[VIDEO] Curug Pangeran : Petilasan Para Pangeran Dan Mitos Enteng Jodoh

Curug Pangeran (curug = air terjun) namanya adalah sebuah curug atau air terjun yang berada di kawasan wisata Gunung Salah Endah, Pamijahan, kabupaten Bogor. Lokasinya berada di kawasan yang sama dengan Curug Cigamea dan Curug Ngumpet.

Bisa dikata ketiga curug ini berasal dari aliran sungai yang sama.

Bedanya dengan dua curug yang lain adalah, banyak mitos atau cerita rakyat yang melekat pada curug yang berada lebih ke atas daripada dua curug yang lain.

curug pangeran Petilasan Para Pangeran Kerajaan A

Kata “Pangeran” yang melekat padanya berasal dari cerita rakyat bahwa curug tersebut merupakan petilasan (tempat singgah, pertapaan) dari seorang raden (pangeran) yang merupakan kawan dekat dari Putra Prabu Siliwangi, Kian Santang dari kerajaan Pakuan Pajajaran.

Sebagai wilayah masyarakat Sunda yang erat dengan keberadaan Kerajaan Sunda di abad 8-13 ini, hal tersebut membuat curug ini menjadi istimewa.

Tidak heran banyak cerita bahwa di kawasan itu sering terdengar orang mandi atau suara alunan musik tradisional Sunda setiap Malam Jum’at,

Curug Pangeran Petilasan Para Pangeran Dan Mitos Enteng Jodoh
Jalan Masuk Menuju Curug Pangeran

Jangan aneh juga kalau kemudian berkembang mitos bahwa air dari curug ini dianggap membawa berkah bagi yang susah jodoh. Mandi di curug ini dikatakan bisa membuat seseorang menjadi lebih enteng jodoh.

Enttahlah, benar atau tidaknya.

Tapi, yang saya tahu pasti, melihat video buatan Tim Jelajah Air, yang kebetulan 2 anggotanya alumni SMA yang sama, SMA Negeri 1 Bogor, Curug Pangeran itu indah dan memikat.

Tidak heran juga merupakan salah satu curug yang paling banyak dikunjungi wisatawan (sebelum wabah Covid-19 melanda).

Silakan lihat sendiri saja videonya yang dibuat dengan rapi dan profesional oleh Tim Jelajah Air.

Cantik kan? Hampir pasti tidak akan rugi untuk bermain disana. Apalagi bisa juga melihat dua curug lain yang berada di kawasan yang sama.

Untuk itu, marilah berdoa semoga wabah Covid-19 bisa cepat usai. Bantu pemerintah dengan sementara ini #dirumahsaja #pakaimasker, dan #rajincucitangan.

Dengan disiplin dan konsisten, situasi akan bisa kembali normal dan kita bisa berkunjung ke Curug Pangeran, seperti tim Jelajah Air.

Iya kan.

Catatan :

Kredit : Foto dan Video dalam tulisan ini disediakan oleh tim Jelajah Air

TIM JELAJAH AIR

  • Agus Setiadi
  • Dadang Surahman
  • Giyatmi Dimasadik (host, narator)
  • Maya (co host, fotografer)
  • Editor: Imam, Ryan Rinaldi, Irwan
  • Medsos: Ananda “usie”

Silakan subscribe Channel Youtube JELAJAH AIR : https://www.youtube.com/channel/UCC1oldPO7yGQzySiqDX3CXg