Menuju Kebun Raya Berjalan Kaki Dari Stasiun Bogor
Pintu Lama Kebun Raya Bogor

Tentu saja, tulisan ini tidak akan menerangkan mengenai bagaimana menuju Kebun Raya Bogor berjalan kaki dari Jakarta. Hal tersebut bukanlah sebuah hal yang logis untuk dilakukan.

Hanya saja setelah membaca beberapa tulisan yang berkaitan dengan Kebun Raya Bogor, mayoritas menulis tentang pengalaman pribadi selama disana. Cerita mengenai apa yang ditemui di dalam sana.

Terselip beberapa yang menulis tentang bagaimana cara menuju ke Kebun Raya. Walaupun demikian mayoritas hanya memberikan rute-rute angkot saja.

Sebagai orang Bogor, saya jadi merasa terpanggil untuk membuat memberikan sedikit informasi. Informasi yang mungkin berguna bagi calon pengunjung atau yang baru pertama kali pergi ke Kebun Raya Bogor.

Nah tulisan ini akan menjelaskan mengenai

CARA MENUJU KEBUN RAYA BOGOR DENGAN BERJALAN KAKI DARI STASIUN BOGOR

Mengapa berjalan kaki? Bukankah lebih mudah naik angkot ?

Jawabnya tidak benar selalu begitu ! Hal ini mengingat kondisi lalu lintas yang sering macet dan kebiasaan angkot di Kota Bogor yang suka ngetem alias nunggu penumpang penuh.

Berjalan kaki bisa menjadi lebih efektif dan lebih cepat. Selain itu juga bisa memberi pengalaman lebih banyak kepada anda.

Baiklah, mungkin akan lebih jelas bila anda mulai membaca penjelasan saya.

Ada dua titik awal yang biasa dipakai pengunjung Kebun Raya , yaitu Stasiun Kereta Bogor dan Terminal Bis Baranangsiang. Untuk kali ini akan dijelaskan mengenai menuju Kebun Raya dari stasiun Bogor terlebih dahulu.

(Meskipun demikian bila anda tetap memilih untuk naik angkot, silakan lihat panduan ke Kebun Raya naik angkot dari stasiun Bogor)

——-

Jalan Kapten Muslihat Bogor
Pemandangan Jalan Kapten Muslihat Bogor

Ini adalah pemandangan jalan Kapten Muslihat di hari Sabtu pagi sekitar pukul 07.00. Terlihat padat oleh kendaraan walaupun di hari libur. Tingkat kemacetan akan semakin bertambah ketika situasi semakin siang. Hal yang sama juga berlaku di hari Minggu.

Bila anda memakai angkot dari stasiun maka anda bisa bayangkan apa yang anda temukan. Waktu tempuh anda akan semakin lama. Bisa dibayangkan bete-nya dalam angkot di kemacetan.

Ppadahal jarak antara stasiun Bogor dengan Pintu Masuk Kebun Raya hanya sekitar 1 kilometer saja.

Nah, ke-bete-an anda sebenarnya bisa dikurangi dengan berjalan kaki.

Caranya ?

1) di Pintu Keluar Stasiun Bogor akan terlihat jejeran angkot yang ngetem. Lupakan untuk naik angkot!

2) Belok ke kiri ada trotoar dan ikuti saja trotoar ini. Jangan naik ke Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) !

3) Tetap ikuti trotoar ini sampai anda berada di dekat Taman Topi. Disitu ada Zebra Cross untuk anda menyeberang.

* Bila anda ingin beristirahat dulu setelah berdiri di Commuter Line, anda bisa memanfaatkan tempat ini. Juga bisa meihat sebuah tempat yang usianya sudah lebih dari 133 tahun.

Hanya bila anda cukup kuat, lanjutkan ke

4) Silakan anda menyeberang. Anda akan sampai di depan Matahari Dept Store yang dulu dikenal sebagai toko Sinar Matahari sebelum diambil alih.

5) Lanjutkan perjalanan anda ke arah Mapolwil Bogor. Terdapat trotoar yang cukup rapih disana.

Gereja Katedral Bogor
Gereja Katedral

6) Tidak lama anda akan menemukan sebuah kompleks Sekolah Budi Mulia. Di kompleks ini terdapat sebuah bangunan kuno yang didirikan tahun 1889. Namanya dikenal sebagai Gereja Katedral.

* Mau melihat-lihat sejenak tidak dilarang. Tulisan tentang gereja ini akan menyusul kemudian.

Kalau tidak berminat silakan lanjut ke

7) Anda akan menemui sebuah pertigaan. Di taman kecil ada figur bunga bangkai dari beton. Belok ke arah kanan. Jangan ke kiri karena itu arah ke Balaikota Bogor.

8) Anda berarti sudah memasuki jalan Juanda dimana Pintu Masuk Kebun Raya berada. Anda kurang lebih 300-400 meter saja dari sana.

9) Sambil berjalan tengok ke kanan sedikit. Sebuah kompleks sekolah SMPN I dan SMAN I Bogor. Dua sekolah favorit di Bogor. Bukan hanya itu SMPN I berusia hampir 90 tahun dan SMAN I lahir di tahun 1946. Cukup tua kan?

Di sebelahnya ada Gang Selot. Dulu tempat jajan anak kedua sekolah di atas. Hanya saat ini menjadi tempat jajan bagi semua orang. Silakan mampir kalau anda tidak terburu-buru

Gereja Zebaoth Bogor
Gereja Zebaoth Bogor

10) Atau.. anda bisa mengagumi yang namanya Gereja Ayam yang ada di seberang gedung LIPI, tepat di sebelah gang Selot.

Gereja ini dibangun tahun 1920-an dan nama aslinya adalah Gereja Zebaoth. Tulisan mengenai gereja ini akan menyusul kemudian. Bisa juga anda baca di English Edition Lovely Bogor.

Letaknya persis di sebelah gerbang masuk (bukan gerbang utama) ke Istana Bogor.

Pintu masuk Kebun Raya disini akan ada di sebelah kiri jalan Juanda, jadi anda bisa menyeberang sekarang. Sekaligus untuk melihat lebih dekat si gereja Ayam.

11)  Perjalanan anda menuju Kebun Raya Bogor akan segera selesai. Dari sini jaraknya kurang lebih 75-100 meter saja.

12)  Kalau sudah selesai melihat-lihat, anda dipersilakan melanjutkan perjalanan. Anda akan menemukan gerbang Kebun Raya Bogor seperti gambar pertama di tulisan ini. Hanya bukan itu pintu masuknya.

13) Anda akan melihat sebuah kantor pos.

Inilah tempat yang harus anda tuju. Tentu bukan untuk mengirim surat.

Loket masuk ke Kebun Raya Bogor berada di sebelah Kantor Pos ini. Bentuk bangunannya seperti ini.

Nah , anda sudah sampai ke tujuan.

Cara Menuju Kebun Raya Berjalan Kaki Dari Stasiun Bogor
Pintu Kebun Raya Bogor di Kantor Pos

Waktu tempuh akan berkisar antara 15-20 menit saja. Tentu itu tidak termasuk kalau anda harus berhenti di tempat-tempat yang saya sebutkan di atas.

Waktu ini hanya kalau kita berjalan tanpa mempedulikan hal-hal menarik tersebut. Hanya, rasanya sayang kalau anda melewatkan tempat-tempat tersebut.

Jelas tempat-tempat tersebut sulit anda lihat dari atas angkot. Pandangan anda akan terhalang oleh penumpang lain.

Lagipula bukankah anda sedang berlibur ke Bogor, mengapa harus terburu-buru. Kebun Raya Bogor bisa menunggu.

Itulah penjelasan tentang cara menuju Kebun Raya Bogor berjalan kaki dari Stasiun Kereta Bogor. Mudah-mudahan anda bisa memanfaatkannya.

(Uodate 26/12/2015 : Berdasarkan informasi, Pintu 2 Kebun Raya sebelah Kantor Pos ini, tidak lagi dibuka setiap hari. Pintu ini hanya dibuka pada pada Hari Minggu. Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pintu berikut, yaitu Pintu Utama dengan cara menyusuri jalan mengikuti pagar ebun Raya Bogor.

Untuk jelasnya lihat : 4 Pintu Masuk Kebun Raya Bogor – Silakan Pilih!)

Kalau sudah sampai di Kebun Raya dan bingung bagian mana yang menarik, silakan baca Kebun Raya Bogor – Tempat Mana Yang Menarik?.

Mengenai cara menuju Kebun Raya Bogor berjalan kaki dari Terminal Baranangsiang akan segera disusulkan.

81 COMMENTS

  1. Pak kalo dafi stasiun bogor mau ke kebun raya bogor pintu utama nyh naik angkot jrusan mana,mhon info nyh pak baru mau pertama x ksana. Mksh

    • Bisa naik angkot no 02 merah jurusan sukasari dan berhenti di gerbang utama.

      Bisa juga naik angkot 03 merah dan masuk dari pintu 3

  2. Pak saya mau tanya jika saya berjalan kaki dari stasiun bogor ke KRB, pulangnya saya bisa beli asinan bogor dimana ya pak? Saya ud lama sekali gak ke Bogor. Dan penjelasan anda sangat detail saya mau coba ke Bogor hari senin pagi banyak terima kasih pak…

    • Hadeuh… sudah lewat yah.. harap maklum.. saya juga lebaran jadi nggak sempert ngurusin blog selama libur kemaren..

      Maaf yah kalau lum sempat jawab

  3. Selamat siang, Pak Anton,

    Pak Anton, apakah ada perumahan yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Stasiun Bogor Kota?
    Terima kasih, Pak Anton.

    • Sebenarnya banyak, seperti Ciwaringin yang lokasinya tidak begitu jauh dari Stasiun atau Pabaton. Banyak kalau disebutkan. Tetapi kebanyakan adalah perumahan lama.

      Sementara perumahan baru kebanyakan berlokasi sudah ke arah pinggiran Kota Bogor dan bukan berada di tengah kota

    • Bogor sebelah mana dik.. soalnya Bogor itu luas. Kalau mau ke Sindang Barang Loji dari stasiun harus naik angkot no 03 Merah yang mengarah ke terminal Laladon. Bisa juga naik yang no 02 merah.

      Bisa dilihat di rute angkot kota bogor di blog ini.

  4. Ini penjelasan menuju pintu 2 dengan berjalan kaki dari stasiun bogor ya pak? Apakah pintu 3 nya jauh dari pintu 2? Rencananya mau berjalan kaki dari stasiun bogor ke KRB melalui pintu 3

    • Yup betul sekali… Kalau ke Pintu 3 lebih jauh lagi dari pintu 2 sekitar 1200-1300 meteran (jarak yang sama kira2 dari stasiun Bogor). Lebih dekat ke pintu Utama alias Pintu 1 sekitar 500 meter saja dari Pintu 2.

      Kalau ke Pintu 3 mending naik angkot karena bisa menghemat tenaga.

  5. Dari Bandung ke Kebun raya bogor sebagusnya naik kereta api ke Tangerang atau kemana sedekatnya ke Kebun Raya stop nya dimana. Trimakasih

    • Paling bagus kalau dari Bandung adalah naik Bus saja. Begitu berhenti tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan tidak perlu muter-muter ke Jakarta dulu.

      Kalau naik kereta harus ke Jakarta dulu, baru ke Bogor, tetapi kalau naik bus bisa langsung ke terminal Baranangsiang dan setelah itu tinggal jalan kaki ke Kebun Raya Bogor.

      Dulu saya sering ke Bandung, lebih milih pakai bis karena menghemat waktu banyak. Naik dari Leuwi Panjang

    • ada… naik dari Bekasi turun di Manggarai atau Jatinegara lalu naik KRL yang ke arah Bogor. Turun di stasiun Bogor

    • 1 orang 14-15 ribu saja. Kalau pakai kendaraan, mobil Rp. 30.000 ditambah tiket sesuai jumlah penumpang mobil

      • hatur nuhun pak. Blm sempet berangkat ga kebagian tiket kereta dari sukabumi hehe penuh terus sampe rabu. Kebagian kamis. Rekomendasi tempat raosen dong pak sekitaran bogor kota, kanggo niis (taman-taman) / wiskul murah meriah. Mau maen-maen doang berangkat subuh, pulang magrib ngikutin jadwal kereta, blm ada tujuan sementara baru mau ke KRB. Diantos waleran na

        • Kang/Teh…

          1. KRB saja butuh lebih dari sehari buat diputari, jadi kalau cuma sehari, cukup disini aja kang/teh.
          2. Buat tambahan, yang dekat dengan sekitar KRB, bisa coba
          Laksa Gang Aut . Lokasi di Jalan Suryaencana
          Bir Kocok. Deket Gang Aut
          Museum Etnobotani deket pintu 2 KRB di Jalan Juanda
          Taman Kencana , juga nggak jauh dari KRB.. jalan kaki juga bisa

  6. Nuhun pak infonya sangat membantu, sy org bandung yg udh ti ggal di lampung 25 thn, suami hoyong terang bogor, berangkattttt

  7. Pak,w mau maik ke kebun raya bogor besok, kalau dari setasiun bogor naik angkot, gerbang yang buka di hari minggu di mana nya pak, mohon info ..

    • Biasanya semuanya buka. Tapi kalau naik angkot cari yang melewati Jalan Pajajaran dari depan stasiun biasanya yang ke arah Baranangsiang dan dari situ bisa masuk dari Pintu no 3 dan 4. Sudah pasti buka.

  8. Malam mas, tolong minta penjelasan dari terminal baranangsiang ke stasiun paledang naik angkot apa, dan dari stasiun paledang ke mall btm dengan jalan kaki lewat mana.. terima kasih sebelumnya:))

    • Kalau dari Terminal Baranangsiang naik saja angkot 03 Merah. Nanti rutenya akan melewati

      1. BTM (Bogor Trade Mall)
      2. Baru kemudian lewat Paledang

      Jadi kalau Meitya menginap di Paledang, Sahira Butil ya? tinggal jalan kaki ke arah sebaliknya saja.

      Mudah kok.. BTM pasti akan terlihat kalau naik angkot 03 dari Terminal

  9. Assalammualaikkum pak
    Makasih udah dikasih tw rutenya, besok saya ada kuliah umum di Museum Zoologi
    Biasanya dianter bapak, tapi mau jalan sendiri naik CL dan jadi kepo juga sama tempat menarik yg bapak deskripsiin di naskah

    • Maaf baru bisa balas komentar. Sedang tugas di luar kota.

      Semangat.. mudah kok ke Bogor. Hitung-hitung bertualang.. enjiy Bogor yah

  10. Halo, terima kasih infonya pak.
    Saya lagi pengen jalanjalan ke bogor, kira2 kalau melalui rute tsb jalan kaki sendirian aman kah pak utk perempuan? Belum lagi kalo pemandangan kanan-kiri cakep biasanya saya suka foto2in, mohon infonya pak, terima kasih

    • Aisyah..

      Aman kok.. bahkan sangat aman. Jalur ini memang jalur umum yang dipergunakan banyak orang kalau tidka mau naik angkot ke Kebun Raya Bogor. Setiap hari ramai dengan orang yang lalu lalang dan merupakan daerah perkantoran.

      Selamat jalan-jalan di Bogor yah..:D

  11. Terima kasih tulisannya.
    Tadi udah ngikutin dan alhamdulillah nyampe. Walaupun harus berjalan lagi sampe pintu utama krn pintu 2 benar2 gak dibuka..
    Danke so much… ?

    • Kebun raya bogor dan Istana Bogor berada dalam satu kawasan. Tetapi, yang bisa didatangi umum adalah Kebun Raya Bogor. Pengunjung tidak bisa masuk ke Istana Bogor dan hanya bisa melihat bagian belakangnya dari Kebun Raya Bogor.

  12. Wisata Kebun Raya Bogor Destinasi Wisata yang sangat menarik,,,Next Trip liburan kesana.

    • Transit. Bisa di Jatinegara bisa di Manggarai kalau dari Bekasi. Saya saran di Manggarai saja transitnya. Baru lanjut dengan CL ke Bogor

  13. Kalau dari stasiun sudirman (dukuh atas) ke stasiun bogor itu bagaimana ya.? Apakah bisa langsung dr stasiun sudirman atau harus ke manggarai dulu.? Jika bisa dari stasiun sudirman biasa paling pagi jam berapa ya.? Terimakasih…

    • Bisa langsung ke Bogor kang.. ada CL dari Jatinegara ke Bogor yang lewat stasiun Sudirman.

      Bisa lihat bagian jadwal di web ini kang…saya tidak hapal bgt ttg jadwal kereta tapi ada artiekl tentang jadwal CL

  14. ada penginapan gak yaa disekitar istana bogor? wisata kuliner dsekitar istana bogor apa aja? terakhir kali ke istana bogor wkt SD wkt study tour..skrg mw jalan2 lagi kesana…makasi buat infonya mas

    • Banyak Lena. Kalau penginapan bisa coba Elsana Transit Hotel di Jalan Swojajar, dekat dengan Istana Bogor dan juga dengan wilayah kuliner. da Wisma Sudirman di Jalan Sudirman, jalan utama di Kota Bogor.

      Wisata kuliner dekat Istana Bogor, banyak sekali. Ada Taman Kencana yang merupakan wilayah kuliner dengan Makaroni Panggng, Rumah Cupcake, Kedai Kita (Pizza Kayu bakar). Lalu ada Kalan Suryakencana kalau suka dengan kuliner tradisional dan pinggir jalan. Lalu dekat dengan Jalan Sudirman dan Sawojajar.. semuanya dalam kisaran 1-2 kilometer saja dari Istana Bogor. Jalan kaki juga sampai. Tinggal pilih yang mana disuka.

  15. Lapor, infonya bagus. Sayangnya sekarang pintu Samping kantorpos ditutup, yg dibuka pintu berikutnya lagi. Diarahin sama yg penjual deket pintu 2, ngikutin pager aja. Lumayan……

    • Nuhun..makasih..saya akan tambahkan informasinya segera

      Update : Tadi langsung menuju ke lokasi dan setelah berbincang-bincang, dapat informasi tambahan bahwa Pintu 2 ini hanya dibuka pada hari Minggu saja.

    • Lurus saja ke arah yang sama dengan Mapolwil. Jangan Masuk ke Mapolwilnya. Ikuti saja trotoar yang ada di depan Mapolwil. Nanti akan langsung ketemu perempatan Jalan Juanda dan Papan Informasi Turis. Dari situ sudah kelihatan pekarangan Istana Bogor

  16. Q anak madiun, pgn bgt liburan di kebun raya bogor… thanks bgt bgt buat artikelnya sangat membantu.. btw ..skrg hrga tiket masuknya brp yach..???

    • Suka yang mana, tradisional atau modern. Kalau yang tradisional bisa coba es sekoteng, laksa, atau doclang. Bisa juga sop buah pak ewok.

      Kalau yang modern, bisa ke Macaroni Panggang atau Rumah Cupcakes

  17. Bogor memang terkenal dengan berbagai macam tujuan wisata, dan permintaan tamu dari luar jawa ataupun malaysia juga banyak yang ingin datang ke bogor. cuma kadang macetnya itu bikin malas, tamu jadi Bete ..

    Tour jalan kaki sepertinya ide yang bijak untuk menikmati tempat wisata di sekitar kota bogor

    • Rasanya memang begitu mas. Waktu yang terbuang lebih baik dipakai untuk melihat-lihat sekeliling Bogor yang tidak kalah menarik

      Terima kasih sudah berkunjung mas

  18. Bogor salah satu kota yang rajin saya kunjungi.. tetapi cuma satu yang saya sebal jika ke sini. Lautan angkotnya tidak pernah surut… jarak yang pendek jadi sangat lama karena harus nungguin mereke ngetem..

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.