Tempat Wisata Budaya Kota Bogor
Istana Bogor

Yuk, jangan hanya berwisata kuliner kalau ke Kota Bogor.

Kota ini adalah sebuah kota tua yang memiliki banyak hal selain hanya berupa beragam makanan. Banyak sekali tempat wisata budaya di Kota Bogor.

Hanya, tunggu sebentar! Sepertinya masih banyak yang terlihat bingung dengan frase “wisata budaya”.

Jenis wisata apakah gerangan? Bisa dimengerti. Sangat bisa dipahami ketidakmengertian mengenai istilah yang satu ini. Istilah ini memang agak simpang siur dan banyak sekali definisinya.

Istilah Wisata Budaya

Tempat Wisata Budaya di Kota Bogor
Tugu Kujang

Entah sejak kapan kegiatan turisme atau melancong dibagi-bagi menjadi wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, dan berbagai macam istilah lainnya yang memakai kata wisata.

Kalau secara teori, maka istilah ini berarti

    • Wisata budaya adalah bepergian bersama-sama dengan tujuan mengenali hasil kebudayaan setempat (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001 : 1274).

Atau

    • Gerak atau kegiatan wisata yang dirangsang oleh adanya objek-objek wisata yang berwujud hasil-hasil seni budaya setempat: Adat istiadat, upacara agarna, tata hidup masyarakat, peninggalan sejarah, hasil seni, kerajinan-kerajinan rakyat dan sebagainya (R.S. Damardjati, 1989: 19)

Ruwet ya? Memang, itu hanyalah istilah teoritis dan kadang susah dicerna.

Bagaimana kalau kita buat lebih sederhana? Bayangkan ketika Anda melakukan “wisata kuliner”. Anda bersenang-senang dan menikmati berbagai jajanan atau penganan. Hasilnya Anda selain pulang dengan hati senang, perutnya pun kenyang. Kelezatan masakan khas Bogor akan melekat di dalam hati. Bukankah begitu?

Atau. Ketika “wisata alam” yang dijalani, Anda melepas kepenatan sehari-hari dengan memandang keindahan berbagai pemandangan alam. Bermain air di berbagai curug di Bogor. Anda sekeluarga pulang dengan beban hati yang berkurang setelah memandang panorama yang sangat memukau. Hijaunya alam dan warna-warni bunga, serta keceriaan keluarga akan terbawa dalam ingatan dan menetap disana untuk waktu yang lama.

Lalu bagaimana dengan “wisata budaya“? Sama saja. Tujuan utama melancong atau berwisata adalah relaksasi atau penyegaran bagi kita yang menjalaninya. Hanya yang dinikmati dalam jenis wisata ini berupa “seni atau kebudayaan” yang ada di tempat atau kota tersebut.

Sederhananya, wisata budaya adalah berlibur atau piknik sambil belajar dan mencari ilmu pengetahuan.

Bedanya dengan karyawisata adalah Anda sekeluarga tidak perlu membuat laporan kepada guru tentang apa yang dilihat dan dipelajari.

Anda merasa puas dengan mengetahui tentang “sesuatu” yang dalam hal ini berupa pengetahuan tentang adat istiadat, sejarah, seni dan budaya tempat yang dikunjungi.

Tempat wisata budaya

Tempat Wisata Budaya di Bogor
Senjata Masa Perang Kemerdekaan di Museum Perjuangan

Wisata kuliner menargetkan restoran, rumah makan, toko, atau warung sebagai tujuan wisatanya. Wisata alam mendorong orang untuk menuju lokasi-lokasi dimana alam masih asri dan hijau, hutan lindung, danau dan sebagainya.

Wisata budaya? Penggemar kategori melancong versi ini lebih suka mengarahkan pandangan pada museum, bangunan tua bersejarah, tempat-tempat dengan nilai historis tinggi. Sebenarnya tidak ada batasan yang jelas.

Batasan di atas hanya untuk memilah-milah saja. Tidak bersifat kaku dan sangat fleksibel. Nah, lalu mana-mana saja tempat wisata budaya di Kota Bogor?

10 Tempat Wisata Budaya di Kota Bogor

Bagi Anda penggemar wisata budaya, Lovely Bogor akan mencoba memberikan saran tentang beberapa tempat wisata budaya yang ada di Kota Hujan ini.

Tentu saja, seharusnya lokasi yang paling pertama adalah Kota Bogor sendiri. Kota ini adalah kota tua dengan tumpukan catatan sejarah melekat padanya. Hanya tentu saja, di dalamnya ada beberapa lokasi dimana kita bisa secara singkat beberapa bagian kebudayaan yang dulu ada, sekarang masih, dan mungkin akan terus ada di kota ini.

Silakan dilihat tempat-tempat ini.

1. Kebun Raya Bogor

Tempat Wisata Budaya Bogor
Kebun Raya Bogor

Bingung? Pasti.

Bukankah pengunjung kesini untuk melakukan wisata alam? Hanya 50% benar.

Pernahkah disadari bahwa Kebun Raya Bogor adalah sebuah tempat penelitian. Sudahkah Anda membaca cerita tentang sejarah panjang Kebun Botani pertama di Asia Tenggara ini? Kalau belum silakan simak Sejarah Kebun Raya Bogor – Kerjasama Antar Bangsa?

Anda akan mengerti bahwa di dalam destinasi wisata ini terkandung banyak sejarah, budaya, mitos, ilmu pengetahuan. Di dalamnya terdapat Rumah Anggrek, Monumen Lady Raffles, Patung Lembu Nandi, Taman Astrid, Makam Mbah Jepra dan masih banyak lainnya. Kesemuanya dibangun di abad dan kebudayaan yang berbeda.

Bahkan hingga saat ini, Kebun Raya Bogor adalah tetap sebuah pusat penelitian dan konservasi. Lihatlah dari nama resminya  Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor.

Di dalamnya terdapat puluhan ribu spesies tanaman yang dikumpulkan dari berbagai belahan di bumi Indonesia.

Ingat budaya bukanlah hanya sekedar tari-tarian, pakaian, dan bangunan. Adat istiadat, kebiasaan, ilmu pengetahuan, sejarah juga merupakan bagian dari kata “budaya” itu sendiri.

2. Museum Zoologi

Tempat Wisata Budaya di Kota Bogor
Tulang Belulang Mamalia di Museum Zoologi

Masih ingat tulang belulang vertebrata ini? Sebutkan nama tempatnya dan sim salabim..Anda akan berada di tempat wisata budaya Kota Bogor berikutnya.

Ya. Tepat sekali. Museum Zoologi.

Alasannya sederhana mengapa tempat ini diletakkan pada posisi no 2. Pintu masuknya berada di dalam Kebun Raya Bogor. Jadi Anda tidak perlu jauh-jauh berjalan untuk menuju lokasi wisata budaya berikutnya.

Kalau Kebun Raya Bogor adalah tempat melihat tumbuhan atau flora, maka Museum Zoologi tempat melihat satwa alias fauna.

Dengan usia bangunan yang sudah tua, hanya beberapa puluh tahun lebih muda, museum ini akan mengajarkan pada kita tentang berbagai jenis hewan yang ada di Nusantara.

Ribuan satwa yang diawetkan ditampilkan dalam berbagai diorama. Beberapa diantaranya sangat memukau seperti pertarungan hidup dan mati antara rusa dan serigala.

Ratusan spesies serangga terpampang dengan rapi. Sebagai sebuah cagar budaya museum ini juga akan memberikan pengetahuan mengenai sejarah si Kantor Bulao. Sebelas kali namanya berganti dan peranannya dalam sejarah Indonesia dan Bogor.

3. Museum Perjuangan

Tempat Wisata Budaya di Kota Bogor
Museum Perjuangan Bogor

Pamer senjata? Apakah Lovely Bogor hendak mengajarkan budaya kekerasan? Tentu saja tidak.

Sama sekali jauh dari itu. Foto di atas hanya sebagian dari peralatan yang dipergunakan oleh para pejuang Kemerdekaan Indonesia ketika melawan Belanda.

Pantas untuk mewakili apa yang bisa ditemukan di tempatnya tersimpan dan terpajang sekarang. Museum Perjuangan Bogor. Itulah nama tempatnya.

Di dalam bangunan dua lantai sederhana di Jalan Merdeka ini tersimpan banyak hal dari masa perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan.

Senapan mesin di atas hanyalah satu dari ratusan benda-benda lainnya. Terdapat uang yang dipergunakan pada masa 1945-1950. Dokumen, foto, baju yang dipergunakan para pejuang, mesin ketik dan cetak tua dan kliping koran dipamerkan dalam lemari kaca dan diorama.

Baca juga : Museum Perjuangan Bogor – Cuplikan Kisah

Walaupun tidak megah dan mentereng, tempat mana lagi yang bisa lebih cocok untuk mendapatkan informasi mengenai kegigihan para pejuang kita di masa lampau?

Sudah pasti Anda akan mendapatkan “sesuatu” dari tempat wisata budaya di Kota Bogor yang satu ini. Paling tidak sebagian kecil dari sesuatu yang pernah terjadi di kota ini.

4. Museum PETA

Tempat Wisata Budaya di Kota Bogor
Museum PETA

Berlokasi di bangunan yang usianya tidak berbeda jauh dengan Istana Bogor, berisikan berbagai diorama kisah tentang para Pembela Tanah Air berlatih, bisakah dipungkiri Museum PETA (Pembela Tanah Air) adalah sebuah tempat wisata budaya di Kota Bogor?

Jawabnya tentu saja tidak.

Tidak mungkin menyisihkan museum ini dari daftar tersebut. Terlalu banyak hal-hal terkait budaya dan sejarah dari masa lalu Bogor dan Indonesia tersimpan.

Apalagi di halaman depannya terdapat dua monumen tokoh utama yang sangat berperan bagi terbentuknya Tentara Nasional Indonesia dari masa lalu. Kedua nama tersebut, yaitu Jenderal Sudirman dan Suprijadi.

Di dalam lingkungan museum juga terdapat banyak monumen terkait dengan pembentukan sistem ketentaraan di Indonesia.

Satu-satunya hal yang membatasi publik untuk mendapatkan lebih dari tempat ini adalah untuk memasuki museum harus dalam rombongan. Selain karena penghematan biaya, kompleks dimana Museum PETA berada dalam sebuah kompleks Militer.

Museum ini bersambungan dengan Pusat Pendidikan Zeni TNI-AD. Meskipun demikian, kalau Anda berkesempatan untuk mengunjunginya, janganlah pernah dilewatkan. Anda akan mendapatkan banyak dari destinasi wisata budaya yang satu ini.

5. Museum Etnobotani

Tempat Wisata Budaya Kota Bogor
Museum Etnobotani Bogor

Manusia butuh makan. Manusia butuh rumah dan peralatan untuk menunjang kehidupannya. Itulah yang bisa ditemukan di dalam Museum Etnobotani Bogor.

Kaitan antara kehidupan manusia dalam bermasyarakat dan caranya mengelola alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, digambarkan dalam berbagai artefak yang terpajang dengan rapi disini.

Berbagai penjelasan mengenai apa dan mengapa sebuah benda diciptakan dapat ditemukan pada museum yang juga dikenal sebagai Herbarium Bogoriense ini.

Sejarah? Jangan ditanya. Museum ini masih sangat erat kaitannya dengan berbagai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari masa ke masa di Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor.

Pada masa kini, sama halnya dengan Kebun Botani tersebut, Museum Etnobotani berada di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jadi, wajar juga kan kalau Museum Etnobotani masuk dalam daftar tempat wisata budaya Bogor?

6. Prasasti Batu Tulis

Lokasi Wisata Budaya Bogor
Prasasti Batu Tulis

Bangunan tempatnya tersimpan sangat sederhana. Tertutup dari pandangan orang yang lalu lalang dan ramainya lalu lintas di Jalan Batu Tulis. Hanya dijaga dan dipelihara oleh seorang wanita tua bernama ibu Maemunah.

Isinya, tidak ternilai. Sebuah peninggalan dari hampir 600 tahun yang lalu tersimpan dalam bangunan tersebut.

Beberapa batu, satu diantaranya terukir huruf Sunda Kuno atau Sunda Kawi merupakan jejak sebuah kerajaan yang dulu pernah jaya di abad ke 11 hingga 16. Prasasti Batu Tulis.

Tempat wisata budaya Kota Bogor yang satu ini memang tidaklah menarik perhatian pelancong yang datang ke kota yang dulunya terkenal dengan talas Bogor ini.

Sayangnya, hampir sama kondisinya dengan destinasi wisata budaya lainnya, tidak banyak yang datang berkunjung.

Baca juga : Prasasti Batu Tulis – Jejak Pajajaran

Walaupun demikian, tidak berarti jabatannya sebagai tempat wisata budaya bisa begitu saja dicopot. Justru, promosi harus lebih gencar dilakukan agar generasi mendatang bukan hanya sekedar tahu namanya dari buku pelajaran saja.

7. Makam Raden Saleh

Destinasi Wisata Budaya Bogor
Makam Raden Saleh

Melukis adalah bagian dari Seni. Seni adalah bagian dari budaya dan kebudayaan.

Berziarah dan berkunjung ke makam baik orangtua atau seseorang yang dituakan adalah bentuk adat istiadat. Jadi, bukankah Makam Raden Saleh memenuhi syarat masuk dalam kategori tempat wisata budaya di Kota Bogor.

Tentu saja. Walaupun posisinya “ngumpet” diantara rapatnya perumahan penduduk di Jalan Pahlawan, banyak penggemar wisata budaya, seperti Lovely Bogor bisa menemukannya. Anda pun tentu saja bisa.

Silakan simak Makam Raden Saleh – Cagar Budaya Ngumpet bila hendak mengetahui bagaimana mencapai kompleks makam pelukis besar Indonesia pada masanya ini.

Tidak ada lagi yang perlu dijelaskan tentang siapa Raden Saleh dan perannya dalam dunia seni lukis Indonesia. Sebuah karya lukisnya pernah terjual dengan harga milyaran rupiah di Balai Lelang Christie’s. Sempatkanlah sedikit waktu Anda untuk melihat tempat ini ketika berkunjung ke Bogor.

8. Vihara Mahacetya Dhanagun atau Klenteng Hok Tek Bio

Tempat Wisata Budaya di Kota Bogor
Vihara Mahacetya Dhanagun – Klenteng Hok Tek Bio

Tempat wisata budaya yang satu ini didominasi warna merah dan berbagai ornamen yang bercirikan etnis Tionghoa atau Cina.

Usianya diduga antara 250-300 tahun. Tempat ini sudah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya Kota Bogor. Tidak bisa dipungkiri karena melihat usianya, vihara atau klenteng ini merupakan ikon masyarakat Tionghoa di Bogor.

Tempat ini juga merupakan tonggak sejarah yang merupakan awal akulturasi budaya Cina ke dalam masyarakat Bogor.

Sangat banyak yang bisa dilihat dari ornamen-ornamen bercirikan arsitektur Cina. Pahatan atau seni ukir dinding, hingga tata cara pelaksanaan ibadah masyarakat etnis Tionghoa yang bisa dilihat. Meskipun secara resmi bukan sebuah tempat wisata budaya, tetapi klenteng ini bisa dikunjungi oleh umum.

9. Istana Bogor

Tempat Wisata Budaya Kota Bogor
Istana Bogor

Hampir saja. Nyaris. Hampir saja Istana Bogor dikeluarkan dari daftar tempat wisata budaya Kota Bogor versi Lovely Bogor.

Kalau saja dalam satu tahun tempat ini tidak bisa dikunjungi oleh pelancong atau turis atau publik, maka namanya tidak akan bisa dimasukan dalam daftar.

Tentu saja, sebuah tempat wisata harus bisa diakses oleh umum. Istana Bogor hanya diperbolehkan untuk dikunjungi umum menjelang Hari Ulang Tahun Kota Bogor, 3 Juni setiap tahun.

Apalagi sejak Presiden Republik Indonesia saat ini, Pak Jokowi memutuskan untuk lebih sering berkantor di istana yang sejarahnya bermula di tahun 1745 ini. Izin untuk memasukinya yang sebelumnya bisa dilakukan dengan meminta lewat Sekretariat Negara sudah dihentikan sementara.

Nyaris, Istana Bogor diletakan pada posisi pertama, kalau saja bisa diakses bebas secara umum.

Istana ini selain bernilai historis luar biasa tinggi juga bak sebuah museum seni rupa. Terdapat ratusan patung dan lukisan hasil karya seniman dari mancanegara.

Bahkan beberapa diantaranya diletakan di halaman Istana Bogor dan bisa dilihat dari beberapa sisi Kebun Raya Bogor, seperti Patung Tangan Tuhan.

Simak juga : Patung The Hand of God di Istana Bogor

Istana ini juga merupakan salah satu cagar budaya Kota Bogor. Jadi mau tidak mau, Istana Bogor harus mendapat tempat tersendiri dalam daftar tempat wisata budaya Kota Bogor.

10. Jalan-jalan di Kota Bogor

Tempat Wisata Budaya Kota Bogor
Balaikota Bogor

Saya seperti bisa melihat Anda mengernyitkan dahi.

Entah mengapa di telinga seperti ada yang sedang tertawa. Mungkin karena tempat wisata budaya di Kota Bogor yang terakhir seperti tidak normal. Aneh. Tidak lazim.

Apalah istilah lainnya yang sama dengan kata-kata tersebut. Sayangnya, memang begitulah adanya.

Cobalah Anda baca sendiri tentang sejarah Jalan Anyer – Panarukan buatan Daendels hampir 2 abad yang lalu. Sebagian dari jalan tersebut melewati Kota Bogor.

Beberapa jalan tersebut memang sudah berganti nama seperti Jalan Sudirman, Jalan Juanda, Jalan Suryakencana dan lain sebagainya. Hanya bukan itu saja mengapa tempat wisata budaya di Bogor yang terakhir dalam bentuk jalan.

Pernahkah Anda membaca berita bahwa Pemda Kota Bogor mendaftarkan 487 bangunan di kota ini sebagai cagar budaya ke Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia?

Empat Ratus Delapan Puluh Tujuh bangunan cagar budaya di sebuah kota yang hanya seluas 118 Kilometer Persegi. Berapa banyak bangunan bersejarah yang ada di setiap jalan.

Simak saja : Berjalan Kaki di Jalan Sudirman – Lihat Apa?

Anda akan menemukan beberapa diantara 487 bangunan tersebut.

Bogor adalah kota tua berusia 533 tahun pada 2015 ini. Banyak jalan di Kota Bogor yang disisi jalannya memiliki banyak bangunan bersejarah seperti Jalan Juanda dan Jalan Jalak Harupat.

Jadi bisa dikata banyak jalannya yang seperti museum terbuka bangunan bersejarah. Disini Anda akan bisa mempelajari berbagai bentuk arsitektur dan gaya bangunan pada masa lalu.

Dengan mempelajari gaya arsitektur masa lalu, bukankah Anda sedang melakukan wisata budaya?

Itulah daftar 10 tempat wisata budaya Kota Bogor versi Lovely Bogor. Daftar ini belum termasuk tempat wisata budaya di Kabupaten Bogor yang jauh lebih luas dan beragam.

Mungkin setelah penulis bisa paling tidak mendata sebagian, maka tulisan berikutnya yang jelas berjudul tempat wisata budaya di Kabupaten Bogor akan segera diterbitkan.

Waktunya belum jelas, baru sedikit saja dari tempat tersebut yang sudah dikunjungi.

Bahkan vagar budaya yang berada di Kota Bogor sendiri belum 1/10-nya yang bisa dilihat.

Untuk saat ini, mudah-mudahan daftar 10 Tempat Wisata Budaya Kota Bogor ini bisa membantu Anda, penggemar wisata budaya mendapatkan informasi.

Bukankah wisata budaya sekarang juga bisa dilakukan via dunia maya, seperti yang sedang Anda lakukan dengan membaca tulisan ini?

14 COMMENTS

  1. Menarik sekali tempat nya jadi ingin berkunjung kesana.
    liat juga untuk tempat warisata disini.
    Tempat Wisata

  2. Selamat siang Pak Anton..minta rekomendasi tempat bersejarah di Bogor dong Pak? Saya orang Bogor tapi saya kurang begitu tau tempat bersejarah yang ada di Bogor, di tunggu infonya
    Hatur nuhun

    • Siang Umar…

      Waduh.. banyak sekali tempat bersejarah di Bogor. Bagaimana kalau Umar lihat di menu Sejarah atau Budaya. Disitu saya sudah menulis berbagai tempat yang pernah saya kunjungi dan juga tulis terkait sejarah dan budaya.

      Saya sebut banyak sekali karena di Kota Bogor ada 486 cagar budaya dan semuanya terkait sejarah bogor. Ini belum termasuk Kabupaten Bogor.

      Jadi berkelana saja dulu di Lovely bogor sektor budaya atau sejarah

  3. Sy warga bogor asli teringat masa kecil akan bagunan ex gardu gardu penjagaan peninggalan belanda yg sdh hilang dan klwpun masih ada tapi sdh tdk diperhatikan lagi gardu hg sdh hilag dipugaf gardu di gunung batu tanjakan sarijan dkt jembsran dan gardu yg di pulo empang dekat jembatan yang tersisa gardu hanya yg dijalan pledang itupun sama sekali tdk dipelihara genteng nya sdh bkn yg asli , dindingnya banyak ciretan, jendelanyapun rdk lahi utuh . Bagaimana dengan pemerintahan kota bogor

    • Iya.. sayang sekali sebenarnya bangunan-bangunan peninggalan masa lalu ya pak. Mudah-mudahan ada perhatian dari pemerintah

  4. hallo pak anton.. punten atuh bapak kami dari komunitas AICT Bogor, mau men share ulang semua tntang budaya dan pariwisata kota bogor.. kebetulan ada blog ini.. jd kebetulan pas bgt dan khusus bgt bogor.. punten pisan bapak 🙂

    • Halo juga… Mangga atuh kang. Apa yang bisa saya bantu, nanti saya coba bantu. Mangga…:D

  5. Kaget ternyata ada blog khusus bogor dan komplit. Kirain ini Radar Bogor dan semacamnya. Kereeen..

LEAVE A REPLY