Peternakan sapi perah di Bogor

 

Anda suka minum susu sapi murni dan segar setiap hari? Kalau ya, anda beruntung karena begitu banyak faedah dari susu sapi segar. Hanya, tahukah anda darimana susu sapi segar tersebut berasal? Mungkin anda akan mengira bahwa susu sapi segar yang anda konsumsi tersebut berasal dari sebuah peternakan sapi perah di kawasan Cisarua atau daerah-daerah lain dimana masih terdapat lahan luas.

Izinkan saya mengatakan bahwa dugaan anda ada kemungkinan salah. Susu sapi yang anda minum ada kemungkinan berasal dari dalam Kota Bogor sendiri.

O ya? Mana mungkin! Kota Bogor sudah sangat kecil dan sudah sedemikian padat. Sulit untuk membayangkan ada peternakan sapi perah beroperasi dalam padatnya kota hujan ini.

Sangat bisa dimengerti kalau ada keheranan tentang hal itu. Dengan luas hanya 118 Kilometer persegi dan populasi di atas 1 juta jiwa, rasanya sulit dibayangkan ada peternakan sapi perah di dalamnya. Sementara itu, sebuah peternakan, baik sapi atau ternak lainnya hampir pasti memerlukan lahan yang luas. Sesuatu yang tidak dimiliki kota hujan ini.

Keheranan tersebut rasanya bisa terjawab bila anda mengetahui bahwa budi daya sapi perah sudah cukup lama ada di kota Bogor. Paling tidak ada sebuah lokasi dimana sejak beberapa puluh tahun yang lalu sudah dikenal sebagai lokasi budi daya ternak sapi perah.

Peternakan sapi perah di Kebon Pedes

Peternakan sapi perah di BogorSedikit sisihkan bayangan anda tentang padang rumput luas dengan sapi-sapi berkeliaran mondar mandir atau sedang memamah biak.  Tidak akan pernah anda temukan hal seperti itu.

Yang harus anda temukan adalah bangunan-bangunan berisikan sapi perah. Luasnya tidak seberapa dan biasanya hanya seukuran rumah tinggal biasa. Bangunannya juga mirip dengan bentuk bangunan sebuah tempat tinggal saja.

Nah, di dalam kota Bogor, bangunan-bangunan kandang sapi tersebut bisa anda temukan di wilayah pemukiman di Jalan Piagam. Letaknya di sebelah Tempat Pemakaman Umum Blender.

Bila anda menyusuri jalan tersebut, anda akan bisa mencium aroma ternak yang kental dari beberapa bangunan. Nah, disitulah anda akan menemukan bahwa penghuni bangunan tersebut bukanlah manusia melainkan para sapi.

Peternakan sapi perah di Bogor
Jalan Piagam Kebon Pedes

Peternakan sapi perah di wilayah ini memang sudah lama ada. Keberadaannya bahkan sudah ada sebelum lokasi ini menjadi sebuah wilayah pemukiman padat. Selain jalan Piagam , di sebelah pabrik Good Year juga masih terdapat satu dua usaha sejenis di belakang Pejagalan, Jalan Pemuda.

Para peternak sapi perah di wilayah ini bukanlah peternak besar dengan ratusan atau puluhan sapi. Jumlah sapi dalam sebuah kandang terbatas antara 4-15 ekor saja.

Terdapat beberapa kandang di sepanjang jalan. Kesemuanya berbaur dengan rumah-rumah tinggal.

Mereka tergabung dalam sebuah Kelompok Ternak Sapi Perah dan Penggemukan.

Dari sinilah sebagian suplai susu segar di kota Bogor didapatkan. Hasil dari peternakan sapi perah disini diedarkan secara retail dari rumah ke rumah ke pemukiman sekitar. Jangkauannya diperluas karena saat ini para pengedar susu sapi murni juga menggunakan sepeda motor.

Beberapa rumah di kawasan ini bahkan membantu pemasaran susu sapi kepada peziarah yang datang. Lokasinya yang berdekatan dengan TPU Blender, menyebabkan loaksi ini sering dilewati orang yang berniat berziarah ke pemakaman tersebut. Di beberapa tempat anda bisa menemukan meja kecil dengan keranjang berisi susu murni yang baru diperah.

Peternakan sapi perah di BogorSusu-susu tersebut bisa anda beli. Harganya sangat murah per liternya antara Rp. 7,000.-/liter. Lebih murah daripada kalau anda membeli dari pedagang keliling. Meskipun demikian, kalau anda membelinya pastikan anda memasaknya dulu karena susu-susu dalam plastik tersebut benar-benar baru diperah dari sapi-sapi disana.

———

Memang anda akan sulit membayangkan bagaimana situasi lingkungan di area ini. Bau sapi dan kotorannya memang dapat tercium ketika anda melalui jalan ini. Meskipun demikian toleransi antar warga di sekitarnya membuat hal tersebut tidak menjadi sebuah masalah besar.

Apalagi usaha peternakan sapi perah ini sudah turun temurun ada di kawasan Kebon Pedes.

Nah, begitulah ceritanya. Jadi kalau anda sedang minum susu murni di Bogor, jangan langsung menduga bahwa susu tersebut berasal dari peternakan Cimory di Cisarua yang terkenal itu. Sangat mungkin, susu tersebut berasal dari peternakan sapi perah di Kebon Pedes.

19 COMMENTS

    • Maaf saya nggak punya nomornya karena saya tidak punya hubungan bisnis apa-apa dengan mereka. Saya hanya menulis artikel saja

  1. Terima kasih banyak infonya pak. Saya memang sedang butuh suplai susu segar meski tidak banyak. Untuk produksi kefir ( olahan susu mirip yoghurt )
    Mudah-mudahan info bapak bisa membantu saya. Salam sejahtera dan sehat selalu.
    Hartanto Pramudyo
    Ds.Rengasjajar, kec.Cigudeg kab.Bogor ( wilayah Bogor bagian barat )

    • Setahu saya sejak pagi hari juga ada karena memakai rumah penduduk saja. Tutupnya ya sekitar Ashar atau jam 3-4

    • No telpon pengelola peternakan ya.. nanti saya coba tanyakan pada yang bersangkutan mas. Kebetulan dekat tempat tinggal ibu saya. Tapi baru kesana hari Sabtu ini

          • saya berharap dapat mengetahui lokasi tersebut karena berkaitan hal ini dengan sripsi saya
            Terima kasih

          • Saya bantu deh dik… kalu mau langsung bareng kesana saja biar praktis. Kalau mau saya antar juga ga papa.. hub hp saya saja 081310146199.. Nanti saya antar ke lokasi.

            Tetapi setelah itu saya tinggal ya, soalnya saya harus cari bahan untuk artikel lainnya

          • Kalau Anda mau cari sendiri juga bisa. Patokannya Jalan Soleh Iskandar. Kemudian ke arah Underpass tetapi jgn memasuki Underpass, leqat jalan di bagian atas yang ada putaran. Nah dari situ adik akan masuk ke jalan Kebon Pedes.

            Di jalan kebon pedes deket pintu kereta ada jalan Blender, masuk saja terus dan ikuti jalan ini. Adik akan menemukan tempatnya di jalan kecil. Ada pemakaman umum disana.

            Kalau pakai angkot pakai 16 merah saja. Berhenti di dekat pintu kereta kebon pedes

    • Saya saat ini tidak ada kang.. Tapi nanti saya usahakan ke tempat kalau saya berkunjung ke rumah ibu saya di Kebon Pedes. Kalau akang di Bogor mungkin bisa langsung saja kang kesana

LEAVE A REPLY