Pintu Masuk Kebun Raya Bogor

Pintu Masuk Kebun Raya Bogor di sebelah mana? Kalau bawa mobil, masuknya lewat mana?

Itu dua pertanyaan yang bukan sekali dua diterima oleh saya kalau kebetulan sedang berkeliaran di sekitar tempat ini.

Rupanya, ketiadaan petunjuk bagi turis atau wisatawan memang membingungkan. Terutama bagi mereka yang membawa kendaraan.

Jadi, kali ini, saya akan coba memberikan sedikit informasi yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda kalau hendak berwisata ke Kebun Botani ini.

Sebelum menjelaskan tentang ke 4 Pintu Masuk Kebun Raya Bogor, ada baiknya Anda mengingat 2 hal ini. Hal ini perlu diperhatikan terutama bagi yang berniat membawa mobil ke dalam tempat tersebut.

Tiga hal itu adalah

  • Hari Senin – Sabtu : Mobil diperkenankan masuk
  • Hari Minggu : Mobil tidak diperkenankan masuk
  • Sepeda Motor harus diparkir dan tidak diperkenankan dibawa masuk ke dalam Kebun Raya Bogor
  • Tarif masuk mobil adalah Rp 30.000.-/mobil ditambah dengan jumlah penumpang yang ikut masuk
  • Tarif Parkir Sepeda Motor Ro. 5.000.-/motor

Nah, setelah itu maka perhatikan yang berikut ini.

4 Pintu Masuk Kebun Raya Bogor

Ya. Kebun Botani yang berdiri tahun 1817 ini memiliki 4 buah gerbang masuk yang ada di 4 penjuru mata angin, Utara, Timur, Selatan, Barat.

Hal ini untuk memudahkan pengunjung memasuki dari arah manapun mereka datang.

Meskipun demikian pada saat-saat tertentu atau hari tertentu, sebagin pintu tidak diaktifkan

1. Gerbang / Pintu Masuk Utama

Letaknya berada di sebelah Utara tepatnya di ujung Jalan Juanda. Lokasinya tepat di pertigaan pertemuan jalan tersebut dengan Jalan Otto Iskandardinata dan Jalan Suryakencana.

Bentuknya seperti di bawah ini

Pintu Masuk Kebun Raya Bogor
Gerbang Utama

Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan atau sudah memarkirkannya di tempat lain, Anda bisa memasuki Kebun Raya Bogor melalui gerbang utama ini.

Bangunannya cukup unik dan enak dipandang.

Pintu 1 Kebun Raya Bogor 1

Di sebelahnya terdapat Pintu 1 Kebun Raya Bogor bagi Anda yang ingin membawa kendaraan ke dalam. Hanya saja, pada hari Minggu gerbang ini akan tutup.

Begitu pula kalau ada acara tertentu, maka gerbang akan ditutup.

Bila Anda berkendara dengan sepeda motor, bisa memasuki melalui pintu ini. Lahan parkir akan berada tidak jauh dari loket.

Bagian Kebun Raya yang terdekat dari Gerbang ini adalah Monumen Lady Raffles, Patung Lembu Nandi, Danau Gunting, Musem Zoologi.

Semuanya sudah ditulis di Lovely Bogor. Silakan klik tulisan Kebun Raya Bogor di akhir artikel.

2. Pintu 2 Kebun Raya Bogor

Pintu Masuk Kebun Raya Bogor
Pintu 2 Kebun Raya Bogor

Pintu 2 Kebun Raya Bogor terletak di sebelah Barat, masih di Jalan Juanda Bogor. Letaknya berada di samping Kantor Pos Bogor yang juga sebuah cagar budaya.

Untuk lebih jelasnya mengenai Kantor Pos Bogor silakan simak Kantor Pos Bogor – Siapa Nyana….

Pintu ini dibuka di hari Minggu. Hari Sabtu loket ini tidak beroperasi.

Sementara itu, Pintu 2 yang lama sudah tidak diaktifkan sebagai pintu masuk.

Pintu Masuk kebun Raya Bogor
Pintu 2 Lama

Lokasi menarik terdekat dari pintu masuk Kebun Raya ini adalah Danau Gunting tepat di belakang Istana Bogor, Pemakaman Belanda Kuno dan Taman Teijsman.

Semua sudah ada artikelnya di Lovely Bogor.

3. Pintu 3 Kebun Raya Bogor

Terletak di seberang Taman Perlintasan Bogor, di pertemuan antara Jalan Pajajaran dengan Jalan Jalak Harupat.

Kalau Anda belum tahu seperti apa taman itu, silakan baca Taman Perlintasan Bogor – Taman B O G O R

Pangrango Plaza akan berada persis berhadapan dengan pintu ini.

Bentuknya seperti di bawah ini

Pintu Masuk Kebun Raya Bogor
Pintu 3 Kebun Raya

Pintu ini buka Senin hingga Minggu bagi pengunjung yang berjalan kaki.

Ini pintu masuk Kebun Raya bagi yang berkendara dengan mobil pada hari Senin hingga Sabtu. Pada hari Minggu pintu ini akan tertutup bagi mobil.

Lokasi menarik terdekat adalah Taman Lebak Soedjana Kassan, Rumah Anggrek dan Jalan Astrid.

Silakan baca artikel mengenai tempat-tempat tersebut di Lovely Bogor.

4. Pintu 4 Kebun Raya Bogor

Pintu 4 sangat menarik bentuknya. Bangunan ini mirip sekali dengan Monumen Lady Raffles.

Pintu Masuk Kebun Raya Bogor
Pintu 4 Kebun Raya Bogor

Letaknya di Jalan Pajajaran dan berseberangan dengan Kampus IPB Baranangsiang. Lokasinya dekat dengan Tugu Kujang.

Selain itu, pintu ini juga terhubung dengan Terowongan Penyeberangan Orang yang melintasi Jalan Pajajaran di bagian bawah.

Pintu 4 adalah Pintu Khusus Pejalan Kaki.

Lokasi menarik terdekat adalah Taman Astrid dan Kolam Astrid dimana terdapat Teratai Raksasa.

Nah, itulah ke 4 Pintu Masuk Kebun Raya Bogor.

Semoga bermanfaat.

26 COMMENTS

  1. Kang mau tanya,
    Kl masuk dr pintu 1 spot yg menarik yg bakal kami temui itu ada apa saja ya kang?
    Lalu lebih ideal dr pintu manakah masuknya kang?
    Saya menggunakan kendaraan umum.
    Trimakasih sebelumnya

  2. Mau tanya, kalau setelah hari lebaran tanggal 25-26 juni 2017. Kebun raya bogor buka lagi kapan ya kira kira ??
    Sebelumnya terima kasih 😊

    • Kalau ga salah hari kedua lebaran juga sudah beroperasi.. jadi tgl 27 lah sudah bisa dikunjungi

      • Tp untuk hari rabu tgl 27 besok mobil sudah boleh masuk apa masih hitungan hari libur?
        Terima kasih

        • Tanggal 27 seharusnya sudah bisa masuk karena bukan hari libur. Tetapi, entah kalau ada kebijakan dari pengelola kalau dianggap cuti nasional sama dengan libur panjang

  3. Henry Lalong Tana

    Dulu kami pernah masuk bawa mobil ke dalam Kebun Raya; maksudx… mobil kami dipake jg utk wara-wiri dr spot yg satu ke spot yg lain. Nah, apakah di hari Senin-Jumat, hal tsb sekarang masih boleh/bisa dilakukan ? (wara wiri pake mobil pribadi di dalam Kebun Raya)… Tks atas infonya

    • Hari senin sampai sabtu boleh kok Mas… Itu peraturannya. Asal bukan hari libur yah, kayak nanti pas lebaran itu tidak boleh masuk. Tapi kalau hari biasa, mobil bisa masuk dan wara wiri di dalam. Tarifnya permobil 30 ribu ditambah karcis untuk penumpangnya Rp 14 ribu per orang.

      • Kalau mobil ga boleh masuk, parkirnya dimana ya mas?

        • Di dekat gerbang utama ada beberapa gedung yang menyediakan lapangan parkir dan biasanya pwtugas parkir mrk paham bahwa pengunjug kebung raya butuh. Jadi bisa parkir disana…

          Bisa juga parkir di botani square mall dan jalan sedikit ke krb

  4. Kalo mau berkunjung ke Museum Zoologi ga dalam rombongan, maksudnya sendirian aja bisa tidak ya?
    Lalu, pintu masuk terdekat dgn Museum Zoologi dimana ya?

    • Bisa banget… Museum Zoologi terbuka untuk umum. Sendirian atau rombongan tidak masalah. Saya sering masuk kesana sendiri kok.

      Pintu terdekat adalah Pintu Utama (Pintu I) yang ada di depan Pasar Bogor. Setelah masuk, pas perempatan di depan danau Gunting, belok ke kiri lalu di depan sebuah rumah kuno (Treub Laboratorium) ada jalan kecil ke arah kiri, ikuti saja jalan itu karena langsung mengarah ke museum. Tidak bayar karena sudah termasuk dalam tiket Kebun Raya

  5. kelihatannya repot juga ya kalau pakai mobil pribadi datang hari minggu bawa orang tua pakai kursi roda. kira2 dimana parkir yg lebih dekat ke pintu masuk ya mas?

    • Kalau hari Minggu, parkirnya justru tidak bisa di dekat Kebun Raya, harus di pinggir jalan atau Botani Square atau IPB. Dari situ malah harus berjalan lumayan jauh.

      Tidak ada tempat parkir di Kebun Raya Bogor dna biasanya mobil diparkir di gedung-gedung sekitar, pinggir jalan, atau di Mall terdekat

  6. Sepertinya repot juga ya mas kalau datang hari minggu bawa orang tua pakai kursi roda. Sebaiknya kalau bawa mobil nanti tempat parkir mana yang lebih dekat kepintu masuk?

    • Betul Lisa… lebih baik hari Sabtu atau hari kerja karena mobil bisa masuk dan berkeliling.

      Pintu masuk yang bisa dilewati mobil adalah Pintu III (Depan Pangrango Plaza di Jalan Pajajaran) dan Pintu Utama (dekat Pasar Bogor).

      Tidak perlu diparkir karena mobil bisa dibawa berkeliling di dalam Kebun Raya di hari sabtu atau hari Kerja. Lebih enak kalau bawa orangtua berkursi roda.

  7. Siang Pak, ada yg mau saya tanyakan krn rencana nya tgl 22 januari nanti saya akan kesana beberapa orang tmn, saya berencana naik kereta dari tangerang.
    1. dari statiun bogor ke pintu masuk KRB kalo jln kaki kira2 brp lama?
    2. kira2 tmpat yg cukup untuk memungkinkan saya dan rombongan berkumpul di sana itu lokasinya dmn yah pak?
    Terimakasih Pak Anton.

    • 1. Bisa lihat di menuju kebun raya berjalan kaki dari stasiun Bogor

      2. Tenang saja, banyak kok tempat yang sesuai. Tergantung jumlahnya. Cuma kalau mau cari yang lapang banget bisa lihat di Taman Astrid.

      Kalau mau lihat-lihat tempat silakan klik menu kebun raya.. sudah cukup banyak tulisan tentang itu sekaligus foto-foto untuk pertimbangan

  8. Kalo Senin 2 jan 2017 besok…. apakah mobil bisa parkir di dalam. Maklum khawatir msh dianggap hari libur/minggu
    T. Kasih
    Salam

    • Kalau hari libur biasanya tidak bisa diparkir di dalam mas. Tanggal 2 masih libur jadi sepertinya tidak bisa.

  9. Membaca artikel ini saya jadi menginginkan 3 hal Pak :

    1. Ingin Berkunjung ke Kebun Raya Bogor, dengan catatan ” nginep dirumah Pak Anton ” heheh ( bcanda )

    2. Ingin Memiliki Alat untuk Memfhoto, sebab apa yang kita jepret bisa menjadi tulisan yang menarik bagi saya.

    3. Ingin Menulis apa yang ada di kota sendiri, jadi sambil jalan – jalan sambil mencari ide tulisan yang berasal dari hasil jepretan sendiri.Pasti lebih asyik

    • Tul kang.. dengam begitu kita bisa memperkenalkan kota kita kepada orang lain

  10. Saya ingin masuk mell pintu utama. Kalau saya keluar tol bogor arah baranangsiang belok kanan. Setelah itu apakah saya harus belok kiri setelah KFC atau masih lurus? Terimakasih

    • Sekarang sudah tidak bisa lurus lagi Wulan karena semua kendaraan di depan KFC harus belok kiri.

      Tenang saja ikuti saja arus kendaraan dan nanti sampai kok ke Pintu Utama Kebun Raya. Letaknya di pertigaan dan di sebelah kanan kalau dari arah KFC

  11. Kalau minggu mau bawa mobil jadinya parkir dmn ya? Apa parkir yang di pinggir2 jalan itu legal dan aman?

    • Masuk ke BOtani Square mall saja om.. Jangan di jalan. Di sekitar kebun raya tidak diperkenankan parkir dan tidak legal.

      Atau bisa parkir di IPB juga. Lebih aman.

LEAVE A REPLY