Waroeng SS Bogor
Penampakan Waroeng SS di Taman Jasmine Bogor

Nama rumah makan ini memiliki dua huruf yang pernah dipakai oleh pasukan khusus Nazi Jerman saat Perang Dunia II. Waroeng SS begitulah namanya dan berlokasi di Ruko Taman Jasmine di jalan Abdullah Bin Nuh.

Walaupun sama-sama berakhiran “SS”, artinya jauh berbeda. Kalau SS dalam terminologi sejarah Nazi berarti Schutzstaffel alias “Skadron Pelindung” maka SS di belakang kata Waroeng merupakan singkatan dari Spesial Sambal.

Sangat jauh berbeda kan.

Rumah makan ini memang memberikan perhatian khusus pada yang namanya sambel atau sambal. Di dalam daftar menunya terdapat 28 jenis sambal untuk dipesan.

Tersedia berbagai macam sambal disini. Jenisnya mulai dari sambal terasi biasa , sambal pete sampai sambal leunca (sejenis buah kecil yang sering dimakan sebagai lalapan)

Tidak mengherankan bahwa Waroeng SS yang lahir di Kaliurang ini memakai simbol sebuah Cabai Merah berkacamata dan bertopi yang berjuluk Mr Huuh Haah.

Suasana Waroeng SS

Gerai Waroeng SS di Bogor berupa ruko dengan dua lantai. Lantai pertama berisi sekitar 10 meja dan lantai atas ada 3-4 meja ditambah dengan ruang bagi penggemar lesehan.

Waroeng SS Bogor
Tulisan-tulisan dalam bingkai di dinding Waroeng SS Bogor

Ada beberapa hal yang menarik dari rumah makan ini. Salah satunya adalah adanya GARANSI KEKECEWAAN. Hal tersebut dipampang dalam bingkai di dinding ruangan.

Garansi ini menyebutkan bahwa apabila pelanggan kecewa dengan rasa masakan yang disuguhkan seperti keasinan , kurang pedas mereka dapat meminta pengganti. Hal ini juga disampaikan oleh pelayan ketika pesanan dikeluarkan.

Sebuah hal yang patut diacungi jempol untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Keunikan lainnya adalah di sepanjang dinding berderet bingkai-bingkai. Bingkai-bingkai ini bukan berisi sekedar foto tetapi berupa kata-kata inspirasi.

Tulisan-tulisan itu seperti “Benci itu rugi” atau “Maaf adalah jawaban untuk kegelisahan dan keresahan“.

Sebuah hal yang membuat ruang yang tidak seberapa luas tersebut menjadi semarak dan menimbulkan kesan tersendiri.

Makanan di Waroeng SS

waroeng SS Bogor
Sajian di Waroeng SS Bogor

Jenis makanan yang disajikan di rumah makan ini sepertinya tidak menganut paham khusus. Kalau melihat rasa dan jenisnya, ada cita rasa Sunda tetapi juga ada unsur Jawa di dalam masakannya.

Dari daftar menunya tersedia cumi goreng tepung, petai goreng, iso goreng, babat, karedok dan lain sebagainya. Daftarnya sendiri cukup panjang sehingga kalau disebutkan disini akan menghabiskan tempat.

Oleh karena itu di postingan terpisah akan dikeluarkan daftar menu Waroeng SS sebagai referensi bagi anda.

Ciri khas lain dari Waroeng SS adalah ukuran per- porsinya. Ukurannya dibuat lebih kecil dibandingkan yang umum disajikan rumah makan.

Sepertinya pengelolanya menginginkan agar para pengunjung dapat mencicipi berbagai jenis makanan dengan harga yang sama.

Dalam hal rasa, kami hanya bisa mengatakan bahwa kami tidak menggunakan garansi yang diberikan. Tidak ada makanan pengganti yang kami minta .

Hanya ada satu hal yang harus saya sarankan kepada anda bila datang ke tempat ini. Bukan tanpa alasan ikon dari Waroeng SS adalah Mr Huuh Haah. Tidak juga hal mengada-ada kalau warga Bogor kadang menyebutnya dengan “Seuhah”.

Seuhah dalam bahasa Sunda berarti PEDAS ! Itu yang saya ingin ingatkan karena memang sambal-sambalnya pedas.

Waroeng SS Bogor
Berbagai sajian di Waroeng SS Bogor

Harga makanan di Waroeng SS

Menu dan daftar harganya sedang dalam proses pembuatan. Hanya untuk memberikan gambaran kepada pembaca, terakhir kali kami berkunjung kesini, pesanan kami berupa

– 2 porsi cumi goreng tepung

– 1 porsi jamur goreng tepung

– 2 porsi sambal petai

– 1 bakul kecil nasi

– 1 porsi iso goreng

– 1 porsi babat goreng

– 1 sambal leunca

– 1 porsi karedok

– 3 es jeruk

– 1 air mineral

– 1 porsi tempe

Waroeng SS Bogor
Suasana di lantai 1 Waroeng SS Bogor

Uang yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp. 101,500.- saja.

———

Waroeng SS menerima booking dimuka. Hanya saja untuk jam-jam tertentu hal tersebut tidak bisa dilakukan. Salah satu rentang waktu dimana booking tidak bisa diterima adalah pukul 11-13.00.

Alasannya sederhana saja karena memang pada rentang waktu tersebut gerai Waroeng SS di Ruko Taman Jasmine ini dipenuhi pengunjung. Seringkali terlihat banyak pengunjung harus menunggu di luar untuk mendapatkan tempat disini.

Apalagi di hari libur , tempat ini dipenuhi oleh banyak pengunjung yang membawa keluarga.

Sesuatu yang tidak mengherankan mengingat harga yang terjangkau, rasa makanan yang enak ada di Waroeng SS ini.

Bila anda penggemar makanan rumahan atau cita rasa Sunda, saya rasa tempat ini patut dijadikan tujuan anda dalam berwisata kuliner di Bogor.

Waroeng SS Bogor
Plank Waroeng SS di Taman Jasmine Bogor

Cara menuju Waroeng SS di Ruko Taman Jasmine

– Bila anda membawa kendaraan pribadi via tol Jagorawi, keluar di pintu tol Lingkar Luar Bogor (LLB). Kemudian masuk tol LLB dan keluar di jalan Soleh Iskandar. Terus lanjutkan perjalanan anda sampai di pertigaan Jasmine.

   Belok ke kiri masuk ke jalan Abdullah Bin Nuh. Di depan shelter Kolam Renang Jasmine akan terlihat pertokoan di sebelah kanan. Anda harus berputar di belokan dekat Kantor Pemadam Kebakaran Bogor dan tidak jauh dari sana masuk ke pertokoan

– Dari terminal Baranangsiang

  Paling singkat memakai Trans Pakuan. Anda hanya perlu turun di shelter Kolam Renang Jasmine dan selanjutnya tinggal menyeberang ke Ruko Taman Jasmine

– Dari Stasiun Bogor

  Anda harus berjalan atau naik angkot 07 atau 12 merah dan turun di Air Mancur. Ganti angkot dengan nomor 16 Merah dan turun di pertigaan Jasmine. Anda harus ganti angkot lagi dengan no 32 Biru yang mengarah ke Bubulak. Selanjutnya turun di Shelter Kolam Renang Jasmine seperti kalau memakai Trans Pakuan.

2 COMMENTS

  1. ,,sepertinya rata2 orang yang makan disana,,,tidak menggunakan Garansi pak….sebab sudah kenyang dan mungkin saja malu….tetapi trik yang digunakan cukup membuat pengunjung menjadi nyaman…sebuah Inspirasi penting buat saya.

LEAVE A REPLY