Rumah Gaya Belanda di Jalan Ahmad Yani

Terus terang, saya tidak tahu. Tidak tahu siapa yang memiliki rumah gaya Belanda di jalan Ahmad Yani Bogor ini. Jangankan sejarahnya, bahkan saya juga lupa mencatat nomor rumahnya.

Yang teringat hanyalah lokasinya terletak di dekat Taman Air Mancur dan hanya sepelemparan batu dari SPBU Total saja. Letaknya di sebelah kanan jalan.

Tetapi, ada hingga saat ini ada rasa senang setiap melintasi rumah di atas tanah kurang lebih 500 meter persegi ini. Setidaknya ciri khas arsitektur Belanda di masa lalu masih tersisa di jalan yang dulu merupakan bagian dari De Grote Postweg (atau Jalan Raya Pos) buatan Daendels ini.

Paling tidak pemiliknya masih mempertahankan bentuk sehingga generasi berikut masih bisa melihat sedikit dan mungkin membayangkan seperti apa Bogor di masa sebelum mereka lahir.

Rumah Gaya Belanda di Jalan Ahmad Yani bogor

Besar rasanya keingintahuan siapa yang pernah menempati rumah tersebut. Melihat lokasinya pastilah orang penting di masanya.

Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani pada masa Belanda merupakan kawasan pemukiman mereka yang berkebangsaan Eropa. Menilik ukuran rumahnya, tidak sembarang orang yang bisa meninggalinya.

Sayangnya, saya bukanlah wartawan yang berani nekat masuk ke dalam rumah dan bertanya kepada penghuninya. Saya cuma blogger yang masih risi terkadang untuk memasuki wilayah dan properti milik pribadi. Takut mengganggu.

Rumah bergaya Belanda

Tapi, setidaknya saya sudah memperlihatkan kepada Anda sebuah bangunan yang sudah pasti memiliki cerita di dalamnya. Terutama karena kalau dilihat bentuk bangunannya, umurnya pasti sudah melebihi 50 tahun, yang berarti bisa dimasukkan ke dalam kategori Cagar Budaya Kota Bogor.

Mudah-mudahan memang sudah dimasukkan ke dalam kategori itu.

Kalau Anda tahu sejarahnya atau siapa yang memilikinya, bisa share di kolom komentar agar yang lain juga bisa mengetahuinya. Semakin banyak yang tahu akan semakin baik.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY