Asinan Sedap Gedung Dalam
Dua Bungkus Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam. Di dalam larutan berwarna merah tersebut terdapat potongan 5 jenis buah ditambah satu jenis umbi. Potongan nenas, pepaya, bangkuang atau bengkuang, apel, salak dan ubi merah berukuran tipis tetapi lebar terendam dalam larutan merah.

Itulah kira-kira gambaran singkat sebuah kuliner yang bisa dikata merupakan salah satu legenda oleh-oleh di Kota Bogor, Asinan Sedap Gedung Dalam.

Namanya sering disingkat menjadi Asinan Gedung Dalam saja atau Asinan Gedong Dalem. Yang manapun yang dipakai, warga Bogor pasti sudah sangat mengenalnya.

Asal Nama Asinan Sedap Gedung Dalam / Gedong Dalem

Asinan Sedap Gedung Dalam
Toko Asinan Sedap Gedung Dalam

Ikon kuliner Kota Bogor ini sebenarnya menyandang sebuah nama yang terkait sejarah Bogor di masa lalu.

Gedung Dalam atau Gedong Dalem adalah nama sebuah bangunan di Jalan Suryakencana . Bangunan ini didirikan oleh seorang Kapitan Cina (Pemimpin Cina) di kawasan tersebut, Tan Goan Piauw (1825-1889).

Ia mendirikan sebuah bangunan antara tahun 1875-1883 untuk menampung orang Cina bermarga Tan. Selain itu, orang Cina miskin yang tidak memiliki tempat tinggal, diperkenankan untuk tinggal di Gedung Dalam.

Gedung ini sempat menjadi pusat kebudayaan Cina di Bogor.

Dari sanalah asal nama Gedung Dalam tersebut.

Asinan Sedap Gedung Dalam atau Gedong Dalem sendiri didirikan pada tahun 1970 oleh Chupong di Jalan Siliwangi no 27 C.

Toko aslinya hingga kini masih ditempati dan beroperasi meskipun Asinan Gedung Dalam sudah memiliki outlet di Komplek Ruko V Point, Jalan Pajajaran (dekat Roti Unyil Venus).

Keistimewaan Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam
Suasana di Dalam Outlet Asinan Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam sendiri memang memiliki ciri khas. Pedas dan asam tetapi tidak menyengat.

Larutan yang dipergunakan untuk merendam buah tidak membuat hidung sesak karena sengatan bau asam. Mungkin, hal ini terjadi karena pencampuran larutan dengan bahan buah atau sayur dilakukan secara mendadak.

Staff Asinan Gedong Dalem baru mencampurkannya beberapa saat ketika pembeli datang. Mereka tidak mencampurkannya ketika pembeli tidak ada.

Selain itu, tidak ada bahan pengawet yang digunakan. Merahnya larutan untuk sebungkus asinan merupakan warna merah cabe dan bukan pewarna.

Sayur dan buah yang dipergunakan pun selalu dalam kondisi segar dan dari kualitas yang bagus. Bahan-bahan ini tentunya dicuci bersih sebelum dipotong. Pengolahannya pun higienis.

Mengenai rasa sendiri? Persaingan dunia asinan di Bogor sangatlah ketat. Banyak sekali berbagai merek asinan Bogor muncul.

Bertahannya nama Asinan Sedap Gedung Dalam selama lebih dari 30 tahun, sudah pasti menunjukkan mengenai konsistensi kualitas dan rasanya.

Itulah mengapa bisa dikata, Asinan Sedap Gedung Dalam bisa dikategorikan sebagai salah satu legenda oleh-oleh khas Bogor. Hingga sekarang, asinan ini masih tetap diburu oleh para pelancong yang datang ke Kota Hujan.

Jenis Asinan Sedap Gedung Dalam

Terdapat dua jenis asinan yang ditawarkan oleh Asinan Sedap Gedung Dalam, yaitu

Asinan Buah :

Asinan Sedap Gedung Dalam
Asinan Buah

Isinya seperti telah digambarkan di bagian awal. Meskipun demikian, terlihat bahwa isi asinan pun disesuaikan dengan suplai buah-buahan yang ada.

Nanas, bangkuang, pepaya serta ubi merupakan buah yang selalu ada. Salak atau apel merupakan anggota musiman yang mungkin berganti.

Sebagai perbandingan, silakan liat berbagai tulisan mengenai asinan Bogor ini. Tidak ada yang jenis buahnya sama satu dengan yang lain. Itu sesuai dengan pengalaman penulis sendiri berkali-kali membeli Asinan Sedap Gedung Dalam ini.

Asinan Sayuran :

Bahannya berupa kol, timun, toge dan wortel. Larutan yang dipergunakan sama dengan varian asinan buah.

Pada setiap bungkus asinan akan ditambahkan satu plastik kecil kacang tanah goreng. Selain itu, bagi penggemar pedas, sebungkus sambal asinan berwarna hijau bisa dituangkan ke dalam mangkuk.

Catatan :

a) Pembeli bisa meminta asinan campuran buah dan sayuran

b) Daya tahan Asinan Sedap Gedung Dalam

  • Asinan Buah : Tahan hingga 5 hari
  • Asinan Campuran : Tahan hingga 3 hari
  • Asinan Sayuran : Tahan hingga 2 hari

Harga Asinan Sedap Gedung Dalam

Harganya per-porsi saat tulisan ini dibuat adalah Rp. 20.000.-/bungkus

Cara Menuju ke Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam
Toko Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi

Asinan Sedap Gedung Dalam berada di Jalan Siliwangi no 27 C. Jalan ini adalah kelanjutan dari Jalan Suryakencana.

Cara pergi ke outlet Asinan Gedung Dalam disini sebagai berikut

Dari Stasiun Bogor :

Pergunakan Angkot NO 02 Merah. Angkot ini biasanya ada di pintu keluar Stasiun Bogor atau Taman Topi di sebelah stasiun.

Angkot ini akan melewati toko Asinan Gedung Dalam. Tokonya akan berada di sebelah kiri Anda

Dari Terminal Baranangsiang :

Pergunakan angkot no 13 Merah dari belakang terminal. Berhentilah di depan Gerbang Utama Kebun Raya.

Menyeberanglah ke arah Pasar Bogor dan naik angkot no 02 Merah.

Untuk outletnya yang di Ruko V Poin, silakan lihat Roti Unyil Venus – Rasanya tidak mini ! Keduanya berada di kompleks Ruko yang sama.

LEAVE A REPLY