Roti Unyil Venus
Tumpukan Roti Unyil Venus di Etalase

Rasanya, tidak pernah terlintas dalam benak kakak beradik Herliyanti dan Hendra Saputra Hawidjaja bahwa roti mini buatannya yang diberi label Roti Unyil Venus menjadi salah satu ikon kuliner Bogor.

Terkenal, sangat terkenal sehingga gerai utama Roti Unyil Venus di Jalan Pajajaran, Kota Bogor menjadi seperti menjadi salah satu tempat tujuan wisata. Pembeli rela menunggu bahkan sebelum tokonya dibuka.

Antrian panjang di dalam toko adalah pemandangan rutin di setiap akhir pekan atau hari libur. Sesuatu yang menunjukkan betapa tenarnya oleh-oleh khas Bogor ini.

Apa sih istimewanya Roti Unyil Venus itu ?

Roti Unyil Venus
Roti Unyil Venus – Mini!

Apabila pertanyaan tersebut terlontar dari Anda, hampir bisa dipastikan berarti Anda belum pernah melihat atau merasakannya.

Keistimewaan #1 : Mini !

Size does matter! Itu frase orang bule bahwa ukuran itu penting.

Hanya pencipta Roti Unyil Venus menerapkannya secara terbalik. Kalau arti frase itu berkonotasi bahwa semakin besar semakin baik, dalam hal roti mini ini kebalikannya.

Semakin kecil semakin baik!

Bisa jadi Anda akan merasa heran dengan pernyataan itu tetapi mari kita coba bayangkan sejenak.

Bila di hadapan Anda ada 5 buah roti normal berukuran panjang kurang lebih 20-25 centimeter dalam lima rasa, berapa banyak yang Anda bisa habiskan? Dua atau maksimum tiga.

Roti Unyil Venus
Berbagai jenis Roti Unyil Venus

Padahal yang tersedia terdapat 5 buah dengan 5 rasa. Lalu, mampukah Anda memaksakan diri memakan sisanya.

Kemungkinan besar tidak. Dua atau tiga buah roti berukuran normal akan membuat perut terasa kenyang dan sulit menampung sisanya.

Hal itu tidak akan terjadi ketika Anda disuguhi 5 buah Roti Unyil Venus dalam 5 rasa berbeda.

Ukurannya yang hanya sekitar 5-7 centimeter saja akan menyisakan cukup ruang dalam perut untuk menampung semuanya. Bahkan, mungkin Anda akan meminta lagi dan lagi.

Keistimewaan #2 : Variasi Rasanya Banyak!

Roti Unyil Venus
Pengunjung Kebingunan Memilih Roti Unyil Venus

Foto ini rasanya mewakili kepusingan pengunjung dalam memilih varian Roti Unyil Venus yang diinginkan.

Memang bingung. Ada paling sedikit 25 varian rasa Roti Unyil Venus yang dipajang di etalase kaca. Kesemuanya dijejerkan agar calon pembeli bisa melihat sebelum memilih.

Jumlah varian ini hanya berdasarkan hasil penghitungan Lovely Bogor (LB) ketika berkunjung kesana. Besar kemungkinan jenisnya lebih banyak mengingat terlihat banyak sekali varian baru di balik kaca.

Bukan sebuah pekerjaan yang mudah karena penampilan setiap varian Roti Venus Unyil sangat memikat.

Mungkin sedikit saran dari LB ada beberapa varian rasa yang merupakan “signature” dari Roti Unyil Venus. Beberapa rasa yang disarankan adalah

  • Jagung
  • Pisang Keju
  • Keju
  • Sapi Asap
  • Sosis

Rasa jagung dan pisang coklat merupakan dua jenis rasa yang sudah ada sejak Roti Unyil Venus ada.

Roti Unyil Jagung adalah varian dimana fla ditambahkan pada permukaan roti dan kemudian butiran jagung manis menempel di atasnya. Pisang Keju merupakan varian berisikan pisang manis + keju potongan yang sama panjang dengan ukuran rotinya.

Silakan Anda pilih sendiri. Pilihlah sebanyak mungkin rasa sehingga Anda bisa mencicipi sebanyak mungkin varian. Toh Anda tidak akan terlalu merasa kenyang karena ukuran mininya.

Keistimewaan #3 : Tanpa Bahan Pengawet!

Roti Unyil Venus

Yap. Roti Unyil Venus memang tidak memakai bahan pengawet.

Itulah mengapa bila Anda membeli oleh-oleh kuliner khas Bogor ini, haruslah cepat dihabiskan. Daya tahannya tidaklah lama.

Hanya rasanya, hal itu tidak perlu dikhawatirkan. Toh dalam beberapa jam setelah Anda membeli, sudah hampir pasti roti ini akan tandas tak tersisa.

Keistimewaan #4 : Konsistensi Rasa!

Rasa rotinya sendiri enak. Kalau tidak enak, tidak akan ada antrian panjang calon pembeli terlihat.

Memang tidak memiliki karakter roti masa kini yang lembut. Kalau pendapat saya sendiri, rasanya berada di antara Roti Bogor Permai dan Roti Tan Ek Tjoan, dua jenis roti terkenal lainnya di Bogor.

Baca juga : 8 Roti Terkenal di Bogor

Rasanya pada saat dinikmati hari ini, seusai saya berkunjung ke outlet utamanya, masih sama dengan yang pertama kali dinikmati puluhan tahun yang lalu.

Sebuah hal yang menunjukkan sebuah konsistensi kualitas yang dijaga oleh Roti Unyil Venus.

Roti Unyil venus
Antrian Pembeli di Gerai Roti Unyil Venus

Tidak mengherankan karena prinsip sang pemilik yang tetap mengedepankan kualiats dibandingkan kuantitas.

Dasar yang dipegang hingga saat ini.

Bila Anda memperhatikan biasanya sebuah usaha kuliner yang memiliki nama akan mengembangkan sayap ke berbagai kota. Berbeda dengan Roti Unyil Venus. Tekadnya untuk menjaga konsistensi rasa orisinalnya membuatnya memutuskan untuk tidak membuak cabang.

Beberapa reseller memang diperkenankan menjual Roti Unyil Venus di kota lain. Syaratnya adalah roti unyilnya harus diambil langsung dari pusat produksi roti unyil ini di Bogor.

Syarat lainnya adalah harga jual ditetapkan harus sama dengan harga di Bogor.

Pemilik Roti Unyil Venus ini ternyata tidak bermain-main dalam urusan konsistensi rasa.

Nah, itulah empat keistimewaan Roti Unyil Venus. Kesemuanya membuat sang roti mini ini menjadi populer dan terkenal ke berbagai kota.

Memang sih mini tetapi maksi dalam hal rasa dan memuaskan pembeli.

Tahukah Anda ?

Roti Unyil Venus
Outlet Roti Unyil Venus di Jalan Pajajaran
  • Roti Unyil Venus sebenarnya ditujukan untuk anak-anak. Ketika Hendra Saputra Hadiwidjaja menjual roti pertamanya, ukurannya masih seperti roti standar. Hanya karena ia melihat susahnya anak-anak menghabiskan roti tersebut, maka dibuatlah ukuran kecilnya. Itulah yang sekarang menjadi Roti Unyil Venus
  • Nama Unyil yang dipergunakan berasal dari sandiwara boneka terkenal di tahun 1980-an. Tokoh utamanya si Unyil, kecil tetapi badung, pemberani dan tukang berkelahi
  • Istilah Unyil juga dipergunakan untuk menunjukkan sesuatu yang imut atau kecil di Bogor. Daihatsu S38 pernah mendapatkan julukan Daihatsu Unyil karena ukuran dan wajahnya yang imut.
  • Toko pertama Roti Unyil Venus yang didirikan tahun 1992 berlokasi di sebelah Asinan Gedong Dalem (salah satu penganan khas Bogor lainnya)

Berapa harga Roti Unyil Venus?

Roti Unyil venus

Harga perpotong/piece adalah Rp. 1.500 pada saat tulisan ini dibuat. Semua jenis berharga sama.

Kalau dibandingkan dengan harga roti standar, maka dengan jumlah uang yang sama dengan 1 roti standar, pembeli bisa mendapat 5-6 roti mini.

Pembeli hanya perlu menyebutkan varian apa saja yang dikehendaki dan pelayan akan memasukkannya ke dalam kotak.

Kotak yang tersedia mulai dari ukuran 10 potong hingga 60 potong.

Selain roti unyil nan mini, outlet Roti Unyil Venus di Jalan Pajajaran juga menjual berbagai macam roti lainnya. Roti Keset, Pia, Donat termasuk dalam jenis-jenis yang berada dalam daftar menunya.

Cara Menuju Outlet Utama Roti Unyil Venus

Outlet Roti UnyilVenus
Outlet Roti Unyil venus

Gerai Utama Roti Unyil Venus terletak di Ruko V Point Jalan Pajajaran, Kota Bogor. Letak kompleks ruko ini berada di sebelah Ekalokasari Plaza atau yang sekarang bernama Lippo Plaza.

Alamat Roti Unyil :

Komplek V Point No. 1, Jl. Pajajaran, Jawa Barat 16119

No Telp : 0251 – 8364008

Jam Buka : 05.30 – 21.00

Outlet lainnya terdapat di Jalan Soleh Iskandar dan terletak bersebelahan dengan outlet Lapis Bogor Sangkuriang yang juga sama ngetopnya.

Untuk mencapai gerai utamanya lihat petunjuk di bawah ini

Dari Stasiun Bogor :

Opsi pertama : Pergunakan angkot no 02 Merah. Berhentilah sebelum angkot berbelok ke arah Jalan Lawanggintung.

Berjalan kaki lah ke arah Tajur. Arah lurus dan berlawanan dari arah datangnya angkot.

Sesampainya di pertigaan lampu merah Tajur, Anda akan melihat Ekalokasari Plaza dan Outlet Roti Unyil Venus di seberang.

Opsi Kedua : Pergunakan angkot no 03 Merah dari depan Stasiun Bogor. Berhentilah sebelum angkot masuk terminal Baranangsiang. Lanjutkan dengan angkot 01A jurusan Ciawi.

Sesampainya di pertigaan lampu merah, Anda akan melihat logo Roti Unyil VENUS di sebelah kiri. Silakan turun.

Dari Terminal Baranangsiang :

Sesampainya di terminal, kalau bisa turun sebelum bis masuk ke terminal. Kalaupun tidak tidak masalah.

Carilah angkot no 01A merah jurusan Ciawi baik di belakang terminal atau Anda menyeberang Jalan Pajajaran. Hanya butuh 5 menit untuk mencapai lokasi. Pastikan berhenti sebelum pertigaan lampu merah.

Dari Arah Parung :

Pergunakan bus Pusaka hingga sampai Terminal Baranangsiang. Lalu lanjutkan dengan angkot no 01A jurusan Ciawi seperti penjelasan di atas.

Dari Arah Cibinong :

Pergunakan bus Miniarta jurusan Terminal Baranangsiang. Penjelasan selebihnya sama.

Dengan kendaraan pribadi :

Dari arah Jakarta/Jagorawi, keluarlah di Pintu Tol Baranangsiang. Berbeloklah ke kiri dan ambil arah lurus hingga bertemu dengan pertigaan lampu merah Tajur.

Gerai Roti Unyil Venus akan berada di sebelah kiri.

Semoga informasi ini bisa membantu Anda menikmati kelezatan khas Roti Unyil Venus yang mini tapi maksi itu.

Jangan lupa. Penulis tidak berkeberatan kalau Anda hendak mampir dan mengirimkan satu kotak roti mini ini. Dengan senang hati akan diterima.

2 COMMENTS

  1. Sepertinya tempat dan lokasinya sangat strategis…
    Banyak pilihan rasa, sangat cocok untuk cemilan di jalan…
    Salam,

LEAVE A REPLY