Tampak Sepele, Barang-barang Ini Wajib Dibawa Ketika Naik Kereta Api
Kredit Foto : Guratankaki.com

Bepergian dengan menggunakan kendaraan umum ke luar kota artinya harus menyiapkan perbekalan yang cukup selama di perjalanan. Tidak hanya pakaian ganti dan perlengkapan dalam bentuk besar seperti sepatu dan tas, beberapa keperluan yang nampak sepele namun sebenarnya penting pun harus dibawa selama perjalanan, khususnya ketika kamu naik kereta api.

Sebelum menutup koper perbekalan buat perjalanan kamu nanti, coba cek apakah beberapa hal sepele tapi penting ini sudah kamu bawa atau belum.

Powerbank dan Kabelnya

Di dalam kereta api memang ada banyak colokan yang tersedia buat mengisi ulang baterai gadget. Tapi ingat, penggunaan colokannya harus berbagi dan bergantian dengan teman sebangku selama perjalanan. Karena itu, tidak ada salahnya untuk membawa powerbank sendiri sebagai pengisi daya cadangan selama perjalanan. Ingat jangan lupa bawa kabelnya juga ya.

Tissue Kering

Benda yang satu ini berguna untuk banyak hal selama perjalanan. Mulai dari pengering setelah ke kamar mandi, membersihkan meja dan kursi kompartemen, buat memegang makanan, dan banyak fungsi lainnya yang sangat membantu ketika di kereta api. Selalu sediakan tissue di dalam tas, sesuaikan ukurannya dengan tas yang kamu bawa.

Dompet Model Pouch

Dompet dengan ukuran pouch sangat berguna untuk menyimpan barang berharga selama perjalanan dengan kereta. Kamu bisa menyimpan tiket kereta api, ponsel, kabel charger, tissue kecil hingga bedak di sini.

Sisipkan kartu-kartu penting di dalam dompet pouch ini, dan beberapa uang tunai agar kamu tidak perlu membuka dompet utama yang berpotensi jatuh atau hilang selama perjalanan.

Headset

Kalau kamu suka mendengarkan musik atau nonton film selama perjalanan, jangan lupa untuk membawa headset. Dengan alat ini, suara dari gadget kamu tidak akan mengganggu penumpang lain. Dan pastinya kamu bisa menikmati hiburan dengan nyaman selama naik kereta api.

Charger

Benda ini berukuran kecil namun sangat penting untuk menunjang semua aktivitasmu selama naik kereta api. Karena tanpa charger, membawa powerbank pun tidak akan banyak membantu karena dayanya terbatas. Jadi, selalu siapkan charger sekaligus kabelnya di dalam tas kecil untuk bepergian.

Obat-obatan Darurat

Meski berangkat dalam keadaan sehat, namun jangan segan untuk selalu membawa obat-obatan darurat di dalam tas. Minyak angin, obat pusing dan krim penghilang kram otot perlu untuk dibawa selama perjalanan. Tidak berharap sakit sih, tapi ada baiknya untuk berjaga-jaga sehingga siap ketika mengalami kondisi darurat.

Tas Kecil

Selalu ingat untuk membawa tas kecil buat menampung semua barang di atas. Selain praktis, tas ini juga berguna untuk menjaga keamanan selama perjalanan naik kereta api. Tas ini pun membuat kamu mudah mencari benda-benda penting yang pasti merepotkan kalau harus membongkar tas besar.

Letakkan tiket kereta api untuk check in di stasiun di dalam tas ini, sehingga kamu tak perlu bingung mencarinya ketika sampai di depan peron. Barang-barang berharga lainnya pun bisa kamu masukkan ke dalam tas yang satu ini.

Kalau kamu tipe pelupa meletakkan barang, sebaiknya cetak tiket kereta api setelah tiba di stasiun. Setelah tiket kereta api tercetak, baru simpan di dalam tas kecil yang bakal jadi andalanmu selama perjalanan dengan kereta api nantinya.

(Catatan : Tulisan ini merupakan kiriman dari salah satu pembaca via email)

4 COMMENTS

  1. Selain hal hal yang diatas yang memang perlu dibawa, saat naik kereta saya suka bawa permen dan makanan ringan.

    Permen dan cemilan ini sering saya jadikan senjata untuk PDKT terhadap penumpang disebelah saya agar terjalin keakraban, sehingga perjalanan tdk membosankan. 🙂

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.