Sentul City
Tulisan Sentul City di Atas Bukit Snetul

City dalam bahasa Inggris berarti “Kota”. Jadi, Sentul City harus diterjemahkan sebagai Kota Sentul.

Bukankah begitu Pembaca?

Nah, sementara menurut berbagai referensi yang ada, Sentul City secara administratif terletak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Bukankah hal tersebut berarti bahwa “Kota Sentul” berada di dalam sebuah kecamatan?

Aneh tetapi memang begitu kenyataannya. Di Bogor, ada satu trend dimana perumahan menggunakan kata “city” alias kota. Satu lagi yang lainnya adalah Bukit Cimanggu City, dimana penulis tinggal.

Baca juga : Bukit Cimanggu City – perumahan Elit?

Pemakaian kata City di belakang nama adalah perwujudan dari sebuah konsep perumahan mandiri. Dalam perumahan tersebut biasanya diperlengkap dengan berbagai fasilitas penunjang yang membuat penghuni tidak perlu keluar kompleks untuk memenuhi kebutuhannya.

Konsep ini semakin lazin seperti juga berbagai perumahan di kota-kota besar lainnya, seperti BSD City dan lain sebagainya.

Jadi sebenarnya, Sentul City bukanlah sebuah kota yang terdaftar sebagai sebuah nama kota di Indonesia.

Sentul City

Kantor Pemasaran Sentul City
Kantor Pemasaran Sentul City

Kawasan perumahan dengan konsep kota pegunungan ini awalnya dibangun oleh PT Bukit Sentul pada tahun 1993.

PT Bukit Sentul sendiri merupakan kongsi antara konglomerat asal Kebumen Salimin Prawiro Sumarto dengan pengusaha yang juga putra mantan Presiden RI, Soeharto, yaitu Tommy Soeharto.

Luas wilayah yang dikelola mencapai lebih dari 3.000 hektar. Hal ini berarti hampir 1/3 luas Kecamatan Babakan Madang yang memiliki luas 9.219.71 hektar.

Pembangunan berbagai infrastruktur dimulai pada tahun 1994.

Pada tahun 2006, nama pengelola PT Bukit Sentul Tbk. diubah menjadi PT Sentul City Tbk.

Sejak itulah kawasan perumahan tersebut dikenal sebagai Sentul City.

Ciri dan Landmark Sentul City

Sentul City
Tulisan Sentul City di Bukit Sentul

Sentul City memiliki sebuah landmark berupa kata SENTUL CITY besar di atas bukit. Kedua kata ini bisa dilihat ketika melintas di Jalan MH Thamrin Sentul dari depan Kantor Pemasaran.

Landmark alias bangunan yang berupa ciri khas kawasan ada beberapa, tetapi yang paling dekat dan paling mudah diingat adalah Belanova Country Mall.

Belanova Country Mall

Selain itu terdapat kompleks Mesjid Andalusia di lokasi yang dekat Kantor Pemasaran.

Perumahan dan Kawasan Komersial

Perumahan ini sepertinya memang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas. Kompleks perumahannya terbagi menjadi banyak cluster dimana setiap cluster akan memiliki jumlah rumah tertentu.

Selain itu terdapat 5 kawasan komersial yang disebut Central Business District, yaitu Plaza Niaga, Plaza Niaga I, Plaza Amsterdam, Mal dan Plaza Victoria.

Akses ke Sentul City

Akses untuk menuju dan pergi dari Sentul City terbilang mudah. Kawasan perumahan ini bisa diakses dari berbagai penjuru baik dari Bogor maupun Jakarta.

Terutama dari Bogor sejak dibukanya Jalan Tol Lingkar Luar Bogor, warganya bisa mencapai Sentul City dengan mudah. Perjalanan hanya memakan waktu kurang dari 15 menit dari arah Jalan Soleh Iskandar Bogor.

Kalau dari arah Baranangsiang pun, waktu yang diperlukan hampir sama untuk mencapai gerbang tol Jagorawi di Sentul Selatan.

Sekeluar dari pintu tol ini, maka berarti sudah memasuki kawasan Kota Sentul.

Selain itu Kota Sentul bisa diakses melalui jalan non tol via Cimahpar dan beberapa jalan lainnya.

Jalan-jalan di kawasan Kota Sentul pun lebar dan belum terimbas macet seperti Kota Bogor.

Jalan MH Thamrin Sentul CityKemudahan akses ini membuat Sentul City dengan Belanovanya menjadi salah satu tujuan bagi warga Bogor baik untuk belanja maupun berekreasi.

Kawasan Wisata

Sentul City memiliki beberapa daya tarik bagi wisatawan.

Bisa disebutkan yang namanya jelas sudah dikenal oleh masyarakat luas, seperti THE JUNGLELAND, sebuah arena rekreasi yang mirip dengan DUFAN-nya Jakarta.

Selain itu ada TAMAN BUDAYA, RAINBOW HILLS, Pemandian Air Panas Gunung Pancar dan masih ada beberapa kawasan wisata yang dekat dengan Sentul.

Bagi penggemar kuliber, Sate Kiloan PSK bisa menjadi salah satu tujuan yang perlu didatangi.

Baca juga : Sate Kiloan PSK – Jangan Piktor Yah!

Transportasi

Bus APTB Jurusan Sentul City
BUS APTB

Dari Kota Bogor, transportasi yang bisa dipergunakan untuk mencapai Sentul City adalah Trans Pakuan.

Salah satu trayeknya akan menuju Belanova Country Mall. Silakan lihat Trans Pakuan – Embrio Yang Tak Kunjung Dewasa.

Selain itu, bagi para komuter yang bekerja di Jakarta, juga tersedia bus APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi TransJakarta) menuju Blok M, Rawamangun dan Grogol. Meskipun tidak banyak, tetapi jelas sangat membantu akses ke Kota dalam Kecamatan ini.

——

Terus terang kawasan ini masih memiliki banyak hal untuk diinformasikan. Hanya mengingat luas sekali dan jumlah hal menarik yang bisa ditulis, untuk sementara tulisan ini adalah gambaran umum saja mengenai perumahan ini.

Beberapa hal lain seperti jadwal APTB, tempat wisata akan ditulis dalam topik-topik terpisah setelah penulis mendapatkan kesempatan mendatanginya satu persatu.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY