Roti Bogor PermaiRoti Bogor Permai, hingga kini, masih merupakan buruan para wisatawan yang datang ke Kota Hujan. Di akhir pekan, antrian pengunjung yang menunggu giliran membeli roti manis ini seperti tidak kunjung berhenti.

Pemandangan seperti ini memang akan selalu terlihat di outlet mereka di Jalan Sudirman Bogor. Jarang sekali sepi, terutama pada hari libur. Para pelancong yang berwisata ke Bogor seperti merasa tidak lengkap sebelum membeli salah satu oleh-oleh khas kota hujan ini.

Roti Bogor Permai, Legenda Roti Manis Bogor

Roti Bogor PermaiBisa dikata demikian.

Walau mungkin banyak yang tidak menyadari, di tengah gempuran berbagai jenis jajanan khas Bogor yang lebih modern, Roti Bogor Permai tetap menjadi incaran dan buruan para pengunjung.

Bentuknya sendiri, ya mirip roti biasa.

Bahkan, kalau boleh disebut agak ketinggalan zaman dibandingkan Breadtalk, Magic Oven, atau penganan yang lebih kekinian lainnya. Tidak ada tampilan “cantik” dan “manis” ala style roti masa kini.

Harap dimaklum, roti Bogor Permai sendiri sudah ada sejak 53 tahun yang lalu. Toko Roti Bogor Permai lahir di tahun 1963.

Pada masa itu, tentunya gaya roti masihlah sederhana dibandingkan saat ini. Jadi kalau soal bentuk, roti BP, nama singkatannya di kalangan warga Bogor, masih mengikuti konsep awalnya.

Sederhana.

Roti Bogor PermaiMeskipun demikian, kalau bicara soal rasa, antrian pengunjung seharusnya sudah menunjukkan sesuatu hal yang jelas.

Enak.

Rotinya sendiri tidak lembut seperti roti kekinian lainnya. Cenderung agak “kasar” mirip dengan roti-roti tradisional. Kulit bagian atas cenderung coklat tua , bukan muda seperti saudaranya di masa sekarang dan renyah.

Cenderung agak padat dan mengenyangkan . Makan satu saja sudah cukup membuat perut tahan lapar selama beberapa jam ke depan.

Kalau soal isi dan topping, variasinya sudah lebih banyak dibandingkan dengan dulu, tetapi juga tidak terlalu beragam dan aneh-aneh kalau memakai tolok ukur roti masa kini. Coklat, keju, sosis adalah beberapa jenis diantaranya sekaligus yang menjadi jenis favorit pembeli.

Selain itu, saya sarankan juga untuk mencoba roti keset dan gambang. Dua jenis roti tradisional lainnya yang merupakan ciri khas BP.

Roti Bogor PermaiNah, mengapa Roti Bogor Permai adalah legenda? Setelah lebih dari 50 tahun, roti Bogor Permai tetap eksis, dan tetap menjadi buruan, tidakkah hal tersebut menunjukkan sesuatu?

Sudah pasti.

Kualitas rasa yang terjaga membuatnya masih mampu terus bersaing dengan para pendatang baru di dunia per-rotian Bogor. Tdak menggunakan bahan pengawet merupakan keunggulan lainnya.

Belum lagi pada kenyataan, rotinya selalu fresh dari oven. Karena biasanya roti yang di etalase cepat sekali habis, mereka terus menerus berproduksi dan otomatis kesegaran roti terjaga. Tidak ada roti yang merupakan simpanan produksi hari sebelumnya.

Sesuatu yang mungkin menyebabkan tempat ini masih akan terus menjadi salah satu pemain utama hingga beberapa puluh tahun ke depan.

Restoran Bogor Permai

Restoran Bogor Permai

Bogor Permai bukan hanya roti.

Banyak juga pengunjung Bogor yang mengingat hal lain tentang tempat ini tetapi bukan rotinya. Mereka teringat pada kelezatan ayam goreng dan Longtong Cap Go Meh nya.

Memang demikian adanya.

Bogor Permai adalah trademark yang dipakai untuk sebuah usaha yang terdiri dari outlet roti dan juga restoran kecil.

Rupanya pendirinya melihat peluang bahwa selain oleh-oleh, tentunya para pengunjung Bogor juga akan merasa lapar. Oleh karena itu, memanfaatkan ruang di lantai yang sama, disiapkan lah sebuah restoran kecil.

Disana mereka bisa menikmati santapan berbagai jenis makanan, mulai dari yang bercita rasa Eropa, hingga Timur.

Salah satu yang menjadi favorit hingga saat ini adalah ayam gorengnya, yang gurih, agak manis dan renyah. Nyummy!

Juga kalau mau yang sedikit unik adalah Lontong Cap Go Meh nya, yang walaupun perayaan etnis tionghoa tidak dilakukan setiap tahun akan tetap ada di daftar menunya.

Outlet Bogor Permai

Bagian Dalam Bogor PermaiBogor Permai terletak di jalan Sudirman no 23 Bogor dan hingga saat ini masih berada di lokasi yang sama.

Beberapa outlet kecil penjual roti bisa ditemukan di beberapa tempat seperti Botani Square, tetapi tempat utamanya masih di salah satu sudut jalan utama di Kota Bogor ini.

Tempatnya nyaman dan ber-AC. Renovasi terakhir membuatnya sedikit lebih modern meskipun bentuk bangunan tidak banyak berubah.

Generasi ke-3 dari pemiliknya rupanya menyadari bahwa beberapa bagian perlu disesuaikan untuk tetap dapat mempertahankan bisnis ini.

Lahan parkirnya cukup menampung sekitar 40 mobil, meskipun harus berbagi dengan pengunjung Gedung Wanita, salah satu gedung pertemuan tua yang sering dipergunakan untuk hajatan.

Bagi yang ingin mengadakan pertemuan pun, bagian atas Bogor Permai pun disewakan untuk kegiatan seperti itu. Memang lebih sempit dan sederhana dibandingkan gedung pertemuan baru tetapi cukup nyaman untuk dipergunakan.

Outlet Bogor Permai

Kalau Anda ke Bogor, saya rasa Bogor Permai, dengan roti manisnya, ayam goreng, dan juga lontong Cap Go Mehnya perlu menjadi pertimbangan sebagai sebuah tempat yang harus dikunjungi.

Alamatnya

Bogor Permai

Jalan Sudirman No 23

No Telpon : 0251-8321115,8360717

Cara Menuju Bogor Permai

  • Dari Stasiun Bogor : pergunakan angkot no 12 Merah dengan trayek Cimanggu. angkot ini akan berhenti tepat di depan lokasi
  • Dari Terminal Baranangsiang : pergunakan angkot no 03 Merah dan berhenti di halte seberang Stasiun Bogor. Lalu lanjut dengan angkot no 12 Merah dari depan stasiun
  • Dari Cibinong/Citeureup : pergunakan angkot no 08 Biru ke arah Pasar Anyar. Angkot akan berhenti di depan BP
  • Dari arah Parung/ Salabenda : pergunakan angkot no 16 merah dan berhenti tepat di depan BP

2 COMMENTS

  1. Hebatnya Bogor Permai masih bertahan ditengah derasnya gempuran gerai-gerai baru yang relatif lebih modern, sementara pesaing seangkatan seperti Lautan dll sudah punah…

    • Yoi bro… itu hebatnya..

LEAVE A REPLY