Perpustakaan Daerah Kota Bogor

Buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya. Pepatah lama yang sering didengungkan untuk memotivasi kebiasaan membaca orang Indonesia.

Kalau buku dianggap sebagai gudang ilmu, maka sebuah perpustakaan bisa disebut sebagai gudang dari gudangnya ilmu. Pada sebuah perpustakaan lazimnya akan terdapat ribuan buku yang penuh dengan berbagai informasi dan pengetahuan.

Dalam sebuah masyarakat yang sudah maju, biasanya tempat ini merupakan sebuah tempat yang akan ramai dikunjungi orang. Mereka akan bergegas mencari ilmu yang ada dalam setiap lembar kertas yang tertulis dalam buku-buku didalamnya.

Sayangnya tidak demikian dengan apa yang terlihat di Perpustakaan Daerah Kota Bogor.

Dua hari yang lalu, dalam rangka menggali kembali berbagai sumber yang berkaitan dengan Bogor, Lovely Bogor mampir (kembali) ke tempat ini. Situasinya belum berubah dibandingkan kunjungan sebelumnya. SEPI. Hanya ada 3 orang yang datang ke ruang baca. Padahal hari tersebut masih merupakan hari libur setelah Lebaran dan belum ada kegiatan persekolahan.

Lokasi Perpustakaan Daerah Kota Bogor

Perpustakaan Daerah Kota BogorPerpustakaan Daerah Kota Bogor terletak di dalam kompleks Gelanggang Olahraga dan Remaja atau GOR Pajajaran. Meskipun alamatnya berbeda dengan alamat GOR, yaitu Jalan pemuda no 2, tetapi bangunan ini masih berada dalam kompleks GOR yang terletak di depan Pabrik Ban Good Year tersebut.

Untuk menuju ke tempat ini bisa mempergunakan angkot no 07 Merah dari arah Stasiun Bogor atau 07 dan 08 Biru yang mengarah ke Bojong Gede.

Dari depan pintu gerbang GOR, berbeloklah ke kiri dan akan terlihat spanduk lama bergambar Ibu Ani Yudhoyono dengan slogan untuk membudayakan kebiasaan membaca.

Suasana dan Kondisi Perpustakaan Daerah Kota Bogor

Perpustakaan Daerah Kota BogorSederhana tetapi terawat dengan baik. Terdapat beberapa ruang, seperti ruang kantor, meja esepsionis dan juga ruang baca.

Buku-buku aset Perpustakaan Daerah Kota Bogor ini diletakkan dalam ruang yang sama dengan ruang baca di atas rak-rak besi. Ada juga yang diletakkan pada lemari kayu.

Untuk membaca, para pengunjung bisa memanfaatkan meja baca dari kayu dan kursi besi dalam ruang berpendingin udara.

Tidak mewah tetapi fungsional dan terlihat perawatan yang dilakukan petugas sangat baik sehingga pengunjung akan nyaman untuk membaca. Meskipun lokasinya tidak seberapa jauh dari Jalan Pemuda yang sibuk, suasana di dalam ruang baca sangat tenang.

Terdapat juga ruang anak-anak yang terpisah dengan ruang baca utama. Mereka bisa membaca dalam ruang tersebut sehingga tidak mengganggu pengunjung yang lain di ruang utama.

Loker untuk mennyimpan tas pengunjung tersedia di dekat meja resepsionis. Petugas yang melayani juga sangat komunikatif dan membantu pengunjung.

Koleksi buku Perpustakaan Daerah Kota Bogor

Perpustakaan Daerah Kota BogorKalau coba diduga jumlahnya, kira-kira ada 3000-4000 buah buku terpajang pada rak-rak tersebut.

Berbagai jenis buku mulai dari filsafat, sejarah, dan juga novel tersusun rapi. Banyak dari buku tersebut keluaran baru dengan tema-tema populer, termasuk diantaranya novel untuk remaja dan dewasa.

Setiap buku terlihat disusun berdasarkan tema dan juga diberi nomor khas pencatatan ala perpustakaan.

Tidak besar. Tidak Mewah. Tetapi terawat rapi dan nyaman bagi pengunjung yang memang ingin membaca dan mencari informasi.

Sayangnya…

Ya, sayangnya itu. Pengunjungnya tidak banyak.

Perpustakaan Daerah Kota BogorSetelah beberapa kali berkunjung ke tempat ini, tidak pernah terlihat penuh dengan orang yang membaca. Jumlahnya sering bisa dihitung dengan jari tangan saja. Padahal tempat di sekitarnya sering ramai dengan kedatangan remaja yang hendak beraktifitas, entah berlatih bela diri atau berolahraga.

Mungkin gedung Perpustaan Daerah Kota Bogor saja yang paling sepi dibandingkan bagian lain dari kompleks GOR tersebut.

Apakah memang budaya membaca sudah surut di kota hujan ini? Ataukah memang buku sudah tidak lagi menjadi gudang ilmu dan digantikan oleh internet? Padahal Lovely Bogor sendiri datang kesini untuk mencari bahan dan informasi yang akan dipakai membuat tulisan, yang tentunya kemudian akan dikonsumsi oleh pembaca lewat internet. Alasannya karena masih banyak hal yang tidak bisa ditemukan via internet dan hanya bisa ditemukan dalam buku.

Ataukah tempat ini sudah tidak terlalu menarik bagi kalangan muda kota ini? Semoga bukan semua itu dan mungkin karena saat Lovely Bogor datang memang pengunjung belum berdatangan karena kesibukan saja.

Catatan : pengunjung dapat menjadi anggota Perpustakaan Daerah Kota Bogor dengan menyerahkan fotokopi KTP disertai dengan 2 buah pas foto. 

34 COMMENTS

  1. Pa kalau mau kesana dari stasiun bogor bisa naik angkot gak? Kalau bisa, turun dimana? Terimakasih pa

    • Pakai angkot no 07 Merah Hana.. turun di GOR Pajajaran..

  2. pak sekarang masih buka gak??
    bayar gak sih kalau ke sana?

    • Buka.. nggak perlu bayar kok

  3. Ada bayar bayarnya ga yah pa? 😅

  4. Untuk sekarang apakah masih beroperasi pak tempat tersebut?

    • Masih Riyanda…sesekali saya masih kesana

  5. anggun fitriyani

    Pak kalu minggu buka ga yah

    • Tutup Anggun.. hanya beroperasi dari Senin sampai Sabtu saja. Sabtu juga setengah hari

  6. Baru tau kalo di Bogor ada perpustakaan.Pak bukunya kumplit gak saya mau belajar bikin flim ada gak yah bukunya hehe

    • Haduh.. pertanyaan yang tidak bisa saya jawab. Hahahaha… soalnya terus terang saya tidak hafal buku-buku apa saja yang ada disana.

      Lebih baik Widi pergi langsung saja kesana. Lumayan banyak bukunya.

  7. Annisa purwaningtyas

    Ada buku tentang jurnalistik?

    • Waduh, saya tidak bisa jawab Dik. Tidak hapal secara keseluruhan tentang apa yang ada disana.

      Lebih baik datang langsung berkunjung kesana saja.

  8. kalau jam operasionalnya ada informasinya? saya baru tau dibogor ada perpustakaan umum terimakasih info inisangat membantu bagi saya seorang perantau.

    • Jam kerja mas.. sekitar jam 8 pagi hingga jam 4 sore..

      Kalau hari Sabtu sampai jam 12-13.00 saja

      Semoga bermanfaat ya mas

  9. Ada buku tentang akuntansi pak?
    Saya blm jd anggota tp rencana mau pinjam beberapa buku hr selasa ini, apakah proses menjadi anggota bisa kelar dlm 1 hari?

    • Kalau sepengetahuan saya tidak ada buku akuntansi dik.

      Bisa cek langsung dengan petugas disana. Tetapi sepertinya mmembutuhkan waktu lebih dari satu hari untuk memproses kartu anggotnya

      • Anastasia Putriandi

        Sekarang, untuk memproses kartu anggota perpustakaan kota Bogor, cukup 5 menit. Tidak usah bawa pas foto,karena akan difoto langsung pakai komputer seperti membuat KTP. Cukup bawa ktp saja. Until anak-anak usia praseekolah cukup membawa kartu keluarga saja.

        • Terima kasih Anastasia buat tambahan infonya

  10. pak ada jaringan internetnya kah?terimakasih

    • Kelihatannya tidak ada.. Mau baca buku atau main internet nih.

      Belum seperti di luar negeri dimana perpustakaan dilenagkapi internet, yang ini sepertinya belum ada.

  11. Representatif ga Pak utk kunjungan siswa/i kls 1 SD?

    • bisa bu… menurut saya segala umur.. cuma untuk kelas 1 SD, masuk bagian anak-anak saja..

  12. Buku Komputer ada gak Pak??

    • Kayaknya kurang mas.. kebanyakan novel..

  13. Muhamad Syamsul

    Pak kalo pelajar SMA yang belum punya KTP bisa jadi anggita ga..?

    • pake kartu pelajar aja

  14. apa sampai sekarang perpustakaan umum ini masih di buka? lalu, apa buku disana boleh di pinjam pak?

    • Masih .. masih buka.

      Kalau untuk dipinjam harus jadi anggota dahulu. Buat kartu anggotanya tidak susah kok tetapi butuh pas foto. Silakan langsung ke lokasi menyenangkan kok

  15. kalau KTP-nya kabuten bogor bisa jadi anggota kah?

    • Seharusnya boleh. Silakan cek langsung dengan petugasnya disana kang..

LEAVE A REPLY