Bogor mempunyai slogan sebagai Kota Sejuta Taman. Memang kota ini sedang berbenah besar-besaran untuk mengembalikan image dirinya sebagai kota yang bersih indah dan nyaman.

Keberadaan taman-taman di kota Bogor memang telah membuat wajah kota ini menjadi terkesan lebih indah dan sejuk.  Selain itu renovasi berbagai taman di kota Bogor memberikan warga Bogor fasilitas-fasilitas umum yang layak dinikmatii oleh para penghuninya.

Lalu, sudah berapa banyak taman yang ada di kota Bogor? Tentu tidak akan pernah mencapai sejuta. Kalau ada sejuta taman di kota Bogor, maka penduduknya tidak akan mempunyai tempat tinggal. Semua lahan akan terpakai menjadi taman.

Itu hanyalah slogan yang sekedar menunjukkan arah yang ingin dicapai oleh Pemerintah Kota Bogor.

Taman di kota Bogor

Nah, sebenarnya sudah ada berapa taman di kota Bogor yang layak disebut sebagai taman? Kalau menurut Lovely Bogor memang sudah ada cukup banyak taman di kota Bogor yang bisa masuk sebagai kategori “taman”. Dalam hal ini bukan hanya sekedar tanah dengan tanaman tetapi juga adanya fasilitas lain seperti

1. Bangku taman untuk pengunjung beristirahat

2. Ruang terbuka hijau yang tertata dengan rapih

3. Ornamen-ornamen penghias taman.

Kalau menurut kriteria ini, paling tidak ada 7 taman di kota Bogor yang layak disebut “Taman”.

12 Taman di Kota Bogor

(Untuk melihat ulasan setiap taman, klik nama tamannya yang akan membawa Anda ke tulisan terpisah tentang masing=masing taman)

1. Taman Air Mancur

Taman Air Mancur
Taman Air Mancur

Taman ini ditempatkan pada daftar pertama meskipun baru selesai diperbaharui awal tahun 2015 ini. Alasannya sederhana karena selain sebagai sebuah taman, Taman Air Mancur adalah ikon dan cagar budaya kota Bogor.

Fasilitas yang ada berupa tempat duduk, air mancur, ruang terbuka dan juga penataan yang rapih. Jelas ini sudah menjadi taman yang sangat dibutuhkan warga Bogor.

Taman Air Mancur terletak di Jalan Sudirman.

2. Taman Perlintasan Bogor

Taman Perlintasan Bogor

Taman di perempatan jalan Pajajaran dan jalan Jalak Harupat ini sudah menjadi salah satu lokasi favorit bahkan untuk pengunjung dari luar Bogor. Lokasi ini merupakan tempat popular untuk melakukan selfie dan membuat kenangan selama berwisata ke Bogor.

Fasilitas semua memenuhi kriteria yang ada. Tambahan kata B O G O R berukuran besar membuatnya semakin cantik.

3. Hutan Kota Ahmad Yani

Taman di Kota Bogor

Namanya memang Hutan Kota, tetapi kalau melihat settingannya lebih mirip sebuah taman. Tempat ini memenuhi kriteria sebagai sebuah taman.

Berlokasi di teduhnya Jalan Ahmad Yani, Hutan Kota Ahmad Yani merupakan satu tempat dimana warga Bogor dapat menikmati suasana nyamannya sebuah fasilitas publik. Tempat ini masih butuh waktu untuk mencapai bentuk maksimal yang diharapkan.

4. Taman Kencana

Taman Kencana

Jangan dilupakan! Taman Kencana bukanlah hanya sebuah tempat kuliner. Taman buatan tahun 1927-1930 ini adalah benar-benar sebuah taman dengan berbagai fasilitasnya.

Umurnya tidak berbeda jauh dengan Taman Air Mancur.

5. Taman Peranginan

Taman Peranginan

Kecil-kecil, Taman Peranginan juga memenuhi kriteria sebagai sebuah taman. Bangku Taman, ruang untuk beraktifitas dan penataan layaknya sebuah taman.

Memang dalam segi penataan, Taman Peranginan membutuhkan sentuhan lebih lanjut untuk mengimbangi taman di kota Bogor yang lain.

6. Taman Skateboard

Taman Skateboard

Tempat ini walau disediakan untuk penggemar olahraga, tetapi tetaplah memiliki fasilitas layaknya sebuah taman.

Penataan dan juga bangku taman melengkapi berbagai fasilitas untuk penggemar skateboard.

7. Taman Astrid

Taman astrid

Meskipun merupakan bagian tak terpisahkan dari Kebun Raya Bogor, tempat ini tetaplah sebuah taman tersendiri.

Taman dengan pemandangan yang paling indah diantara taman lainnya. Meskipun untuk menikmatinya kita perlu membayar tiket masuk (tiket Kebun Raya), harganya sangat murah dibandingkan apa yang ditawarkan taman yang dibuat tahun 1929 ini.

8. Taman Teijsman

taman teijsman

Kalau melihat fotonya, saya yakin anda setuju bahwa ini juga termasuk sebuah taman. Sama dengan Taman Astrid, tempat ini adalah bagian dari Kebun Raya Bogor.

Meskipun demikian, semua kriteria taman ada di tempat ini. Pemandangannya juga luar biasa.

Nah, itulah 8 taman di kota Bogor yang bisa dinikmati.

Sebenarnya banyak taman kecil tanpa fasilitas di setiap sudut kota ini. Mungkin di lain waktu, Lovely Bogor akan membuat tulisan terpisah mengenai hal itu. Untuk saat ini, selamat menikmati berbagai taman di Kota Bogor, meski hanya dalam gambar.

(updated)

9. Taman Heulang

Taman di Kota Bogor
Taman Heulang

Taman ini belum selesai 100% tetapi kehadirannya sudah bisa dinikmati oleh warga Bogor.

Taman ini cukup luas dengan jalan setapak, bangku-bangku serta saung beratap. Suasananya akan membuat taman ini menjadi salah satu tempat yang akan digemari warga Bogor untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Lokasinya berada di Jalan Heulang.

10. Taman Malabar

Taman Malabar Bogor
Taman Malabar

Meski lokasinya hanya berada kurang dari 100 meter dari pintu gerbang Kebun Raya Bogor, taman ini jarang diketahui. Lokasinya yang terhalang berbagai bangunan hotel dan plaza membuatnya menjadi seperti tersembunyi.

Memang kesannya agak kurang perawatan, tetapi Taman Malabar masih bisa dinikmati. Bahkan, dengan jarangnya pengunjung, suasana tenang bisa menjadi pilihan di tengah kesibukan.

Lokasinya berada di depan RS PMI atau di sebelah Pangrango Plaza.

11. Taman Ekspresi

Taman Ekspresi Bogor
Taman Ekspresi

Kalau Anda pernah ke Sempur, pastilah mengetahui di salah satu pojoknya di dekat Jalan Salak ada sebuah taman kecil. Nah, sekarang taman ini memiliki nama, yaitu Taman Ekspresi.

Taman ini dibuat mirip seperti teater terbuka sehingga berbagai pagelaran kesenian atau budaya bisa dilaksanakan. Terdapat arena luas yang bisa berfungsi sebagai panggung terbuka beserta tempat duduknya.

Jelas sekali merupakan salah satu taman di Kota Bogor yang bisa Anda nikmati.

12. Taman Corat Coret

Taman Corat Coret Bogor

Sesuai namanya, taman yang diluncurkan awal tahun 2016 ini, memang ditujukan bagi para penggemar corat coret.

Tujuannya untuk mengurangi vandalisme yang mewabah di Kota Bogor.

Meskipun demikian, sejauh ini Taman Corat Coret lebih menjadi sebuah tempat favorit bagi para penggemar selfie.Lukisan grafiti dan mural yang ada di dinding memang sangat menarik untuk dijadikan background.

Tidak salah juga toh memang fungsi taman juga bisa sebagai tempat wisata.

Itulah daftar Taman di Kota Bogor yang bisa Anda nikmati dengan berbagai cara.

4 COMMENTS

  1. Sabtu kemarin lewat taman air mancur sedikit kecewa karena kurang perawatan. Onblok nya bergelombang. Beberapa tanaman mati. Apalagi ada bendera partai d sekelilingnya.
    Taman Malabar lebih memprihatinkan kondisinya. Mungkin kalau ingin menarik banyak pengunjung ke taman malabar harus ganti konsepnya, misalkan menjadi taman labirin atau taman bermain anak.

    • Terima kasih buat masukannya. Kalau mau lihat yang detail silakan klik masing-masing taman. Ada ulasan lengkapnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.