Nama Cluster di Kencana Residence, Ada Yang Bikin Ingat Robin Hood

Nama Cluster di Kencana Residence Ada Yang Bikin Ingat Robin Hood
Kencana Residence, Bukit Cimanggu, City, Bogor

Memberi nama itu susah-susah mudah. Disebut susah memang kerap membuat kening berkerut dan biasanya karena harus menggabungkan keinginan dari banyak pihak, tetapi disebut mudah bisa saja karena hampir tidak ada larangan untuk memakai nama apa saja. Semua bebas menentukan sesuai dengan kemauannya.

Namun, terkadang terlihat sekali adanya kebingungan dalam hal penamaan dan menghasilkan sesuatu yang agak “berbeda”, seperti dalam hal nama cluster di Kencana Residence, Bukit Cimanggu City (BCC), Kel. Mekar Wangi, Tanah Sareal, Bogor. Sebuah perumahan yang cukup punya nama di Bogor.

Di sana terlihat adanya kompromi antara keinginan untuk tetap menjadi lokal, tetapi juga kebutuhan untuk terlihat keren, modern, dan internasional demi kepentingan menarik pembeli.

Hal ini bukan hanya terjadi saat memberi nama kepada anak, tetapi juga pada lokasi, seperti (setidaknya menurut kami dari Tim Lovely Bogor) pada Perumahan Bukit Cimanggu City, terutama pada bagian Kencana Residence.

Kencana Residence

Bagian dari BCC ini terletak di sebelah Barat perumahan di Kecamatan Tanah Sareal ini diberi nama sesuai dengan Kelurahan Kencana di mana bagian ini berada.

Namanya, sebagian menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, Kencana dan Residence (Perumahan). Padanan kata dalam bahasa Inggris untuk Kencana adalah Gold (emas). Jadi, nama yang seharusnya adalah Gold Residence atau Perumahan Kencana, setidaknya kalau menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), tata bahasa Indonesia dan Tata Bahasa Inggris.

Mungkin, kata Gold sendiri kurang menjual di masyarakat Indonesia, terkesan kurang enak didengar, dan pada akhirnya tidak mengundang. Jadi, kata Kencana tetap dipertahankan, yang cukup masuk akal mengingat lokasinya.

Padahal, penggunaan kata bahasa Indonesia sendiri sebenarnya bertentangan dengan pola yang sudah diambil dimana penamaan menggunakan kata bahasa Inggris di wilayah bagian Baratnya. Istilah Inggris sudah dipergunakan untuk bagian lain, yang berlokasi di seberang Kencana Residence, yaitu Greendland Residence.

Terlihat ada ketidakkonsistenan dalam pemilihan nama di sana. Tidak masalah, hanya hasilnya sedikit membingungkan saja karena tidak sesuai dengan polanya.

Apalagi nama-nama cluster di Kencana Residence sendiri seperti keluar dari pola.

Nama cluster di Kencana Residence, Bukit Cimanggu City

Perumahan Bukit Cimanggu City, seperti banyak perumahan lain di Kota Bogor memang mulai menerapkan sistem cluster dan setiap cluster memiliki nama sesuai konsep yang diusung.

Pada bagian Kencana Residence, yang tetap mempertahankan kata bahasa Indonesia di dalamnya, ternyata penamaan clusternya justru meninggalkan sama sekali kata-kata bahasa Indonesianya.

Mau tahu nama-namanya? Silakan lihat di bawah ini.

  • TROPICAL PARK VIEW : yah meski dikenal dengan sebutan Kota Hujan, memang Bogor berada di kawasan tropis, jadi tidak salah juga kalau pemandangan yang dilihat setiap hari adalah pemandangan wilayah tropis (tropical)
  • SHERWOOD : nama yang satu ini memang mengingatkan pada kisah Robin Hood yang dalam ceritanya beraksi dari hutan Sherwood dan bahkan pernah ada serial TV yang menggunakan tokoh dan nama yang sama, Robin of Sherwood (1984-1986)
  • GREENWOOD : hutan memang selalu hijau, meski rumah-rumah di cluster ini mayoritas tidak berwarna hijau
  • OKWOOD : meski sudah berusaha mencari lewat bantuan Google Translate, kata arti kata OK pada OKWOOD tidak ditemukan. Kalau memakai nama pohon, seharusnya Oakwood, jadi, mungkin saja maksudnya OK-WOOD atau hutan OK merujuk pada betapa OKnya kalau tinggal di lingkungan cluster ini. Bisa jadi kan?
  • CHARMWOOD : “Hutan yang mempesona” dan namanya memang mengundang sekali karena memberi kesan sangat bagus dan mengundang
  • PINEWOOD : meski sebenarnya tidak ada pohon pinus (Pine Tree = Pohon Pinus) dan jelas perumahan bukan hutan pinus, nama ini cukup bagus dan menjual

Nah bisa dilihat mengapa nama Kencana Residence menjadi tidak sinkron dengan nama-nama cluster di dalamnya?

Belum?

  1. Nama dalam campuran bahasa Indonesia/Inggris, sedangkan bagian di dalamnya semua nama-nama asing (Inggris)
  2. Kencana = gold/emas, sedangkan tema di dalamnya adalah WOOD alias hutan/pohon

Bukan sebuah masalah, toh nama tidak begitu penting dalam urusan tempat tinggal. Yang penting adalah lokasinya nyaman, aman, dan damai sehingga semua bisa hidup tentram dan melihat bahwa semua cluster itu terisi penuh, peminatnya pasti banyak dan melihat bukan dari sekedar namanya saja.

Namun, sebagai orang yang juga tinggal di perumahan yang sama, Bukit Cimanggu City, meski berbeda cluster, berulangkali melihat hal ini (karena lokasinya enak untuk berjalan pagi), tetap saja mengundang rasa gatal di dalam hati . Ada ketidakkonsistenan dalam pemberian nama sehingga terlihat tidak sinkron.

Sesuatu yang pada akhirnya membuat kesimpulan akhir bahwa memberi nama itu bukan sesuatu yang mudah, apalagi untuk bisnis. Ada banyak unsur yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu tidak heran kalau banyak usaha bahkan rela membayar mahal untuk nama produk atau usahanya.

Juga, terbayangkan bahwa pengelola Bukit Cimanggu City akan bertemu lagi dengan masalah yang sama di kemudian hari mengingat kompleks perumahan ini masih terus berkembang.

Dan, saya masih akan terus “gatal” setiap berjalan pagi jika melalui Kencana Residence setiap berjalan pagi karena nama-nama cluster Kencana Residence jelas tidak akan berubah.

Website | + posts

Hanya seorang warga Bogor yang berniat berbagi tentang kotanya. Meski sudah banyak berubah dan banyak orang mengatakan sudah tidak indah lagi, bagi saya, Bogor tetap saja Lovely , Indah.

Mari Berbagi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LB NETWORK