari Stasiun Bogor, cukup mempergunakan angkot 07 Merah dan berhenti di depan Pabrik Ban Goodyear.

Kalau dari arah Warung Jambu, bisa mempergunakan angkot 07 Merah atau 08 Biru, keduanya akan melewati Jalan Ahmad Yani. Anda tinggal berhenti di dekat lapangan sepakbola di GOR Kota Bogor. Kalau dari arah Parung/Salabenda, pergunakan angkot no 16 Merah yang juga melewati jalan Ahmad Yani.

Kalau Anda hanya sekedar mau berenang dan bukan bermain air, Mila Kancana sepertinya cocok buat Anda.

6 COMMENTS

  1. baNyak maling HP, tolong ditingkatkan lg keamanannya… berenang jd enggak aman …

    • O ya.. mudah2an pesan ini ada yang membaca dari pihak terkait

      • ya benar sekali , mohon untuk perketat keamanannya dan CCTV nya diperbanyak
        Hp saya kemaren hilang..dimaling dan blum ada kabar kembalinya

        • Hadeuh.. kabar jelek banget tuh dengernya.

          Sudah lapor ke keamanan belum?

          • sudah pak,
            tapi blum ada kabar
            mohon kasus saya diusut pak
            ampe ketemu pelakunya
            supaya semua clear aja
            saya jd takut berenang di sana

          • Mudah-mudahan yang berwenang bisa mengusut seperti itu ya.

            Tapi maaf saya tidak bisa membantu karena saya hanya mengelola web ini saja Kang, bukan pihak yang berwenang

LEAVE A REPLY