Tempat Jogging di Kota Bogor
Taman Kencana

 

Jogging atau berlari pagi merupakan sebuah kegiatan yang dapat menyehatkan badan. Apalagi bila secara teratur dilakukan akan membantu meningkatkan kesehatan dan ketahanan tubuh.

Sayangnya sama seperti kota-kota lain yang sedang berubah menjadi kota metropolitan, tempat jogging di Kota Bogor juga mengalami penyempitan. Banyak area yang dulu bisa dipakai sebagai tempat berolahraga sudah berubah wujud menjadi bangunan beton.

Beberapa tempat di masa lalu yang ramai dipergunakan sebagai tempat lari pagi juga sudah tidak nyaman lagi dipergunakan karena arus lalu lintas yang semakin padat.

Nah, masih adakah tempat jogging di Kota Bogor? Dimana saja warga Bogor menyalurkan hasrat berolahraga kecil untuk melepaskan kepenatan setelah beraktifitas selama seminggu?

Jawabnya masih. Masih ada beberapa tempat yang secara rutin dimanfaatkan warga Bogor untuk melakukan jenis olahraga lari ini.

Silakan lihat di bawah ini.

Tempat Jogging di Kota Bogor

Daftar nama tempat jogging di Kota Bogor ini dibuat tidak berdasarkan peringkat.

Masing-masing tempat biasanya dikunjungi oleh warga di perumahan terdekat. Meskipun demikian ada tempat yang menjadi sasaran khusus bagi penduduk Bogor untuk berjogging.

1. Kebun Raya Bogor

Tempat Jogging di Kota Bogor
Kebun Raya Bogor

Yak. Memang harus membayar Rp. 14.000.-/orang untuk memasuki Kebun Raya Bogor. Belum lagi jam operasinya yang dimulai pukul 08.00, sebuah waktu yang agak terlalu siang untuk berolahraga pagi.

Meskipun demikian, Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat yang sering dipakai warga Bogor untuk berlari pagi.

Pepohonan yang rindang, jalanan yang hampir tanpa lalu lintas dan udara yang seujuk dan segar merupakan alasan utamanya.

Apalagi terkadang Kebun Botani pertama di Asia Tenggara ini membuka akses bagi para pelari pagi untuk masuk lebih awal. Biasanya pintu kecil di dekat Pasar Bogor serta Pintu III di dekat Pangrango Plaza buka lebih awal.

Ini merupakan tempat jogging di Kota Bogor yang paling ideal dan memberikan segalanya bagi para pecinta olahraga dan udara segar.

2. Istana Bogor dan Kebun Raya

Tempat Jogging di Kota Bogor
Jalan Jalak Harupat

Kalau Rp. 14.000.- dianggap terlalu mahal untuk sekedar berolahraga ringan, dan bila Anda seorang pecinta jogging, mengelilingi Istana dan Kebun Raya Bogor di bagian luar bisa menjadi pilihan Anda.

Bagian luar Istana dan Kebun Raya Bogor terdiri dari empat jalan yaitu Jalan Juanda, Jalan Otto Iskandardinata, Jalan Pajajaran dan Jalan Jalak Harupat.

Jarak yang kurang lebih sekitar 4-5 kilometer tentunya cukup membuat keringat keluar.

Sayangnya, bila di hari biasa (Senin-Jumat), maka arus lalu lintas di keempat ruas jalan ini membuatnya sulit menjadi tempat jogging yang nyaman di hari biasa.

Pada hari Sabtu akan menjadi tempat jogging yang cukup menyenangkan. Di hari Minggu akan terdapat spot dimana tumpukan manusia akan menghalangi gerakan lari Anda.

3. Gelanggang Olahraga dan Remaja Pajajaran

Tempat Jogging di Kota Bogor
GOR Pajajaran

Tempat jogging di Kota Bogor berikutnya terletak sekitar 1.5 kilometer dari Istana Bogor.

Lokasi yang ini memang dikhususkan sebagai arena berolahraga, yaitu GOR Pajajaran.

Para jogger bisa puas berlari kecil mengelilingi stadion Pajajaran yang duluanya bernama stadion Purana ini.

Tidak banyak kendaraan yang lalu lalang, apalagi di pagi hari. Kalaupun ada, biasanya tidak banyak dan bertujuan ke Kolam Renang Mila Kancana atau Mila Kencana.

Pepohonannya juga masih cukup rindang sehingga suasana masih terasa segar di pagi atau sore hari.

4. Stadion Pajajaran

Tempat Jogging di Kota Bogor
Stadion Pajajaran

Memang saat ini tidak terawat dan proses revitalisasi baru dalam tahap wacana.

Meskipun demikian, Stadion Pajajaran masih sering dimanfaatkan sebagai tempat berlari pagi oleh warga Bogor.

Pintu keluar peononton di sebelah Selatan sering dibuka sehingga penggemar olahraga dapat berlari pagi di dalam stadion. Walaupun rumputnya sudah tipis tetapi trek larinya masih bisa berfungsi sebagai tempat berlari pagi.

5. Lapangan Sempur

Tempat Jogging di Kota Bogor
Lapangan Sempur

Tidak akan menjadi tempat berlari pagi atau berolahraga yang nyaman di hari Minggu. Kegiatan Car Free Day Bogor sudah membuatnya berubah menjadi arena pasar.

Hanya, bila Anda ingin melakukannya di hari Senin hingga Sabtu atau Minggu sore, lapangan Sempur adalah salah satu tempat jogging di Kota Bogor yang cukup nyaman.

Udara sejuk dari Kebun Raya Bogor. Trek lari mengelilingi lapangan dan warga Bogor yang berolahraga disini membuatnya harus menjadi pilihan kalau Anda hendak berjogging.

Sekali lagi jangan di hari Minggu antara pukul 06-09.00. Bisa dipastikan agak sulit untuk mendapatkan area yang cukup untuk berlari-lari sesuai keinginan. Pengunjung akan sangat padat dan belum ditambah banyaknya pedagang.

6. Kampus IPB Dramaga

Tempat Jogging Di Kota Bogor
Kampus IPB Dramaga

Bagi warga Bogor di bagian Barat, tempat jogging favorit adalah Kampus IPB Dramaga.

Area hutan dalam kota membuatnya mirip dengan Kebun Raya. Jalan-jalan yang hampir bebas dari lalu lalang kendaraan juga memberikan kenyamanan bagi warga penggemar olahraga lari pagi.

Dulu di sekitar tahun 2006-2008 masih ada bagian kampus yang dipergunakan sebagai pasar kaget di hari minggu. Setelah kemudian kegiatan jual beli dihentikan, bisa dikata seluruh area kampus menjadi arena olahraga yang bisa dipergunakan setiap hari.

Bila Anda lapar setelah lari pagi, bisa langsung pergi ke arena jual beli yang berada di sisi Timur kampus. Disana akan terdapat banyak penjual makanan dan lainnya setiap hari.

7. Taman Kencana

Tempat Jogging di Kota Bogor
Taman Kencana

Kawasan Taman Kencana dengan pepohonan tua nan rimbun adalah tempat jogging di Kota Bogor berikutnya.

Catatan tersendiri adalah di hari Minggu sama dengan Lapangan Sempur. Ketika kegiatan jual beli akan mendominasi sebagian besar kawasan ini.

Meskipun demikian, kawasan perumahan di sekitar Taman Kencana bisa menjadi alternatif tempat berlari pagi Anda. Jalan Ciremai dan seterusnya sudah pasti akan membuat pecinta jogging ceria tanpa harus khawatir dengan kegiatan kuliner di Taman Kencana.

8. Lapangan Jalan Heulang dan sekitarnya

Tempat Jogging di Kota Bogor
Jalan Merak

Diantara Jalan Pemuda/Dadali dan Jalan Ahmad Yani terdapat sebuah komplek perumahan dimana semua jalan dinamai dengan nama burung.

Nah di dalam perumahan ini terdapat sebuah lapangan SMEA (SMK Negeri 1 Bogor sekarang) atau lapangan Heulang karena terletak di jalan Heulang (Elang).

Dengan situasi perumahan di masa lalu dengan pepohonan kenari yang cukup rindang, tempat ini juga sering dijadikan tempat berolahraga. Bukan hanya oleh sekolah-sekolah yang berada di sekitarnya tetapi juga warga Bogor lainnya.

Apalagi di dekatnya terdapat Hutan Kota Ahmad Yani yang sedang dikembangkan sejak tahun 2014 yang lalu.

9. Perumahan

Tempat Jogging di Kota Bogor
Bukit Cimanggu City

Tempat jogging di Kota Bogor lainnya sebenarnya adalah perumahan.

Banyak perumahan di Kota Bogor yang memiliki jalan cukup lebar dan tata ruang yang baik, seperti Bukit Cimanggu City atau Taman Yasmin.

Di dalam perumahan-perumahan seperti ini, warganya tidak lagi perlu pergi ke tempat lain untuk berlari pagi, kecuali memang ada tujuan lain.

Mereka sering memanfaatkan jalan raya, yang tentu lalu lintasnya tidak sepadat jalan protokol untuk berjogging. Oleh karena itu tidak jarang, baik pagi atau sore hari terlihat warga perumahan yang sedang berlari pagi dari ujung jalan yang satu ke ujung lainnya.

Itulah 9 tempat yang sering dijadikan tempat jogging di Kota Bogor.

Tidak ada tempat yang sempurna, tetapi bila tujuan Anda berolahraga dan mengeluarkan keringat, rasanya salah satu dari ke-9 lokasi di atas bisa menjadi tujuan Anda.

2 COMMENTS

  1. terima kasih infonya, kak anton. minggu pagi tadi rencananya olah raga lari di sempur. ternyata berjubel oleh pedagang dan orang yang ingin jajan dan jalan-jalan. alhasil olah raga menjadi tidak nyaman. next time akan coba olah raga ke gor pajajaran. semoga di sana seperti di senayan. kebetulan saya tinggal di yasmin, bosan kalau olah raga di perumahan sendiri, hehe.

    #shanti*your student in 1996-1997@bimbel

    • OO my god…. Shandi Dewi Hafsanita atau Shanti Adisti neeh…:D makasih kembali. Memang tidak nyaman di sempur ama pedagang.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.