Bakso, makanan khas indonesia yang memiliki jutaan penggemar. Sudah diketahui bersama bahwa bakso itu tidak sama . Setiap penjual akan menyajikan rasa yang berbeda dan begitu pula harganya. Ada yang murah dan ada juga yang mahal.

Di Bogor sendiri banyak sekali pedagang bakso, tidak terhitung banyaknya. Ada yang memiliki toko khusus, ada juga yang memakai gerobak berkeliling. Ada yang enak dan ada juga yang tidak enak.

Nah, sebagai mahasiswa yang tentunya harus sadar “budget”, saya tentunya akan selalu mencoba mencari yang murah tetapi juga enak harganya. Dari pengalaman tersebut, saya menemukan tiga bakso ini. Bisa dimasukkan kategori “recommended” di Kota Bogor

Harganya murah dan terjangkau karena untuk satu mangkok uang yang harus keluar berada di bawah 20rb dan rasanya di atas rata rata.

Banyak yang hanya tahu bahwa bakso khas Bogor hanya bakso Boejangan dan bakso PMI dengan harga yang lumayan mahal dan tempat yang sangat ramai, namun bila Anda pecinta dan penikmat bakso ini, silakan coba 3 bakso di bawah ini.

Bakso Pak’De di Cimanggu Wates,


Salah satu tempat yang mungkin terdengar asing bagi mereka yang jarang pergi ke sebelah Utara Bogor. Lokasinya di Cimanggu Wates dan harus masuk ke dalam perkampungan/perumahan. Mungkin saja Anda sering lewat dan melihat gangnya namun mungkin Anda tidak sadar bahwa di situ ada bakso murah dan enak dan murah.

3 bakso enak dengan harga di bawah 20 ribu 05
Harga satu porsi 10 ribu dan porsi extra (seperti di gambar) 15 ribu.
Dari gerbang Cimanggu Wates di pertemuan dengan jalan Soleh Iskandar lurus terus mengikuti jalan sampai ketemu masjid, pertigaan pertama belok kanan pertigaan kedua belok kiri, tidak jauh dari situ akan terlihat tempat bakso Pak’De

Mas Bakso YKTB

3 bakso enak dengan harga di bawah 20 ribu 01

Bakso di bawah 20 ribu kedua yang menurut saya sangat enak adalah Mas Bakso YKTB. Pelayanannya sangat ramah dan membuat nyaman saat menikmati baksonya.

Dinilai dari kuahnya bakso ini sangat special karena berbeda dengan kuah kuah 2 bakso yang saya sarankan. Baksonya pun enak melebihi bakso murah lainnya. Terlebih dan menjadi sesuatu yang spesial disini Anda bisa pesan bakso dengan Indomie goreng atau rebus.

Untuk menuju kesini, dari arah jalan dr. Semeru lurus terus sampai bertemu Circle K dan sekolah YKTB. Mas Bakso yang kebetulan orang Jawa ini juga mangkal di sekitar Pasar Mawar.

Baso Cita khas Wonogiri Budhe

(Kaum sari – Jalan Artzimar 2 no. 4)

3 bakso enak dengan harga di bawah 20 ribu 02
Bakso terakhir dari 3 bakso di bawah 20 ribu.Harus dicoba karena juga punya keunikan rasa tersendiri.

3 bakso enak dengan harga di bawah 20 ribu 03Harga bakso kecil adalah 10 ribu dan bakso besar 15 ribu, dengan kuah yang sama gurihnya dengan bakso Mas Jawa, dan bakso Pak’De.

Rasanya pas banget dah. Lebih baik coba sendiri karena susah menggambarkannya.

Kalau mau kesini, dari arah Perempatan Jambu Dua belok ke arah Jalan Panduraya atau Achmad Adnawijaya sebelum turunan ada belokan ke kiri, ikuti jalan perhatikan di sebelah kanan ada kedai bakso Budhe tidak jauh dari belokan tersebut.

Murah tidak berarti murahan. Murah tidak berarti tidak enak. Para penjual bakso di bawah 20 ribu di atas rupanya paham sekali tentang hal ini.

Silakan coba sendiri kalau tidak percaya, terutama kalau Anda mahasiswa seperti saya dengan budget ketat.

(Catatan : Tulisan ini adalah kiriman dari Farhan Sanjaya, Mahasiswa Institut Perhotelan Bogor / Bogor Hotel Institute)

2 COMMENTS

  1. cimanggubogor.com

    saya yang punya http;//cimanggubogor,com mau kunjungan balik setelah kemarin kang anton mampir ke blog saya hehehe, di cimanggu ada bakso japlak juga enak tuh masuk lewat belakang total buah segar, bakso seseupan juga enak

    • Hahahaha.. makasih dikunjungi balik yah…

      Iyah.. kumendan di rumah sudah sempet ngajak, cuma belum sempet tuh kesana

LEAVE A REPLY